Feature news

Mengurangi Tekanan Angin Ban saat Hujan, Bolehkah?

Mengempiskan ban atau mengurangi tekanan angin ban kerap dilakukan pengendara motor untuk meningkatkan traksi motornya, hal ini juga tidak jarang dilakukan pada mobil dengan menurunkan tekanan udara ban mobil agar lebih mencengkeram jalan aspal (tidak licin). Nah lantas pertanyaannya apakah boleh/ aman mengempiskan ban mobil/ motor saat hujan?
Menurut pakar safety riding Astra, Michael Gerald bahwa memang benar pada tekanan tertentu ban diturunkan berdampak pada makin luasnya permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal sehingga besar kemungkinan ban lebih mencengkram ke jalan, akan tetapi mengempiskan ban saat hujan juga mengandung resiko yakni kelenturan ban berubah. Ban akan menjadi lebih lembek dan tidak stabil terutama saat menikung (bermanuver), menanjak atau melakukan akselerasi bahkan deselerasi.
Menurut Gerald, mengempiskan ban saat hujan adalah cara yang salah yang mana sebaiknya pecinta otomotif tetap dengan tekanan ban ideal, misalnya untuk avanza - ertiga - mobilio 30-32 Psi, untuk sedan 28-30 Psi dan lain sebagainya.
Jangan sekali-kali menambah tekanan ban anda lebih dari tekanan ideal karena ini juga berbahaya (resiko terpeleset saat hujan), lebih baik gunakan tekanan ban ideal saja. Memang untuk kasus balap mobil bisa memakai ban basah atau ban kering, itu untuk balapan...kalau kita hanya punya satu ban saja (universal) ya bermain aman saja yakni di tekanan idealnya.
Ujung-ujungnya cara berkendara yang aman yang akan menentukan keselamatan mengemudi saat hujan.
Mengemudi yang aman saat hujan
Bagaimana cara menghadapi jalan yang makin licin saat hujan? ini masuk ke cara berkendara yang benar saat hujan antara lain:
1. Lebih menjaga jarak dengan kendaraan di depan
2. Melaju lebih pelan dari biasanya (kurangi kecepatan mobil)
3. Berkendara lebih lembut, saat mengerem - menikung - mengegas dengan lembut/ tidak spontan
4. Nyalakan lampu utama sebagai sinyal, tapi jangan nyalakan lampu hazard (lampu berkedip) karena ini membahayakan
5. Jika cuaca terlalu buruk dan dirasa berbahaya, lebih baik berhenti di tempat yang aman (aman dari banjir dan pohon tumbang), sambil istirahat sejenak
Learn more »

