Feature news

Manfaat Cuka untuk Mobil Anda

Cuka atau Asam Cuka adalah bumbu dapur untuk memberi rasa asam pada makanan, cuka ini berbentuk cairan/ zat cair yang biasanya ada di dapur, atau jika beli di toko kelontong harganya murah antara 1000 sampai 4000 rupiah saja.
Tahukan pecinta mobilku.org kalau ternyata cuka juga banyak manfaatnya untuk perawatan mobil antara lain membersihkan interior mobil akibat noda, membersihkan jok mobil, menghilangkan bau tak sedap pada kabin dan lain sebagainya. Nah berikut ini manfaat cuka/ asam cuka yang bisa digunakan pada mobil pecinta otomotif:
1. Menghilangkan bau tidak sedap pada kabin
Bau tak sedap pada kabin mobil memang bisa dihilangkan dengan cara memakai parfum mobil, akan tetapi menurut mobilku.org hal ini kurang tepat karena dengan parfum sebenarnya bukan menghilangkan bau tak sedap akan tetapi memberi bau harusm yang lebih menyengat agar bau tak sedap tersebut tidak terasa (padahal aslinya masih ada), terlebih parfum mobil juga akan menyebabkan masalah tersendiri pada kesehatan jika dihisap paru=paru dalam waktu yang cukup lama.
Nah alternatif menghilangkan bau tak sedap ini adalah dengan menggunakan cuka, caranya adalah ambil 1 gelas cuka (tempatkan pada gelas/ cangkir) lalu letakkan di dalam kabin mobil pada saat malam hari, setelah itu pada pagi hari bau tak sedap tersebut sudah hilang. Dalam waktu semalam cuka akan membersihkan bau tak sedap dalam kabin mobil
2. Menghilangkan bekas mencopot sticker
Cuka bisa dipakai untuk mencopot sticker, caranya adalah dengan membasahi sticker dengan cuka sebelum sticker ditarik. Usahakan cuka bisa meresap ke dalam lem sebelum dicopot, nah saat menarik (mencopot) melalui ujung sticker sambil ditarik perlahan sambil diberi tetesan cuka agar lebih mudah mencopotnya.
Mencopot sticker juga bisa memakai minyak kayu putih, caranya sama dengan memakai cuka.
Cuka ini juga bisa dipakai untuk membersihkan bekas sticker yang membandel, caranya adalah tetesi lem bekas sticker lalu ratakan dengan jari, tunggu 3-5 menit lalu gosok dengan kain agar bekas sticker hilang
3. Membersihkan velg dan komponen krom
Velg mobil bisa kusam karena kotoran yang menempel, nah untuk membersihkannya gunakan kain yang sudah dibasahi dengan cuka, gosok pada velg yang kusam tadi sampai velg kembali bersih (tidak pucat). Selain velg berbahan alloy, air cuka juga bisa digunakan untuk mengkilapkan krom seperti pada grill dan lain sebagainya
4. Membersihkan noda pada dashboard
Seringkali kotoran pada dashboard meninggalkan noda, jika ini terjadi gunakan cuka untuk membersihkannya. Caranya campur cuka dengan air dengan perbandingan 1:1 kemudian celupkan kain ke campuran cuka dan air tersebut lalu gunakan untuk mengelap noda pada dashboard mobil. Mudah bukan, tidak perlu beli interior cleaner atau sabun bayi, cukup pakai peralatan dapur
5. Membersihkan noda tinta pada Jok berbahan kain
Cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada jok berbahan kain, bahkan noda tinta pada jok berbahan kain bisa dibersihkan memakai cuka ini. Untuk membersihkan Noda Tinta, caranya campurkan dua sendok teh cuka dengan 1 sendok makan sabun pencuci piring, ambil kain dan celupkan ke dalam campuran sabun pencuci piring dan cuka tersebut, celupkan kain dan gunakan untuk menggosok noda. Diamkan 10 menit lalu bersihkan noda pada jok dengan air bersih dan lap kain bersih. Ulangi 2-3 kali sampai noda benar-benar terangkat
6. Membersihkan karpet mobil
Gunakan campuran cuka dengan air dengan perbandingan 1:1, campuran ini untuk membersihkan noda/ kotoran pada karpet mobil
7. Membersihkan karet wiper
Air + cuka bisa juga dipakai untuk membersihkan wiper/ karet wiper, selain berfungsi untuk membersihkan kabarnya cuka juga bisa mengembalikan elastisitas karet wiper
8. Membersihkan kotoran burung
Mobil terkena kotoran burung? sering apa lagi kalau berpergian ke desa atau wilayah pinggiran kota atau ke dekat hutan. Nah kotoran burung ini kalau tidak segera dibersihkan bisa menjadi keras dan sulit dipersihkannya, jika pecinta mobilku.org mendapati kotoran burung yang sulit dibersihkan dengan air biasa maka tetesi aja dengan cuka dan tunggu 3-5 menit lalu lap dengan kain
Learn more »

