Feature news

Kenali Titik Warna pada Ban dan Velg Mobil

Nah mungkin pecinta otomotif jarang yang jeli memperhatikan bahwa sebenarnya pada bagian sisi luar ban dan velg terdapat titik warna (tanda berupa titik berwarna), nah apa sih sebenarnya itu?
Titik warna yang ada pada ban sebenarnya adalah penanda bahwa bagian tersebut adalah bagian paling ringan/ sisi paling ringan dari ban tersebut, sehingga patokan wilayah paling ringan ini akan memudahkan saat mobil di balanching (memudahkan proses balanching roda)
Pada velg juga sebenarnya ada tanda berupa titik berwarna, akan tetapi tanda tersebut bukanlah menandakan bagian terringan dari velg melainkan sebaliknya yakni bagian terberat dari sisi velg. Jika titik tanda pada ban terbuat dari cat, berbeda dengan tanda velg ini biasanya tanda titik berupa stiker yang ditempelkan pada sisi luar velg.
Nah bagaimana menggunakan kedua tanda tersebut? cara penggunaannya yakni sebisa mungkin mendekatkan antara kedua titik tersebut, yakni memadukan antara bagian terringan dari ban dengan bagian terberat dari velg sehingga ban menjadi seimbang. Jangan sebaliknya atau bahkan berjauhan sampai 180 derajat karena menjadi berat pada salah satu bagian roda (tidak imbang).
Pada velg yang menggunakan sticker biasanya tanda tersebut sudah luntur jika velg terlalu tuan (lawas), nah jika tand sudah tidak dapat dikenali lagi ada baiknya pecinta mobilku.org memakai patokan tire valve atau lubang masuk udara ke dalam ban (biasanya pada velg tubeless), dengan asumsi bahwa bobot lubang masuknya udara adalah 8 gram dan kemungkinan sesilih sebanyak 8 gram dibanding sisi lainnya.
Teknologi pembuatan velg dan ban saat ini memang sudah maju jika dilihat dari 10 tahun lalu, penggunaan ban tubeless makin merakyat, banyak pola/ corak ban dan jenis ban mulai dari ban MT sampai ban ECO ada, akan tetapi bagaimanapun tetap masih memiliki kekurangan di sana-sini sehingga pabrikan memberikan tanda tersebut untuk memudahkan penyetelan yang paling seimbang saat memasang ban dan velg
Learn more »