Tips Menghilangkan Karat pada Knalpot

Knalpot baik pada mobil atau motor adalah bagian yang paling sering berkarat diantara bagian lainnya bahkan dibandingkan dengan bagian spakbor mobil/ motor, pecinta mobilku.org tentunya bertanya-tanya mengapa knalpot sering berkarat dan paling cepat keropos? ada 3 penyebab:
1. Adanya embun yang terjebak di dalam knalpot
2. Adanya air yang tejebak di dalam akibat akibat pemakaian BBM
3. Pada bagian luar sering kurang dibersihkan
Bahkan untuk mobil yang tidak pernah dipakai pecinta otomotif jangan beranggapan bahwa knalpot akan aman, timbunan embun/ uap air yang menjadi air di dalam knalpot bisa menyebabkan karat dari dalam knalpot.
Pemakaian BBM beroktan tinggi seperti pertamax juga disinyalir bisa memicu timbulnya air dalam knalpot, meskipun untuk alasan ini www.mobilku.org masih bertanya juga kebenarannya.
Karat pada knalpot ternyata juga sering datang dari bagian luar, bisanya jika pemilik mobil sehabis melewati hujan dan tidak disemprot maka air hujan akan dengan cepat menimbulkan karat dibanding air sumur/ PDAM, maka setelah melewati hujan sebaiknya disemprot dengan air kran agar kotoran dan air hujan luruh
Cara Menghilangkan/ Mencegah Karat pada bagian knalpot
- Dengan cara memanaskan mobil seminggu dua kali jika mobil tidak dipakai, memanaskan mobil ini selain bisa menghilangkan air/ embun dalam knalpot juga bisa memelihara Aki mobil agar terhindar dari tekor, baca cara memanaskan mobil yang benar
- Dengan memberi oli beberapa tetes tiap dua bulan sekali, teteskan oli bekas 4-7 tetes di ujung Knalpot. Saat meneteskan oli bekas sebaiknya knalpot dalam kondisi panas (sehabis perjalanan/ sengaja dipanaskan), sehingga oli akan lebih cair dan mudah masuk ke dalam knalpot.
Oli yang masuk ke bagian dalam knalpot ini diharapkan bisa masuk ke sela-sela karat dan merontokkan karat dari dalam, jika setelah diberi oli bekas knalpot mengeluarkan asap putih itu pertanda oli sedang bereaksi di dalam knalpot (tidak masalah), diharapkan karat yang rontok bersama oli akan keluar lewat ujung knalpot.
Oli ini diteteskan dua bulan sekali, oli juga bisa mencegah karat
- Untuk menghilangkan karat pada bagian luar pecinta otomotif bisa menghilangkan karat dengan cara fisik atau menggosoknya memakai amplas maupun sikat (untuk meluruhkan karat), setelah karat hilang oleskanlah oli ke seluruh permukaan luar knalpot. Pengolesan oli bisa memakai oli bekas dan kuas, oli ini akan melindungi dari air hujan dan karat yang mana pecinta otomotif tahu sendiri bahwa air sulit menempel pada oli.
Fungsi Knalpot
Yang jarang diketahui pecinta mobilku.org adalah peran penting knalpot, knalpot sebenarnya sangat penting untuk menunjang performa mobil, knalpot telah didesain sedemikian rupa menyesuaikan dengan mesin mobil, knalpot juga memiliki tekanan tertentu dalam membuang udara hasil pembakaran agar optimal.
Nah kebocoran knalpot akibat korosi akan mengganggu keseimbangan tekanan gas buang dari mesin (tekanan pada knalpot berkurang), hal ini bisa mengurangi performa mobil. Hal yang sama jika pecinta otomotif mengganti dengan knalpot yang bukan orisinalnya yang tidak sesuai dengan tekanan udara dari mesin, bahkan tekanan yang tidak sesuai (lebih besar) bisa menyebabkan mesin rusak (meskipun tidak langsung/ dalam waktu lama).
Saran untuk masalah knalpot ini gunakan yang orisinal saja yang sudah di setting sesuai dengan mesin mobil, meskipun knalpot modifikasi terlihat lebih ganteng dan suaranya lebih mantap tapi ini buruk untuk mesin.

sumber: www.mobilku.org
Learn more »