Toyota Yaris Terbaru Heykers bernuansa Crossover/ SUV Ringan

Toyota kembali mengeluarkan varian yaris terbaru "Yaris Heykers" pada 3 November 2016, uniknya Toyota Yaris yang selama bertahun-tahun dikenal sebagai mobil City Car kelas medium kini berubah menjadi mobil Crossover atau SUV ringan melalui varian terbarunya ini, dengan desain yang terlihat tangguh dan modern Yaris Heykers juga ditinggikan Ground Clearancenya (jarak pijak terendah dari tanah) menjadi 184 mm dimana yaris varian lainnya hanya berkisar di angka 135-140 mm. Perubahan Ground Clearance ini sangat menentukan apakah sebuah mobil diperuntuukan di jalanan perkotaan atau jalanan tanah atau light offroad.
Ground Clearance Yaris Heykers naik jadi 184 mm
Pada Yaris varian lain Ground Clearance hanya 135 mm sampai 140 mm maka jelas diperuntukkan di jalanan perkotaan yang halus, ground clearance rendah memiliki keuntungan lebih stabil di jalanan aspal, stabil saat melaju pada kecepatan tinggi di jalan aspal dan memiliki center of gravity yang bagus serta aerodinamis yang bagus. Akan tetapi kekurangannya tidak bisa melewati jalanan dengan rintangan yang cukup berat misalnya jalanan berbatu sedikit besar, jalanan berlubang sedikit dalam, jalanan bergelombang/ rusak, jalan offroad ringan dan lain sebagainya (kondisi jalan sedikit rusak).
Nah sementara mobil dengan ground clearance lebih tinggi sangat bagus saat melewati gundukan tanah, polisi tidur yang tinggi, jalan yang berbatu, jalanan pedesaan dengan aspal yang rusak, jalanan tanah dan lain sebagainya. Akan tetapi juga sebaliknya Ground Clearance tinggi lebih tidak stabil (mudah bergoyang) akibat center of gravity yang buruk, ground clearance tinggi juga mudah limbung saat kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan karena terpaan angin yang lebih besar disisi lain kerja suspensi dipaksa lebih berat. Oleh karena itu mengapa banyak mobil SUV suspensinya diperkeras (tidak empuk saat dinaiki), karena jika dibuat empuk maka dia menjadi sangat limbung saat melaju (karena bodynya tinggi)
Mesin dan Spesifikasi yang dipakai Toyota Yaris Heykers
Toyota Yaris Heykers memakai mesin 1500 cc Dual VVT-i dan DOHC, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 109 Bhp yang kemungkinan untuk tenaga mobil sendiri berkisar di 107-108 Hp. Mirip dengan mesin toyota sienta akan tetapi kemungkinan untuk final gear dibuat berbeda karena peruntukan mobilnya juga berbeda.
Final gear ini sangat menentukan kemampuan mobil, meskipun memakai mesin yang sama akan tetapi dengan konfigurasi final gear berbeda bisa membuat kemampuan mobil sangat berbeda.. Jika di motor final gear ini ibarat komparasi gir depan dan belakang, jika gir belakang bertambah besar dan dir depan bertambah kecil maka kendaraan akan kuat menanjak tapi top speed berkurang, sebaliknya jika gir depan dibuat lebih besar dan gir belakang dibuat lebih kecil dari standarnya maka mobil akan kurang baik dalam hal tanjakan tapi memiliki top speed yang tinggi. Biasanya mobil jenis SUV atau Light SUV atau Crossover memiliki Rasio final gear yang lebih besar (perbandingan gigi belakang dan depan lebih besar) dibanding mobil jenis MPV atau City Car atau Sedan, nah kalau Final gear Yaris Heykers lebih besar itu artinya mobil ini memiliki kemampuan melewati tanjakan untuk ke pegunungan dengan kontur jalan sedikit rusak.
Mobil bertanaga 107-108 Hp ini setara dengan tenaganya avanza 1500 cc akan tetapi menjadi berbeda jika bobot mobil berbeda, Yaris ini lebih kecil dan lebih ringan dari Avanza/ Sienta sehingga mesinnya juga jadi lebih enteng dibanding avanza/ Sienta alhasil mobil lebih mampu berakselerasi ataupun menanjak dibanding mobil dengan mesin yang sama akan tetapi bobotnya lebih berat.
