Feature news

Air Wiper dicampur Sabun, Bolehkah

Air wiper yang tertampung pada tabung washer berguna untuk membasahi kaca sebelum wiper diaktifkan/ disapukan ke kaca, fungsinya agar kaca tidak baret oleh sapuan karet wiper (kalau kaca kering lalu wiper aktif maka resiko membaret kaca). Nah banyak pecinta otomotif yang mencampur/ menambahkan air sabun/ shampo pada air wiper tersebut dengan alasan agar kotoran dan minyak mudah turun kebawah dan juga kaca menjadi lebih licin, lalu apakah boleh menambahkan shampo/ sabun pada tabung washer/ air wiper??
bukan promosi merk, tp cari yang ada tulisan ph balance
Tidak sembarang shampo
Sebenarnya boleh-boleh saja menambahkan shampo/ sabun, meskipun pada dasarnya air saja sudah cukup untuk daerah yang bersih..m\namun sekarang banyak wilayah sudah kotor karena polusi apa lagi kota-kota besar seperti jakarta yang mana asap mobil sendiri sebenarnya mengandung minyak dan asam yang bisa menempel pada kaca mobil, nah pada kondisi ini memang seharusnya ditambahkan shampo atau zat aditif untuk air wiper.
Shampo/ sabun memiliki resiko timbulnya jamur atau noda putih saat terkena sinar matahari langsung apa lagi jika shamponya sembarangan, shampo yang baik digunakan adalah shampo mobil dengan PH Balance yang bisa meminimalisir timbulnya jamur/ noda putih pada kaca
Cairan wiper aftermarket
Pecinta otomotif sebenarnya juga bisa membeli cairan khusus wiper yang ada dipasaran tanpa harus mencampur juga tersedia di pasaran.
Cairan wiper fluid ini memiliki fungsi antara lain:
- melunturkan minyak
- lebih mudah menghapus kotoran/ debu/ kotoran serangga
- merawat elastisitas karet wiper
- mengurangi bunyi decit wiper (sampai menghilangkan)
- menjaga agar kaca tidak baret dengan melicinkan kaca saat tersapu wiper
Cairan wiper fluid ini bisa dibeli di bengkel-bengkel perawatan mobil, atau kalau lebih murah bisa dicampur air shampo PH balance aja..murah 1 plastik 500 ml hanya 10 ribuan :-)
Learn more »

Nissan Mitsubishi mulai Ungkapkan Kolaborasi

Seperti diketahui banyak pecinta otomotif bahwa pabrikan otomotif terbesar kedua di jepang yakni Nissan Corp telah membeli saham Mitsubishi sebanyak 34% atau senilai 29 Triliun Rupiah, Nah ini berarti Nissan kini sebagai pemegang saham mayoritas di Mitsubishi (Mitsubishi dibeli Nissan). Apa dampaknya bagi Nissan dan Mitsubishi di Indonesia?
Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Antonio Zara mengatakan bahwa akan ada peluang yang sangat menguntungkan dari bersatunya kedua perusahaan ini khususnya bagi Nissan di pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia.
Antonio Zara mengatakan jika sebenarnya mitsubishi memiliki pasar yang sangat kuat pada segmen mobil niaga dan heavy SUV; mobil truck, bus, pick up, minibus, SUV dan lain sebagainya... merk-merk yang sudah sangat melekat misalnya L300, T-120 pick up dan station, T120SS, Truck Colt Diesel. Mobil-mobil penumpang kategori SUV berat seperti Pajero Sport dan Strada Triton juga memiliki pasar yang sangat baik di Indonesia maupun Asia tenggara.
Artinya ini peluang bagi Nissan untuk menjadikan keunggulan pasar Mitsubishi pada mobil kelas berat menjadi bagian dari line produksi Nissan, atau paling tidak Nissan bisa memakai teknologi Mitsubishi untuk membangun mobil berkarakter kuat di segala medan...misalnya mengadopsi pembuatan sasis atupun teknologi pembuatan mesin dieselnya tanpa perlu banyak biaya.
Di Indonesia sendiri dengar-dengar Kolaborasi Nissan dan Mitsubishi ini bakal mengeluarkan produk kembar dalam kategori heavy SUV yang berbasis dari mobil D Cab Mitsubishi. Nissan Motor Indonesia sendiri memiliki kelebihan jaringan yang luas yang bisa dimanfaatkan mitsubishi sebagai jaringann penjualan dan service mitsubishi kedepannya.
Sebelumnya Nissan Corp juga sudah melakukan akuisisi pada Renault yang banyak dikatakan menjadi akuisisi terbesar perusahaan otomotif dunia dan menjadi kekuatan baru otomotif terutama dibenua eropa dimana saat ini Nissan-Renault menjadi grup otomotif terbesar ketiga di Dunia. Kolaborasi Nissan renault juga telah menghasilkan banyak sekali mobil dalam satu pabrik di berbagai negara seperti di India, korea, dll.... Renault sendiri menjadi lambang kedigdayaan Nissan di negara-negara eropa seperti: jerman, spanyol, swiss, inggris, dll.
Di Indonesia sendiri Nissan sudah menghidupkan kembali merk Datsun yang bertugas membuat mobil-mobil kecil berplatform LCGC, Nissan sendiri lebih cenderung memproduksi mobil-mobil nyaman dan berkualitas sangat baik, lalu akankah Mistubishi ditugaskan membuat mobil-mobil bergenre SUV, 4x4, truck dan Bus dengan karakter mesin yang gahar? bisa jadi...
Nah akankah Mitsubishi dan Nissan akan menjadi produsen otomotif terbesar di Asia Tenggara termasuk Indonesia? itu bukanlah pekerjaan mudah tapi bukan hal yang mustahil...kita nantikan kolaborasi kedua pabrikan ini untuk menghasilkan mobil-mobil berkualitas
Learn more »

