Feature news

Waow Harga Daihatsu Sigra mulai 106 Juta, sangat Murah

Setelah 3 hari lalu kita dihebohkan dengan banyaknya pengiriman Daihatsu Sigra ke dealer di wilayah Jakarta dan sekitarnya, ternyata rincian harga Daihatsu Sigra juga sudah keluar bersamaan dengan pengiriman mobil-mobil tersebut.
Pecinta otomotif bisa memesan Daihatsu Sigra dengan mendatangi Dealer Daihatsu di kota masing masing, meskipun untuk mobilnya mungkin saat ini masih di dealer sekitar Jakarta yang sudah dikirim akan tetapi dalam beberapa minggu ini kemungkinan besar mobil ini sudah didistribusikan ke seluruh dealer daihatsu di Pulau Jawa Sumatra dan Kalimantan.
Lantas berapa harga Daihatsu Sigra?
Menurut sumber Dealer Daihatsu jika Harganya mulai 106,6 juta rupiah untuk varian termurahnya, sedangkan varian termahalnya adalah 148,9 juta. Mengapa selisihnya sangat jauh antara varian termurah dan termahal, karena mobil ini memakai 2 pilihan mesin yakni 1000 cc dan 1200 cc, untuk varian 1200 cc harga termurahnya adalah 126,4 juta rupiah.
Daihatsu Sigra tersedia dalam 4 tipe yakni tipe D, M, X, R. Sedangkan sistem transmisi ada yang memakai transmisi matic dan juga manual, berikut adalah daftar harga berbagai tipe Daihatsu Sigra:
Daihatsu Sigra 1.0 D MT: Rp. 106,6 Juta
Daihatsu Sigra 1.0 M MT: Rp. 115,5 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 X MT: Rp. 126,4 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 X MT: DLX: Rp. 131,9 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 X AT: Rp. 139,2 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 X AT: DLX Rp. 144,7 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 R MT: Rp. 132,3 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 R MT: DLX Rp. 136,1 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 R AT: Rp. 145,1 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLX: Rp. 148,9 Juta
Ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra bisa dibaca pada artikel sebelumnya
Harga Daihatsu Sigra diatas adalah harga on the road DKI Jakarta, untuk harga di daerah di luar Jakarta biasanya ada perbedaan sekitar 5-7 jutaan (pulau jawa), hal ini dikarenakan ada biaya transportasi dan pajak perdagangan antar daerah.
Waow banget kan sob, jika harga mobil MPV murah ini mulai 106 juta rupiah?
Learn more »