Sistem penggerak yang dipakai Toyota Yaris Heykers ini memakai FD atau penggerak roda depan, memiliki keunggulan lebih efisien dibanding penggerak roda belakang akan tetapi tidak setangguh mobil penggerak roda belakang dalam hal tanjakan, akan tetapi untuk tanjakan ringan dan offroad ringan penggerak depan juga tidak masalah
Sistem transmisi yag dipakai Yaris Heykers ini adalah CVT atau Transmisi Otomatis yang lebih nyaman dipakai daripada transmisi manual, meskipun menurut sebagian orang transmisi matic cocoknya diperkotaan dan kurang bisa mengekspresikan cara mengemudi yang diinginkan apa lagi di jalanan pegunungan yang penuh tanjakan, hal ini bukan masalah karena peruntukan yaris heykers ini adalah mobil urban yang maksimal hanya untuk jalanan offroad ringan saja, dipakai di pinggiran kota bisa untuk ke kota dan juga bisa untuk berjalan-jalan di pedesaan sepanjang bukan offroad berat (lumpur dan lain sebagainya)
Yaris Heykers manual juga tersedia yang kelebihan dan kekurangannya sudah disebutkan pada ulasan yaris transmisi otomatis yakni lebih sesuai dengan keinginan dan karakter pengemudi, lebih hemat BBM dan lebih bertanaga. Kelemahannya kurang nyaman dipakai terutama untuk yang tidak mau repot injak kopling, biasanya pengemudi wanita lebih menyukai yang transmisi matic
Konsumsi BBM Yaris Heykers ini bisa dibilang cukup irit karena memakai mesin berteknologi terbaru (Dual VVT-i dan DOHC) yang lebih bagus dibanding mesin generasi 10 tahun sebelumnya, apa lagi memakai transmisi CVT dengan penggerak roda depan maka pembuangan tenaga untuk hal-hal yang tidak perlu (semisal gardan dan lain-lain).
Desain tangguh dan solid
Desain mobil Yaris Heykers ini bisa dibilang lebih solid dan tangguh dengan perubahan lekuk-lekuk tegas pada sekujur body mobil ini, kehadiran lekuk-lekuk tegas ini sekaligus menghilangkan kesan mobil Yaris terdahulu yang terkesan standar dan kalem sebagai mobil hatchback.
Perubahan ini meliputi Grill, bemper depan belakang, desain lampu kabut dan headlamp, body moulding, over fender, warna body, warna atap, dll. Sekilas hanya lampu belakang saja yang terlihat mirip dengan yaris varian yang lain.
Kesimpulan
Perubahan desain lebih tangguh dan ground clearance yang lebih tinggi ini seperti sebuah pesan yang ingin ditunjukkan bahwa Yahis Heykers adalah mobil yang kini bergenre Crossover atau SUV ringan atau Hatchback tangguh, bukan lagi City Car yang kalem seperti varian lainnya.
Harga Yaris Heykers
Harga Toyota Yaris Heykers kemungkinan dijual sekitar 266 sampai 269 juta untuk Yaris Heykers  transmisi manual dan 277 sampai 280 juta rupiah untuk yaris heykers matic, nanti setelah 3 November 2016 www.mobilku.org akan menginformasikan harga resmi setalah launching akan tetapi menurut info yang beredar sekitar 277 sampai 280 juta rupiah yang sekaligus menjadi varian tertinggi Toyota Yaris menggantikan Varian Yaris TRD Sportivo yang harganya 260 juta untuk manual dan 270 juta untuk yaris TRD Sportivo Otomatis yang dulu menjadi varian tertinggi.
Mintalah Test Drive
Pecinta otomotif perlu melakukan test drive sebelum membeli mobil ini, apakah kemampuannya benar-benar berbeda dengan yaris sebelumnya, misal untuk melintasi jalan berlubang dan lain-lain. Hal ini utnuk memastikan kemampuan mobil ini dan memastikan pecinta otomotif tidak salah membeli mobil dan sesuai dengan kebutuhan pecinta mobilku.org
Learn more »

