Feature news

Honda CR-V Tahun 2017 mulai Diuji di Jalan

Honda CR-V tahun 2017 sudah mulai terlihat di uji di Jalanan California, meskipun bentuknya masih dikamuflase akan tetapi mobil ini sangat mirip dengan desain digital Honda CR-V mulai lekuk-lekuk bodinya, desain lampu-lampu, anterna, bentuk spoiler sampai desain keseluruhan mobil. Pihak Honda juga tak menampik kalau itu adalah Honda CR-V generasi ke 5 yang akan keluar tahun 2017 mendatang.
Honda CR-V generasi ke 5 yang akan keluar tahun 2017 ini tampil berbeda dengan CR-V saat ini, Honda akan manaikkan kelasnya lebih tinggi dengan fitur interior yang lebih modern, desain interior lebih mewah, berkapasitas penumpang 7 orang, material dan desain eksterior lebih mewah, memakai sistem penggerak 4 roda.
CR-V baru ini bakal memakai mesin 1500 cc dibekali turbo, mesin ini lebih kecil dari yang ada sekarang sekaligus menjadi pelengkap CR-V (pelangkap CR-V 2000 cc dan 2400 cc). Meskipun mesinnya lebih kecil tapi bukan berarti tenaganya jauh berkurang karena dibekali turbo yang akan aktif pada Rpm menengah keatas, mesin kecil ini akan efektif untuk mengurangi konsumsi BBM dan meminimalkan tempat (ruangan mesin) sedangkan disematkannya turbo adalah upaya untuk mempertahankan kemampuan mesinnya agar tetap dalam performa yang baik saat benar-benar dibutuhkan.
Honda CR-V 2017 bakal memakai konfigurasi 7 tempat duduk, tak hanya menambah seat saja akan tetapi honda juga memperpanjang jarak sumbu roda mobil sekitar 80 mm atau 8 cm, memperpanjang sumbu roda ini agar mobil stabil dan lebih aman.
Honda juga mengubah konfigurasi penggerak dari yang dulunya hanya roda depan saja kini memakai 4 roda, hal ini adalah upaya honda untuk menaikkan kelas CR-V dan membedakan dengan mobil kelas di bawahnya seperti Honda HR-V dan CR-V generasi 4.
Tak hanya itu Interior juga dibuat dengan material lebih berkualitas dengan penanaman fitur-fitur modern seperti monitor layar sentuh, fasilitas navigasi dan komunikasi, teknologi AC Auto climate, dll. Eksterior mobil juga diklaim lebih mewah dari generasi terdahulu
Lantas kapan mobil ini akan masuk Indonesia? apakah tahun 2017 juga ataukah lebih lama lagi, kita juga berharap tidak ada fitur yang dikurangi terutama untuk sistem penggeraknya, karena sudah sangat lama Honda Indonesia tidak mengeluarkan mobil yang benar-benar adventure dengan penggerak 4 roda
Learn more »

Adu Irit dan Performa Sigra Vs Xenia

Daihatsu Sigra bisa dikatakan adalah adik dari Xenia, keduanya memakai mesin dengan teknologi yang mirip yakni dual VVT-i, juga sama-sama memakai mesin 4 silinder, perbedaannya Sigra memakai mesin yang lebih kecil yakni 1200 cc (1197 cc) bertenaga maksimum 88 Hp dengan torsi 108 Nm, sedangkan Xenia memakai mesin 1300 cc (1329 cc) yang tenaga maksimumnya mencapai 97 Hp dan torsi 121 Nm.
Perbedaan yang juga penting dipahami adalah pada sistem penggerak dimana Xenia memakai penggerak roda belakang yang unggul pada jalan lebih ekstrim (jalan tanah atau non aspal), sedangkan Sigra memakai penggerak roda depan yang unggul pada jalanan yang halus (jalanan aspal perkotaan).
Selain itu perbedaan bobot mobil juga menjadi penentu adu performa dan keiritan kedua mobil ini,
Mobil yang dipakai perbandingan kali ini adalah Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe Vs Daihatsu Xenia 1.3 R AT Sporty. Perbandingan Sigra Vs Xenia kali ini tentang performa mesin dan keiritan konsumsi bahan bakar mobil, sementara untuk harga dan fitur mungkin di ulas di lain waktu
Lebih irit mana?
