Feature news

Tips Merawat Aki Mobil

Merawat aki basah pada mobil sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan semua orang, bahkan karena mudahnya perawatan justru pemilik mobil menyepelekan dan membiarkan tanpa perawatan padahal peranan aki saat ini vital tak hanya untuk menstarter mobil akan tetapi aki saat ini banyak fungsinya misalnya menyirkulasikan oli transmisi sebelum di starter, menjalankan power window, spion elektrik, wiper, starter mobil , dan lain sebagainya. Mengingat urgensinya peran aki ini ada baiknya kita sesekali merawat kondisi aki kita.
Merawat aki mobil pada dasarnya ada 3 hal dasar yang dilakukan yakni: menjaga air aki, membersihkan kutub aki, menjaga tegangan/ stroom aki. Sedangkan secara detail adalah:
1. Menjaga volume air aki
yang dimaksud dengan menjaga air aki adalah jangan sampai aki kehabisan air, atau bisa dikata usahakan agar volume air aki tetap berada diantara level terendah dan lever tertinggi (ada garis pembatasnya). Jangan sampai di salah satu cell air terlalu penuh (kelewat tinggi) dan juga kelewat rendah (di bawah garis low).
Saat kebetulan membuka kap mesin cobalah tengok apakah ada salah satu cell yang kekurangan air? jika ada maka bukalah tutup untuk memasukkan air dan isilah dengan air (air biasa/ aqua juga bisa)
2. Menjaga kebersihan kutub aki (terminal aki)
Kutub-kutub aki ada dua yakni negatif dan positif, nah kadang-kadang ada kotoran semacam serbuk putih pada kutub-kutub aki, kotoran ini bisa menyebabkan aliran listrik dari aki tidak tersalur sempurna ke kabel aki sehingga mengganggu sistem kelistrikan secara keseluruhan.
Selain itu jika ada kerak juga langsung bisa dibersihkan sekalian, nah cara membersihkannya dengan sikat besi yang bisa dibeli di toko bangunan...cukup murah harganya
3. Menjaga arus atau tegangan aki
Tegangan aki yang baik (normal) berkisar di angka 12-13 volt, bisa diukur dengan voltmeter. Jika ternyata tegangan sudah turun misalnya 11 volt maka coba di strumkan, jika ternyata masih kembali ke 11 volt maka aki memang sudah minta adik (ganti)
4. Tempat duduk aki presisi
Sebisa mungkin dalam meletakkan aki benar-benar presisi pada tempatnya sehingga saat mobil berjalan aki tidak goyang-goyang yang menyebabkan kaitan pada terminal (kutub aki) menjadi renggang atau lepas (pastikan aki pada tempatnya, dan pastikan penguncinya kuat), selain itu pastikan pula kabel aki benar-benar menempel pada kutub aki dengan cukup kuat
5. Hindari modifikasi berlebih
Hindari modifikasi komponen tanpa memperhitungkan kelistrikan mobil, misalnya mengganti lampu dengan halogen atau mengganti speaker dengan yang berdaya tinggi sementara sistem kelitrikan tidak dirubah (hal ini secara signifikan akan membuat aki mudah habis dan soak).
Jika ingin mengganti atau menambah komponen kelistrikan yang lebih sebaiknya berkonsultasi dengan bengkel terlebih dahulu agar sistem kelistrikan menuju komponen tersebut disesuaikan misalnya dengan pengaturan sekering tertentu atau yang lain (yang jelas tidak boleh sembarangan). Karena admin pernah mengalami hanya dalam 1 minggu aki habis karena mengganti bohlam dengan halogen, dan rusak sudah akinya.
Learn more »

Ini Efek sering Ganti Merk Oli

Oli mobil memang harus selalu diganti setiap beberapa ribu km tergantung kualitas oli, kebanyakan produsen oli terkenal (shell, pertamina, federal, dll) saat ini menganjurkan penggantian tiap 10 ribu km sekali meskipun pihak bengkel kadang menyarankan antara 5000-7000 km (jika jalanan sering macet). Nah lalu yang jadi pertanyaan bagaimana jika kita sering berganti merk oli? apakah boleh atau tidak..