Mengurangi Tekanan Angin Ban saat Hujan, Bolehkah?

Mengempiskan ban atau mengurangi tekanan angin ban kerap dilakukan pengendara motor untuk meningkatkan traksi motornya, hal ini juga tidak jarang dilakukan pada mobil dengan menurunkan tekanan udara ban mobil agar lebih mencengkeram jalan aspal (tidak licin). Nah lantas pertanyaannya apakah boleh/ aman mengempiskan ban mobil/ motor saat hujan?
Menurut pakar safety riding Astra, Michael Gerald bahwa memang benar pada tekanan tertentu ban diturunkan berdampak pada makin luasnya permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal sehingga besar kemungkinan ban lebih mencengkram ke jalan, akan tetapi mengempiskan ban saat hujan juga mengandung resiko yakni kelenturan ban berubah. Ban akan menjadi lebih lembek dan tidak stabil terutama saat menikung (bermanuver), menanjak atau melakukan akselerasi bahkan deselerasi.
Menurut Gerald, mengempiskan ban saat hujan adalah cara yang salah yang mana sebaiknya pecinta otomotif tetap dengan tekanan ban ideal, misalnya untuk avanza - ertiga - mobilio 30-32 Psi, untuk sedan 28-30 Psi dan lain sebagainya.
Jangan sekali-kali menambah tekanan ban anda lebih dari tekanan ideal karena ini juga berbahaya (resiko terpeleset saat hujan), lebih baik gunakan tekanan ban ideal saja. Memang untuk kasus balap mobil bisa memakai ban basah atau ban kering, itu untuk balapan...kalau kita hanya punya satu ban saja (universal) ya bermain aman saja yakni di tekanan idealnya.
Ujung-ujungnya cara berkendara yang aman yang akan menentukan keselamatan mengemudi saat hujan.
Mengemudi yang aman saat hujan
Bagaimana cara menghadapi jalan yang makin licin saat hujan? ini masuk ke cara berkendara yang benar saat hujan antara lain:
1. Lebih menjaga jarak dengan kendaraan di depan
2. Melaju lebih pelan dari biasanya (kurangi kecepatan mobil)
3. Berkendara lebih lembut, saat mengerem - menikung - mengegas dengan lembut/ tidak spontan
4. Nyalakan lampu utama sebagai sinyal, tapi jangan nyalakan lampu hazard (lampu berkedip) karena ini membahayakan
5. Jika cuaca terlalu buruk dan dirasa berbahaya, lebih baik berhenti di tempat yang aman (aman dari banjir dan pohon tumbang), sambil istirahat sejenak
Learn more »

