Feature news

Seperti Ini Bentuk Mobil Pedesaan

Pada event GIIAS 2016 mobil pedesaan kembali menjadi perbincangan yang cukup menarik, ide ini berawal dari banyaknya masyarakat yang ada di pedesaan yang butuh alat transportasi unutk mengangkut hasil bumi ataupun alat transportasi manusia.
Mobil pedesaan dirancang cukup kompak sehingga mudah melewati jalanan kecil serta biaya produksi juga murah, bahan bakar dirancang irit untuk menyesuaikan kemampuan masyarakat oedesaan. Selain itu pada bagian belakang terdapat bak terbuka untuk mengangkut barang (buah-buahan atau hasil panen lain seperti kelapa, cengkeh, kopi, sayur, dll).
Untuk harganya mobil pedesaan ini bakal lebih murah dari mobil LCGC karena selain ongkos produksi yang dibuat semurah mungkin, mobil pedesaan juga merupakan anjuran pemerintah yang tentunya bakal memiliki keistimewaan dalam hal pajak.
Sampai saat ini masih belum ada produsen otomotif tanah air yang secara resmi memproduksi mobil pedesaan ini, masih sebatas komunikasi dengan meteri terkait dan industri pendukung mobil nasional walaupun isu tentang adanya mobil pedesaan sudah mencuat sejak tahun 2013 lalu.
Berbagai produsen mencoba menawarkan konsepnya seperti mobil F concept atau CNC Concept dan lain-lain, akan tetapi perlu regulasi pemerintah terlebih dahulu agar produsen bisa memproduksi mobil yang di khususkan untuk angkutan pedesaan ini.
Menurut Perpres 2010 mobil pedesaan hendaknya memiliki kapasitas mesi dibawah 1000 cc, hal ini bisa 800 cc atau bahkan 600 cc. sedangkan banyak produsen sebenarnya sudah memiliki mobil konsep dengan mesin 660 cc dengan jumlah silinder 3 buah. Artinya secara teknis mobil pedesaan bisa dengan cepat diwujudkan akan tetapi memang butuh keseriusan pemerintah untuk memberikan payung hukum mengenai besaran pajak yang dikenakan agar produsen tidak ragu memproduksi.
Beberapa pihak yang tertarik untuk membuat mobil pedesaan antara lain: Toyota, Daihatsu, Datsun dan beberapa produsen asal China dan India, sementara harga ideal untuk mobil pedesaan adalah 50 jutaan.
Semoga mobil jenis ini cepat keluar ya sob...kasihan orang desa kalau mengangkut hasil tani masih dengan motor
Learn more »

Ini Crossover Murah Datsun "Go Cross"