Ada dua pendapat mengenai hal ini, ada yang mengatakan tidak apa-apa (boleh-boleh saja) dan ada yang mengatakan tidak boleh sering berganti merk oli karena perbedaan kualitas/ formula masing-masing pabrik.
Seperti diungkapkan oleh Acin, kepala mekanik Aneka Mitra Bengkel di Jakarta Barat bahwa sering berganti merk oli sebenarnya tidak masalah/ tidak apa-apa karena sebenarnya oli produen terkenal telah memakai standar tertentu yang sama misalnya kekentalannya (SAE JASO MA), yang membedakan hanya spesifikasi dan kualitasnya saja misalnya antara shell dan pertamina jika sama-sama memakai 10w-40 SAE artinya keduanya tidak masalah jika sering bergantian. Yang penting bukan oli palsu, ungkapnya
Akan tetapi pendapat lain datang dari Mardiani Indriastuti sebagai Kepala Departemen Produk PT. Federal Karyatama (Oli Federal) yang menyatakan bahwa sebenarnya oli yang dibuat produsen terkenal itu sudah bagus, pasti sudah sesuai standar secara international, akan tetapi tiap perusahaan pasti memiliki formula yang berbeda untuk membuat oli.
Oli sintetis bahkan dibuat dari campuran ratusan bahan sehingga tetap ada sedikit perbedaannya, misalnya oli A dipakai lebih enteng dari oli B padahal secara spesifikasi sama, nah ini adalah tergantung campuran material dan zat aditif yang dipakai.
Setiap mengganti oli pasti ada sisa oli yang melekat pada komponen di dalam mesin misalnya piston, batang silinder, dll. Bahayanya jika sering berganti oli sisa oli yang masih di dalam mesin tersebut akan bercampur dengan oli baru yang memiliki kandungan kimia berbeda, hal ini bisa menyebabkan residu/ endapan berupa jell atau seperti balsem dan bahkan mungkin juga menjadi kerak, ungkap Iwan Abdurrahman, Kepala Bengkel Toyota Astra Motor.
Menurut sebagian orang lebih amannya saat akan mengganti oli bari dengan melakukan flashing atau pembilasan terlebih dahulu, yang dimaksud flashing adalah saat oli lama dikuras akan ada sisanya di dalam mesin lalu masukkan oli baru dan hidupkan mesin agar oli lama dan baru bercampur kemudian kuras kembali. Terakhir isi dengan oli baru dan selesai
Kalau admin www.mobilku.org memilih pendapat yang tengah-tengah artinya tidak apa gonta-ganti merk oli asalkan tidak terlalu sering (sengaja gonta-ganti), jika hanya untuk mencari mana oli yang cocok memang perlu mencoba oli lain (dengan spek yang direkomendasikan produsen mobil) meskipun sebenarnya kita cukup memakai oli yang disarankan mekanik bengkel resmi.
Nah mengganti oli mesin dengan merk yang berbeda boleh saja asal tidak terlalu sering dan dengan spesifikasi yang diminta pabrikan mobil, oli yang dipakaipun asli dan dari produsen terkenal (punya reputasi/ nama baik).
www.mobilku.org mengatakan seperti itu karena pernah mengalami sendiri saat sebelumnya memakai oli prima xp 20w-50 (di bengkel biasa), kemudian ke bengkel remi disarankan memakai oli mereka (lupa merknya) dengan spek 10w-40. Pihak bengkel juga langsung menggantinya tanpa flashing, nah bahkan bengkel resmi mengganti merk oli juga kekentalannya bahkan tanpa flashing. (artinya boleh dong), ternyata terbukti tarikan mobil terasa jauh lebih enteng :-)
Learn more »

Mobil tidak Kuat Menanjak? Rubah Final Gear Ratio

Pecinta otomotif yang masih awam sering kebingunan saat mobil dipakai di jalan tanjakan sulit menanjak padahal kondisi mesin bagus dan secara teknis tenaga mesin juga besar sebut saja avanza 1300 cc yang bertenaga 94 Hp, kalah dengan Katana 1000 cc yang bertenaga 50 Hp, atau mobil-mobil pickup yang kesulitan menanjak di daerah pegunungan bisa memakai modif gear ratio mobil ini.