Mau Tidur dalam Mobil? Cari tempat yang tepat dulu

Pecinta mobilku.org, saat kita mengantuk dalam perjalanan memang seharusnya kita beristirahat untuk tidur minimal 30 menit, tidak ada obat untuk menghilangkan kantuk saat perjalanan selain tidur dan beristirahat di perjalanan.
Nah ketika pecinta mobilku.org mencari tempat untuk tidur sebaiknya tidak asal minggir di tepi jalan langsung tidur! paling tidak carilah tempat atau lokasi yang cukup aman untuk melepas penat sambil tertidur, berikut adalah lokasi yang biasa digunakan untuk beristirahat:
1. Masjid/ Mushola (halamannya saja)
2. SPBU
3. Mini Market (alfamart/ indomaret)
4. Rest Area
5. Tempat umum: seperti kantor desa, Pekarangan Sekolah, Universitas/ kampus, dll
6. Tempat yang lapang, aman dari tertabrak kendaraan lain dan masih cukup ramai.
Tempat yang dihindari untuk tidur
1. Pinggir jalan dengan roda menyentuh aspal (bahu jalan), hindari memarkirkan mobil seperti ini
2. Tempat sepi, bahaya perampokan dan pencurian
Jika terpaksa tidak tidur di tempat-tempat khusus seperti diatas dan terpaksa di pinggir jalan, sebaiknya pecinta mobilku.org memastikan untuk meminggirkan mobil di tempat yang benar-benar bebas dari kendaraan lain, misalnya masih tersedia tempat di pinggir jalan dengan lebar lebih dari 4 meter sehingga pecinta otomotif bisa benar-benar menepikan mobil jauh dari aspal (3-5 meter).
Pastikan pula tempat tersebut cukup ramai (tidak terlalu sepi), hal ini untuk menghindari pencuri atau perampok yang mana biasanya mereka tertarik pada mobil yang diparkir di tempat sepi (sendirian).
Intinya ada 2 hal yang menjadi prinsip yakni tempat tersebut harus cukup lapang (3-5 meter dari jalan) dan cukup ramai (ada penduduk, bukan area hutan).
Untuk kenyamanan sebaiknya pecinta mobilku.org mencari tempat yang cukup teduh agar tidak terlalu panas pada saat siang hari.
Menempatkan barang
Jika pecinta mobilku.org tidur sendirian kebetulan seorang diri mengendarai mobil maka yang perlu ditata sebelum tidur adalah barang-barang bawaan, sebisa mungkin sembunyikan di tempat yang tertutup barang berharga anda misalnya: HP, Dompet, Tas, Laptop, Uang, Kunci Kontak, dll.
Tempatkan barang-barang tersebut di laci mobil atau di lantai mobil yang ditutupi dengan barang seadanya misalnya sendal, topi, dll. Jangan taruh benda berharga anda di atas jok atau atas dashboard yang membuat pencuri menginginkan barang anda. Setelah dipastikan aman (sudah diatus aman dan tidak terlihat) pecinta otomotif bisa mulai mengtaur udara dalam mobil
Buka sedikit kaca jendela mobil (1 atau 2 jari) dan jangan lupa kunci pintu mobil, mengapa kaca mobil harus dibuka? hal ini untuk sirkulasi udara agar saat kita tidur sampai berjam-jam kualitas udara dalam kabin kita tetap bagus karena bersirkulasi dengan udara di luar, kadang-kadang kita tidur tidak terkontrol karena terlalu mengantuk (bisa 3-4 jam)
Oh iya bro, saat tidur hendaknya mesin dimatikan dan AC juga dimatikan hal ini mengingat beberapa kejadian driver meninggal dunia akibat tidur dalam mobil dengan mesin dan AC yang menyala.
Setelah bangun
Nah setelah pecinta mobilku.org bangun dari tidur jangan terburu-buru menghidupkan mobil dan menyetir, tunggulah sebentar barang 10-15 menit sampai kesadaran benar-benar pulih, minum sedikit air putih jika perlu keluar mobil barang 3-5 menit untuk menyesuaikan tubuh kita dengan udara agar lebih segar.
Setelah 10-15 menit baru pecinta otomotif bisa mulai menjalankan mobil :-)
Learn more »