Tips Menghilangkan Karat pada Knalpot

Knalpot baik pada mobil atau motor adalah bagian yang paling sering berkarat diantara bagian lainnya bahkan dibandingkan dengan bagian spakbor mobil/ motor, pecinta mobilku.org tentunya bertanya-tanya mengapa knalpot sering berkarat dan paling cepat keropos? ada 3 penyebab:
1. Adanya embun yang terjebak di dalam knalpot
2. Adanya air yang tejebak di dalam akibat akibat pemakaian BBM
3. Pada bagian luar sering kurang dibersihkan
Bahkan untuk mobil yang tidak pernah dipakai pecinta otomotif jangan beranggapan bahwa knalpot akan aman, timbunan embun/ uap air yang menjadi air di dalam knalpot bisa menyebabkan karat dari dalam knalpot.
Pemakaian BBM beroktan tinggi seperti pertamax juga disinyalir bisa memicu timbulnya air dalam knalpot, meskipun untuk alasan ini www.mobilku.org masih bertanya juga kebenarannya.
Karat pada knalpot ternyata juga sering datang dari bagian luar, bisanya jika pemilik mobil sehabis melewati hujan dan tidak disemprot maka air hujan akan dengan cepat menimbulkan karat dibanding air sumur/ PDAM, maka setelah melewati hujan sebaiknya disemprot dengan air kran agar kotoran dan air hujan luruh
Cara Menghilangkan/ Mencegah Karat pada bagian knalpot
- Dengan cara memanaskan mobil seminggu dua kali jika mobil tidak dipakai, memanaskan mobil ini selain bisa menghilangkan air/ embun dalam knalpot juga bisa memelihara Aki mobil agar terhindar dari tekor, baca cara memanaskan mobil yang benar
- Dengan memberi oli beberapa tetes tiap dua bulan sekali, teteskan oli bekas 4-7 tetes di ujung Knalpot. Saat meneteskan oli bekas sebaiknya knalpot dalam kondisi panas (sehabis perjalanan/ sengaja dipanaskan), sehingga oli akan lebih cair dan mudah masuk ke dalam knalpot.
Oli yang masuk ke bagian dalam knalpot ini diharapkan bisa masuk ke sela-sela karat dan merontokkan karat dari dalam, jika setelah diberi oli bekas knalpot mengeluarkan asap putih itu pertanda oli sedang bereaksi di dalam knalpot (tidak masalah), diharapkan karat yang rontok bersama oli akan keluar lewat ujung knalpot.
Oli ini diteteskan dua bulan sekali, oli juga bisa mencegah karat
- Untuk menghilangkan karat pada bagian luar pecinta otomotif bisa menghilangkan karat dengan cara fisik atau menggosoknya memakai amplas maupun sikat (untuk meluruhkan karat), setelah karat hilang oleskanlah oli ke seluruh permukaan luar knalpot. Pengolesan oli bisa memakai oli bekas dan kuas, oli ini akan melindungi dari air hujan dan karat yang mana pecinta otomotif tahu sendiri bahwa air sulit menempel pada oli.
Fungsi Knalpot
Yang jarang diketahui pecinta mobilku.org adalah peran penting knalpot, knalpot sebenarnya sangat penting untuk menunjang performa mobil, knalpot telah didesain sedemikian rupa menyesuaikan dengan mesin mobil, knalpot juga memiliki tekanan tertentu dalam membuang udara hasil pembakaran agar optimal.
Nah kebocoran knalpot akibat korosi akan mengganggu keseimbangan tekanan gas buang dari mesin (tekanan pada knalpot berkurang), hal ini bisa mengurangi performa mobil. Hal yang sama jika pecinta otomotif mengganti dengan knalpot yang bukan orisinalnya yang tidak sesuai dengan tekanan udara dari mesin, bahkan tekanan yang tidak sesuai (lebih besar) bisa menyebabkan mesin rusak (meskipun tidak langsung/ dalam waktu lama).
Saran untuk masalah knalpot ini gunakan yang orisinal saja yang sudah di setting sesuai dengan mesin mobil, meskipun knalpot modifikasi terlihat lebih ganteng dan suaranya lebih mantap tapi ini buruk untuk mesin.

sumber: www.mobilku.org
Learn more »