Apa itu Final Gear Ratio?
Final gear ratio adalah perbandingan antara "gigi belakang dan gigi depan" mobil, jika pada motor akan terlihat jelas apabila gear belakang memakai yang lebih besar dari standart maka motor akan lebih ringan dan mudah menanjak, jika memakai gear belakang kecil maka motor lebih berat akan tetapi memiliki top speed (kecepatan maksimum) yang lebih baik.
Nah sama pada mobil sebenarnya mobil juga memiliki gear depan dan belakang meskipun bentuknya sedikit berbeda dengan gir motor.
Pada mobil gear depan dinamakan "pinion gear" sedangkan gir belakang dinamakan "ring gear" atau "crown wheel".
Nah sedangkan gear ratio adalah perbandingan antara ring gear atau crown wheel dengan pinion gear, misalnya gigi pada pinion gear berjumlah 9 sedangkan gigi crown wheel berjumlah 37 maka perbandingannya adalah 37 : 9 (biasa ditulis 9:37) atau final gear ratio adalah 4,11
Final gear ratio (9:37) atau 4,11 ini adalah final gear mobil suzuki katana standar, tiap mobil berbeda final gear rationya misalnya pada kijang super keluaran tahun 1986 sampai 1992 memiliki gear ratio yang bermacam-macam yakni mulai 3,9 sampai 5,2.
Nah makin besar gear ratio (perbandingan gigi) maka mobil makin kuat di tanjakan, konsekwensinya mobil makin turun top speednya, ibarat kita naik sepeda federal (gowes) jika gear belakang diposisikan yang besar maka lebih enteng di tanjakan (mudah menanjak) tapi kecepatan maksimumnya turun (ngoyo untuk cepat-cepat).
Kita bandingkan gear gatio katana standar dengan kijang super tahun 1990:
Suzuki Jimny atau Katana: final gear ratio 4,11
Toyota Kijang Super: final gear ratio 4,77 ada yang 5,125 (yang 7 speed)
Nah dari angka diatas jika mobil standart sebenarnya kijang super lebih mampu menanjak jika dibandingkan jimny/ katana karena selain memiliki kapasitas mesin yang lebih besar kijang super juga memiliki tenaga (torsi) yang lebih besar dari Jimny, Kijang super juga memiliki gear ratio yang lebih besar.
Akan tetapi kenapa kadang-kadang suzuki jimny atau katana terlihat jauh lebih tangguh di tanjakan (bahkan sering dipakai untuk tanjakan curam), karena rata-rata jimny sudah dirubah final gear rationya menjadi 8:43 atau menjadi 5,37 (jauh lebih besar dari standartnya bukan).
Ada pendapat yang mengatakan untuk daerah pegunungan final gear ratio yang baik adalah diatas 5,1 (baru enak buat nanjak-nanjak). misalnya 5,125 atau 5,37.
Nah coba deh untuk mobilnya yang masih standartan tapi gak kuat nanjak, coba dirubah besaran rasio gigi ini (konsultasikan dengan bengkel terlebih dahulu), sebenarnya masih ada cara lain yakni merubah gear rasio pada transmisi mobil (gear pada gigi 1, 2, 3, 4, dll) akan tetapi cara ini jauh lebih rumit dan mahal, lebih baik mengganti gear pada gardan (final) ini saja lebih mudah dan murah.
So seuaikan lagi dengan kebutuhan kita, jika kita hanya di kota-kota saja mungkin gear ratio standar itu sudah cukup bagus... karena repot juga ki\alau untuk jalan biasa mobilnya dirubah makin enteng tarikannya tapi top speednya kurang
Learn more »

Sensor Parkir akan jadi Fitur Wajib

Sensor parkir adalah perangkat elektronik yang ditanamkan di bagian belakang mobil yang mana perangkat elektronik ini akan aktif jika tuas transmisi pada posisi R atau mobil berjalan mundur, jika ada benda dibelakang mobil maka perangkat elektronik ini bakal membunyikan alarm sehingga pengemudi tidak perlu khawatir bakal menabrak jika mundur karena sudah ada sinyal berupa bunyi tiit tiit titt jika sensor (perangkat elektronik yang ditanamkan) mendeteksi adanya benda.