Cara pakai Rem Mesin pada Mobil Matic

Rem mesin atau Engine Brake adalah pengurangan kecepatan/ laju kendaraan dengan memanfaatkan hambatan pada mesin, engine brake sendiri terdapat pada semua mobil akan tetapi memang pada mobil-mobil bertransmisi manual engine brake/ rem mesin bisa sempurna dilakukan, berbeda dngen mobil matic yang tidak semua mobil matic memiliki teknologi rem mesin/ engine brake yang baik.
Nah bagaimana cara melakukan engine brake pada mobil manual? caranya sangat sederhana yakni tinggal memasukkan pada gigi rendah 1-2-3 tergantung curam atau tidaknya medan/ jalan, pada jalan menurun landai bisa menggunakan gigi 3 akan tetapi pada turunan curam pakailah gigi 1...apabila masih kurang baru gunakan rem kaki.
Rem mesin pada mobil matic
Teknologi transmisi matic saat ini sudah banyak yang memperhitungkan engine brake ini yakni pada beberapa mobil, mesin dibuat bertahan pada RPM cukup tinggi (tidak terlalu rendah) sehingga sistem transmisi bisa mempertahankan pada gigi rendah dan tidak kehilangan hubungan antara transmisi dengan roda.
Meskipun tidak semua mobil memakai teknologi mempertahankan rpm (putaran mesin) agar tidak turun sangat rendah, akan tetapi sebagian besar sudah dibekali teknologi ini jadi pecinta otomotif tidak perlu merasa berkecil hati.
Cara melakukan engine brake pada mobil matic
Bagaimana cara melakukan engine brake/ menggunakan rem mesin dengan mobil matic? caranya sama dengan mobil manual yakni oper ke gigi paling rendah misalnya ke gigi 2 atau 1, ke gigi 2 atau L.
Memang pada daerah tertentu misalnya di daerah gunung bromo ada larangan membawa mobil matic naik ke gunung bromo "mobil matic dilarang naik" dengan alasan sering terjadi kecelakaan, kecelakaan ini terjadi saat pengunjung turun dengan mobil matic karena rem mesin yang memang tidak sebagus mobil manual
Kapan memakai rem mesin
rem mesin digunakan jika melewati jalan menurun yang cukup panjang dan konstan, misalnya turunan dari puncak bogor atau turunan dari gunung bromo. Teknisnya sebelum melewati turunan pecinta otomotif bisa terlebih dahulu mengoper ke gigi 1 atau 2, jika terpaksa gunakan rem kaki seperti biasanya.
Rem mesin ini penting untuk menggantikan rem kaki karena rem kaki tidak bisa dipakai untuk waktu yang lama, gesekan antara kampas rem dan cakram/ tromol akan membuat suhunya sangat panas sampai logam memuai...jika logam (sistem rem) memuai maka rem akan blong menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu sebisa mungkin pakai rem mesin pada turunan panjang dan jika diperlukan baru pakai rem kaki.
Apa sih sebenarnya rem mesin?
Rem mesin itu sebenarnya hanya istilah saat memakai gigi rendah untuk membantu mengurangi kecepatan mobil, efektif digunakan pada jalanan menurun panjang sampai beberapa kilometer.
Learn more »