Datsun Go Cross adalah mobil jenis light SUV atau Crossover Compact yang diproduksi oleh Datsun, mobil ini akan menjadi mobil ke tiga Datsun di Indonesia sekaligus menjadi Crossover pertama berlogo garuda alias mobil LCGC. Mengapa disebut murah? karena Datsun Go Cross adalah mobil LCGC seperti Datsun Go dan Datsun Go+, dimana produksi dilakukan di Dalam Negeri dengan kandungan komponen lokal diatas 80% yang membuat harga produksinya bisa ditekan. Selain itu mobil LCGC juga mendapat keringanan pajak sehingga harga jualnya bisa lebih murah.
Pada event GIIAS 2016 ini mobil crossover murah ini mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat dan berharap mobil ini segera meluncur, kalau bisa tahun 2017 ungkap salah satu pengunjung GIIAS.
Maklum selama ini kita hanya disuguhi mobil LCGC bergenre City Car, yang notabene kurang mumpuni melewati jalanan sedikit ekstrim...sementara jaman sekarang kita sudah sangat mobile, apa lagi dengan bantuan internet dan peta digital membuat berkendara menjadi berbeda dibanding beberapa tahun lalu yang dikota melulu.
Berikut adalah Spesifikasi Datsun Go Cross atau Light SUV LCGC ini:
* Datsun Go Cross akan memakai mesin bensin berkode HR12DE berkapasitas 1200 cc dengan jumlah silinder 3 buah dan jumlah katub 12
* Datsun Go Cross bertenaga hingga 68 Hp dan torsi mencapai 104 Nm
* Sistem transmisi manual 5 percepatan
Sebagai mobil murah atau LCGC kita tidak bisa menuntut banyak dari fitur-fiturnya akan tetapi sebagai brand ternama di Dunia, Datsun tentunya akan memberikan produk yang terbaik untuk konsumennya terutama masalah keselamatan dan kemampuan melewati berbagai tipe jalan sebagai Crossover. Istilahnya jangan berharap ada Layar monitor sentuh, GPS, kamera parkir dan lain-lain paling tidak yang ditanamkan hanya fitur-fitur standar mobil jaman sekarang seperti LCGC lain.
Perbedaannya dengan GO + dan Go Panca lain adalah Go Cross memiliki Ground Clearance tinggi dan konstruksi body lebih kuat dengan kaki-kaki yang sedikit kekar.
Berapa harga Datsun Go Cross?
Diperkirakan harganya tidak jauh dari Go+ dan Go Panca yang berkisar di angka 97 juta sampai 103 juta rupiah, jika harganya sampai 130 juta pun rasanya dia masih menjadi crossover termurah untuk saat ini dan masih antri yang membelinya, akan tetapi jika harganya lebih dari 150 juta kami rasa akan sedikit sulit bersaing karena harus bersentuhan dengan Honda BRV dan Daihatsu Terios.
Kapan Datsun Go Cross keluar?
Kemungkinan mobil ini baru keluar tahun 2017 karena untuk saat ini belum ada produksinya di Indonesia, akan tetapi karena di Indonesia sudah ada pabrik Datsun maka akan cukup mudah membuat mobil ini, mesinnya pun sama dengan Datsun Go+ yang sudah dijual di Indonesia. Hanya tinggal membuat struktur body dan mengurus ijin ke pemerintah. kami rasa tidak akan lama lagi mobil ini bakal dijual
Rival
Jika berbicara rival saat ini masih belum ada, segmen pasarnyanya aja ada belum ada....masih mau dibuat/ diawali oleh Datsun Go Cross sebagai mobil Ligt SUV LCGC pertama, dan mobil LCGC ke tiga Datsun.
Learn more »

Tata keluarkan Mobil Double Cabin 4x4 " Xenon"

Tumbuhnya pasar SUV tanah air membuat Tata Motor mencoba peruntungan dengan Mobil Double Cabin mereka, produsen asal India ini rupanya tak sabar untuk menjual Pickup D Cabnya dengan mendatangkannya secara utuh (built up) dari India, saat ini mobil bisa dilihat di event GIIAS karena sedang mengikuti pameran.
kali ini www.mobilku.org akan mengulas sedikit spesifikasi tata xenon ini, tata xenon masuk dalam kategori mobil heavy SUV sejenis dengan Mitsubishi Triton ataupun Toyota Hilux, banyak pula yang mengatakan mobil ini adalah truk dengan kabin ganda (sebenernya sama saja) karena di Amerika orang menyebut mobil D Cab ini dengan Truk, tak salah karena platform mobil SUV D Cab dikembangkan dari truk, akan tetapi di Asia tetap disebut mobil SUV/ Pick Up Double Cabin
Spesifikasi Tata Xenon
Tata Xenon memiliki keunggulan pada kemampuan muat bak belakangnya yang diklaim Tata mampu membawa beban sampai 1 ton atau 1000 kg, wah kalah dong mobil pick Up seperti Carry atau T120SS yang hanya mampu mengangkut sampai rata-rata 800 Kg. Jadi bisa dipastikan mobil ini memang tangguh bro, kuat buat bawa barang
Untuk bagian mesin Tata Xenon dibekali dengan mesin Diesel Common Rail 2200 cc, untuk mesin bisa dibilang tidak terlalu besar ya jika diesel 2200 cc sementara biasanya mobil SUV Diesel berkisar 2500 sampai 3000 cc. Mesin Tata Xenon ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 148 Hp dan torsinya 320 Nm, waow ternyata gahar juga ya mesin ini tenaga 148 Hp ini tergolong besar untuk mesin diesel sedangkan torsinya juga besar, sementara mesin ini telah memakai teknologi Watercooled Dirrect Injection dan Commonrail Turbocharged (lumayan canggih ya).
Pada sistem transmisi Tata Xenon hanya tersedia dalam transmisi manual saja (jangan mencari yang matic ya, tidak tersedia), sementara sistem penggerak sudah memakai penggerak 4 roda (4x4). Transmisi manual, penggerak 4x4 dan mesin bertorsi 320 Nm ini bakal ditopang oleh kaki-kaki dengan ketinggian 210 cm dari tanah (ground Clearance)...SUV beneran nih kalau lihat spec nya.
Dari data teknis di atas kertas mobil ini bisa dikatakan mumpuni, akan tetapi selama belum teruji oleh pasar tentunya kita masih belum bisa merekomendasikannya. Pada mobil baru paling tidak pecinta otomotif menunggu sekitar 6 bulan setelah keluar untuk mengetahui bagaimana reaksi pasar, keluhan konsumen, jaringan service, suku cadang, harga jual kembali dan lain sebagainya...nah apa lagi produsen asal india ini masih terbilang baru masuk industri otomotif tanah air.
Tata Xenon cocok buat angkut sawit atau hasil perkebunan
Varian dan Harga
Tata untuk mobil Xenon ini hanya menjual satu varian saja yakni Xenon XT yang mana specnya sudah dijelaskan di atas, untuk harganya ternyata untuk mobil debutan masih terbilang mahal ya...mobil ini dijual seharga 320 juta On The Road DKI Jakarta.
Sebagai perbandingan harga Mitsubishi Triton untuk varian termurah adalah 356 juta dan untuk varian menengah adalah 380 juta, varian tertingginya 414 juta on the road.
Learn more »