Cara kerjanya perangkat elektronik tersebut mengirimkan sinyal berupa sinar infra merah, jika ada benda maka sinyal tersebut akan memantul dan ditangkap kembali oleh perangkat tersebut dan memberitahukan driver dengan tanda berupa bunyi, makin dekat ujung belakang mobil dengan benda maka intensitas bunyi makin cepat dan keras, pengemudi yang sudah terbiasa bahkan bisa mengukur jarak benda dari mobil hanya dengan mendengarkan bunyi sensor parkir tersebut.
Sensor parkir ini sebenarnya saat ini tergolong teknologi yang umum pada mobil, salah satu perangkat keselamatan yang sudah biasa akan tetapi untuk mobil-mobil kelas bawah memang kadang tidak dibenami dengan fasilitas sensor ini, padahal fungsinya termasuk urgen terlebih jika akan mundur di daerah yang tidak kita kenal.
Sensor parkir atau kamera parkir
Pada mobil kelas mengengah atas sensor parkir ini akan dipadukan dengan kamera parkir yakni kamera yang aktif saat mobil berjalan mundur (tuas transmisi R), dengan adanya kamera maka pengemudi bisa dengan pasti mengukur jarak mobil dengan benda di belakang mobil saat mundur. Tak hanya itu kamera parkir juga bisa mendeteksi adanya lubang (jika dibelakang terdapat lubang/ jurang), ini hal yang tidak bisa di deteksi sensor parkir.
Nah untuk mobil-mobil kelas atas bahkan kamera parkir ini tidak hanya dibelakang mobil akan tetapi berada di semua sisi mobil (kanan-kiri-depan-belakang) sehingga pengemudi seolah-olah dapat melihat keseluruhan sisi mobil, sedangkan tampilan pada layar monitor seolah-olah mobil dilihat dari atas (helicopter view camera). Helicopter view ini saat ini masih jarang dipakai di Indonesia kecuali untuk mobil kelas atas dengan harga diatas 600 jutaan seperti BMW/ Mercedes/ Jeep/ merk mobil mewah lain.
Harga sensor parkir
Sensor parkir ini adalah perangkat keselamatan minimal untuk sebuah mobil, kelas low MPV (Ertiga, Avanza, Mobilio) saat ini sudah dibekali sensor parkir ini. Akan tetapi untuk mobil-mobil murah lain seperti LCGC ternyata tidak semua memiliki fitur ini
Mengingat pentingnya fitur ini hendaknya pecinta otomotif yang memiliki mobil tapi belum memiliki fitur ini sebenarnya bisa memasangnya di bengkel-bengkel mobil (variasi mobil), harganya mungkin sekitar 250 ribuan belum ongkos pasang, sedangkan sensor parkir dengan display berkisar di 300 ribuan dan ongkos pasang antara gratis sampai maksimum 100 ribu.
Mobil baru wajib memakai sensor parkir
Nah masalah wajibnya sebuah mobil baru memakai sensor parkir ini akan diberlakukan di India bro, sementara di Indonesia belum ada kebijakan ini. Pemerintah India melihat urgensi dari sensor parkir ini dan nantinya apapun jenis mobilnya meskipun mobil paling murah sekalipun harus memiliki fitur ini, biasanya jika suatu negara memberlakukan aturan tertentu maka akan segera diikuti oleh negara lain jadi bukan tidak mungkin dalam waktu dekat pemerinta Indonesia bakal melakukan hal yang sama seperti di India.