Secara umum jauh lebih irit Daihatsu Sigra, dimana Daihatsu Sigra 1.2 R AT mampu mencatatkan angka di 17,3 Km/liter untuk jalan dalam kota, sedangkan pada rute yang sama Daihatsu Xenia 1.3 R AT Sporty mampu mencatatkan keiritan 12 km/ liter. Nah selisih sebesar 5 km/ liter termasuk besar bro,,,, lebih irit Sigra.
Bagaimana untuk rute jalan bebas hambatan atau jalan TOL? Rupanya Daihatsu Sigra juga tetap lebih irit yakni konsumsi BBM mencapai 20,5 km/ liter sedangkan Daihatsu Xenia tercatat memiliki konsumsi BBM 16,5 km/ liter pada jalan bebas hambatan. Masih selisih sekitar 5 km/liternya, 5 Km itu jauh broo untuk perjalanan dengan mobil.
Jadi kesimpulannya jauh lebih irit Sigra dibandingkan Xenia. Lantas bagaimana dengan performa mobil?
Performa mesin Sigra Vs Xenia
Daihatsu Xenia 1.3 R AT ini memiliki tenaga 97 Hp sedangkan Daihatsu Sigra memiliki tenaga 88 Hp, akan tetapi bukan berarti dengan angka seperti itu Xenia lantas menang jauh dengan Daihatsu Sigra masalah performa atau kemampuan mesin.
Faktor yang menentukan performa adalah juga bobot mobil, jika diperhitungkan dengan berat kosong mobil maka didapatkan rasio antara tenaga dan beban kosong. Berat kosong Sigra R AT adalah 990 Kg, Rasio tenaga dan beban Daihatsu Sigra yakni 11,25 Kg/Hp, ini artinya tenaga tiap Hp Daihatsu Sigra dipakai untuk menggerakkan 11,25 Kg saja, kita bandingkan dengan Xenia.
Daihatsu Xenia memiliki tenaga 97 Hp sedangkan beban atau bobot atau berat kosong mobil ini adalah 1130 kg sehingga rasio power to weigt Xenia ini ternyata 11,64 Kg/Hp, ini artinya 1 Hp milik xenia akan membawa beban seberat 11,64 kg (ini lebih berat daripada Sigra).
Untuk mobil dengan nol muatan Sigra bisa lebih enteng akan tetapi coba kita simulasikan dengan 5 orang penumpang dengan rata-rata berat penumpang 60 kg, maka ada tambahan beban 300 kg
* Daihatsu Xenia
Berat kosong + penumpang = 1430 Kg
Tenaga : 97 Hp
Rasio Power to Weigt with 5 person: 1430/ 97 = 14,74 Kg/ Hp
* Daihatsu Sigra
Berat kosong + Penumpang = 1290
Tenaga : 88 Hp
Rasio Power to Weigt with 5 person: 1290/ 88 = 14,65 Kg/Hp
Nah dari perhitungan di atas, jika diberi beban 5 orang penumpang ternyata Daihatsu Sigra masih bisa berjalan lebih ringan daripada Xenia dengan beban yang sama.. Akan tetapi makin besar beban misalnya untuk 7 orang penumpang dengan tambahan barang yang cukup banyak mungkin baru akan terasa Sigra lebih lambat daripada Xenia, akan tetapi jika dipakai tidak terlalu berat maka Sigra ini cukup menjanjikan
Perbedaan sistem penggerak
Tak hanya besaran tenaga (daya kuda) yang menjadi pertimbangn, sistem penggerak juga patut dipertimbangkan, jika pecinta otomotif lebih banyak berada di jalan rusak (jalan berbatu, tanah, jalan menanjak, dll) lebih baik memakai penggerak roda belakang seperti Xenia karena sifatnya yang mendorong dari belakang dikatakan lebih tangguh untuk jalan non aspal.
Jika pecinta otomotif lebih banyak menghabiskan waktu di perkotaan dengan jalan aspal yang mulus memang lebih baik memilih penggerak roda depan karena lebih bagus berakselerasi dan lebih stabil pula saat menikung di jalanan aspal.
Kedua sistem penggerak sebenarnya bisa diaplikasikan pada berbagai kondisi jalan hanya sedikit saja perbedaannya, bahwa satunya lebih unggul di jalan aspal halus dan satunya lebih unggul di jalan sedikit rusak.
Learn more »

Nissan Terrano 2016 Vs Nissan X Trail

Nissan Terrano bakal kembali dijual di Indonesia setelah pabrikan Nissan pusat di jepang memproduksi mobil ini lagi tahun 2016 ini, nah lantas apakah akan masuk indonesia dan seperti apa mobilnya? Nissan Terrano 2016 ini sudah didaftarkan untuk dijual di Indonesia pada menteri perindustrian, artinya bisa dikatakan hampir pasti dijual di Indonesia dengan perkiraan mulai tahun 2017 atau bisa juga akhir tahun 2016. Seperti ini pengajuan permohonan menjual di Indonesia.