Mobil LCGC Dilarang jadi Taksi Online, ini alasannya

Terbitnya aturan tentang penggunaan batas minimum kubikasi atau kapasitas mesin yang diperbolehkan untuk menjadi taksi online membuat mobil-mobil LCGC yang semuanya dibawah 1.300 cc tidak bisa lagi digunakan sebagai armada taksi online seperti Grab dan Uber Taxi.
Aturan tersebut tertuang dalam Permen (Peraturan Menteri) No. 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Taksi online nantinya wajib mengikuti uji KIR untuk menilai kelayakan apakah mobil tersebut layak digunakan membawa penumpang, sementara saat ini taksi online masih belum tersentuh.
Taksi online lebih menguntungkan
Banyak pengemudi taksi offline sekarang sudah berpindah menjadi pengemudi taksi online dengan bergabung di Grab Taxi atau Uber Taxi. Alasannya sederhana, karena makin sepinya penumpang taksi offline, penumpang kini lebih memilih taksi online karena lebih praktis tinggal buka aplikasi taksi di HP android mereka dan tinggal pesan, tunggu beberapa menit mobil taksi online datang
Banyak pula orang yang sengaja membeli mobil dengan cara kredit untuk dijadikan taksi online, dengan penghasilan rata-rata mencapai 200 ribu sehari mereka bisa membayar cicilan mobil dan biaya kehidupan keluarga mereka sehari-hari, ucap salah satu driver taksi online di jakarta.
Alasan pemerintah melarang mobil LCGC dijadikan taksi online
Alasan utama yang didengungkan pemerintah adalah terkait faktor safety, antara lain:
1. Kubikasi yang rendah atau mesinnya kecil dibawah 1300 cc diklaim menyebabkan kekuatan kendaraan berkurang jika dibebani 4 orang penumpang dan AC dihidupkan
2. Bobot yang ringan dibawah 1000 kg diklaim dapat oleng pada kecepatan tinggi
3. Teknologi rem belum memakai ABS, diklaim tidak aman
4. Tidak dilengkapi dengan dual airbags menyebabkan safety buruk
Nah 4 hal diatas yang membuat alasan pemerintah melarang dipakainya mobil LCGC untuk transportasi umum tidak dengan trayek.
Sanggahan menurut mobilku.org
Jika alasan yang dipakai adalah ke tiga hal diatas kami rasa itu sangat tidak tepat, buktinya jika poin pertama mobil bermesin kecil ini jika dimuati 4 orang penumpang, nyatanya banyak angkutan umum bahkan memakai mesin 1000 cc bahkan bisa memuat hingga 10-13 orang penumpang dan dibiarkan oleh pemerintah (mikrolet/ angkot), mobilku.org juga pernah membuat simulasi bahwa daihatsu sigra 1200 cc saat diberi muatan hingga 7 orang penumpang masih lebih baik daripada kekuatan Xenia 1300 cc, teknologi mesin jaman sekarang sudah jauh lebih bagus dari 10 tahun yang lalu sehingga mesin 1200 cc jaman sekarang lebih baik dari mesin 1300 cc 10 tahun lalu atau 1500 cc 20 tahun lalu. baca artikel perbandingan kekuatan Daihatsu Sigra 1200 Vs daihatsu Xenia 1300 cc
Poin kedua, bobot yang ringan dibawah 1000 kg menyebabkan oleng (tidak aman), buktinya banyak angkot yang bobotnya juga dibawah 1000 kg sebut saja angkot dari jenis mobil Carry dan Zebra..mereka tetap diperbolehkan beroperasi padahal angkot kebanyakan mobil 10-20 tahun yang lalu dimana sistem keseimbangan mobil masih jauh lebih buruk dibanding mobil jaman sekarang. Artinya poin kedua pun sebenarnya masih standar ganda pemerintah, kalau memang mobil berbobot ringan ya seharusnya angkot2 itu juga dilarang beroperasi, sebaiknya pemerintah mencari alasan yang lebih tepat saja
Poin ke 3 teknologi rem belum ABS, teknologi ABS memang aman tetapi tidak signifikan bedanya dengan non ABS jika pengemudi sudah terlatih dia bisa meniru gara rem ABS meskipun memakai rem non ABS.
Banyak mobil dibawah 1300 cc dan mobil LCGC memakai rem ABS akan tetapi apakah masih dilarang? hampir semua angkot yang memakai rem non ABS tetap layak jalan.
Poin ke 4 tentang Airbags, kenapa angkot-angkot yang tidak memakai airbags tidak dilarang... nah dilema bukan
Pakai alasan yang tepat
Nah harusnya pemerintah memakai alasan yang lebih tepat agar keputusan ini masuk akal, ditinjau dulu ke lapangan sebelum membuat peraturan yang menguntungkan semua pihak
Pasar yang menentukan
Tidak perlu aturan yang tidak masuk akal, hanya pengawasan yang adil sebenarnya pasar sudah bisa menentukan sendiri mana produk yang baik atau produk yang buruk apa lagi penyedia jasa seperti ini. Menurut beberapa sopir angkutan taksi online berbasis aplikasi ini konsumen sekarang sebenarnya memiliki pilihan, banyak calon penumpang yang urung menaiki taksi setelah mengetahui mobil yang dipakai adalah mobil LCGC dengan alasan ACnya kurang dingin atau kurang nyaman (empuk), dan lain sebagainya.
Mobil yang paling disukai konsumen adalah Innova dan Ertiga, ujar salah satu driver taksi online. Seperti diketahui bahwa Innova dan Ertiga adalah mobil yang mengedepankan kenyamanan penumpang dari sisi interior, suspensi, kebisingan, kestabilan mobil, dan lain sebagainya
Fakta masih banyak taksi online dengan mobil LCGC
Setelah terbitnya aturan tersebut sampai saat ini masih banyak mobil LCGC yang jadi taksi online, sementara driver masih menjalankan aktifitas seperti biasanya dan menunggu berita/ panggilan dari patner mereka (grab/ uber) untuk menyikapi aturan tersebut.
Sedangkan beberapa driver taksi online sudah banyak yang mulai menjual mobil LCGCnya, mungkin buat beli mobil yang bisa untuk taksi online ya semacam avanza - mobilio - ertiga - dan lain sebagainya.
Learn more »