Harga Renault Kwid 117,7 Juta, Crossover paling murah

www.mobilku.org - Indonesia kembali kehadiran mobil murah dengan harga dibawah 120 juta, mobil yang berjenis Crossover atau Micro SUV ini dikeluarkan oleh Renault yang diberi nama Kwid atau Renault Kwid. Renault sendiri adalah pabrikan mobil asal Eropa (perancis), renault saat ini sudah diakuisisi oleh Nissan yang otomatis menjadi anak perusahaan Nissan seperti halnya Datsun.
Renault Kwid adalah Mobil LCGC
Renault Kwid ini masuk dalam kategori LCGC sehingga harganya bisa ditekan murah. Mengapa renault bisa memproduksi mobil LCGC? karena campur tangan Datsun yang merupakan anak perusahaan Nissan,
Renault Kwid dibagun dengan platform Datsun Go (City Car LCGC) dengan perubahan desain eksterior misalnya pada dimensi mobil, desain bumper, lampu, dll. Sementara desainnya baik interior/ eksterior disesuaikan untuk memenuhi ekspektasi mobil light SUV atau Crossover seperti Ground Clearance yang ditinggikan sampai 180 mm, Final Gear yang lebih besar, dan lain-lain akan tetapi masih membawa identitas mobil LCGC seperti mesin yang hanya 1000 cc, memakai mesin 3 silinder, 12 valve, konsumsi BBM lebih dari 1:20 (1 liter pertamax bisa dipakai untuk 20 km perjalanan)
Harga Renault Kwid 117 jutaan
Harga Renault Kwid terbilang sangat murah untuk mobil berkarakter crossover yakni 117 jutaan, sampai saat ini mobil light SUV atau crossover termurah masih diatas 200 jutaan (Terior, Rush, BR-V)
Harga On the Road DKI Jakarta sekitar 117,7 juta, akan tetapi biasanya untuk daerah di luar Jakarta biasanya dikenakan biaya kirim dan administrasi sehingga mungkin harganya bisa naik sekitar 3-7 juta di area Pulau Jawa, misalnya di Surabaya maka harganya tidak lagi 117 juta akan tetapi bisa sampai 120 juta karena biaya kirim. Biaya kirim ini berlaku untuk semua produk dan semua pabrikan (honda, toyota, suzuki, nissan, dll)
Spesifikasi Renault Kwid
Mesin Renault kwid ini memakai mesin datsun Go, yakni mesin 1000 cc 3 silinder 12 katub, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 67 Hp atau sedikit lebih besar dari Agya/ Ayla. Bahan bakar yang dipakai adalah pertamax sesuai kebijakan pemerintah tentang mobil LCGC.
Renault Kwid memiliki konsumsi BBM yang terbilang hemat yakni 1:20 untuk jalan bebas hambatan.
Untuk sistem transmisi Renault Kwid memakai transmisi manual 5 kecepatan, sedangkan sistem penggerak memakai penggerak roda depan (Front Wheel Drive) yang lebih cepat berakselerasi di jalan aspal dibandingkan penggerak roda belakang (maklum mobil ini dikembangkan dari datsun go).
Desain, kelebihan dan Kekurangan
Desain eksterior mobil ini terbilang minimalis dengan sudut-sudut yang halus, akan tetapi tampilan depan mobil ini terlihat cukup solid sebagai mobil crossover. Desain Grill, headlamp, foglam dan bumper yang didesain ngeblend membuat tampilan depan mobil ini menarik perhatian yang melihatnya.
Berat mobil ini hanya 669 Kg sehingga bisa dikatakan cukup ringan, meskipun tenaga kecil dengan berat yang juga ringan maka rasio tenaga ke bobot mobil menjadi besar.
Pada bagian roda mobil ini sudah dibekali velg alloy dengan ban yang terbilang kecil serta kurang lebar, hal ini mungkin untuk mengejar konsumsi BBM yang lebih irit mencapai 1:20, tak masalah karena untuk roda pecinta otomotif bisa menggantinya dengan ban yang lebih lebar meskipun menjadi sedikit lebih boros
Kelebihan Renault Kwid:
1. Murah
2. Berjenis SUV, mobil jenis ini sekarang banyak digemari
3. irit BBM
4. torsi lumayan besar 104 Nm, rasio torsi ke berat mobil ini adalah 6,4 sehingga mobil ini sangat enteng untuk menanjak
5. tenaga yang kecil hanya 67 Hp, akan tetapi karena bobot mobil yang ringan maka beban tenaga juga menjadi jauh lebih besar. Rasio tenaga ke beban mobil ini adalah 9,9...jadi mobil ini sebenarnya tidak kalah dengan mobil bertenaga besar yang berbobot berat misalnya Terios, dll
Kekurangan
1. Kapasitas penumpang hanya 4 orang ideal, maksimal 5 orang
2. Silinder yang kecil membuat tenaga dan torsi juga kecil, sehingga jika dimuati terlalu banyak penumpang maka pengurangan efektifitas berkendara lebih signifikan dibandingkan mobil bertenaga besar meskipun rasionya lebih baik Kwid
3. Dimensi yang kecil sehingga membuat pemilik mobil tidak bisa membawa banyak barang+penumpang
Kesimpulan
Untuk harga yang terbilang sangat murah 117 jutaan dapat mobil yang bagus dari produsen otomotif yang juga punya reputasi (nissan grup), lumayan bagus mobil ini
Learn more »