Spesifikasi Nissan Terrano 2016
Mobil yang aka dijual di Indonesia memakai mesin bensin berkapasitas 1600 cc dengan tenaga maksimum sampai 104 Hp, tidak terlalu besar ya mesinnya tenaganya juga bisa dibilang kecil. Jika dibandingan dengan Nissan X Trail yang ada di Indonesia tenaganya masih kalah jauh.
Nissan X trail saat ini dibekali fitur yang sangat canggih seperti memakai mesin 2000 cc X trail mampu mengeluarkan tenaga sampai 144 Hp wah selisih 40 Hp, ini sangat besar untuk mobil berkapasitas mesin 1500 sampai 2000 cc. Jadi intinya masalah mesin New Terrano ini sepertinya tidak bisa disandingkan dengan Nissan X Trail yang ada sekarang.
Bahkan fitur-fiturnya juga jauh lebih canggih X trail yang sudah dibekali kamera arround view monitor (seperti terlihat dari atas) ada 4 kamera di semua sisi mobil sehingga pengemudi seperti bisa melihat mobil dari atas (pandangan helikopter)
Sementara pada dashboard Nissan Terrano 2016 ini terlihat sederhana tanpa ada layar monitor apa lagi kamera, sistem audionya meskipun sudah Double Din dan support mp3 akan tetapi tidak bisa memutar mp4 atau yang berbasis video. Pada bagian kabin depannya fitur-fitur kendali terlihat seperti mobil tahun 90an akhir seperti lubang AC, tombol power window, panel AC, transmisi, bahkan sepertinya tidak dibekali airbags. Untuk Terrano pasar luar negeri tampilannya terlihat lebih bagus atau lebih modern (dengan layar monitor kecil, jok lebih bagus, door trim lebih berkelas, dll), klo yang dijual di indonesia sepertinya spek yang paling rendah atau diturunkan speknya..wajar seperti itu lihat saja Terios di luar negeri memakai 4x4 di indonesia hanya 4x2.
Nissan Terrano baru ini sepertinya dijual untuk kelas bawah akan tetapi memakai nama besar terrano untuk mengangkatnya, mobil ini juga memakai penggerak 2 roda saja
Kenyamanan Berkendara
Nissan Terrano generasi 90 an memiliki image mobil yang tangguh dan sangat nyaman, sepertinya kenyamanan ini yang coba dipertahankan untuk nissan terrano 2016 atau terrano baru ini. Jika dilihat dari sistem transmisi yang digunakan masih memakai manual yang dimodifikasi.
Pengemudi bisa memindah gigi seperti transmisi manual biasa akan tetapi bedanya pengemudi tidak perlu menginjak kopling seperti mobil-mobil manual lain, transmisi manualnya di diberi konsul otomatis. Ini bisa dikatakan adalah perpaduan transmisi manual dan otomatis. Tranmsisi ini dinamakan AMT atau Automatic Manual Transmission.
Kelebihan transmisi ini adalah mobil lebih bisa menyalurkan tenaga mesin dengan maksimal pada roda melalui pengaturan gigi yang diinginkan, misalnya untuk jalan menanjak pakai saja gigi 1 atau jalan menurun pakai gigi 1 atau 2 maka kendali ada pada pengemudi.
Transmisi manual memang memiliki keunggulan dalam hal tenaga lebih garang daripada matic, akan tetapi transmisi manual memiliki kelemahan kurang nyaman karena kaki harus bergantian menginjak 3 pedal. Dengan menghilangkan pedal kopling ini diharapkan mobil bisa bertenaga akan tetapi tidak kehilangan kemampuan mesinnya terutama untuk jalan tanjakan dan turunan.
Kelas Nissan Terrano 2017
Nissan terrano 2016/ 2017 ini mengingat mobilnya bermesin 1600 cc dan bertenaga 104 Hp serta fiturnya yang cukup terbatas, kemungkinan mobil ini akan bersaing dalam kelas bawah atau menengah bawah yakni SUV low di harga 250 jutaan.