Ford Kembali ke Indonesia dengan APM Baru

Kabar yang menggembirakan muncul dari pabrikan otomotif asal Amerika yakni Ford Motor Company yang menyatakan telah menunjuk APM baru untuk penjualan, service dan suku cadang Ford di Indonesia yakni RMA Group.
RMA Group adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan alat berat asal Thailand, sudah sejak lama RMA Group ini menjadi rekanan Ford sebagai main dealer Ford di negara-negara Asia seperti Thailand, Laos, Kambija, Srilanka, Kazakhstan dan yang terbaru adalah Indonesia.
RMA Group ini jika melihat track recordnya cukup berpengalaman karena sudah beroperasi di beberapa negara tetangga lain mulai dari distribusi, pemeliharaan (service) dan menjamin ketersediaan suku cadang Ford. RMA ini juga berstatus sebagai penyedia suku cadang terbesar Ford secara global, artinya sebentar lagi ford akan ditangani oleh jaringan distributor yang lebih besar dan profesional
Rencananya RMA Group ini akan mulai menjalankan fungsinya sebagai Distributor resmi (penjualan), service, memasok suku cadang dan menerima klaim garansi mulai 1 November 2016 atau dua minggu lagi dari penerbitan artikel ini.
RMA Group akan terlebih dahulu menghubungi secara langsung semua konsumen/ pemilik mobil Ford yang ada di Indonesia, tujuannya adalah untuk mengetahui pemetaan dealer-dealer ford yang ada di Indonesia dan mengontak mereka, memeriksa sejauh mana dealer dapat memenuhi ekspektasi konsumen dan APM.
Sebisa mungkin Ford memiliki jaringan distribusi yang mengcover pelosok di negeri ini sehingga jaringan Ford mendapat kepercayaan dari konsumen di seluruh penjuru tanah air, pihak RMA mengatakan bahwa Indonesia memiliki daerah yang sangat luas dengan wilayah yang memiliki daerah terpencil banyak. Dengan menghubungi secara langsung pengguna Ford di Indonesia RMA berharap bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk memasarkan produknya.
Berikut tugas RMA Group di Indonesia:
1. Mengelola jaringan service resmi di seluruh Indonesia dan mengelola jaringan service pusat
2. Menjamin kelanjutan garansi mobil
3. Membuat layanan Call Center Ford di Indonesia
4. Memberikan pelatihan/ pengadaan teknisi bersertifikat dari Ford
5. Menjamin ketersediaan suku cadang ford
Nah, kembalinya Ford ke Indonesia dengan APM baru ini paling tidak menjadikan konsumen ford merasa lega dan tidak khawatir lagi dengan kelangkaan suku cadang dan teknisi yang mengetahui mesin Ford, bisa juga menaikkan harga jual kembali ford yang selama satu tahun terakhir ini turun drastis.
Hadirnya RMA Group ini juga memberikan harapan baru pabrikan dengan jaringan yang lebih profesional dan harapan penjualan yang lebih baik serta bisa bersaing dengan APM mobil jepang, mengingat mobil buatan Ford Motor Company asal Negeri Paman Sam (Amerika) ini sebenarnya sangat berkualitas
Learn more »