Mau Tidur dalam Mobil? Cari tempat yang tepat dulu

Pecinta mobilku.org, saat kita mengantuk dalam perjalanan memang seharusnya kita beristirahat untuk tidur minimal 30 menit, tidak ada obat untuk menghilangkan kantuk saat perjalanan selain tidur dan beristirahat di perjalanan.
Nah ketika pecinta mobilku.org mencari tempat untuk tidur sebaiknya tidak asal minggir di tepi jalan langsung tidur! paling tidak carilah tempat atau lokasi yang cukup aman untuk melepas penat sambil tertidur, berikut adalah lokasi yang biasa digunakan untuk beristirahat:
1. Masjid/ Mushola (halamannya saja)
2. SPBU
3. Mini Market (alfamart/ indomaret)
4. Rest Area
5. Tempat umum: seperti kantor desa, Pekarangan Sekolah, Universitas/ kampus, dll
6. Tempat yang lapang, aman dari tertabrak kendaraan lain dan masih cukup ramai.
Tempat yang dihindari untuk tidur
1. Pinggir jalan dengan roda menyentuh aspal (bahu jalan), hindari memarkirkan mobil seperti ini
2. Tempat sepi, bahaya perampokan dan pencurian
Jika terpaksa tidak tidur di tempat-tempat khusus seperti diatas dan terpaksa di pinggir jalan, sebaiknya pecinta mobilku.org memastikan untuk meminggirkan mobil di tempat yang benar-benar bebas dari kendaraan lain, misalnya masih tersedia tempat di pinggir jalan dengan lebar lebih dari 4 meter sehingga pecinta otomotif bisa benar-benar menepikan mobil jauh dari aspal (3-5 meter).
Pastikan pula tempat tersebut cukup ramai (tidak terlalu sepi), hal ini untuk menghindari pencuri atau perampok yang mana biasanya mereka tertarik pada mobil yang diparkir di tempat sepi (sendirian).
Intinya ada 2 hal yang menjadi prinsip yakni tempat tersebut harus cukup lapang (3-5 meter dari jalan) dan cukup ramai (ada penduduk, bukan area hutan).
Untuk kenyamanan sebaiknya pecinta mobilku.org mencari tempat yang cukup teduh agar tidak terlalu panas pada saat siang hari.
Menempatkan barang
Jika pecinta mobilku.org tidur sendirian kebetulan seorang diri mengendarai mobil maka yang perlu ditata sebelum tidur adalah barang-barang bawaan, sebisa mungkin sembunyikan di tempat yang tertutup barang berharga anda misalnya: HP, Dompet, Tas, Laptop, Uang, Kunci Kontak, dll.
Tempatkan barang-barang tersebut di laci mobil atau di lantai mobil yang ditutupi dengan barang seadanya misalnya sendal, topi, dll. Jangan taruh benda berharga anda di atas jok atau atas dashboard yang membuat pencuri menginginkan barang anda. Setelah dipastikan aman (sudah diatus aman dan tidak terlihat) pecinta otomotif bisa mulai mengtaur udara dalam mobil
Buka sedikit kaca jendela mobil (1 atau 2 jari) dan jangan lupa kunci pintu mobil, mengapa kaca mobil harus dibuka? hal ini untuk sirkulasi udara agar saat kita tidur sampai berjam-jam kualitas udara dalam kabin kita tetap bagus karena bersirkulasi dengan udara di luar, kadang-kadang kita tidur tidak terkontrol karena terlalu mengantuk (bisa 3-4 jam)
Oh iya bro, saat tidur hendaknya mesin dimatikan dan AC juga dimatikan hal ini mengingat beberapa kejadian driver meninggal dunia akibat tidur dalam mobil dengan mesin dan AC yang menyala.
Setelah bangun
Nah setelah pecinta mobilku.org bangun dari tidur jangan terburu-buru menghidupkan mobil dan menyetir, tunggulah sebentar barang 10-15 menit sampai kesadaran benar-benar pulih, minum sedikit air putih jika perlu keluar mobil barang 3-5 menit untuk menyesuaikan tubuh kita dengan udara agar lebih segar.
Setelah 10-15 menit baru pecinta otomotif bisa mulai menjalankan mobil :-)
Learn more »