Pada kelas ini ada Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V
Ditunggu saja ya bro,,,, jangan lupa test drive, jangan asal beli saja
Learn more »

Ganti Velg lebih Lebar, Ini dampaknya

Mengganti velg dengan yang lebih lebar saat ini menjadi kegemaran pemilik mobil yang menyayanginya, biasanya dipakai untuk meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih bagus..akan tetapi sebenarnya tahu gak apa sih akibatnya jika kita menambah ukuran lebar velg? jangan-jangan gak tahu dan ntar menyesal... berikut adalah akibat atau dampak jika ukuran velg diperlebar:
1. Tampilan mobil lebih bagus
2. Daya cengkeram ke aspal menjadi lebih baik, makin lebar ban maka bidang karet ban yang bersentuhan dengan aspal makin luas sehingga daya cengkeramnyapun makin baik artinya pengereman juga makin baik
3. Mobil lebih stabil saat bermanuver atau mengerem tidak mudah oleng dan tidak mudah selip
Tapi ada dampak buruknya sob:
1. Mobil jadi lebih boros BBM, karena cengkeraman ke aspal juga akan meningkatkan hambatan mobil
2. Kerja mesin menjadi lebih berat karena daya cengkeram ke aspal naik
3. Akselerasi mobil berkurang, percepatan mobil atau kemampuan menambah kecepatan mobil atau biasanya dikatakan tarikan mobil menjadi lebih lemah, hal ini karena tapak yang lebih lebar
4. radius putar bertambah besar meskipun ini tidak signifikan, akan tetapi untuk mereka yang tinggal di tempat sempit juga akan terasa
5. ruang garasi makin terbatas, jika lebar velg ditambah sampai keluar spakbor maka ini akan terasa.
Apakah tidak boleh menambah lebar velg/ ban?
Sebaiknya pecinta otomotif mempertimbangkan plus minusnya, bahkan memperkecil velg juga memiliki resiko yang berbahaya juga. Artinya lebar velg yang baik adalah sedang-sedang saja tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit, sesuaikan dengan kebutuhan pengemudi, jika ingin irit ya jangan memakai velg yang lebar akan tetapi jika medannya sering licin dan berbahaya maka ganti velg sedikit lebih lebar gak masalah
Learn more »

Persiapan Berkendara Jarak Jauh? Driver, Mobil dan Penumpang

Saat akan melakukan perjalanan jauh ada hal-hal yang perlu kita siapkan terlebih dahulu misalnya: rute yang akan dilewati, GPS, makanan ringan, persiapan mobil, barang bawaan dan lain-lain. Hal ini dilakukan karena perjalanan panjang sangat berbeda dengan perjalanan dalam kota yang masih banyak teman dan banyak fasilitas (bengkel, warung, dll).
Berikut adalah yang perlu disiapkan:
1. Kendaraan dalam kondisi baik/ layak jalan
Sebelum perjalanan servicelah kendaraan di bengkel jika kondisi mobil terasa ada yang kurang, jika mobil dalam keadaan masih cukup baik atau baru diservice bebrapa hari/ minggu maka cukup cek secara keseluruhan dirumah, jika tidak ada masalah maka bisa digunakan untuk perjalanan panjang.
Bagian yang diperiksa: Rem apakah berfungsi dengan baik, kondisi ban tidak ada yang mengkhawatirkan (ketebalan dan cacad fisik), lampu-lampu berfungsi semuanya termasuk lampu sein lampu utama dan lampu rem, wiper dan perangkat lain berfungsi, mesin tidak mengalami gangguan misal brebet atau hal lain yang berpoptensi menjadikan mobil mogok di jalan.
2. Kondisi fisik pengemudi yang prima; tidak sakit, tidak mengantuk dan tidak sedang lelah
Sebelum melakukan perjalanan panjang hendaknya pengemudi sudah tidur cukup sehari sebelumnya minimal tidur 8 jam pada malam sebelum berangkat sehingga pagi sudah segar.
Jaga jangan sampai melakukan aktifitas yang melelahkan dalam 2 hari terakhir sampai perjalanan, aktifitas tersebut misalnya angkat beban, ke gym, dan lain sebagainya. Hal ini untuk menjaga stamina dan konsentrasi saat mengemudi bisa bertahan lama
3. Hindari penyebab kantuk saat akan perjalanan
Penyebab mengantuk saat akan perjalanan adalah makan terlalu kenyang dan minum obat, jika memang mau minum obat maka lakukan beberapa jam sebelum berangkat (karena obat menyebabkan kantuk). Sama dengan makan kenyang akan menyebabkan kantuk, makanlah 1-2 jam sebelum berangkat agar efek kantuknya sedikit berkurang. Jika baru makan/ minum obat jangan langsung berkendara, lihat dulu reaksi tubuh jika tidak mengantuk bisa jalan jika mengantuk tidur sebentar
4. Membuat rute/ rencana perjalanan
Nah rencana perjalanan ini semestinya sudah dimiliki beberapa hari sebelum berangkat termasuk kapan berangkat (jam berapa, malam hari atau pagi hari), pengemudi harus tahu jalan-jalan mana saja yang akan dilalui (jangan sampai tidak tahu jalan, malah akan sengsara). secara umum pilih rute yang paling cepat dengan resiko paling kecil.