Bahaya Langsung Nyalakan AC saat Mobil selesai Parkir

Banyak sekali pecinta otomotif yang tidak mengetahui hal ini, bahwa saat kita sudah masuk mobil lalu tutup kaca mobil dan nyalakan AC. Sebenarnya ini tidak baik bagi kesehatan karena sebenarnya saat kondisi panas akibat terik matahari maka udara di dalam mobil telah tercampur beberapa material baru akibat raksi karet/ kain/ plastik dan juga pengharum mobil.
Singkat kata udara dalam kabin saat mobil di tutup dan terkena paparan sinar matahari menjadi sangat kotor, menghirup udara kotor ini dapat menyebabkan kanker/leokimia/ anemia/ kekurangan sel darah putih, dan keguguran (untuk jangka panjang) dan keracunan ringan untuk jangka pendek. tanda-tanda keracunan adalah kita merasa mual atau pusing saat menghirup udara dalam kabin yang bercampur dengan partikel-partikel kabin yang terurai oleh sinar matahari.
Kapan aman menyalakan AC?
Saat pertama kali masuk mobil (setelah diparkir) maka yang dilakukan pertama kali adalah membuka kaca mobil. Hal ini dilakukan agar udara dalam kabin berganti dengan udara di luar kabin, udara dalam kabin yang kotor secara kimiawi akan digantikann dengan udara dari luar mobil
Setelah dibuka lalu jalankan mobil dengan kondisi kaca terbuka selama beberapa menit (2-3 menit), tujuannya adalah udara kotor saat parkir tadi benar-benar bersih. Selain mengganti udara, membuka kaca mobil barang 2-3 menit saat berjalan sangat efektif dalam menurunkan suhu kabin.
Setelah kaca dibuka dan mobil dijalankan beberapa menit barulah pecinta otomotif bisa mulai menyalakan ACnya dan kemudian menutup kaca jendela jika AC sudah stabil terasa bersih dan dingin.
Sebenarnya masalah langsung menutup semua jendela dan menghidupkan AC saat panas ini telah menjadi penelitian di Amerika dan hasilnya menyatakan bahwa menyalakan AC tanpa terlebih dahulu membuka kaca mobil adalah berbahaya.
Paling tidak sebelum menyalakan AC, beri waktu sekitar 5 menit untuk mengganti udara dalam mobil, buka jendela selama 5 menit, kemudian nyalakan AC dan biarkan kaca sedikit terbuka, setelah 1 menit tutup kaca jendela dan AC yang sehat siap dipakai untuk perjalanan
Nah sekarang tau kan broo,,jangan asal nyalakan AC, lihat-lihat kondisi udara dalam kabin, kalau segar boleh kita nyalakan, 
Learn more »