Daftar Harga Resmi Toyota Sienta keluar, ini Rinciannya

Harga Resmi Toyota Sienta baru saja diumumkan oleh Toyota Indonesia (Toyota Astra Motor) tanggal 21 Juni 2016, mobil yang masuk kategori MPV berkapasitas 7 penumpang ini dijual mulai 230 juta untuk varian Sienta terendah dan 295 juta untuk varian Sienta tertinggi...
Cukup mahal juga ya :-) maklum karena Toyota Sienta memang masuk dalam medium MPV atau di atas Avanza...
Berikut adalah daftar harga resmi Toyota Sienta On The Road DKI Jakarta
* Sienta E M/T = Rp. 230 juta
* Sienta E CVT = Rp. 248 juta
* Sienta G M/T = Rp. 242 juta
* Sienta G CVT = Rp. 260 juta
* Sienta V M/T = 257 juta rupiah
* Sienta V CVT = 275 juta rupiah
* Sienta Q CVT = 295 juta rupiah
Nah dari daftar harga tersebut juga diketahui ternyata Toyota Sienta memiliki 7 varian dengan Q adalah varian termahalnya. Oh iya daftar harga Toyota Sienta di atas adalah utuk DKI Jakarta lho sob,,,, Untuk daerah lain di luar Jakarta biasanya lebih mahal karena terkena biaya kirim dan juga administrasi perdagangan antar daerah (misal di jawa timur selisihnya antar 7-10 jutaan).
Spesifikasi Toyota Sienta
Toyota Sienta ini dibekali mesin 1500 cc 4 silinder berteknologi dual VVT-i dan DOHC, memiliki tenaga maksimum 107 Hp dengan konsumsi BBM termasuk irit jika dibandingkan MPV seperti avanza atau yang lain..Tercatat konsumsi BBM Toyota sienta mencapai 1:18 untuk jalan bebas hambatan dengan BBM berkualitas baik.
Sistem penggerak memakai roda depan yang mana sangat recomended untuk jalanan on road atau aspal, penggerak roda depan ini dikatakan sangat efektif dan efisien untuk mobil yang banyak dipakai di jalanan on road tapi memang kurang recomended untuk mobil yang sering di jalanan offroad (non aspal), lagi pula habitat sienta memang di perkotaan :-)
Toyota Sienta memakai pintu geser pada pintu samping belakang (dua pintu geser kanan kiri), sementara keseluruhan jumlah pintunya ada 5 yakni samping 4 dan belakang 1 (bagasi). Pintu geser Toyota Sienta ini cukup nyaman digunakan untuk memasukkan barang-barang berukuran besar ke dalam mobil (tidak repot), contohnya mau memasukkan sepeda lipat/ kasur/ barang besar lain, kedua pintu ini juga sangat memudahkan penumpang keluar masuk dengan leluasa.
Ulasan lengkap Toyota Sienta bisa dibaca pada: Spesifikasi Toyota Sienta
Rival
Pesaing Toyota Sienta adalah Honda Freed, mobil yang sama-sama memakai pintu geser pada bagian samping.. Mobil yang memakai mesin SOHC berkapasitas 1500 cc 4 silinder berteknologi I-Vtec+DBW+TDR ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 120 Hp. Honda Freed dijual dengan harga 273,3 juta rupiah (varian terendah) dan Rp. 293,3 juta untuk varian termahalnya OTR DKI Jakarta update harga 22 Juni 2016
Learn more »