Sebaiknya driver juga menandai tempat-tempat yang bisa digunakan selama perjalanan misalnya rest area untuk istirahat, SPBU tempat mengisi BBM, masjid untuk salat, tempat beli oleh-oleh dan tempat-tempat lain. Tentukan dengan rinci nanti mampir dimana saja
5. Istirahat selama perjalanan
Saat perjalanan pengemudi harus memegang prinsip berkendara maksimum 3 jam, tubuh manusia efektif berkendara hanya 3 jam dan setelah itu akan kelelahan serta kehilangan konsentrasi. Nah prinsip 3 jam ini sudah umum dipakai di seluruh dunia yakni mengemudi secara terus menerus selama 3 jam lalu istirahat selama 1/2 jam atau 1 jam.
Sedangkan maksimum berkendara selama sehari adalah 3 x 3 jam atau 9 jam berkendara, dengan 2 kali istirahat di tengah-tengahnya, setelahnya pengemudi pasti lelah dan bisa mencari penginapan atau tidur di mobil tidak masalah saat malam hari. Jika memakai konfigurasi 9 jam berjalan dengan 2 jam istirahat maka totalnya 11 jam, jika pecnta otomotif berangkat jam 8 pagi maka jam 7 malam sudah harus istirahat untuk melanjutkan esok hari.
6. Bawa makanan ringan dan minuman
Yang terpenting adalah minuman air putih untuk mengganti kehilangan cairan tubuh dalam mobil, sediakan paling tidak 2 botol aqua besar 1500 ml atau bisa 3 botol atau 4 botol untuk seluruh keluarga selama sehari penuh 11 jam.
Makanan ringan juga penting dibawa untuk menghilangkan kebosanan dan lapar, kadang-kadang ada penumpang yang lapar dalam mobil maka paling efektif adalah mengeluarkan makanan ringan.
Makanan yang bisa dibawa antara lain: roti, keripik, snack kesukaan, buah-buahan ukuran sedang dan tidak perlu dikupas.
Buah-buahan digunakan untuk mengganti vitamin tubuh saat kelelahan dan kurang vitamin, memakan buah bisa dengan signifikan menyegarkan tubuh. buah jeruk adalah favorit pecinta otomotif, selanjutnya apel/ klengkeng/ yang lain. Hindari buah yang besar dan membutuhkan pengupasan karena resikonya terlalu besar.
Jika dibutuhkan pecinta otomotif juga bisa membawa vitamin semacam vitacimin, xonce, dll
7. Hindari minum Kopi dan Soda
Kandungan kopi yakni kafein bisa menyebabkan jantung deg-degan/ jantung bekerja lebih keras, ini kadang-kadang dipakai agar mata tetap terjaga padahal ini adalah salah.
Jantung berdebar-debar akan memecah konsentrasi kita saat mengemudi dan juga mengubah cara/ gaya mengemudi kita menjadi agresif (hindari hal ini).
Minuman bersoda (coca cola, tebs, pepsi, fanta, dll) juga meyebabkan jantung berdebar selain itu banyak sekali dampak buruk minuman bersoda dalam jangka panjang misalnya kegemukan, kanker, penuaan dini, ulang rapuh dan masih banyak lagi. Hindari aja soda ini sob....
8. Hitung beban mobil
Pengemudi mobil iasanya sudah mengetahui berapa beban yang bisa diangkt mobil, biasanya untuk mobil penumpang tidak lebih dari 400 Kg (meskipun tiap mobil beda-beda), beban maksimum yang bisa dibawa mobil ini bisa dilihat pada buku manual mobil atau ditanyakan langsung pada teknisi bengkel resmi mobil saat service rutin, bisa juga mencari infonya di internet atau dimana saja asalkan tidak salah.
Nah misalnya mobil City Car seperti jazz memiliki kemampuan angkut 400 kg maka perhitungannya jika diisi dengan 5 orang (maksimum) dengan bobot rata-rata 60 kg maka bobot penumpang saja sudah 300 kg dan hanya tersisa 100 kg untuk barang (jangan lebih dengan membawa barang diatas 100 kg).