Ini Spesifikasi Renault Kwid, Eksterior, Interior, Mesin dan Harga

Renault Kwid adalah mobil Crossover berkelas eropa akan tetapi harga bersahabat, mobil ini memadukan antara kepraktisan City Car dengan kemampuan SUV sehingga menghasilkan mobil berjenis Crossover atau juga disebut Micro SUV.
Kwid selama ini menjadi mobil yang sangat laris di India (negeri kelahiran Kwid), diproduksi oleh pabrikan eropa yang membuka fasilitas produksi di asia untuk menyesuaikan dengan selera pasar Asia.
Renault Kwid membawa kualitas dari renault akan tetapi juga memenuhi espektasi sebagai mobil orang asia dengan dimensi yang kecil, karakter mobil tangguh dan lincah, sedangkan yang tak kalah penting adalah harga mobil sangat terjangkau oleh masyarakat Asia dengan daya beli tidak terlalu tinggi.
Harga Renault Kwid di negara tempat produksinya (India) hanya dibawah 100 juta rupiah. Harga mobil yang murah dan minat yang tinggi atas mobil multifungsi inilah yang membuat Renault bertekad membawa mobil ini sebagai salah satu line up renault di Indonesia.
Trend masyarakat Indonesia yang mulai menyukai mobil berkarakter SUV (crossover) dengan dimensi tidak terlalu besar untuk menembus perkotaan, sedangkan mesinnya juga cukup tangguh untuk melibas track pedesaan yang ditunjang dengan desain ergonomis untuk melewati jalan offroad ringan.
Rencananya Renault Kwid bakal masuk Indonesia pada 3 bulan terakhir tahun ini (Oktober sampai Desember) Renault Kwid sudah bisa dibeli. Sedangkan launchingnya kemungkinan besar dilakukan di GIIAS 2016 yang berlangsung mulai 2 Agustus sampai 11 Agustus 2016 di Jakarta.
Mengenai harganya sampai artikel ini ditulis masih belum ada pemberitahuan resmi dari Renault Indonesia (masih dihitung), sementara banyak yang memperkirakan harga Renault Kwid ini sekitar 150 jutaan (harga sudah di update yakni dijual seharga 117 juta, baca di akhir artikel)... termasuk murah untuk mobil sekelas Crossover asal Eropa.
Spesifikasi Renault Kwid
Renault Kwid memakai mesin berkapasitas 1000 cc dengan kemampuan mengeluarkan power sampai 67 Hp sedangkan Torsi maksimum Kwid ini mendekati 100 Nm. Secara hitung-hitungan kemampuan mesin tidak berbeda signifikan dengan Agya/ Ayla...akan tetapi Nuansa Crossover pada mobil ini yang membedakannya, desain mobil juga sangat berpengaruh terhadap kemampuannya Ground clearance Renault Kwid setinggi 180 mm ini hampir setara dengan mobil-mobil SUV, yang cukup untuk menaklukkan jalan offroad ringan (light offroad) seperti jalan tanah, berbatu kecil, berpasir, basah, naik turun, bergelombang, lain-lain.
Dimensi Eksterior Renault Kwid
Panjang: 3679 mm
Lebar: 1579 mm
Tinggi: 1478 mm
Ground Clearance: 180 mm
Jarak sumbu roda: 2422 mm
Berat kosong: 669 Kg
tangki bahan bakar: 28 liter
kapasitas penumpang: 4 orang ideal, 5 orang maksimal
Spesifikasi Mesin Renault Kwid
Bahan bakar: Bensin
Kapasitas mesin: 1000 cc
Teknologi mesin: DOHC dan SCe (Smart Control Efficiency)
Jumlah silinder: 4 buah
Jumlah katup: 16 katup
Tenaga maksimum : 65 sampai 67 Hp
Torsi maksimum: hampir 100 nm
Sitem transmisi: manual 5 kecepatan
Konsumsi BBM: 1:20 atau lebih irit, di India tercatat 1:23 untuk jalan bebas hambatan
Nah dari pesifikasi mesin terlihat bahwa mobil ini memakai mesin dengan jumlah silinder 4, jadi berbeda dengan kebanyakans mobil 1000 cc di Indonesia yang hanya memakai 3 silinder saja (lebih stabil yang 4 silinder).
Fitur Renault Kwid
- Digital Instrument Cluster
- AC
- Power Window
- Monitor layar sentuh dengan koneksi bluetooth, AUX dan USB cable
- Spion elektrik
- Dual SRS Airbags (untuk varian tertinggi)
Kelebihan dan Kekurangan Renault Kwid
Kelebihan
Kelebihan mobil ini paling menyolok adalah diproduksi oleh pabrikan eropa yang sangat menjaga kualitasnya: keselamatan dan kenyamanan.
Mobil ini meskipun bermesin kecil akan tetapi memiliki karakter SUV sehingga akan bersaing dengan mobil dengan kelas yang berbeda misalnya Toyota Rush, Honda BRV atau bahkan prediksi kami Renault Kwid juga bisa mengambil pasar dari honda HR-V dengan harga yang jauh lebih mahal. Mengapa? karena kualitas dan fitur yang dibawanya memang bisa bersaing
Kelemahan
sementara kelemahan mobil ini ada pada jaringan aftersales yang masih terbatas, www.mobilku.org belum mengetahui kebijakan selanjutnya apakah renault akan menambah gerai/ dealer/ bengkel renault. Akan tetapi jika ingin sukses seharusnya renault juga membuat jaringan yang kuat terutama di pelayanan service dan suku cadang mengingat saat ini masih dirasa kurang merata.
Renault milik Nissan
Akan tetapi mungkin kelemahan tersebut akan diatasi dengan ikut campurnya Nissan pada sistem pemasaran mobil ini mengingat Renault sebenarnya sudah diakuisisi oleh Nissan. Bisa jadi dealernya jadi satu dengan dealer Nissan seperti jaringan pemasaran Datsun Go + yang mendompleng di Dealer Nissan karena Datsun juga pabrik milik Nissan.
Apakah Renault Kwid ini juga akan mendompleng dealer Nissan seperti halnya Datsun? jika iya maka ini akan jadi persaingan mobil yang sangat pantas (seru) antara Toyota, Honda, Nissan+Datsun+Renault dan Suzuki
Kita tunggu saja pelaksanaan GIIAS, setelah itu www.mobilku.org akan mengupdate harga dan hal-hal lain yang perlu dipupdate.