Memakai Lampu Hazard saat Hujan, apakah Boleh

Berawal dari surat pembaca yang masuk ke admin www.mobilku.org yang intinya menanyakan apakah boleh menyalakan lampu hazard saat hujan deras? karena saat hujan deras pandangan pengemudi jadi sangat terbatas, sehingga kebanyakan pengemudi secara spontan akan berusaha menyalakan lampu-lampu mobil.. ada yang menyalakan headlamp, lampu hazard, lampu kabut dan lain sebagainya.
Salah satu alasan menyalakan lampu hazard adalah sebagai sinyal keberadaan mobil kita, lampu tersebut dikira cukup aman dan tidak banyak memakan listrik dan juga efektif karena berkedip terus menerus.
bagaimana jawabnya?
Menyalakan Lampu Hazard akan Menyilaukan Pengendara lain
Sebisa mungkin jangan nyalakan lampu hazard bila masih memungkinkan, misalnya nyalakan headlamp karena saat headlamp menyala maka lampu belakang juga ikut menyala, atau nyalakan lampu kota saja sudah cukup karena lampu belakang juga menyala.
Lampu Hazard biasnaya memiliki nyala yang terang dengan karakter berkedip-kedip, nah berkedip-kedip ini ternyata justru sangat menyilaukan/ sangat mengganggu mata pengemudi kendaraan lain dibelakang kita, bahkan nyala ini lebih menyilaukan dibanding nyala lampu kota yang menyala tanpa berkedip.
Nyala lampu hazard ini akan sangat membahayakan terutama saat malam hari, apa lagi saat hujan di malam hari.
Selain membahayakan kendaraan dibelakang kita, lampu hazard juga bisa berbahaya pada mobil kita apabila pengemudi di belakang ternyata kehilangan konsentrasi dan mengalami kondisi mata lelah,,, saat kita menginjak rem bisa-bisa mereka menabrak kita... ya kan.
Jika kita dibelakang mobil yang menyalakan lampu hazard?
Nah ini juga masalah pada kita :-) jika mobil didepan kita menyalakan lampu hazard secara terus-menerus saat kondisi hujan dan kebetulan jalannya licin berkelok-kelok/ naik turun, apa lagi saat malam wih berbahaya sangat menyilaukan. Nah apa yang kita lakukan dalam kondisi ini?
1. Dengan cara memberi signal, yakni dengan membunyikan klakson atau dengan menyalakan lampu jauh kita beberapa kali/ agak lama dengan harapan pengemudi di depan kita sadar dan mematikan lampu hazard/ lampu kedipnya... Nah jika ternyata tidak sadar-sadar maka kita tidak perlu memaksanya karena bisa-bisa terjadi perkelahian dalam kondisi seperti ini
2. Kurangi kecepatan dan menjaga jarak, nah yang bisa kita lakukan jika setelah di dim tidak merespons adalah dengan mengurangi kecepatan dan menjaga jarak dengan kendaraan didepan kita tersebut... Makin jauh maka silau oleh lampu hazard juga makin tidak terasa, akan tetapi jangan terlalu jauh kalau menurut www.mobilku.org, karena mobil didepan kita juga bisa menjadi patokan jalan untuk kita, kalau mobil dibelakang terpental atau tercebur berarti harus mengerem :-). Sepanjang kita merasa sudah nyaman atur jarak yang tepat :-)
Learn more »