Cara pakai Rem Mesin pada Mobil Matic

Rem mesin atau Engine Brake adalah pengurangan kecepatan/ laju kendaraan dengan memanfaatkan hambatan pada mesin, engine brake sendiri terdapat pada semua mobil akan tetapi memang pada mobil-mobil bertransmisi manual engine brake/ rem mesin bisa sempurna dilakukan, berbeda dngen mobil matic yang tidak semua mobil matic memiliki teknologi rem mesin/ engine brake yang baik.
Nah bagaimana cara melakukan engine brake pada mobil manual? caranya sangat sederhana yakni tinggal memasukkan pada gigi rendah 1-2-3 tergantung curam atau tidaknya medan/ jalan, pada jalan menurun landai bisa menggunakan gigi 3 akan tetapi pada turunan curam pakailah gigi 1...apabila masih kurang baru gunakan rem kaki.
Rem mesin pada mobil matic
Teknologi transmisi matic saat ini sudah banyak yang memperhitungkan engine brake ini yakni pada beberapa mobil, mesin dibuat bertahan pada RPM cukup tinggi (tidak terlalu rendah) sehingga sistem transmisi bisa mempertahankan pada gigi rendah dan tidak kehilangan hubungan antara transmisi dengan roda.
Meskipun tidak semua mobil memakai teknologi mempertahankan rpm (putaran mesin) agar tidak turun sangat rendah, akan tetapi sebagian besar sudah dibekali teknologi ini jadi pecinta otomotif tidak perlu merasa berkecil hati.
Cara melakukan engine brake pada mobil matic
Bagaimana cara melakukan engine brake/ menggunakan rem mesin dengan mobil matic? caranya sama dengan mobil manual yakni oper ke gigi paling rendah misalnya ke gigi 2 atau 1, ke gigi 2 atau L.
Memang pada daerah tertentu misalnya di daerah gunung bromo ada larangan membawa mobil matic naik ke gunung bromo "mobil matic dilarang naik" dengan alasan sering terjadi kecelakaan, kecelakaan ini terjadi saat pengunjung turun dengan mobil matic karena rem mesin yang memang tidak sebagus mobil manual
Kapan memakai rem mesin
rem mesin digunakan jika melewati jalan menurun yang cukup panjang dan konstan, misalnya turunan dari puncak bogor atau turunan dari gunung bromo. Teknisnya sebelum melewati turunan pecinta otomotif bisa terlebih dahulu mengoper ke gigi 1 atau 2, jika terpaksa gunakan rem kaki seperti biasanya.
Rem mesin ini penting untuk menggantikan rem kaki karena rem kaki tidak bisa dipakai untuk waktu yang lama, gesekan antara kampas rem dan cakram/ tromol akan membuat suhunya sangat panas sampai logam memuai...jika logam (sistem rem) memuai maka rem akan blong menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu sebisa mungkin pakai rem mesin pada turunan panjang dan jika diperlukan baru pakai rem kaki.
Apa sih sebenarnya rem mesin?
Rem mesin itu sebenarnya hanya istilah saat memakai gigi rendah untuk membantu mengurangi kecepatan mobil, efektif digunakan pada jalanan menurun panjang sampai beberapa kilometer.
Learn more »