Fitur murah tapi penting
Pecinta otomotif membawa uang 250 sampai 300 ribu ke bangkel sudah bisa menanamkan fitur safety satu ini, murah bukan jika dibandingkan dengan urgensinya untuk keamanan/ keselamatan saat atret :-) jangan tunggu mobil menabrak dulu kayak admin mobilku.org ini,,, waktu malam hari atret di gang di kota lain, alhasil bagian belakang mobil nabrak gapura perempatan jalan, untungnya mobil make bumper besi jd bukan mobilnya yang rusak tp gapuranya yang ambruk (gapura dari batu bata yang sudah lama memang), wah tetep urusan sm pak RT :-) ganti biaya perbaikan gapura
Learn more »

Modus Baru Pencurian Motor di Tempat Parkir

Tadi siang admin www.mobilku.org mendapat info tentang adanya modus baru pencurian kendaraan bermotor di tempat parkir, persisnya kejadian ini terjadi di Kota Malang tempat admin mobilku.org tinggal. Pemilik kendaraan bermotor (sepeda motor) memarkir motornya di tempat parkir depan pasar besar malang yang bisa dikatakan ilegal (tidak resmi) atau dikelola preman, ternyata saat sepeda motor mau diambil tidak ada di tempatnya dan dicari sepanjang tempat parkir juga tidak ketemu... Pemilik motor mulai cemas karena tidak menemukan motornya lalu mencari jukir (juru parkir) yang tadi memberikan karcis parkir, ternyata jukirnya sudah tidak ada, dan ternyata karcis parkirnya bukan karcis parkir pasar besar malang akan tetapi karcis parkir milik RSU Saiful Anwar malang (berbeda tempat sangat jauh kira-kira jika jalan kaki bisa 3 jam), nah sudah janggal kan.
Kemudian pemilik motor (korban) bilang ke tukang parkir yang ada di sana dan sama tukang parkirnya malah dikatakan mengada-ngada dan sengaja mencari gara-gara...intinya malah dituduh yang enggak-enggak. Kebetulan korban adalah jurnalis, karena merasa dipojokkan oleh beberapa jukir liar tersebut akhirnya korban menelpon temannya sesama jurnalis dan kemudian temannya datang sambil membawa polisi.
Dari sana polisi mengintrogasi jukir tersebut selama lebih dari 1 jam dan membawa jukir ke kantor polisi polresta kota malang untuk diperiksa...sebelumnya polisi berpakaian preman ini sempat bersitegang dengan preman-preman pasar yang berjumlah tersebut sampai akhirnya preman-preman ini tahu kalau yang dihadapi adalah polisi dan mereka mundur.
Alhasil si jukir berhasil dibawa ke polresta kota malang dan diinterogasi selama berjam-jam, jukir liar tersebut akhirnya mengakui bahwa dirinya sempat meninggalkan lahan parkir untuk makan siang dan bertukar dengan temannya. Akhirnya polisi juga menyuruh agar teman-temannya yang menggantikan tersebut juga turut dipanggil ke kantor polisi, tak lama kemudian tim polisi datang ke tempat parkir pasar besar untuk menjemput teman-teman jukir...saat menjemput itulah polisi mendapat kabar kalau motornya sudah ditemukan di areal parkiran 100 meter dari lokasi tempat parkir motor tadi.
Hal ini terasa aneh karena sebelumnya korban sudah merasa menyisir sampai lokasi tersebut dan tidak menemukan motornya, dan tiba-tiba saat ini motornya ada di lokasi itu.
Setelah mendapat kabar tersebut akhirnya polisi dan korban kembali ke tempat parkir dan mengambil motornya, agak aneh juga karena banyak rekan jukir liar tersebut malah mencemooh korban dan berkata sinis.... "sudah gak usah diteruskan, orang sudah ketemu aja" dan "mungkin salah parkir itu"
pokoknya kata-kata yang menyalahkan korban dan meminta tidak diteruskan.
Akhirnya memang tidak diteruskan karena polisi menganggap tidak ada unsur pidana dan hanya terkena denda karena memberikan karcis yang berbeda.
Pelajaran
Nah dari kasus di atas ada pelajaran yang bisa dipetik yakni:
1.. Jangan parkir di tempat parkir ilegal/ parkir liar yang biasanya dikelola preman. Parkirlah di tempat parkir resmi biasanya ada di dalam gedung atau di atas gedung (tidak dipinggir jalan)
2. Selalu minta karcis parkir dan periksa karcis parkirnya
3. Berhati-hatilah saat parkir dengan selalu mengunci kendaraan saat parkir
4. Jika kehilangan kendaraan segera lapor ke polisi terdekat agar bisa ditangani, semakin cepat laporan maka kemungkinan sepeda kembali makin besar.