Kenali Titik Warna pada Ban dan Velg Mobil

Nah mungkin pecinta otomotif jarang yang jeli memperhatikan bahwa sebenarnya pada bagian sisi luar ban dan velg terdapat titik warna (tanda berupa titik berwarna), nah apa sih sebenarnya itu?
Titik warna yang ada pada ban sebenarnya adalah penanda bahwa bagian tersebut adalah bagian paling ringan/ sisi paling ringan dari ban tersebut, sehingga patokan wilayah paling ringan ini akan memudahkan saat mobil di balanching (memudahkan proses balanching roda)
Pada velg juga sebenarnya ada tanda berupa titik berwarna, akan tetapi tanda tersebut bukanlah menandakan bagian terringan dari velg melainkan sebaliknya yakni bagian terberat dari sisi velg. Jika titik tanda pada ban terbuat dari cat, berbeda dengan tanda velg ini biasanya tanda titik berupa stiker yang ditempelkan pada sisi luar velg.
Nah bagaimana menggunakan kedua tanda tersebut? cara penggunaannya yakni sebisa mungkin mendekatkan antara kedua titik tersebut, yakni memadukan antara bagian terringan dari ban dengan bagian terberat dari velg sehingga ban menjadi seimbang. Jangan sebaliknya atau bahkan berjauhan sampai 180 derajat karena menjadi berat pada salah satu bagian roda (tidak imbang).
Pada velg yang menggunakan sticker biasanya tanda tersebut sudah luntur jika velg terlalu tuan (lawas), nah jika tand sudah tidak dapat dikenali lagi ada baiknya pecinta mobilku.org memakai patokan tire valve atau lubang masuk udara ke dalam ban (biasanya pada velg tubeless), dengan asumsi bahwa bobot lubang masuknya udara adalah 8 gram dan kemungkinan sesilih sebanyak 8 gram dibanding sisi lainnya.
Teknologi pembuatan velg dan ban saat ini memang sudah maju jika dilihat dari 10 tahun lalu, penggunaan ban tubeless makin merakyat, banyak pola/ corak ban dan jenis ban mulai dari ban MT sampai ban ECO ada, akan tetapi bagaimanapun tetap masih memiliki kekurangan di sana-sini sehingga pabrikan memberikan tanda tersebut untuk memudahkan penyetelan yang paling seimbang saat memasang ban dan velg
Learn more »