Mencegah Rem Blong pada Mobil

Rem mobil memiliki fungsi mengurangi kecepatan mobil/ menurunkan laju mobil, rem juga sebagai sistem keselamatan (safety) terpenting pada mobil.. tanpa rem mustahil kita melakukan perjalanan dengan mobil, oleh karena itu banyak yang mengibaratkan rem adalah nyawa penumpang..
Meskipun kita sudah hati-hati akan tetapi tidak jarang rem mobil kita mengalami gagal fungsi/ tidak berjalan semestinya ketika kita memerlukan untuk mengurangi laju mobil... tidak berfungsinya rem ini sering disebut Rem Blong. Perlunya mengetahui penyebab dan juga melakukan tindakan pencegahan pada kemungkinan rem blong ini wajib diketahui driver/ pemilik mobil.
Penyebab rem blong
Faktor teknis
1. Kampas rem sudah habis
kampas rem yang habis ini menyebabkan rem tidak pakem, dan jika habisnya terlalu parah akan membuat rem tidak bisa melakukan fungsinya dan akan sangat berbahaya jika melewati jalan turunan terjal karena rem sudah tidak berfungsi 100%
2. Kampas rem tidak berkualitas
kampas rem yang bukan orisinal atau kampas rem dari esbes ini menyebabkan gagalnya fungsi pengereman saat sangat dibutuhkan, material asbes/ rem berkualitas rendah tidak bisa tahan suhu panas diatas 200 derajat celsius, sedangkan suhu kampas rem bisa meningkat sampai 600 derajat celsius jika bekerja dengan keras.... pemakaian kampas rem palsu/ berkualitas buruk menjadi penyebab rem blong yang kadang tidak diduga
3. Minyak rem kurang/ habis
habis/ berkurangnya minyak rem menyebabkan injakan pedal kopling semakin dalam dan tidak mampu memberikan tekanan pada kampas rem untuk bergerak... hal ini juga jadi penyebab rem blong
4. Minyak rem kotor/ masuk angin/ tidak berkualitas
Minyak rem yang tidak berkualitas tidak bisa stabil pada suhu tinggi dari kampas rem dan ini menyebkan rem blong, minyak rem juga sering kotor apa lagi minyak rem yang jelek. Kotoran pada minyak rem ini bisa menyumbat slang minyak rem,,nah jika slang tersumbat meskipun kita injak maka minyak rem tidak mau mengalir (karena sumbatan tadi).
Minyak rem masuk angin ini disebabkan adanya udara yang terjebak pada tengah-tengah minyak rem dalam slang minyak rem (gelembung udara). Adanya gelembung udara ini juga bisa menyebabkan rem blong karena bisa menyumbatpergerakan minyak rem
5. Piston rem rusak/ berkarat/ kotor
Piston rem ini berfungsi meneruskan tekanan hidrolik pedal ke kampas rem, jika piston rem ini berkarat/ kotor/ rusak maka injakan kita hanya akan sampai pada piston ini saja tanpa bisa diteruskan untuk menggerakkan kampas rem (karena fungsi piston ini menggerakkan kampas rem)
6. Seal piston master silinder sobek/ rusak
rusaknya komponen ini disebabkan kualitas minyak rem yang buruk dan juga karena usia, komponen-komponen yang terbuat dari karet memang rentan aus jika usianya terlalu tua dan diperlakukan kurang baik
7. Selang minyak rem sobek
Hal ini mungkin terjadi, penyebabnya mungkin karena tergores/ terkena komponen logam dalam mobil atau karena tertarik benda lain, atau karena hal lain.
Faktor Cara Berkendara
Rem blong tidak selalu karena faktor teknik seperti rusaknya sistem rem, akan tetapi juga bisa disebabkan karena perlakuan kita yang tak sesuai atau tidak ideal pada sistem rem/ mobil kita.. Nah berikut ini penyebab rem blong akibat cara mengemudi yang salah:
1. Membawa beban melebihi kapasitas yang dibolehkan