Yang paling penting disikapi saat ini adalah poin ke 1 dan poin ke 4 yakni parkir di tempat resmi dan jika kehilangan langsung lapor polisi....
Dari kasus diatas sangat besar kemungkinan jukir-jukir liar ini saling berkomplot untuk mencuri motor,,,harap waspada ya sobbb.... miris rasanya kalau kehilangan motor, sekarang cari uang susah banyak yang berbuat nekat..
Cari uang susah jangan sampe kehilangan motor broo,,, sayang
Learn more »

10 Modifikasi Ringan untuk Mobil kita

Memiliki mobil adalah suatu kesenangan dan hoby, kita tentunya menginginkan agar mobil kita tampil lebih baik dan dapat berfungsi lebih banyak dibandingkan standartnya atau keluaran pabrik. Beberapa modilfikasi bisa kita lakukan untuk meningkatkan tampilan mobil dan juga menambah fungsinya misalnya mengganti velg, ban, audio mobil, penambahan kaca film, klakson, roof box dan lain sebagainya.
Nah kali ini www.mobilku.org akan mengulas 10 modifikasi ringan yang bisa kita lakukan pada mobil kesayangan kita:
1. Kaca Film
Pemasangan kaca film yang baik bisa mengurangi radiasi ultraviolet yang masuk dalam mobil sehingga suhu mobil tetap dingin dan kita juga tidak silau dengan banyaknya sinar matahari di lingkungan kita. Pemasangan kaca film juga membuat mobil tampil lebih gaya sekaligus berfungsi sebagai keamanan karena barang-barang di dalam mobil tak terlihat dari luar, kaca film ini tidak boleh sembarangan memasang karena bisa malah berdampak buruk (mengganggu pandangan) atau tidak menyaring sinar matahari.
Yang perlu diperhatikan saat akan memasang kaca film adalah pertama kualitas kaca film, kedua merk kaca film, ketiga tingkat visible light, ke empat spesifikasi kaca film, ke lima kekuatan kaca film saat kaca pecah. tentang kaca film mobil bisa dibaca di tips memasang kaca film mobil
2. Audio video mobil
Jika mobil tidak berkualitas premium bisa dipastikan suara audio mobil biasa-biasa saja (berisik dan tidak enak di dengar), untuk itu gantilah sound system (speaker) dengan yang lebih bagus yang beraliran SQ (Sound Quality) agar lebih nyaman saat berkendara. Jika mobil lawas yang masih memakai kaset bisa diganti dengan sistem audio yang lebih baru yang support mp3/ mp4 atau jika mungkin monitor layar sentuh agar mobil terlihat berkelas.
Harganya tidak mahal kok, dengan membawa uang 2 juta rupiah dan datang ke spesialis audio maka sistem audio akan jauh lebih enak (tanya dulu ya biayanya sebelum diganti)
3. Velg
Jika mobil masih memakai velg besi atau bawaan standar maka tampilan mobil menjadi kurang bagus, seperti orang yang memakai sepatu jelek maka akan terlihat jelek. Nah gantilah dengan velg alloy (alumunium) dengan desain pilar yang disukai namun jangan lupakan kualitas velg (pilih dari merk yang bagus).
Velg alloy yang bagus selain mempercantik tampilan mobil juga bisa membuat mobil melaju lebih stabiol pada kecepatan tinggi, baca tentang pedoman mengganti velg mobil di sini
4. Ban
Mengganti ban juga erat kaitannya dengan gaya dan juga kemamapuan mobil, ban yang besar memiliki ketangguhan melintasi berbagai medan (kondisi jalan) akan tetapi lebih boros BBM, sedangkan ban tertentu misalnya ban ECO lebih hemat BBM jika digunakan meskipun penggunaannya terbatas pada jalan aspal dan sedikit rusak saja.