Berat maksimum mobil total yang dibolehkan disimbolkan dengan GVW atau Gross Vehicle Weigt atau berat mobil setelah ditambah beban, sedangkan CW atau Curb Weight adalah berat kosong kendaraan. Jika GVW - CW maka akan ditemukan kemampuan membawa beban mobil.
Contoh Avanza memiliki GVW 1585 Kg dan CW 1045 maka beban maksimum dari luar yang bisa dibawa mobil adalah 1585 - 1045= 540 Kg, jika rata-rata berat penumpang adalah 60 kg dikalikan 7 kursi adalah 420 jadi masih ada sisa 120 Kg untuk barang jika avanza diisi penuh 7 orang.
9. Kecepatan mobil
Kecepatan mobil untuk jalan bebas hambatan bisa dipacu diatas 80 Km/ jam, jika di jalan luar kota (antar kota) maka maksimum kecepatan mobil adalah 80 km/ jam, sedangkan jalan dalam kota maksimum hanya 50 km/ jam, untuk jalan perkampungan padat penduduk bahkan hanya 30 km/jam. baca aturan kecepatan maksimum di sini
10. Terakhir bawa fitur entertaiment seperti kumpulan film/ DVD untuk dilihat selama perjalanan (untuk para penumpang agar tidak bosan), siapkan musik-musik kesukaan, gunakan bahan alami untuk wangi-wangian seperti cengkeh, daun pandan, bunga, dll. Hindari parfum mobil yang menyengat yang menyebabkan kelelahan, mual dan hilang konsentrasi dalam mengemudi
Learn more »

Apa itu Oli Sintetik, dan kelebihannya?

Oli mesin pada mobil atau motor terbagi menjadi 2 jenis yakni oli sintetik dan oli mineral menurut bahan mentah (mateial) dan proses pembuatannya. Oli mineral pasti terbuat dari minyak mentah yang diproses sedemikian rupa dengan (sendimentasi, destilasi, filtrasi, penambahan aditif dan lain sebagainya), sementara oli sintetik bisa terbuat dari minyak bumi akan tetapi juga bisa terbuat dari senyawa non minyak (misal dari buah-buahan atau senyawa lain) yang diproses jauh lebih rumit dari oli mineral sehingga menghasilkan pelumas yang bisa untuk mesin.
Oli mineral pembuatannya rumit akan tetapi oli sintetis pembuatannya jauh lebih rumit, bisa dianalogikan oli sintetis adalah oli mineral yang diproses lebih lanjut dengan pemisahan kandungan berbahaya pada oli mineral misalnya sulfur, nitrogen dan senyawa lain yang berbahaya bagi logam akibat pembentukan asam dan reaksi oksidatif.
Kesimpulannya oli sintetis memang jauh lebih baik dari oli mineral secara kualitas, dan jauh lebih rumit pembuatannya dengan bahan bermacam-macam tidak terbatas pada minyak mentah saja. Nah lantas apa saja kelebihan oli sintetis dibanding oli mineral? banyak bro sekalian perbedaannya ya:
1. Oli sitetis memiliki range suhu yang besar, artinya dia bisa bekerja stabil pada suhu amat rendah dan suhu amat tinggi... ini yang tidak bisa dimiliki oleh oli mineral dengan range suhu stabil yang terbatas. Mobil-mobil di daerah ekstrim seperti daerah bersalju akan lebih mudah menyalakan mesinnya jika memakai oli sintetis karena dia akan tetap stabil di suru rendah sekalipun dimana oli mineral sudah sangat mengental
Pada suhu tinggi (misalnya saat dipakai bekerja ekstra keras) oli sintetis masih lebih stabil pada suhu tinggi (kekentala tidak berubah), hal ini berbeda dengan oli mineral yang relatif lebih riskan terhadap suhu tinggi (viskositas oli berubah dan rawan reaksi kimia) yang buruk bagi logam (menjadi asam, reaksi dengan oksigen, dll)
2. Oli sintetis dibuat dari oli mineral yang diproses lebih lanjut, dipisahkan zat-zat kimia berbahaya (sulfur, nitrogen, karbon reaktif, dll). menghilangkan unsur berbahaya ini bisa berakibat logammenjadi lebih awet karena tidak berreaksi. Selain itu tidak adanya logam berbahaya ini meminimalkan residu oli pada mesin (tumbukan lilin) pada mesin
3. Kekentalan yang sama tiap molekulnya membuat oli sintetis bisa masuk ke sela-sela rongga mesin dengan tanpa hambatan, berbeda dengan oli mineral ada yang lebih besar ada yang lebih kecil sehingga tidak leluasa masuk rongga-rongga mesin terutama untuk mesin mobil jaman sekarang yang antar komponen rongganya dibuat sangat kecil karena perkembangan pembuatan mesin yang sangat presisi.