Mobil memiliki kapasitas tertentu dalam membawa beban misalnya 300 kg atau 500 kg atau 800 kg atau yang lain, kemampuan membawa beban ini sudah dirancang produsen otomotif salah satunya dengan mempertimbangkan kemampuan rem sebuah mobil.
Jika membawa beban terlalu berat dan kebetulan jalan menurun tajam dan panjang maka kemungkinan rem blong sangat besar
2. Tidak mengerem saat akan melewati turunan
Banyak driver yang mengerem ditengah turunan, padahal seharusnya driver mempersiapkan sebelum melewati jalan menurun maka mobil harus dikurangi dulu kecepatannya, sehingga pada saat di tengah turunan beban menurun mobil tidak terlalu besar
3. Tidak mengetahui tanda-tanda rem akan blong
Nah sebelum benar-benar blong sebenarnya kita sudah bisa mengenali tanda-tanda rem akan blong tersebut antara lain bisa dibaca pada artikel sebelumnya Tanda-tanda rem blong
Mencegah Rem Blong
Untuk mengurangi resiko rem blog pada saat diperjalanan, sebaiknya pecinta otomotif melakukan tindakan-tindakan preventif (pencegahan) untuk memperkecil kemungkinan terjadinya rem blong/ sebelum terjadinya rem blong. Berikut tindakan preventif tersebut:
1. Kesehatan sistem rem
Pastikan sebelum perjalanan pecinta otomotif mengetahui dengan benar bahwa rem dalam kondisi yang prima/ tidak bermasalah/ dalam keadaan baik semua... sangat sehat, jika ada masalah sedikit saja harus diperbaiki terlebih dahulu
2. Menjaga kualitas sparepart rem
Sparepat seperti kampas rem usahakan yang orisinal karena terbuat dari material yang tahan panas dan tidak merusak cakram/ tromol. Memakai selang minyak rem yang standar karena diameter selang sangat berpengaruh terhadap kelancaran minyak rem, material selang (karet/ plastik/ karet dibungkus logam juga berpengaruh... gunakan selang hidrolis yang orisinal.
Selain itu juga gunakan piston dan master silinder yang orisinal, dan jangan lupa minyak rem jangan isi yang jelek karena kekentalan dan ketahanan panas berbeda dengan yang orosinal
3. Jangan membawa beban melebihi kapasitas yang diperbolehkan
Jika maksimum berat muatan adalah 800 kg janagn diberi beban 1,2 ton wah bakal bahaya tuh
4. Saat akan melewati jalan menurun sebisa mungkin rem terlebih dahulu agar saat melewati turunan mobil tidak membawa laju mobil terlalu berat, jadi kita tidak terlalu terbebani saat di tengah turunan...makin enteng kerja rem maka kemungkinan gagal makin kecil
5. Gunakan rem mesin jika turunan terlalu panjang
Pada track menurun panjang maka kita dituntut untuk mengerem terus menerus, nah kampas rem bergesekan terus dengan cakram/ tromol terlalu lama maka resiko panas tidak bisa dihindari bahkan suhu bisa diatas 600 derajat melebihi ketahanan panas sistem rem dan akibatnya blong. Untuk mengurangi beban rem pecinta otomotif bisa memakai rem mesin pada turunan panjang ini yakni dengan mengoper pada gigi 1 sehingga mesin menahan laju mobil, jika benar-benar diperlukan baru pecinta otomotif menginjak pedal rem... perlakuan seperti ini bisa mencegah rem kepanasan dan mencegah rem blong
6. Istirahat jika diperlukan
Jika pecinta otomotif merasa sudah terlalu lama melewati jalan menurun dan sistem rem dirasa terlalu beresiko jika tetap berjalan, maka pecinta otomotif bisamemilih beristirahat dengantujuan mendinginkan rem.
Mendinginkan rem bisa dengan cara menghentikan mobil barang 1 jam agar rem tidak terlalu panas, dengan menghentikan mobil juga bisa mendinginkan mesin dan juga kita bisa istirahat sambil ngopi diperjalanan
Learn more »