Mengganti ban ini erat kaitannya dengan kebutuhan pengemudi atau pemilik mobil, jika mobil sering melewati jalan naik turun dengan track cukup berat (berbatu dan non aspal) maka bisa memakai ban pacul atau kembang yang kasar biasanya ban ini untuk offroad (Ban MT)
Jika diperkotaan dan jarang sekali ke jalan non aspal memakai ban ECO sangat baik, jika proporsi di jalan aspal dan kadang-kadang saja ke pedesaan seimbang maka memakai ban tipe AT (Ban AT)
baca tentang ban mobil disini
5. Klakson
Untuk mobil kelas bawah dengan harga 200 juta ke bawah biasanya masih memakai klakson sigle, klakson single ini memiliki karakter suara yang kurang enak di dengar. Pecinta otomotif bisa menggantinya dengan klakson ganda yang tersedia di pasaran sehingga suara lebih enak didengar terdengar dan lebih mewah.
Tetapi jangan memakai klakson yang terlalukeras karena akan mengganggu pengemudi mobil lain.
6. Sistem Navigasi
Sistem navigasi ini sekarang berbasis GPS (Global Positioning System), jika dulu memakai kompas dan peta maka sekarang sudah memakai perangkat elektronik dengan koneksi satelit untuk menentukan posisi kita, dan menggunakan tampilan peta digital (Maps) untuk visualisasinya.
Nah jika mobil belum dilengkapi GPS maka pecinta otomotif bisa melengkapinya dengan membeli GPS Navigation yang ada di pasaran, harganya sekitar 800 ribuan, pecinta otomotif juga bisa memanfaatkan HP android untuk GPS karena saat ini hampir semua HP sudah dilengkapi dengan fitur GPS, tinggal kita menginstal programnya ke HP kita saja
7. Kamera atau Sensor Parkir
Paling tidak mobil sudah dibekali dengan sensor parkir sehingga saat mundur sensor akan bekerja dan memberitahukan jika ada benda di belakang mobil dengan bunyi tiit tiit tiit, lebih bagusnya jika pecinta otomotif memiliki dana lebih bisa memasang kamera parkir pada bagian belakang mobil sehingga bisa melihat dengan akurat apakah akan emnabrak atau tidak saat mobil berjalan mundur.
Pemasangan kamera parkir dan sensor parkir ini bisa dilakukan di bengkel resmi mobil maupun di bengkel variasi mobil, lebih murahnya sih di bengkel variasi mobil...kalau tidak berhubungan dengan mesin saya rasa tidak masalah menyervice mobil di bengkel non resmi
8. Charger untuk gadget
Charger untuk gadget ini bisa dibeli bahkan di toko-toko HP, lumayan kan saat berpergian keluar kota kita tidak kebingungan untuk mengechas HP atau tab kita..biasanya kita bingung mau mengechas dimana? akan tetapi jika membawa charger mobil maka kita bisa mengecharge HP atau gadget kita saat diperjalanan.
9. Roof Rail/ Roof Box/ Roof Rack
* ketiganya memang hampir mirip karena fungsinya yang sama yakni untuk membawa barang di atas atap mobil, perbedaannya hanya pada bentuknya jika Roof Rail adalah semacam rail yang ditempatkan di atap mobil. pada roof rail ini nantinya bisa ditempatkan roof box, atau tidak perlu memakai roof box sehingga barang hanya diikat pada roof rail (tapi ini berbahaya)
* Roof Rack adalah besi/ logam lain yang bentuknya menyerupai rack dan diletakkan di atap mobil (biasanya untuk mobil-mobil offroad). Roof rack ini efektif di perjalanan jauh dengan medan yang tidak rata, mobil-mobil yang dipasangi roof rack biasanya mobil offroad yang memiliki body kuat seperti Hardtop, Jimny, Jeep, Landcruiser, land rover, dll
* Roof Box ini semacam kotak berbentuk kapsul yang biasanya dipasang di atap mobil (dikaitkan dengan roof rail), gunanya untuk membawa barang-barang seperti baju, tas, dan peralatan lainnya. Roof Box ini efektif dipakai di jalan aspal dan untuk perjalanan jauh dengan membawa banyak barang. Pemasangan roof box disesuaikan dengan jenis mobil dan kekuatan atap mobil, roof box juga memiliki batasan beban maksimum, Roof Box ini biasanya dipasang pada mobil-mobil MPV seperti Avanza, ertiga dan sebagainya
* Cross Bar, nah saat ini sudah berkembang lagi fasilitas barang di atap dengan memasang cross bar yakni seperti roof rail akan tetapi melintang dari samping kiri ke samping kanan (dari samping ke samping). Cross bar ini juga bisa sebagai tempat roof box akan tetapi juga bisa dipakai langsung pada barang (diikat dengan kuat).