4. Oli sintetik lebih tahan terhadap penguapan dan reaksi oksidasi.
Tidak mudah menguap, tidak mudah bereaksi dengan oksigen yang menyebabkan kekentalan oli menjadi naik dan mengubah senyawa kimia oli, dll)
5. Oli sintetis memiliki umur pakai yang relatif lama yakni sampai 2 sampai 3 kali umur oli mineral, jika oli mineral bisa dipakai sampai 4 ribu km maka oli sintetis bisa dipakai sampai 10 ribu km
6. Oli sintetis tidak menyebabkan sumbatan pada rongga mesin, hal ini karena tidak ada sendimentasi atau endapan lumpur/ lilin yang ditimbulkan, berbeda dengan oli mineral yang akan timbul endapan lilin/ limpur pada mesin lama kelamaan.
7. Jika dipakai lebih enak pada mobil: lebih stabil mesinnya, lebih ringan tarikannya
Satu kelemahan oli sintetis yakni harganya yang mahal, hal ini wajar karena proses pembuatannya yang rumit, selain itu manfaatnya yang banyak membuatnya tetap dipakai meskipun lebih mahal.
Mobil-mobil sport atau mobil mewah saat ini bisa dikatakan tidak ada yang memakai oli mineral, mereka semuanya memakai oli sintetis karena anjuran pabrikan.
Tips:
1. Dalam memakai oli sintetik maupun mineral, perhatikan kekentalan (viskositas) yang diminta mesin, jangan lebih kental atau lebih encer dari yang diminta mesin karena sangat terasa pada performanya... kalau admin lebih menyukai yang 10w-40 daripada 20w-50 yang untuk mobil suzuki katana, pernah admin memakai yang 20w-50 meskipun bisa akan tetapi lebih ringan dan stabil yang 10w-40. Untuk pecinta otomotif lebih baik periksa kembali buku manual atau tanyakan pada bengkel resmi memakai oli apa yang tepat
2. Dalam membeli oli sebaiknya beli di outlet resmi oli untuk menghindari oli palsu, karena oli palsu ini akan merusak mesin dengan seketika. Jika terpaksa membeli di bengkel umum carilah bengkel yang cukup terpercaya dengan reputasi bagus atau bengkel yang cukup besar, lebih baik membeli dari drum daripada yang kalengan karena jika dari drum biasanya didatangkan langsung oleh agennya, jika dari kaleng kemasan 4 literan kadang-kadang ada sales yang menjual entah asli entah palsu
Learn more »

Perbandingan Harga Calya VS Sigra, Mana yang Lebih Murah?

Toyota dan Daihatsu baru saja mengeluarkan mobil kembar berjenis MPV kompak 7 penumpang dengan platform LCGC, harganyapun murah dimana harga daihatsu Sigra mulai 106 juta dan harga Toyota calya mulai 129 juta rupiah. Ada perbedaan kecil antara Calya dengan Sigra meskipun hanya pada desainnya saja misalnya desain rumah lampu kabut, desain lubang udara, fitur safety yang sedikit lebih tinggi pada calya seperti sensor parkir dan SRS Airbags yang terdapat pada semua varian Calya sedangkan Sigra fiturnya lebih terbatas.