Tips/ Cara Merawat Karet Pintu Mobil

Karet pintu mobil akan kehilangan elastisitasnya seiring dengan waktu, biasanya umur karet mobil dengan pemakainan standar bisa bertahan sampai 5 tahun, akan tetapi jika tanpa perawatan dan dipakai sembarangan umur karet juga lebih cepat habis atau soak atau Getas.
Nah pada mobil usia diatas 5 tahun karet pintu mobil kebanyakan sudah tidak berfungsi dengan baik (menjadi kaku, pecah-pecah, kehilangan elastisitasnya, dll).
Akibat karet pintu mobil rusak/ getas
Nah masalah karet getas ini akan menyebabkan:
* Fungsi peredam suara karet menjadi berkurang sehingga suara bising dari luar menjadi cukup mengganggu,
* Air hujan sering masuk ke dalam pintu sebelah dalam kabin, bahkan bisa sampai nyiprat ke penumpang :-)
* Saat membuka/ menutup pintu mobil menjadi kurang enak karena sura pintu menjadi keras dan juga sering kesulitan menutup pintu dengan sempurna.
Penyebab karet cepat getas
1. Karena usia/ waktu; ya karet seiring dengan waktu akan mengeras/ rusak karena reaksi dengan udara.
2. Karena sering terkena sinar matahari, sinar matahari langsung sangat cepat memicu kerusakan karet..jangankan kena sinar langsung, sinar matahari tidak langsung saja bisa merusak karet mobil.
3. kurangnya perawatan; sering terkena air, karet kotor, terpapar panas, terkena hujan dan tidak dibersihkan adalah penyebab lain karet pintu mobil cepat rusak
Cara merawat karet pintu mobil
Nah agar karet pintu mobil tidak cepat rusak/ aus/ getas/ berikut tips merawatnya?
* Beli silicon spray untuk memelihara kelenturan karet dan juga siapkan lap untuk membersihkan karet, siapkan pula kuas halus/ sikat gigi halus jika karet sudah lama tak dibersihkan
1. Bersihkan karet dengan kuas/ sikat gigi halus sampai bersih... gunakan air + shampo mobil sebagai bahan pembersihnya sementara alatnya: kain lap + kuas
2. Jika karet mobil sudah benar-benar bersih, jangan lupa basuh kembali agar detergen/ air+shampo mobil benar-benar bersih lalu angin-anginkan sampai kering (tidak ada air)
3. Setelah kering semprotkan silicon spray (khusus untuk merawat karet mobil) pada permukaan karet lalu tunggu sekitar 3-5 menit (asal jangan sampai silicon spray kering). Mengapa harus menunggu? karena silicon spray ini bekerja tidak hanya dipermukaan saja akan tetapi akan meresap ke dalam pori-pori karet untuk memelihara kelenturan karet... jangan terlalu lama juga karena silicon spray jika terlalu lama menyebabkan karet terlalu lunak
4. Setelah ditunggu atau dibiarkan selama 3-5 menit lalu bersihkan silicon dengan lap kain bersih sampai kering. Nah mudah bukan merawat karet pintu mobil? intinya seperti merawat ban mobil dengan silicon agar tetap terjaga kelenturannya dan tetap bersih :-)
5. Lakukan pada pintu mobil yang lain agar semua karetnya terpelihara
Learn more »