Update terbaru:
Harga Renault Kwid On The Road adalah 117,7 Juta Rupiah
Dealer: Dealer Renault
Nah pecinta mobilku.org bisa memboyong mobil murah nan tangguh ini dengan harga yang sangat bersaing kan, hanya 117 jutaan mungkin untuk kota lain berbeda ya karena ada biaya pengiriman, ya berbeda 5-7 juta
Pecinta mobilku.org juga tak perlu khawatir karena sebagai mobil eropa mereka biasanya sangat bertanggungjawab dengan produk yang dijualnya termasuk ketersediaan sparepart dan service, terlebih saat ini renault sudah dimiliki oleh nissan
Learn more »

Penampakan Daihatsu Sigra saat Dikirim ke Dealer

Menjelang peluncuran mobil kembar Daihatsu Sigra dan Toyota Calya 2 Agustus mendatang, pihak APM rupanya sudah mulai mengirim Calya dan Sigra ke beberapa dealer di daerah JABODETABEK, beberapa orang menjumpai penampakannya di bekasi dan juga tangerang.
Nah berikut ini adalah foto-foto kedua mobil ini yang berhasil diabadikan oleh beberapa pengguna jalan di cikampek dan tangerang, foto-foto tersebut sebelumnya memang sudah diunggah ke beberapa media otomotif online nasional.
Daihatsu Sigra dan Toyota Calya adalah mobil LCGC baru dengan memakai mesin 1.200 cc dan berkapasitas hingga 7 orang (MPV 7 seater), bedanya jika semua varian Toyota Calya memakai mesin 1200 cc akan tetapi pada sebagian varian Daihatsu Sigra ada yang memakai mesin 1000 cc. Nah tentunya untuk harga Daihatsu Sigra lebih bervariasi dibandingkan kembarannya yakni Toyota Calya meskipun secara brand Toyota Calya lebih diminati dan bersaing di pasaran.
Kondep keduanya mirip dengan Avanza dan Xenia dimana sebagian varian Xenia ada yang memakai mesin 1000 cc akan tetapi pada Avanza varian terkecil memakai mesin 1300 cc.
Untuk harga Toyota Calya diperkirakan paling murah sekitar 120-130 jutaan sedangkan varian termahal antara 150 sampai 160 jutaan, sedangkan untuk Daihatsu sigra mungkin bisa lebih murah lagi karena tersedia varian yang lebih kecil (1000 cc).
Sebagai perbandingan mobil MPV LCGC sejenis adalah dari Datsun yakni Datsun Go+, Datsun Go+ ini juga bisa memuat 7 penumpang sedangkan harganya relatif murah yakni 100 juta rupiah, bahkan beberapa varian harga Datsun Go+ ini masih ada di kisaran 90-100 juta. Murah bukan mobil sejenis ini? ya karena mobil ini berplatform LCGC yang mendapat keringanan pajak dari negara dan juga kandungan komponen lokalnya lebih dari 80 % sehingga cost produksinya bisa murah.
Oh iya bagi pecinta otomotif yang belum mengetahui seluk-beluk kedua mobil ini bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang review keduanya di:
1. Spesifikasi Toyota Calya
2. Spesifikasi Daihatsu Sigra
Nah dengan dikirimkannya mobil-mobil ini ke delaer maka pecinta otomotif sudah bisa melihat mobil ini secara langsung ke dealer sekitar jabodetabek, lihat-lihat saja boleh untuk mengetahui model, interior, eksterior dan fitur-fitur mobil. mungkin sementara untuk test drive masih belum, menunggu peluncuran resminya tanggal 2 Agustus 2016
Learn more »

Mobil Dicuri di tempat Parkir, Tanggung Jawab Siapa?