Harga Renault Kwid 117,7 Juta, Crossover paling murah

www.mobilku.org - Indonesia kembali kehadiran mobil murah dengan harga dibawah 120 juta, mobil yang berjenis Crossover atau Micro SUV ini dikeluarkan oleh Renault yang diberi nama Kwid atau Renault Kwid. Renault sendiri adalah pabrikan mobil asal Eropa (perancis), renault saat ini sudah diakuisisi oleh Nissan yang otomatis menjadi anak perusahaan Nissan seperti halnya Datsun.
Renault Kwid adalah Mobil LCGC
Renault Kwid ini masuk dalam kategori LCGC sehingga harganya bisa ditekan murah. Mengapa renault bisa memproduksi mobil LCGC? karena campur tangan Datsun yang merupakan anak perusahaan Nissan,
Renault Kwid dibagun dengan platform Datsun Go (City Car LCGC) dengan perubahan desain eksterior misalnya pada dimensi mobil, desain bumper, lampu, dll. Sementara desainnya baik interior/ eksterior disesuaikan untuk memenuhi ekspektasi mobil light SUV atau Crossover seperti Ground Clearance yang ditinggikan sampai 180 mm, Final Gear yang lebih besar, dan lain-lain akan tetapi masih membawa identitas mobil LCGC seperti mesin yang hanya 1000 cc, memakai mesin 3 silinder, 12 valve, konsumsi BBM lebih dari 1:20 (1 liter pertamax bisa dipakai untuk 20 km perjalanan)
Harga Renault Kwid 117 jutaan
Harga Renault Kwid terbilang sangat murah untuk mobil berkarakter crossover yakni 117 jutaan, sampai saat ini mobil light SUV atau crossover termurah masih diatas 200 jutaan (Terior, Rush, BR-V)
Harga On the Road DKI Jakarta sekitar 117,7 juta, akan tetapi biasanya untuk daerah di luar Jakarta biasanya dikenakan biaya kirim dan administrasi sehingga mungkin harganya bisa naik sekitar 3-7 juta di area Pulau Jawa, misalnya di Surabaya maka harganya tidak lagi 117 juta akan tetapi bisa sampai 120 juta karena biaya kirim. Biaya kirim ini berlaku untuk semua produk dan semua pabrikan (honda, toyota, suzuki, nissan, dll)
Spesifikasi Renault Kwid
Mesin Renault kwid ini memakai mesin datsun Go, yakni mesin 1000 cc 3 silinder 12 katub, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 67 Hp atau sedikit lebih besar dari Agya/ Ayla. Bahan bakar yang dipakai adalah pertamax sesuai kebijakan pemerintah tentang mobil LCGC.
Renault Kwid memiliki konsumsi BBM yang terbilang hemat yakni 1:20 untuk jalan bebas hambatan.
Untuk sistem transmisi Renault Kwid memakai transmisi manual 5 kecepatan, sedangkan sistem penggerak memakai penggerak roda depan (Front Wheel Drive) yang lebih cepat berakselerasi di jalan aspal dibandingkan penggerak roda belakang (maklum mobil ini dikembangkan dari datsun go).
Desain, kelebihan dan Kekurangan
Desain eksterior mobil ini terbilang minimalis dengan sudut-sudut yang halus, akan tetapi tampilan depan mobil ini terlihat cukup solid sebagai mobil crossover. Desain Grill, headlamp, foglam dan bumper yang didesain ngeblend membuat tampilan depan mobil ini menarik perhatian yang melihatnya.
Berat mobil ini hanya 669 Kg sehingga bisa dikatakan cukup ringan, meskipun tenaga kecil dengan berat yang juga ringan maka rasio tenaga ke bobot mobil menjadi besar.
Pada bagian roda mobil ini sudah dibekali velg alloy dengan ban yang terbilang kecil serta kurang lebar, hal ini mungkin untuk mengejar konsumsi BBM yang lebih irit mencapai 1:20, tak masalah karena untuk roda pecinta otomotif bisa menggantinya dengan ban yang lebih lebar meskipun menjadi sedikit lebih boros
Kelebihan Renault Kwid:
1. Murah
2. Berjenis SUV, mobil jenis ini sekarang banyak digemari
3. irit BBM
4. torsi lumayan besar 104 Nm, rasio torsi ke berat mobil ini adalah 6,4 sehingga mobil ini sangat enteng untuk menanjak
5. tenaga yang kecil hanya 67 Hp, akan tetapi karena bobot mobil yang ringan maka beban tenaga juga menjadi jauh lebih besar. Rasio tenaga ke beban mobil ini adalah 9,9...jadi mobil ini sebenarnya tidak kalah dengan mobil bertenaga besar yang berbobot berat misalnya Terios, dll
Kekurangan
1. Kapasitas penumpang hanya 4 orang ideal, maksimal 5 orang
2. Silinder yang kecil membuat tenaga dan torsi juga kecil, sehingga jika dimuati terlalu banyak penumpang maka pengurangan efektifitas berkendara lebih signifikan dibandingkan mobil bertenaga besar meskipun rasionya lebih baik Kwid
3. Dimensi yang kecil sehingga membuat pemilik mobil tidak bisa membawa banyak barang+penumpang
Kesimpulan
Untuk harga yang terbilang sangat murah 117 jutaan dapat mobil yang bagus dari produsen otomotif yang juga punya reputasi (nissan grup), lumayan bagus mobil ini
Learn more »