Ini Penampakan Suzuki Jimny yang Dijual Di Indonesia

New Suzuki Jimny akhirnya benar-benar keluar di Indonesia, setelah banyak pecinta otomotif menunggu-nunggu mulai tahun 2013 ketika pertama kali isu keluarnya jimny baru ini dihembuskan. Nah untuk pecinta otomotif yang tak sabar bagaimana penampakan asli jimny yang dijual di Indonesia mulai bulan Agustus 2016 ini adalah sebagai berikut:
Dari tampilan luar sudah berbeda jauh dimana desain jimny baru ini sudah diperhalus lekuk-lekuknya, jadi tidak terkesan kaku/ kotak lagi, hal ini wajar karena desain jimny lawas sudah dirasa tidak cocok lagu untuk jaman modern
Akan tetapi ciri khas jimny yang masih dipertahankan adalah dimensi yang kecil membuat mobil ini masuk dalam kategori Small SUV, dia bukan crossover akan tetapi SUV kecil dan menjadi satu-satunya small SUV di Indonesia bahkan mungkin juga di Dunia, tidak ada lawan di kelasnya
Ciri lain adalah mobil ini hanya memakai 2 pintu saja di bagian depan, sedangkan untuk masuk penumpang belakang harus menggeser kursi penumpang depan kemudian sedikit melipatnya agar tersedia jalan yang cukup nyaman untuk dilewati penumpang belakang.
Di bagian belakang masih tersedia pintu lagi akan tetapi pintu ini hanya untuk memasukkan barang (pintu bagasi), tidak bisa orang masuk lewat pintu belakang kecuali merubah konfigurasi kursi baris kedua menjadi berhadapan seperti Jimny jadul.
sementara pada bagian jok memakai kain dengan motif yang mirip dengan jimny lawas. pada bagian tengah kursi baris pertama terdapat tempat botol minuman yang nyaman.
Pada bagian dashboard Jimny tertanam beberapa panel kontrol yakni Sistem penggerak, Switch AC, lubang AC, Switch Audio. Bedanya dengan jimny lawas jika pada jimny lawas untuk merubah konfigurasi penggerak (roda depan dan belakang) memakai tuas penggerak, akan tetapi untuk New jimny ini hanya memakai tombol sekali sentuh, jadi jika menginginkan penggerak semua roda tinggal sentuh tombol 4WD atau 4WDL saja
Jimny yang dijual di Indonesia hanya memakai sistem audio single din saja, bisa dibilang ini varian terendah jimny karena di luar negeri sudah memakai double din dengan layar sentuh. Tapi jangan khawatir sob karena jika menginginkan pemilik jimny bisa menggantinya sendiri,
Admin mobilku.org sendiri memiliki jimny katana lawas sehingga cukup bisa merasakan apa kelebihan mobil jimny.
Berikut adalah kelebihan Jimny:
1. Mobil lincah karena mobil ini ringan
2. Dimensi yang kecil memungkinkan memasuki wilayah dengan jalan yang sempit ataupun bisa menjadikan mobil didepan sebagai patokan, jika mobil didepan bisa masuk maka mobil kita pasti bisa masuk
3. Di garasi tidak membutuhkan banyak ruang sehingga garasi masih bisa diisi motor dan sepeda, ini juga cocok untuk daerah perkotaan/ kampung yang jalannya sempit dan garasi terbatas
4. Jimny mesinnya bandel, tangguh terutama untuk tanjakan. Sehinga mobil ini dapat diandalkan jika dipakai ke jalan naik turun
5. Jimny ini irit bahan bakar, cocok buat harian
6. Ground clearance jimny yang cukup tinggi membuat dia bisa melewati jalan-jalan rusak (berlubang, berbatu, polisi tidur, dll) dengan baik
7. Sebagai mobil bergenre SUV Suzuki jimnydibekali konfigurasi gear yang sangat ringan sehingga dengan torsi kecilpun dia memiliki kemampuan menanjak yang baik.
Kelemahan Suzuki Jimny
1. Kapasitas penumpang hanya 4 orang, jika pecinta otomotif ingin membawa banyak penumpang sepertinya harus dipupuskan dengan mobil ini. Dia juga tidak bisa membawa banyak barang karena bagasi yang juga tidak besar, maklum dimensi (ukuran) mobil ini memang kecil
2. Jimny bukan mobil balap, jadi salah satu kelemahannya adalah tidak bisa dipacu kencang atau tidak sekencang mobil-mobil city car/ sedan. Secara dimensi yang kecil cenderung tinggi mobil ini andaikata mesinnya sanggup dipacu sampai diatas 150 km/jam akan tetapi karena bodynya yang tinggi dan tidak terlalu lebar maka akan limbung. Jadi memang mobil ini tidak didesain unutk melaju pada kecepatan tinggi. Perkiraan kami kecepatan maksumum memakai mobil ini adalah 140 km/jam
Mesin yang dipakai New Jimny
New Jimny memakai mesin 1300 cc dengan tenaga mencapai 85 Hp dan torsi 110 Nm, tenaga yang sangat cukup untuk jimny. Sebagai perbandingan jimny lawas saja memakai mesin 1000 cc yang tenaganya hanya 50 Hp dan torsinya 75 Nm tapi mobil tersebut banyak dipakai ontuk offroad, apa lagi dengan mesin baru yang lebih besar
Mesin yang dipakai pada jimny baru memakai teknologi VVT, 4 silinder 16 valve, berbahan bakar bensin tanpa timbal (pertamax atau diatasnya).
Lumayan bro kalau nanti harganya bisa ditekan dibawah 300 jutaan, nanti siang setelah rilis www.mobilku.org akan mengupdate harga jimny ini
Update dari event GIIAS 2016 bahwa New Jimny akan dijual dalam waktu dekat, akan tetapi pihak SIS belum bisa memastikan tanggalnya serta harganya, saat ini SIS masih akan fokus pada penjualan SX4 S-Cross, ungkap Dony, Direktur Marketing SIS di GIIAS 2016
Learn more »

5 Mobil Suzuki baru Tahun 2017: New Jimny, Ignis, SX4, Vitara Breza, Baleno

Keinginan Suzuki Indomobil Sales (APM Suzuki Indonesia) memboyong mobil-mobil ringan nan tangguh untuk masuk ke Indonesia bakal terwujud tahun ini, tercatat ada 5 mobil baru dengan kategori Light SUV dan Crossover. lima mobil baru suzuki yang kesemuanya bergenre SUV ringan/ Crossover tersebut antara lain:
1. New Suzuki Jimny
Tampilan New Suzuki Jimny
Mobil yang menjadi legenda di segmen mini SUV ini bakal kembali dijual di Indonesia, masih mempertahankan mesin yang kecil akan tetapi jangan ditanya kemampuannya berkubang di lumpur, New Jimny adalah jagoannya. Berbekal mesin 1300 cc dan penggerak 4 roda New Jimny bakal memuaskan offroader di Indonesia.
2. Suzuki Vitara Brezza
Suzuki Vitara Brezza
Mobil ini juga masuk dalam kategori mini SUV atau SUV ringan, akan tetapi penggunaannya sedikit berbeda dengan New Jimny yang lebih mampu diajak bermain lumpur, Vitara breza ini lebih enak dipakai di jalanan aspal atau offroad ringan dibanding Jimny. Ground Clearance yang tidak setinggi Jimny dan desain body lebih lebar membuat mobil ini stabil pada jalanan aspal meskipun bermanuver dan kecepatan tinggi. Vitara Brezza bisa dibilang Crossover bagi mereka yang membutuhkan mobilitas tinggi de berbagai kondisi jalan, dibekali dengan mesin 1300 cc Vitara Brezza menjadi SUV kompak yang irit namun tangguh
3. Suzuki Ignis
Suzuki Ignis Crossover Irit

Suzuki Ignis juga masuk pada kategori Crossover, mobil yang lebih kompak dari dari Vitara Brezza ini ditujukan untuk Crossover perkotaan, tangguh melewati jalanan kota yang sempit dengan kondisi jalan beragam. Desain interior dan eksterior mobil ini mencerminkan modernitas perkotaan sehingga penumpang sangat nyaman di dalam mobil dengan dukungan fitur-fitur modern.
Kelebihan mobil ini adalah tangguh dalam melibas jalanan sempit perkotaan, jalan rudak, sedikit genangan, banyak polisi tidur dan kondisi jalan kurang baik di perkotaan. Di luar negeri mobil ini memakai penggerak 4 roda
Mau mobil perkotaan yang tangguh, namun irit? pakai ignis ini vroh
4. Suzuki SX4 S-Cross
S-Cross adalah generasi terbaru dari SX4, bisa dikatakan Suzuki Indonesia bakal menghidupkan kembali SX4 melalui SX4 S-Cross ini. Mobil yang juga masuk kelas Crossover ini memiliki segmentasi sedikit berbeda dengan Ignis, mobil ini lebih besar dan lebih lebar akan tetapi tidak terlalu tinggi, dengan desain seperti Hatchback SX4 S-Cross ini nyaman dipakai di berbagai medan dengan perbandingan 50:50 artinya berkemampuan 50% aspal dan 50% offroad
Memiliki desain modern tapi sanggup diajak berpetualang dengan ketangguhan mesinnya 1500 cc yang lebih besar daripada ke 3 varian sebelumnya (Jimny, Ignis dan Vitara Breza) alhasil kemampuannya pun lebih gahar meskipun jika diajak main lumpur harus diganti bannya dengan model Extra Grip karena ban bawaan adalah ban jenis MT yakni untuk SUV yang lebih banyak di jalanan aspal, padahal dia memiliki kemampuan mesin untuk lebih tangguh lagi
Suzuki SX4 S-Cross
5. Baleno Hatchback
Suzuki baleno baru ini berbeda dengan versi lawas bro jika versi lawas baleno bergenre sedan, akan tetapi Baleno Hatchback bergenre Hatchback atau perpaduan sedan dengan Crossover, mobil yang paling modern diantara ke empat mobil di atas ini bakal menjadi primadona bro terutama untuk kawula muda.
Suzuki Baleno Hatchback
Dengan desain futuristik, paling canggih mulai fiturnya, interior sampai eksteriornya. Rupanya Suzuki ingin membawa baleno ke level yang lebih tinggi, modern serta stylish sesuai perkembangan jaman
6. Suzuki Pikap SUV
Desas-desusnya suzuki bakal meluncurkan model baru yakni suzuki pikap akan tetapi mobilku.org belum mendapat informasi yang tepat mengenai mobil ini,
Daleman Suzuki Ignis
7. Mobil lainnya; total suzuki akan membawa 20 jenis mobil dalam ajang pameran otomotif 2 hari lagi, mobil-mopbil yang dibawa selain ke 6 model baru di atas juga ada mobil-mobil yang sudah dipasarkan Suzuki seperti: Ertiga, Ertiga Dreza, Suzuki Futura, Suzuki APV, Suzuki Karimun, Suzuki Swift, Ciaz dan lain sebagainya.
Bagaimana broo,,,tertarik gak dengan banjir mobil SUV ringan dari Suzuki ini!! Borong bro mobilnya
Learn more »

Ini Angsuran Toyota Calya, DP 20 Jutaan Cicilan 3 juta

Pecinta otomotif ternyata banyak yang mencari tahu berapa angsuran untuk Toyota Calya? tenor dan DPnya? sebagai informasi bahwa harga calya yang berkisar 130 juta sampai 150 juta ini jika dibeli dengan cara kredit harus membayar 20 persen sebagai DP atau uang muka, jika yang calya yang 130 jutaan maka 20% nya adalah 26 juta.
Akan tetapi ternyata besarnya DP tidak selalu 26 juta karena juga tergantung tenor yang akan diambil (kredit berapa tahun), makin pendek tenornya makin besar pula DP dan Angsurannya.
Nah kali ini kami sajikan informasi mengenai besarnya DP dan Angsuran Toyota Calya untuk wilayah Jawa Bali dan Sumatera
Besaran angsuran dan DP di atas mungkin berbeda untuk tiap kota, akan tetapi perbedaannya tidak signifikan karena harga mobil di luar DKI sedikit berbeda dengan harga di DKI karena faktor biaya kirim dan administrasi antar daerah. Akan tetapi besaran angsuran di atas kiranya cukup menjadi patokan sekaligus pertimbangan untuk membeli mobil Calya ini.
Pecinta otomotif yang penasaran tentang kredit mobil ini tentunya bisa menghubungi dealer toyota terdekat di kota masing-masing, biasanya untuk mobil baru indent dahulu
Learn more »