Meskipun kita sudah memarkir mobil di tempat parkir yang harganya mahal sekalipun bukanlah jaminan jika mobil kita tidak bisa hilang, artinya meskipun di tempat parkir kemungkinan mobil hilang itu tetap saja terjadi. Nah jika mobil dicuri/ hilang siapa yang harus bertanggung jawab? apakah pengelola ataukan ditanggung bersama. apakah mobil bisa diganti?
Banyak pecinta otomotif yang dibuat bingung saat parkir di suatu tempat parkir mobil, eh pada tiket/ karcis parkir tertulis kehilangan bukan tanggungjawab pengelola parkir? lantas apa gunanya kita bayar?
Lantas apakah dibenarkan menulis tulisan bukan tanggung jawab pengelola pada karcis parkir?
Aturan Parkir
Secara hukum menurut KUHP pasal 1365 sampai 1367 bahwa kehilangan yang disebabkan kelalaian pengelola parkir harus diganti, hal ini jelas bahwa jika terjadi kehilangan kendaraan di tempat parkir (yang legal) maka tanggung jawab ada pada pengelola parkir tersebut.
Sedangkan mengenai tulisan yang menyatakan bahwa "kehilangan bukan tanggungjawab pengelola parkir" itu adalah melanggar hukum atau tidak sesuai dengan aturan UUPK (Undang-undang perlindungan konsumen) pasal 1 dan pasal 3, jika ada tulisan semacam itu maka itu sudah melanggar hak konsumen.
Tulisan seperti di karcis parkir sering disebut klausul baku, yakni upaya pengalihan tanggung jawab oleh pelaku usaha. Dan klausul baku ini sebenarnya sudah dilarang, jika tetap dicantumkan klausul baku ini maka dihadapan hukum (pengadilan) klausul baku tersebut dianggap tidak berlaku atau batal demi hukum, sehingga tanggung jawab tetaplah ada pada pengelola parkir meskipun pada karcis parkir ditulisi apapun.
Nah dari sini kita dapat mengetahui bahwa secara hukum jika kita kehilangan kendaraan di tempat parkir maka pengelola tempat parkir wajib mengganti kendaraan yang serupa (senilai) dengan mobil yang hilang tersebut.
Sedangkan jika masih ada yang menuliskan pengalihan tanggung jawab ini sebenarnya bisa dipidanakan karena menyalahi undang-undang tentang perlindungan konsumen.
Survei ke salah satu tempat parkir
www.mobilku.org sempat menanyakan hal ini pada salah satu tempat parkir yang ada di Jakarta, pengelola parkir tersebut mengatakan bahwa mereka selalu memberikan himbauan untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil, yang mana himbauan tersebut tertulis pada karcis parkir. Hal ini dilakukan karena barang berharga bukan termasuk yang bisa diganti/ tanggung jawab tempat parkir.
kami juga selalu mengingatkan agar struk parkir/ kercis parkir tidak hilang, karena struk tersebut adalah bukti parkir sehingga jika konsumen ada yang mengalami kehilangan mobil bisa segera menunjukkan bukti (struk) parkir tersebut untuk diantar pengelola melapor ke yang berwajib.
Untuk selanjutnya konsumen juga akan diminta melengkapi data-data yang lain untuk diproses di bagian asuransi rekanan pengelola parkir. Besarnya ganti rugi bisa tergantung dari mobil dan asuransinya, tapi idealnya diganti sesuai kehilangan.
Tarif parkir saat ini
Jika kita melihat pada tempat-tempat tertentu tarif parkir sangat mahal. Menurut Ketua YLKI, Tulus Abadi, bahwa tarif parkir yang berlaku sekarang ini masih kurang adil pada konsumen yang dirasa terlalu mahal untuk sebagian masyarakat, selain itu mahalnya tarif parkir dengan fasilitas yang disediakan pengelola parkir dirasa masih jauh dari ideal (tari mahal tapi pelayanan kurang sesuai).

Learn more »

Bagaimana melakukan Engine Brake/ memakai Rem Mesin?