Mobil LCGC Dilarang jadi Taksi Online, ini alasannya

Terbitnya aturan tentang penggunaan batas minimum kubikasi atau kapasitas mesin yang diperbolehkan untuk menjadi taksi online membuat mobil-mobil LCGC yang semuanya dibawah 1.300 cc tidak bisa lagi digunakan sebagai armada taksi online seperti Grab dan Uber Taxi.
Aturan tersebut tertuang dalam Permen (Peraturan Menteri) No. 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Taksi online nantinya wajib mengikuti uji KIR untuk menilai kelayakan apakah mobil tersebut layak digunakan membawa penumpang, sementara saat ini taksi online masih belum tersentuh.
Taksi online lebih menguntungkan
Banyak pengemudi taksi offline sekarang sudah berpindah menjadi pengemudi taksi online dengan bergabung di Grab Taxi atau Uber Taxi. Alasannya sederhana, karena makin sepinya penumpang taksi offline, penumpang kini lebih memilih taksi online karena lebih praktis tinggal buka aplikasi taksi di HP android mereka dan tinggal pesan, tunggu beberapa menit mobil taksi online datang
Banyak pula orang yang sengaja membeli mobil dengan cara kredit untuk dijadikan taksi online, dengan penghasilan rata-rata mencapai 200 ribu sehari mereka bisa membayar cicilan mobil dan biaya kehidupan keluarga mereka sehari-hari, ucap salah satu driver taksi online di jakarta.
Alasan pemerintah melarang mobil LCGC dijadikan taksi online
Alasan utama yang didengungkan pemerintah adalah terkait faktor safety, antara lain:
1. Kubikasi yang rendah atau mesinnya kecil dibawah 1300 cc diklaim menyebabkan kekuatan kendaraan berkurang jika dibebani 4 orang penumpang dan AC dihidupkan
2. Bobot yang ringan dibawah 1000 kg diklaim dapat oleng pada kecepatan tinggi
3. Teknologi rem belum memakai ABS, diklaim tidak aman
4. Tidak dilengkapi dengan dual airbags menyebabkan safety buruk
Nah 4 hal diatas yang membuat alasan pemerintah melarang dipakainya mobil LCGC untuk transportasi umum tidak dengan trayek.
Sanggahan menurut mobilku.org
Jika alasan yang dipakai adalah ke tiga hal diatas kami rasa itu sangat tidak tepat, buktinya jika poin pertama mobil bermesin kecil ini jika dimuati 4 orang penumpang, nyatanya banyak angkutan umum bahkan memakai mesin 1000 cc bahkan bisa memuat hingga 10-13 orang penumpang dan dibiarkan oleh pemerintah (mikrolet/ angkot), mobilku.org juga pernah membuat simulasi bahwa daihatsu sigra 1200 cc saat diberi muatan hingga 7 orang penumpang masih lebih baik daripada kekuatan Xenia 1300 cc, teknologi mesin jaman sekarang sudah jauh lebih bagus dari 10 tahun yang lalu sehingga mesin 1200 cc jaman sekarang lebih baik dari mesin 1300 cc 10 tahun lalu atau 1500 cc 20 tahun lalu. baca artikel perbandingan kekuatan Daihatsu Sigra 1200 Vs daihatsu Xenia 1300 cc
Poin kedua, bobot yang ringan dibawah 1000 kg menyebabkan oleng (tidak aman), buktinya banyak angkot yang bobotnya juga dibawah 1000 kg sebut saja angkot dari jenis mobil Carry dan Zebra..mereka tetap diperbolehkan beroperasi padahal angkot kebanyakan mobil 10-20 tahun yang lalu dimana sistem keseimbangan mobil masih jauh lebih buruk dibanding mobil jaman sekarang. Artinya poin kedua pun sebenarnya masih standar ganda pemerintah, kalau memang mobil berbobot ringan ya seharusnya angkot2 itu juga dilarang beroperasi, sebaiknya pemerintah mencari alasan yang lebih tepat saja
Poin ke 3 teknologi rem belum ABS, teknologi ABS memang aman tetapi tidak signifikan bedanya dengan non ABS jika pengemudi sudah terlatih dia bisa meniru gara rem ABS meskipun memakai rem non ABS.
Banyak mobil dibawah 1300 cc dan mobil LCGC memakai rem ABS akan tetapi apakah masih dilarang? hampir semua angkot yang memakai rem non ABS tetap layak jalan.
Poin ke 4 tentang Airbags, kenapa angkot-angkot yang tidak memakai airbags tidak dilarang... nah dilema bukan
Pakai alasan yang tepat
Nah harusnya pemerintah memakai alasan yang lebih tepat agar keputusan ini masuk akal, ditinjau dulu ke lapangan sebelum membuat peraturan yang menguntungkan semua pihak
Pasar yang menentukan
Tidak perlu aturan yang tidak masuk akal, hanya pengawasan yang adil sebenarnya pasar sudah bisa menentukan sendiri mana produk yang baik atau produk yang buruk apa lagi penyedia jasa seperti ini. Menurut beberapa sopir angkutan taksi online berbasis aplikasi ini konsumen sekarang sebenarnya memiliki pilihan, banyak calon penumpang yang urung menaiki taksi setelah mengetahui mobil yang dipakai adalah mobil LCGC dengan alasan ACnya kurang dingin atau kurang nyaman (empuk), dan lain sebagainya.
Mobil yang paling disukai konsumen adalah Innova dan Ertiga, ujar salah satu driver taksi online. Seperti diketahui bahwa Innova dan Ertiga adalah mobil yang mengedepankan kenyamanan penumpang dari sisi interior, suspensi, kebisingan, kestabilan mobil, dan lain sebagainya
Fakta masih banyak taksi online dengan mobil LCGC
Setelah terbitnya aturan tersebut sampai saat ini masih banyak mobil LCGC yang jadi taksi online, sementara driver masih menjalankan aktifitas seperti biasanya dan menunggu berita/ panggilan dari patner mereka (grab/ uber) untuk menyikapi aturan tersebut.
Sedangkan beberapa driver taksi online sudah banyak yang mulai menjual mobil LCGCnya, mungkin buat beli mobil yang bisa untuk taksi online ya semacam avanza - mobilio - ertiga - dan lain sebagainya.
Learn more »