Pemasangan Cross Bar ini kebanyakn untuk mobil City Car, LCGC, MPV meskipun kadang-kadang mobil SUV juga memakai Cross Bar untuk menaruh beban di atap mobil.
10. Spoliler
Spoiler yang baik adalah bawaan pabrikan karena bisa meningkatkan stabilitas mobil saat melaju pada kecepatan tinggi, spoiler ini juga menambah modis penampilan mobil. Lantas apakah boleh memakai spoiler aftermarket?
boleh saja meskipun fungsinya tidak akan sama dengan spoiler asli pabrikan, spoiler after market lebih ke sekedar gaya dan untuk mengurangi terik sinar matahari, sedangkan spoiler bawaan mobil bisa berfungsi untuk menyetabilkan mobil juga.
Learn more »

Honda CR-V Tahun 2017 mulai Diuji di Jalan

Honda CR-V tahun 2017 sudah mulai terlihat di uji di Jalanan California, meskipun bentuknya masih dikamuflase akan tetapi mobil ini sangat mirip dengan desain digital Honda CR-V mulai lekuk-lekuk bodinya, desain lampu-lampu, anterna, bentuk spoiler sampai desain keseluruhan mobil. Pihak Honda juga tak menampik kalau itu adalah Honda CR-V generasi ke 5 yang akan keluar tahun 2017 mendatang.
Honda CR-V generasi ke 5 yang akan keluar tahun 2017 ini tampil berbeda dengan CR-V saat ini, Honda akan manaikkan kelasnya lebih tinggi dengan fitur interior yang lebih modern, desain interior lebih mewah, berkapasitas penumpang 7 orang, material dan desain eksterior lebih mewah, memakai sistem penggerak 4 roda.
CR-V baru ini bakal memakai mesin 1500 cc dibekali turbo, mesin ini lebih kecil dari yang ada sekarang sekaligus menjadi pelengkap CR-V (pelangkap CR-V 2000 cc dan 2400 cc). Meskipun mesinnya lebih kecil tapi bukan berarti tenaganya jauh berkurang karena dibekali turbo yang akan aktif pada Rpm menengah keatas, mesin kecil ini akan efektif untuk mengurangi konsumsi BBM dan meminimalkan tempat (ruangan mesin) sedangkan disematkannya turbo adalah upaya untuk mempertahankan kemampuan mesinnya agar tetap dalam performa yang baik saat benar-benar dibutuhkan.
Honda CR-V 2017 bakal memakai konfigurasi 7 tempat duduk, tak hanya menambah seat saja akan tetapi honda juga memperpanjang jarak sumbu roda mobil sekitar 80 mm atau 8 cm, memperpanjang sumbu roda ini agar mobil stabil dan lebih aman.
Honda juga mengubah konfigurasi penggerak dari yang dulunya hanya roda depan saja kini memakai 4 roda, hal ini adalah upaya honda untuk menaikkan kelas CR-V dan membedakan dengan mobil kelas di bawahnya seperti Honda HR-V dan CR-V generasi 4.
Tak hanya itu Interior juga dibuat dengan material lebih berkualitas dengan penanaman fitur-fitur modern seperti monitor layar sentuh, fasilitas navigasi dan komunikasi, teknologi AC Auto climate, dll. Eksterior mobil juga diklaim lebih mewah dari generasi terdahulu
Lantas kapan mobil ini akan masuk Indonesia? apakah tahun 2017 juga ataukah lebih lama lagi, kita juga berharap tidak ada fitur yang dikurangi terutama untuk sistem penggeraknya, karena sudah sangat lama Honda Indonesia tidak mengeluarkan mobil yang benar-benar adventure dengan penggerak 4 roda
Learn more »