Untuk mengurangi laju/ kecepatan mobil sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan menginjak pedal rem (mengaktifkan dan memanfaatkan rem pada mobil), cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan mesin sebagai pengurang laju mobil atau biasa disebut Engine Brake.
Prinsip rem mesin adalah mengurangi kecepatan mobil dengan cara tidak menginjak gas (merelease pedal gas), saat pedal gas dilepas maka tidak ada pasokan BBM yang masuk ke mesin sehingga mesin bisa berfungsi sebagai penghambat laju kendaraan.
Melapaskan pedal gas ini lebih terasa efektif jika dibarengi dengan menurunkan gigi transmisi misalnya dari gigi 4 ke 3 lalu ke gigi 2, biasanya mobil memakai gigi tiga dan dua saat melakukan engine brake ini, jika turunan sangat tajam baru gunakan gigi 1.
Caranya cukup mudah yakni masukkan transmisi ke gigi yang lebih rendah (3, 2 atau 1 tergantung tingkat turunan dan kondisi jalan) lalu lepaslah gas perlahan-lahan sampai terlepas sempurna...bantulah dengan injakan pedal rem jika membutuhkan.
Pada kondisi apa rem mesin efektif digunakan? yakni pada jalan turunan yang panjang, misalnya dari daerah puncak bogor atau daerah ketinggian menuju ke dataran rendah. Jika kita tidak memakai rem mesin alias hanya memakai rem kaki/ rem standar maka sangat berresiko jika injakan dilakukan secara terus menerus tanpa henti.
Resiko paling sering terjadi adalah rem menjadi sangat panas akibat gesekan antara logam (kampas rem dan cakram) secara terus menerus, jika salah satu komponen tidak tahan terhadap panas yang sangat tinggi ini maka salah satu logam kehilangan efektifitas cengkraman/ traksi, hal ini yang menyebabkan rem blong (tidak bisa di rem/ rem gagal fungsi). Sebenarnya jika memang terpaksa harus menginjak terus-menerus rem, cara terbaik menghindari rem blong adalah dengan beristirahat ketika merasa rem sudah tidak efektif lagi (mulai terasa kemampuan idealnya berkurang). Istirahat di pinggir jalan barang 1 jam sambil melepas lelah dan juga mendinginkan rem bisa menjadi solusi terbaik menghindari rem kepanasan.
Inilah gunanya engine brake yakni membantu/ menringankan kerja sistem pengereman agar rem menjadi lebih awet dan berfungsi lebih lama, dengan adanya rem mesin diharapkan sistem rem akan bekerja hanya ketika dia dibutuhkan (sangat perlu) sedangkan tugas menuruni turunan panjang cukup diberikan pada engine brake saja.
Jaman sekarang mobil matic sangat banyak dan jumlahnya tak kalah dari mobil manual, sebenarnya mobil matic juga memiliki sistem rem, cara mengaktifkannya yakni dengan memasukkan pada gigi rendah (2 dan 1, atau D2 dan L). Pada mobil matic ini memang engine brake tidak seefektif mobil-mobil manual karena pada mobil manual gigi tidak bisa berpindah secara otomatis, berbeda dengan pada mobil matic. Nah suatu saat dalam pengereman mobil matic mulai kehilangan traksi, cukup pedal gas diinjak spontan (kejut) lalu dilepas lagi maka sistem transmisi akan menghubungkan kembali hambatan mesin dengan roda (traksi kembali ada).
Untuk mobil matic memang rem kaki akan lebih banyak dipakai daripada rem kaki mobil manual, akan tetapi dengan mengetahui karakter rem mesin mobil matic maka kita bisa lebih siap dan waspada, lebih sering mendinginkan rem saat dirasa cengkraman pada cakram sudah mulai tidak menggigit (itu tanda-tanda awal rem akan blong), segera pinggirkan sambil menum kopi di warung sambil menunggu suhu rem dingin lalu jalan lagi.
Ada kalanya di jalan yang menurun tertulis rambu "jalan menurun, gunakan gigi 1" ini artinya pakai rem mesin anda
Learn more »