Harga Toyota Calya
Nah untuk harganya Toyota Calya mulai 129,5 juta sampai 149,5 juta, Calya tersedia dalam 5 varian dengan mesin yang sama yakni 1200 cc. Berikut rincian harganya
* Toyota Calya E MT STD, varian ini adalah varian terendah tidak dibekali dengan rem ABS dan bertransmisi manual, harga untuk mobil ini adalah Rp. 129,5 juta OTR DKI Jakarta
* Toyota Calya E MT with ABS, varian ini sebenarnya sama dengan varian terendah hanya pada varian ini sudah dibenami teknologi rem ABS (ban tidak mengunci meskipun rem diinjak spontan dan dalam), Calya E MT ini dijual dengan harga 132,45 juta rupiah OTR DKI
* Toyota Calya E AT, varian ini masih sama dengan varian E lainnya akan tetapi transmisinya sudah memakai otomatis, jadi tidak perlu pindah-pindah gigi lagi karena ini versi matic. Tentunya varian Calya E AT ini juga sudah dibekali ABS karena versi ini ditempatkan lebih tinggi dari Calya E MT. Calya E AT ini dijual dengan harga 145,45 juta rupiah OTR DKI
* Toyota Calya G MT, varian G ini adalah varian diatas E yang dilengkapi denganspion elektrik, lampu sein pada spion, koneksi bluetooth pada sistem audionya, serta aksen chrome yang ditambahkan pada beberapa bagian mobil. selebihnya sama saja, harga Calya tipe G MT ini adalah 138 juta rupiah
* Toyota Calya G AT, sebenarnya sama dengan G MT hanya varian G AT ini bertransmisi matic, varian G AT ini menjadi varian termahal calya dengan harga 149,5 juta rupiah sekarang sudah naik jadi 150 juta OTR DKI Jakarta. Kenapa tertulis OTR DKI? karena harga di luar jakarta bisa berbeda dan lebih mahal meskipun selisihnya tidak banyak (hanya 6-7 jutaan di area jawa)
Harga Daihatsu Sigra
Daihatsu sigra memiliki variasi produk yang lebih banyak dimana Sigra tersedia dengan 2 pilihan mesin yakni ada Sigra dengan mesin 1000 cc dan ada Sigra dengan mesin sama dengan Calya yakni 1200 cc. Mesin Sigra 1000 cc tenaganya hanya 65 Hp (seperti Agya/ Ayla) akan tetapi mesin Sigra 1200 cc tenaganya sudah 88 Hp atau sama dengan Toyota Calya. Daihatsu Sigra 1000 cc ada 2 varian yakni Sigra 1.0 D MT dan Sigra 1.0 M MT, sedangkan Sigra 1200 cc memiliki 8 varian sehingga totalnya ada 10 varian daihatsu sigra, wah banyak kan? sementara rentang harganya juga besar mulai yang terendah 106 juta sampai yang termahal 148,8 juta
Berikut rinciannya
- Sigra 1.0 D MT, varian 1000 cc manual paling murah dijual dengan harga 106 juta rupiah
- Sigra 1.0 M MT, mesin yang sama 1000 cc akan tetapi harganya 115,5 juta on the road DKI Jakarta, perbedaan harga cukup besar tentunya ada perbedaan fitur yang signifikan misalnya velg, safety, dll.
- Sigra 1.2 X MT, varian ini mulai memakai mesin 1200 cc seperti Calya. Sigra X MT adalah sigra 1200 cc dengan fitur terendah dan dijual dengan harga 126,4 juta
- Sigra 1.2 X Deluxe MT: Rp. 131,9 juta
- Sigra 1.2 X AT: 139,2 Juta Rupiah
- Sigra 1.2 X Deluxe AT: Rp. 144,7 juta
- Sigra 1.2 R MT: 132,3 Jt
- Sigra 1.2 R Deluxe MT: 136,1 Jt
- Sigra 1.2 R AT (matic): 145,1 juta
- Sigra 1.2 R Deluxe AT: 148,8
Secara umum varian sigra dibagi ata D, M, X dan R, sementara pembeda variannya ada versi Deluxe. Varian tertinggi ada pada versi R Deluxe AT yang dijual dengan harga 148,8 juta rupiah. Nah untuk lebih detailnya pecinta otomotif bisa emnanyakan apa perbedaan masing-masing variannya ini mengapa sampai ada 10 varian sebelum test drive...pastikan bertanya dulu pada dealer tentang fitur-fiturnya, kalau berminat bisa melakukan test drive untuk memastikan apakah calon pembeli yakin...jika tidak yakin/ tidak puas bisa tidak beli tidak apa2 setelah test drive.
Banyak konsumen yang tidak tahu bahwa sebenarnya Calya dan Sigra lahir dari 1 pabrikan yakni pabrik daihatsu, hanya keluar mereknya beda ada yang Toyota Calya ada yang Daihatsu Sigra padahal diproduksi di satu tempat milik Daihatsu...mengapa bisa demikian? karena Daihatsu sebenarnya adalah anak perusahaan Toyota dan di Indonesia Daihatsu diberi tugas untuk memproduksi mobil-mobil kecil dan mobil LCGC termasuk Agya dan Ayla.
Nah jika kita mengetahui hal ini maka sebenarnya tidak masalah beli Daihatsu Sigra atau Toyota Calya, beli terios atau rush, beli avanza atau xenia karena sama saja...hanya imagenya saja yang berbeda
Learn more »