Toyota mulai Tertarik Mobil Pedesaan
Setelah sukses meluncurkan mobil LCGC sampai berbagai mobil sejuta umat pabrikan otomotif Toyota dan Daihatsu kini mulai lirik mobil pedesaan, hal ini seperti diungkapkan Made Dana selaku Direktur Humas Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang menyatakan jiak Indonesia memiliki banyak Desa, saat masyarakatnya mulai maju tentunya membutuhkan sarana transportasi yang mudah dan murah bagi mereka, saat ini Toyota sedang mempelajari bagaimana potensi masyarakat pedesaan dalam memiliki sebuah mobil yang mereka butuhkan.
Hal ini sepertinya menanggapi keinginan pemerintah untuk menggulirkan mobil khusus pedesaan, wacana mobil pedesaan sebenarnya sudah beberapa tahun lalu yang pelaksanaannya diberikan pada perusahaan kecil seperti tawon dan viar, akan tetapi sampai saat ini mobil pedesaan belum terealisasi.
Toyota Motor Manufacturing Indonesia berencana masuk ke segmen ini setelah 2 bulan lalu Dirjen Industri Logam, Mesin dan Alat Transportasi dan Elektronika mengunjungi kawasan industri Cibitung dan Irjen tersebut menyatakan bahwa Daihatsu bakal mengeluarkan mobil pedesaan, baca; daihatsu bakal mengeluarkan mobil pedesaan
Kita mengetahui bahwa Toyota dan Daihatsu sebenarnya adalah satu perusahaan, dimana Daihatsu adalah anak perusahaan Toyota yang ditugaskan memproduksi mobil-mobil kelas lebih murah dengan desain yang lebih kecil dari Toyota sehingga kemungkinan besar andaikata proyek ini diambil Toyota maka Daihatsu adalah pabrikan yang akan memproduksi mobil pedesaan ini
Spesifikasi Mobil Pedesaan
Lantas apa yang dimaksud dengan mobil pedesaan? sebelumnya pemerintah telah mengulas apa itu mobil pedesaan dan spesifikasinya seperti apa.
Perpres No. 19 Tahun 2010 mengatakan mobil pedesaan idealnya berada dibawah 1000 cc, sehingga lebih ramah lingkungan dan harga yang terjangkau.
Daihatsu sendiri sebenarnya sudah memiliki mobil konsep tentang mobil pedesaan ini yakni bermesin 660 cc memakai 3 silinder, berbentuk pick up dan station dengan dimensi yang tidak terlalu besar (p x l x t : 2925 mm x 1295 mm x 1690 mm).
Dimensi yang kecil ini diharapkan bisa menjangkau wilayah-wilayah dengan jalan yang sempit dan juga low cost, sedangkan mesin yang kecil ini bisa menurunkan biaya produksi sehingga harga jual mobil juga murah...mesin kecil ini juga sesuai dengan anjuran pemerintah tentang angkutan pedesaan ini
Untuk harga kemungkinan besar mobi pedesaan ini akan jauh lebih murah dari mobil LCGC mengingat spesifikasinya juga dibawah mobil LCGC sementara mobil ini didukung oleh pemerintah, perkiraan harganya sekitar 40 sampai 50 jutaan, harganya antara motor niaga (3 roda) dan mobil LCGC
Hal ini sepertinya menanggapi keinginan pemerintah untuk menggulirkan mobil khusus pedesaan, wacana mobil pedesaan sebenarnya sudah beberapa tahun lalu yang pelaksanaannya diberikan pada perusahaan kecil seperti tawon dan viar, akan tetapi sampai saat ini mobil pedesaan belum terealisasi.
Toyota Motor Manufacturing Indonesia berencana masuk ke segmen ini setelah 2 bulan lalu Dirjen Industri Logam, Mesin dan Alat Transportasi dan Elektronika mengunjungi kawasan industri Cibitung dan Irjen tersebut menyatakan bahwa Daihatsu bakal mengeluarkan mobil pedesaan, baca; daihatsu bakal mengeluarkan mobil pedesaan
Kita mengetahui bahwa Toyota dan Daihatsu sebenarnya adalah satu perusahaan, dimana Daihatsu adalah anak perusahaan Toyota yang ditugaskan memproduksi mobil-mobil kelas lebih murah dengan desain yang lebih kecil dari Toyota sehingga kemungkinan besar andaikata proyek ini diambil Toyota maka Daihatsu adalah pabrikan yang akan memproduksi mobil pedesaan ini
Spesifikasi Mobil Pedesaan
Lantas apa yang dimaksud dengan mobil pedesaan? sebelumnya pemerintah telah mengulas apa itu mobil pedesaan dan spesifikasinya seperti apa.
Perpres No. 19 Tahun 2010 mengatakan mobil pedesaan idealnya berada dibawah 1000 cc, sehingga lebih ramah lingkungan dan harga yang terjangkau.
Daihatsu sendiri sebenarnya sudah memiliki mobil konsep tentang mobil pedesaan ini yakni bermesin 660 cc memakai 3 silinder, berbentuk pick up dan station dengan dimensi yang tidak terlalu besar (p x l x t : 2925 mm x 1295 mm x 1690 mm).
Dimensi yang kecil ini diharapkan bisa menjangkau wilayah-wilayah dengan jalan yang sempit dan juga low cost, sedangkan mesin yang kecil ini bisa menurunkan biaya produksi sehingga harga jual mobil juga murah...mesin kecil ini juga sesuai dengan anjuran pemerintah tentang angkutan pedesaan ini
Untuk harga kemungkinan besar mobi pedesaan ini akan jauh lebih murah dari mobil LCGC mengingat spesifikasinya juga dibawah mobil LCGC sementara mobil ini didukung oleh pemerintah, perkiraan harganya sekitar 40 sampai 50 jutaan, harganya antara motor niaga (3 roda) dan mobil LCGC
0 comments: