Feature news

Toyota Recall 4 Jenis Mobil keluaran 2001 hingga 2008

Toyota Indonesia bakal menggelar program perbaikan masal terkait dengan 4 produknya yang disinyalir mengalami masalah pada airbagsnya (inflator airbags), perbaikan serentak ini bakal dilakukan mulai Bulan Agustus tahun 2016. Mobil-mobil yang masuk daalm daftar recall adalah Toyota Yaris, Camry, Vios dan Toyota Corolla yang keluar tahun 2001 sampai tahun 2008.
Ke 4 tipe mobil tersebut memakai airbags produksi takata yang disinyalir bermasalah (inflatornya), produsen lain yang memakai produk airbags dari takata adalah Honda yang mana Honda Indonesia malah sudah terlebih dahulu melakukan recall mobilnya pada bulan Februari 2016 lalu.
Menurut pihak Toyota Astra Motor jumlah mobil yang direcall terkait dengan masalah Airbags ini sekitar 40 ribu mobil lebih yang tersebar di seluruh Indonesia, bagi pemilik mobil yang merasa masuk dalam daftar yakni 4 tipe mobil di atas (yaris, vios, camry dan corolla) keluaran 2001-2008 bisa menghubungi dealer-dealer toyota terdekat atau juga bisa menghubungi call center Toyota di No. Telp. 1-500-305 untuk menanyakan informasi recall ini dan mobilnya
Nantinya setelah menghubungi dealer pemilik moil bisa memastikan apakah mobil masuk recall atau tidak, jika masuk dalam daftar recall maka pemilik mobil bisa booking waktu perbaikan terlebih dahulu. Menurut pihak TAM (Toyota Astra Motor) perbaikan bisa dilakukan dalam waktu 2,5 jam saja di bengkel Toyota pada kota masing-masing.
Program recall ini adalah instruksi dari Toyota Corp di jepang agar memperbaiki airbags yang bermasalah, di seluruh dunia dilakukan recall bahkan tidak hanya 4 tipe mobil ini saja, akan tetapi di Indonesia hanya 4 tipe yang bermasalah.
Learn more »

Ini Jeroan Toyota Calya, Interior Kabin

Interior Toyota Calya makin terkuak menjelang keluarnya Agustus 2016, nah khusus bagi pecinta otomotif yang penasaran bagaimana bentuk interior atau jeroan Calya www.mobilku.org menampilkan gambar/ foto asli daleman Toyota Calya.
Jika melihat bagian depan kabin "dashboard" Calya ini ternyata dalemnya cukup simple ya alias sederhana, jika melihat penampakan sekilas material yang dipakai seperti plastik kualitas biasa. Yang cukup unik adalah desain dari tuas transmisi yang menempel pada dashboard.
Desain tuas transmisi menempel di dashboard ini memang sekarang lagi trend terutama untuk mobil kelas Low end atau kelas bawah (mobil ringan dengan dsain kecil), lantas apa keuntungannya desain seperti ini? ternyata dengan diangkatnya posisi dashboard bisa membuat ruangan penumpang depan lebih lega. Ya ini agar penumpang tidak merasa sesak/ lebih lapang dan lebih nyaman. Desain seperti ini juga memudahkan pengemudi mengetahui posisi gigi mobil dengan meliriknya saja, terlebih mobil ini tidak dibekali indikator gigi pada bagian head unitnya.
Untuk sistem audio Toyota Calya bisa dibilang sederhana, tidak dibekali layar display atau monitor sentuh untuk memutar video atau musik berformat mp4, akan tetapi sistem audionya sudah digital artinya support mp3 ataupun radio digital. Uniknya posisi audio terkesan sangat tinggi yang biasanya tempat untuk lubang AC (agya) kini diisi dengan pemutar music, sedangkan lubang ac sendiri digeser ke samping kanan kiri audio panel tersebut..lebih bagus sih secara fungsi AC akan tetapi sedikit asing untuk desain seperti ini.
Untuk penempatan kontrol AC juga dibuat aneh yakni ditempatkan di sebelah kiri tuas transmisi yang mana ini sedikit menyulitkan pengemudi untuk menghidupkan atau memutar panel AC tersebut (jauh dari jangkauan), hal ini mungkin untuk mengisi bagian kiri dashboard yang terkesan polos tanpa tambahan konsol kendali apapun.
Pada dashboard sebelah kiri memang terkesan polos, hanya ada laci yang terlihat disini...sedangkan pada bagian tripmeter/ odometer Toyota Calya ini sudah memakai digital digabungkan dengan manual (kombinasi manual dan digital).
Secara umum interior atau jeroan Calya memang terlihat simple/ sederhana atau minim fitur, hal ini bisa dikatakan wajar karena mobil ini masuk dalam segmen mobil kelas bawah (LCGC), harganya pun terbilang murah untuk ukuran MPV dimana harga varian termurahnya adalah 129,5 juta sedangkan harga varian tertingginya adalah 149,5 juta, itu sudah On the road DKI Jakarta. ini adalah detail harga Toyota Calya


Learn more »

Pembeli awal Sienta Gratis Asuransi Setahun

Toyota sienta adalah MPV kelas menengah 7 penumpang dengan pintu geser, mulai diperkenalkan sekitar 3 bulan lalu. Sienta memakai mesin 1500 cc 4 silinder 16 valve berteknologi DOHC dan VVT-i, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 108 Hp pada putaran mesin 6000 Rpm dengan torsi maksimum 136 Nm di putaran mesin 4400 Rpm.
Sedangkan untuk mendongkrak penjualannya Toyota (Auto 2000) bekerjasama dengan Garda Oto memberikan layanan gratis asuransi untuk pembeli pada bulan Juli-Agustus 2016 ini, Paket asuransi All Risk ini berlaku selama setahun dan diberikan kepada pembeli awal Toyota Sienta sampai akhir Agustus 2016, ujar Siahaan sebagai Cheif marketing Auto 2000
Nah untuk yang berminat pada promo asuransi gratis ini Siahaan menganjurkan untuk mengecek dahulu pada dealer-dealer Auto2000 terdekat di kota masing-masing. Toyota sienta sendiri masuk dalam MPV kelas menengah atau bersaing dengan Honda Freed dengan fitur-fitur atau teknologi terbaru (misalnya rem ABS EBD BA, Transmisi CVT, pintu elektrik, dll) dan harga mobil ini mulai 230 jutaan untuk varian terendah serta 295 juta untuk varian tertinggi, harga on the road DKI Jakarta.
Mobil ini menjadi MPV perkotaan karena karakter soft yang dimilikinya dengan pintu geser yang lebar sehingga memudahkan keluar masuk barang berukuran jumbo, pintu geser ini juga dikatakan memudahkan seseorang untuk keluar masuk kabin mobil
Uniknya meskipun memakai mesin yang terbilang besar yakni 1500 cc dengan tenaga yang juga relatif besar terlebih diemnsi mobil ini juga tidak dikatakan kecil akan tetapi konsumsi bahan bakarnya terbilang hemat yakni berkisar di angka 1:15 dengan bahan bakar pertamax dan jalan bebas hambatan.
Mobil ini sedikit berbeda dengan Sienta yang ada di jepang karena Ground Clearance yang lebih tinggi, yakni 170 mm sedangkan di jepang mobil ini memiliki ground clearance 140 mm. Hal ini karena penyesuaian dengan karakter jalan di Indonesia yang tidak sebaik di jepang (lebih bergelombang, rusak dan tidak rata) sehingga rawan tersangkut jika mobil terlalu rendah (oleh karena itu sienta di Indonesia sudah ditinggikan).
Berikut harga Toyota Sienta Update Juli 2016 (On the road DKI Jakarta):
Sienta E MT : Rp. 230.000.000
Sienta E CVT : Rp. 248.000.000
Sienta G MT : Rp. 242.000.000
Sienta G CVT : Rp. 260.000.000
Sienta V MT : Rp. 257.000.000
Sienta V CVT : Rp. 275.000.000
Sienta Q CVT : Rp. 295.000.000

Learn more »

Kelebihan atau Kekurangan Mobil Matic dan Manual

Pecinta otomotif yang ingin membeli mobil biasanya banyak mempertimbangkan desain, harga, fitur, performa mesin, maupun sistem transmisi. Sistem transmisi adalah model perpindahan gigi mobil yang saat ini secara general dibagi menjadi 2 yakni sistem transmisi otomatis (matic) dan sistem transmisi manual.
Sistem transmisi matic adalah gigi mobil akan berpindah secara otomatis tergantung kecepatan, percepatan, RPM mesin serta beban mobil. Sedangkan sistem transmisi manual perpindahan gigi dilakukan sesuai keinginnan pengemudi, pada sistem transmisi manual ini bisa saja pengemudi memilih gigi 1 meskipun putaran mesin tinggi diatas 4000 Rpm (pilihan driver)
Mengetahui apa kelebihan dan kekurangan masing-masing transmisi ini akan membuat kita lebih mengenal keunggulan dan kelemahan mobil yang kita miliki, jika akan memiliki mobil juga sangat membantu memilih sesuai dengan kebutuhan mana transmisi yang sesuai kebutuhan sehari-hari.
Kelebihan mobil matic/ transmisi otomatis
Paling tidak ada 3 kelebihan mobil bertransmisi matic ini antara lain:
1. Lebih mudah dipelajari, lebih mudah dioperasionalkan, lebih nyaman, lebih praktis, simpel, sederhana dan tidak mudah lelah saat dipakai
2. Untuk jalanan macet, mobil matic lebih bisa diandalkan karena tidak perlu pindah-pindah gigi dan tidak perlu berpikir tentang pindah gigi... sebagai catatan untuk pindah gigi jika sekali dua kali tidak masalah, tapi jika sampai ratusan kali isa membuat kita lelah
3. Memiliki harga jual kembali yang baik, ini rata-rata. Tapi tidak semua mobil matic memiliki harga jual kembali yang baik misalnya untuk mobil-mobiol SUV lama (misalnya CR-V gen 2) dimana orang lebih memilih dan menghargai transmisi manual karena dirasa lebih memiliki kemampuan untuk melintasi medan-medan ekstrim
Kekurangan mobil matic
1. Mobil matic tidak memiliki sistem rem mesin (engine brake), hal ini akan merepotkan jika mobil melewati turunan panjang misalnya dari Puncak/ cibodas atau daerah pegunungan lain karena harus menginjak rem secara terus menerus. Hal ini bisa menyebabkan rem kepanasan dan blong, apalagi jika rem sedang tidak dalam kondisi yang fit (misalnya kampas rem tidak orisinil atau minyak rem yang tidak orisinal atau rem keras dan lain sebagainya). Solusinya sering-sering istirahat untuk mendinginkan rem saat melewati jalan menurun panjang
2. Akselerasi kurang segarang mobil manual, terutama untuk jalan-jalan tanjakan memang harus bekerja lebih kerja keras nih mobil matic..
3. Perawatan tidak boleh telat, meskipun perawatannya relatif mudah (hanya tepat mengganti oli) akan tetapi jika terlambat maka kerusakannya bisa parah dan menghabiskan biaya yang jauh lebih banyak dibanding mobil transmisi manual.
4. Lebih boros bahan bakar, mengendarai mobil matic ini meskipun nyaman akan tetapi untuk masalah bahan bakar memang lebih boros...akan tetapi secara total sebenarnya mobil matic lebih hemat karena mengemudi dengan menghemat BBM akan beresiko kerusakan/ masalah pada mesin (jika dipaksakan terlalu hemat). Nah jika hemat BBM tapi harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perbaikan mesin kan sama aja :-)
Kelebihan mobil manual
1. Lebih murah dalam hal perawatan terutama jika terjadi kerusakan atau masalah
2. Gigi bisa disesuaikan menurut keinginan pengemudi, nah kalau ini tergantung pengemudinya kalau pengemudinya pintar ya mobilnya jadi enak, kalau pengemudinya yang kurang ahli maka menjadi masalah nih :-) bisa-bisa tidak kuat menanjak
3. Lebih irit atau hemat bahan bakar
4. Akselerasi lebih baik terutama di jalan-jalan menanjak
5. Lebih menyenangkan saat mengendarai, banyak orang termasuk admin www.mobilku.org merasa senang mengemudikan mobil manual, ada sensasi tersendiri saat mengubah gigi, saat di tanjakan, saat di alam dan lain sebagainya.
6. Harga lebih baik, untuk mobil baru harga mobil manual lebih murah, akan tetapi untuk mobil bekas yang sudah diatas 10 tahun mobil manual harga jual kembalinya lebih tinggi
Kekurangan mobil manual
1. Secara umum mobil manual lebih sulit dikemudikan, biasanya kebanyakan orang mengatakan mbih mudah mengendarai mobil matic dibanding manual. Hal ini benar karena konsentrasi dan aktifitas pengemudi mobil manual akan tersita untuk mengganti gigi yang tepat, sedangkan mobil matic tidak usah berpikir soal transmisi (hanya gas dan rem saja)
2. Lebih cepat lelah, terutama saat jalanan macet. Wah jika macetnya panjang capek juga mengganti gigi antara netral gigi 1 dan 2. diperkotaan enak mobil matic bro
3. Kenyamanan masih lebih nyaman moil matic.
Pilih manual atau matic
Jika disuruh memilih maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita akan menggunakan mobil, jika lebih sering memakai mobil untuk jalanan yang kurang baik (lebih ekstrim) misalnya daerah pegunungan/ jalan tanah/ jalan bergelombang dan lain sebagainya maka mobil manual adalah pilihan yang baik.
Mobil manual saat ini habitatnya di daerah pinggiran kota, pedesaan, pegunungan dan lain sebagainya.
Jika penggunaan lebih banyak di perkotaan yang macet atau jalan yang aspal halus maka mobil matic lebih pas untuk dipilih, jika pengemudinya cewek biasanya lebih menyukai mobil matic yang lebih simple dan mudah dikendarai.
Tergantung jenis mobil juga, jika mobil-mobil bergenre Jip atau SUV atau Mobil Niaga maka transmisi manual lebih disukai, jika mobil seperti city car atau sedan biasanya banyak yang memilih matic.
Tergantung kebutuhan
Learn more »

Harga Resmi Toyota Calya, DP 5 Juta bisa Inden

Toyota Calya adalah mobil LCGC berjenis MPV 7 penumpang, Calya banyak dikatakan sebagai adik Toyota Avanza dengan dimensi yang lebih kecil dan harga yang jauh lebih murah. Mobil ini juga dikatakan mengisi segmen antara Avanza dan Agya, baik dari segi harga maupun kemampuan mobil.
Toyota Calya memakai mesin berkapasitas 1200 cc, 4 silinder 16 valve. bertenaga maksimum 80 Hp dan memiliki torsi 104 Nm, teknologi mesin yang dipakai adalah dual VVT-i dengan sistem pasokan bahan bakar EFI (elektronic fuel injection).
Toyota Calya bakal diluncurkan bulan agustus nanti dan langsung bisa dipesan/ inden saat peluncuran mobil ini bulan depan, bocoran harga resmi toyota calya sudah keluar sejak beberapa hari lalu. Toyota calya memiliki 5 varian dimana harga varian termurah adalah 129,5 juta rupiah sedangkan varian termahal Rp. 149,5 juta.
Berikut harga Toyota Calya
* Toyota Calya E M/T STD: Rp. 129,5 Juta (mobil ini masih non ABS)
* Harga Toyota Calya E M/T: Rp. 132,5 Juta (sudah memakai ABS)
* Toyota Calya E A/T: 144,5 Juta Rupiah
* Toyota Calya G M/T: 138 Juta Rupiah
* Harga Toyota Calya G A/T: 149,5 Juta Rupiah
Harga diatas adalah harga on the road DKI Jakarta yang sudah diurutkan dari varian terendah (Calya E MT STD) sampai varian tertinggi Calya G AT.
Harga tersebut tentunya akan berbeda pada tiap wilayah di Indonesia karena adanya biaya distribusi dan administrasi perdagangan antar propinsi, misalnya di daerah jawa timur maka selisihnya bisa sampai 6 jutaan lebih mahal di jawa timur.
Nah Toyota Calya ini secara resmi bisa dibeli bulan September 2016 ini, bagi yang berminat membeli mulai sekarang pihak delaer-dealer Toyota sudah mempersilahkan konsumen untuk melakukan booking dengan biaya 5 juta rupiah sudah bisa memesan mobil ini yang pengirimannya Bulan September 2016 (dua bulan lagi). Istilahnya untuk inden mobil ini dikenakan biaya 5 juta yang nantinya bakal dipotongkan pada harga mobil, jadi tinggal membayar 124,5 juta saja untuk varian terendahnya.
Bagi pecinta otomotif yang ingin pesan bisa langsung mendatangi dealer Toyota di kota masing-masing...tapi sebaiknya sebelum pesan sih coba dulu mobilnya, test drive agar benar-benar lega dan puas membeli.
Learn more »

Kerusakan Kopling Mobil dan Solusinya

Fungsi kopling mobil untuk menyalurkan atau menghentikan tenaga dari mesin ke sistem transmisi, cara kerja kopling saat pedal kopling diinjak maka kampas kopling akan lepas dari sistem transmisi (release)..saat release ini kesempatan pengemudi untuk memindah sistem transmisi pada gigi yang diinginkan, kemudian injakan pedal kopling dilepaskan sehingga transmisi mendapatkan suplay tenaga kembali dari mesin.
Kopling mobil ini terdapat pada mobil manual maupun mobil matic, akan tetapi bedanya pada mobil transmisi manual pengaturan dilakukan oleh manusia sedangkan pada mobil matic pengaturan kopling dilakukan secara otomatis menyesuaikan dengan kecepatan mobil dan putaran mesin mobil.
Mobil yang bertransmisi manual memiliki resiko kerusakan kopling lebih tinggi dibanding mobil matic, hal ini akibat aktif non aktif kopling pada mobil manual mungkin kurang sesuai dengan mesin karena dilakukan oleh manusia.
Kerusakan kopling sering membuat berkendara menjadi kurang nyaman dan bisa berbahaya jika mobil dalam situasi menanjak atau mau menyalip, lantas apa saja kerusakan yang biasa terjadi pada kopling mobil? berikut ulasannya:
1. Selip Kopling
Slip kopling atau kopling tergelincir ini disebabkan oleh permukaan plat kopling yang sudah aus, atau juga bisa disebabkan adanya oli yang mengenai plat kopling sehingga menyebabkan koefisien gesek plat kopling berkurang. Hal ini menyebabkan penyaluran tenaga dari mesin tidak berjalan sempurna dan menyebabkan mobil menjadi boros BBM serta kekurangan tenaga.
Tanda-tanda selip kopling ini antara lain:
- Mobil tidak dapat kencang berlarinya
- Saat di gas mesin meraung tapi akselerasinya lambat
- Di tanjakan sering kekurangan tenaga meskipun mesin meraung
- Ada timbul bau seperti karet terbakar
- Mesin mobil cepat panas
Perbaikan jika terjadi selip kopling ini adalah dengan mengetahui penyebab selipnya kopling misalnya kampas kopling telah aus (berarti minta diganti kampas koplingnya), baut-baut longgar (di stel kembali), plat kopling aus (ganti), per kopling lemah dan lain sebagainya.
Lebih baik konsultasikan ke bengkel untuk mengetahui masalah pada kopling jika ada indikasi tanda-tanda selip kopling.
2. Bergetar saat melepas pedal kopling
Hal ini disebabkan plat kopling, matahari, roda gila tidak rata. Hal ini menyebabkan penyaluran tenaga dari mesin ke transmisi tidak mulus/ halus sehingga terjadi getaran atau gesekan yang kasar saat pedal kopling dilepas.
Cara mengatasi yakni dengan meratakan roda gila dan melakukan penggantian komponen kopling yang bermasalah
3. Bunyi Gemertak
Bunyi gemertak saat transmisi dipindahkan bisa diakibatkan oleh plat kopling yang sudah aus atau plat kopling tidak dapat kembali dengan sempurna. Saat pedal diinjak transmisi sulit dipindah, bisa dipindah akan tetapi timbul bunyi gemertak. Jika mengalami kejadian seperti ini segera dibawa ke bengkel uyntuk dilakukan penggantian komponen kopling yang aus/ rusak/ retak.

Learn more »

Macam Penggerak Mobil 4WD, FF, RR, FR

Setiap mobil didesain dengan posisi mesin dan sistem penggerak masing-masing, ada mobil yang memakai penggerak roda depan saja, ada yang memakai penggerak roda belakang dan juga ada yang memakai sistem penggerak 4 roda (semua roda mendapat tenaga dari mesin). Tujannya pun berbeda dimana mobil dengan penggerak 4 roda akan lebih baik di jalan offroad sedangkan modil dengan penggerak roda depan saja justru lebih baik di jalanan aspal dengan karakter tertentu.
Nah dibawah ini www.mobilku.org mengulas berbagai macam penggerak pada mobil dan kelebihannya serta posisi mesin:
1. FF (Front Engine Front Drive)
Sistem penggerak ini memakai roda depan sebagai penggerak mobil dengan posisi mesin juga di bagian depan mobil, mobil-mobil yang memakai model seperti ini antara lain Hondaj Jazz, Honda Brio, Toyota Agya, Yaris, dll.
Mobil dengan mesin di depan dan penggerak roda depan ini banyak dipakai pada mobil ringan di habitat perkotaan seperti sedan dan city car. Keunggulannya akselerasi mobil bisa lebih cepat di jalan yang halus dan juga beban mobil tidak terlalu berat karena tidak memakai gardan
2. FR (Front Engine Rear Drive)
Sistem penggerak memakai roda belakang akan tetapi mesin berada didepan, untuk menghubungkan roda belakang dan mesin memakai gardan. Model seperti ini banyak dipakai untuk mobil-mobil bertipe MPV, SUV dan beberapa truck memakai penggerak dan mesin seperti ini.
Penggerak roda belakang memiliki kelebihan lebih kuat dalam mendorong terutama jika melewati jalanan yang menanjak, tipe penggerak seperti ini juga lebih kuat di jalan offroad dibanding penggerak roda depan seperti tipe FF.
Kelemahannya untuk jalan-jalan ringan kurang efektif dipakai karena membawa bobot gardan yang tidak perlu, akan tetapi untuk jalanan yang lebih ekstrim oke memakai mobil penggerak belakang ini
3. RR (Rear Engine Rear Drive)
Posisi mesin di belakang sedangkan penggerak juga memakai roda belakang, dulu mesin dan penggerak tipe RR ini sangat populer karena dipakai oleh VW kodok jadul (ingat kan). Saat ini model RR juga masih banyak dipakai terutama untuk mobil bus
4. AWD atau 4WD (All Whell Drive atau 4 Whell Drive)
All Whell Drive adalah memakai penggerak semua roda atau 4 roda (depan dan belakang), semua roda dapat memutar mobil atau mendapat aliran tenaga dari mesin dengan prosentase tenaga tentunya berbeda-beda tergantung mobilnya (ada yang 50 - 50 depan belakang, 20 - 80, 30 70, dll).
Tipe 4WD ini biasanya banyak dipakai untuk mobil-mobil SUV kelas atas, mobil-mobil SUV 4WD ini banyak dipakai oleh pemiliknya untuk alat transportasi ke perkebunan (sawit, karet, kopi, dll) sedangkan banyak juga yang membeli mobil 4WD hanya untuk hoby seperti offroad atau hanya untuk perjalanan ke tempat-tempat ekstrim seperti pegunungan dan hutan-hutan (hunting)
Learn more »