Isuzu MU-X dan D Max Baru bakal lawan Fortuner dan Hilux

Isuzu Indonesia rupanya sedang menyiapkan dua mobil dengan kategori SUV untuk menantang SUV dan D Cab dari Toyota yakni Fortuner dan Hilux tahun 2016-2017. Stock mobil MU-X dan Isuzu D-Max saat ini sudah habis di dealer-dealer Isuzu tak ditambah lagi, hal ini karena tahun ini akan keluar MU-X dan D-Max terbaru dengan mesin yang juga lebih baru.
Rencananya Isuzu MUX dan D Max terbaru tersebut bakal dikeluarkan di event pameran otomotif GIIAS yang akan berlangsung 11-21 Agustus 2016 mendatang, menurut pihak Isuzu mereka sengaja menghadirkan mobil yang benar-benar baru dengan mesin yang baru langsung dari Thailand untuk melawan dominasi Fortuner dan Hilux.
MU-X dan D Max terbaru dibekali 2 jenis mesin
Isuzu MUX 2016 hadir dalam 2 pilihan mesin yakni Isuzu MUX 1.9 yang memakai mesin diesel berkapasitas 1900 cc atau 1.9 liter, mampu mengeluarkan tenaga sampai 150 Ps pada 3600 Rpm dan torsi sebesar 350 Nm pada 1800 sampai 2600 Rpm. Keunggulan mesin Isuzu MUX terbaru ini memiliki torsi maksimum pada rentang putaran mesin cukup panjang yakni antara 1800 Rpm kita sudah mendapat tenaga maksimum mobil sampai kita menginjak gas pada putaran mesin 2600 Rpm juga masih dapat tenaga maksimum.
Menurut pihak Isuzu bahwa mesin MUX 1.9 L ini menggantikan mesin MUX lawas berkapasitas 2500 cc, uniknnya mesin 1900 cc nya ini memberikan tenaga yang lebih besar dari mesin lawasnya dengan selisih 16 Ps. dan juga memiliki torsi yang 30 Nm lebih besar dari mesin lawas 2500 cc MUX. Tak hanya itu mobil ini juga diklaim 20% lebih ringan dari mesin 2500 cc MUX lawas.
Mesin yang 1.9 ini yang dipastikan bakal mendarat di Indonesia, sedangkan pilihan mesin yang lebih besar masih menunggu kepastian dari pihak Isuzu..
Pilihan jantung pacu MU-X kedua adalah dengan mesin yang lebih besar yakni 3000 cc atau 3.0 liter, mesin dengan kode 4JJ1-TCX's ini mampu menghasilkan tenaga sampai 177 Ps pada 3600 Rpm dan torsi 380 Nm pada 1800 sampai 2800 Rpm
Sistem transmisi dan penggerak
Untuk sistem transmisi MU-X dan D-Max bakal memakai 2 jenis transmisi yakni Automatic Rev Tronic 6 Speed dan juga manual 6 percepatan, untuk MU-X dan D Max 3.0 hanya tersedia dengan sistem transmisi matic saja akan tetapi untuk pilihan mesin 1.9 tersedia yang transmisi manual juga.
Sistem penggerak Isuzu MU-X dan D-Max 1.9 memakai penggerak 2 roda saja akan tetapi untuk MU-X dan D-Max 3000 cc atau 3.0 L dibekali dengan pilihan penggerak 4x4 atau 4 roda (depan belakang).
Safety
Untuk teknologi rem kedua SUV terbaru andalan Isuzu ini memakai 3 teknologi terbaru yakni ABS, EBD dan BA. Sementara untuk stabilitas pengendalian mobil keduanya dibekali teknologi ESC dan Traction control yang secara elektronik mampu mencegah mobil ini limbung saat menikung atau kehilangan kendali saat menikung akibat oversteer dan understeer.... wah selain dengan teknologi rem terbaru anti selip juga dibekali anti melenceng ya :-) lengkap banget nih teknologi safetynya
Teknologi safety lain yang tak kalah canggih adalah hill start assist, teknologi ini mendeteksi kemiringan jalan dan putaran ban dengan komputer... Jika terdeteksi jalan menanjak maka teknologi ini akan aktif memonitor putaran roda, jika terdeteksi putaran roda berputar terbalik (meskipun sangat sedikit) maka rem akan otomatis bekerja. Istilahnya teknologi keselamatan anti mundur pada jalan menanjak jadi sangat aman dipakai di tanjakan meskipun jalanan macet merayap seperti saat ke puncak.
Teknologi keselamatan lain yakni Airbags pada penumpang baris pertama atau bagian depan, airbags menjadi sistem keselamatan terakhir jika benar-benar terjadi benturan sehingga fitur ini meskipun lawas tetap wajib ada pada sebuah mobil.
Harga Isuzu D-Max dan MU-X terbaru
informasi harga kedua mobil SUV terbaru ini masih belum kami dapatkan, informasi resmi harga mobil ini menunggu event GIIAS yang akan berlangsung akhir pertengahan hingga agustus bulan depan, kunjungi terus www.mobilku.org untuk mendapatkan informasi terbaru seputar kedua mobil ini dan update harga
Learn more »