Arti Angka/ Huruf Tuas Transmisi Mobil Matic

Mengendarai mobil matic sebenarnya sangat mudah, akan tetapi bagi yang belum pernah atau sebelumnya hanya memakai mobil manual saja tentunya harus mengetahui tentang cara mengemudikan mobil ini yakni posisi kaki dan sistem transmisi, karena letak perbedaan dengan mobil transmisi manual hanya pada posisi kaki dan sistem transmisi saja.
Posisi kaki untuk mobil matic adalah kaki kanan digunakan untuk menginjak gas dan rem secara bergantian, sedangkan kaki kiri tidak dipakai atau diistirahatkan, beda dengan mobil manual dimana kaki kiri digunakan untuk menginjak pedal kopling sedangkan kaki kanan untuk meginjak rem dan gas.
Nah yang agak berbeda adalah pada sistem transmisi, dimana jika mobil manual rata-rata memakai 6 gigi yakni gigi 1-5 (maju) dan 1 gigi lagi untuk mundur jadi total ada 6 gigi yang posisi tuas transmisinya juga sangat berbeda dengan mobil matic
Pada tuas transmisi mobil matic biasanya tertera dengan huruf yang berurutan yakni P - R - N - D - 2 - L
Pada mobil matic mesin hanya bisa dihidupkan jika tuas transmisi ada pada posisi P dan N saja, nah lalu apa sih arti huruf-huruf atau angka yang tertera pada tuas transmisi tersebut dan fungsinya:
P : Parkir, pada posisi ini mobil tidak bisa didorong dan terkunci, pada posisi ini mobil bisa dihidupkan dan juga untuk melepaskan kunci kontak dibutuhkan memasukkan gigi pada posisi Parkir ini
R : Reserve, pada posisi ini digunakan untuk memundurkan mobil/ mobil akan berjalan mundur
N : Netral, pada posisi netral ini hubungan antara roda dan mesin terputus
D : Drive, yakni digunakan untuk memajukan mobil (moil berjalan maju) pada jalan relatif datar misalnya jalan bebas hambatan atau perkotaan
2 : atau bisa juga dengan simbol D2, artinya maju akan tetapi jalan lebih bervariasi dengan sedikit banyak tanjakan misalnya daerah pegunungan atau pedesaan
L : atau disimbolkan dengan angka 1 adalah seperti gigi 1 pada mobil manual yangmana dipakai untuk berjalan maju pada tanjakan yang curam.
Learn more »

Cara Menanjak dengan Mobil Matic

Pada mobil transmisi manual saat akan melewati jalan menanjak biasanya driver akan menurunkan gigi ke posisi yang lebih rendah misalnya dari gigi 3 ke gigi 2, hal ini untuk mendapatkan torsi atau tenaga yang lebih besar agar lebih ringan dan mampu menanjak dengan mudah. Akan tetapi bagaimana cara menurunkan gigi pada mobil bertransmisi otomatis/ matic?
Pada mobil matic ada 3 mode saat bergerak maju yakni D (maju jalan datar halus), 2 (atau D2 yakni maju jalan pegunungan), 1 (atau L yakni maju jalan tanjakan curam atau sama dengan gigi 1 pada mobil manual).
Jika tanjakan tidak begitu berat maka pecinta otomotif bisa memindah gigi dari posisi D ke 2 (atau D2), akan tetapi kadang dengan cara tersebut kita masih belum bisa mendapatkan torsi yang kita inginkan atau harusnya lebih turun lagi giginya? jika dalam keadaan seperti ini driver mobil matic seharusnya tahu bahwa sistem mobil matic memiliki sistem "Kick Down" yakni cara menurunkan satu gigi dengan injakan gas kemudian secara otomatis akan naik bila rpm mesin sudah tinggi.
Cara kick down ini adalah menginjak dengan cepat/ spontan pedal gas, maka sistem transmisi akan menurunkan gigi transmisi 1 step lagi untuk mendapatkan torsi yang lebih kuat (mobil lebih ringan). Nah saat tuas transmisi sudah dipindah ke D2 tapi kita belum mendapatkan tenaga yang dikira cukup untuk menaklukkan tanjakan maka sebelum menanjak lakukan kick down ini yakni mengegas dengan dengan spontan (menginjak gas dengan cepat dan dalam sebelum tanjakan).
Mekanisme kick down ini ada pada hampir semua mobil matic, bahkan matic jadulpun sudah memiliki sistem ini, jadi sebenarnya teknik ini bisa diaplikasikan pada mobil semua mobil matic. Lalu saat menanjak maka sistem ECU bakal menaikkan kembali gigi transmisi jika dirasa perbandingan antara Rpm mesin dan kecepatan sudah cukup besar (mobil cukup kuat), so jangan khawatir
Learn more »