Bahaya memakai AC Mobil saat Perjalanan

Perjalanan dengan mobil memang sangat menyenangkan apa lagi dengan menyalakan AC mobil, bagaimana tidak udara menjadi dingin (sejuk) padahal seharusnya panas di luar. Bahkan banyak pemilik mobil selalu menyalakan AC tiap kali berpergian, bahkan pada cuaca mendung AC juga tetap dihidupkan dengan alasan:
Sebab orang menyalakan AC mobil
1. Agar mobil bisa ditutup dan tidak kotor oleh debu
2. Agar udara lebih dingin dan menyegarkan
3. Lebih nyaman memakai AC sehingga konsentrasi tetap terjaga.
Nah sebenarnya pemakaian AC mobil ini juga tergantung wilayahnya dan keadaan jalan yang dilewati: misalnya diperkotaan seperti Jakarta dan surabaya saat tengah hari memang sangat panas apa lagi terjebak macet maka penggunaan AC ini sangat efektif guna melindungi penumpang dari gas buang mobil lain saat macet, melindungi dari panas dan kemungkinan debu.
Akan tetapi untuk kota-kota lain apa lagi wilayah pedesaan yang tidak macet, minim debu, polusi udara sedikit, suhu udara juga bersahabat...maka memakai AC mobil justru salah besar dan lebih berbahaya. Kebetulan admin www.mobilku.org tinggal di kota malang yang relatif tidak memerlukan AC yang kebetulan pula admin Blog ini juga anti dengan AC mobil kalau tidak benar-benar diperlukan.
Bahaya memakai AC Mobil
1. Udara tidak bersirkulasi
yang perlu diketahui pecinta otomotif bahwa AC mobil ini mengambil udara dari dalam mobil kemudian didinginkan dengan freon (sistem AC) lalu dikeluarkan kembali melalui lubang AC ini. Nah bisa dibayangkan jika perjalanan ke luar kota dengan 7 orang penumpang selama 3-6 jam pecinta otomotif menyalakan AC secara terus menerus dengan menutup semua kaca mobil, apa yang terjadi?
maka udara yang bersirkulasi hanya itu-itu saja, hanya udara sebanyak satu kabin itu yang digunakan bernafas 7 orang selama 3-6 jam perjalanan... bisa dibayangkan gak gimana kondisi buruknya udara tersebut? ya udara yang dihisap penuh dengan karbondioksida dan sangat mengganggu kerja organ tubuh kita, beberapa hal yang terjadi adalah: konsentrasi menjadi buyar, pusing, mual dan sebagainya (kekurangan oksigen dan keracunan CO2)
2. Terjangkit virus menular
Udara yang tertutup berjam-jam dalam kabin dan dibuat bernafas bersama-sama,
Nah ini masalah yang terjadi jika ada salah satu penumpang yang memiliki penyakit tertentu yang menular melalui udara misalnya Radang Paru-Paru, TBC, Pes, Flu, Cacar Air, Sars, Flu burung, dll
Nah biasanya yang tidak bisa kita ketahui apakah satu penumpang terkena penyakit atau tidak adalah di kendaraan umum (bis/ bison/ mikrolet) yang memakai AC dengan orang-orang yang tidak kita kenal ini sangat berbahaya dalam hal resiko tertular penyakit melalui udara
3. Bahaya dari sistem AC
AC mobil kadang-kadang dalam kondisi yang tidak baik misalnya ada kebocoran freon atau adanya lubang pada bagian dalam kap mesin yang menyebabkan udara dari mesin masuk mobil, nah udara dari mesin ini berbahaya apa lagi jika mesin juga mengalami kebocoran gas buang (ini yang ditakutkan). Sebagian gas buang bocor di dalam kap mesin, sedangkan kap mesin sendiri memiliki lubang untuk memasukkan kabel ke dalam AC atau panel kendali pada interior mobil, nah biasanya udara dari mesin bisa masuk ke dalam kabin mobil melalui celah-celah lubang kabel yang masuk ke dalam kabin. Jika udara ini yang kita hirup akan berbahaya bagi kesehatan
4. Resiko Kecelakaan
Memakai AC ini selain berbahaya bagi penumpang juga berbahaya bagi pengemudi, efek penggunaan AC ini bisa bermacam-macam antara lain:
- menurunnya konsentrasi dalam mengemudi; ini sangat berbahaya bagi Driver
- kepala pusing; nah jika ini terjadi peda driver maka resiko kecelakaan juga besar
- mual, mau muntah: ini juga bisa mengganggu saat mengemudi
5. Penyakit karena AC
Menurut peneliatian paling tidak ada 30 penyakit yang disebabkan oleh AC ruangan, apa lagi AC mobil pasti lebih banyak karena kabin lebih sempit dari rumah dan lebih tertutup. Berikut adalah daftar penyakit yang disebabkan oleh penggunaan AC:
- Nyeri sendi dan nyeri otot
- Berat badan bertambah
- Kekebalan tubuh menurun
- Flu
- Pilek
- Bahaya bagi mata
- Penyakit menular
- Kulit keriput/ kulit kering
- Sesak napas
- Gangguan kehamilan
- Gangguan reproduksi
- Mudah lelah
- Pembengkakan Saraf
- Bahu beku
-Leher tengeng (tengengen)
- Kelumpuhan wajah
- dan lain sebagainya
Menggunakan AC mobil dengan aman
Nah sudah tahu kan bro sekarang bagaimana sebenarnya bahaya memakai AC mobil, meskipun sepintas merasa enak, dingin dan nyaman tapi dibalik itu sebenarnya sangat tidak enak...lebih baik gunakan udara alam lebih sehat dan membuat kita segar.
Untuk darah perkotaan yang macet dan panas kita memang dipaksa menggunakan AC akan tetapi gunakan seperlunya saja, jangan lama-lama dan kalau tidak benar-benar membutuhkan jangan dinyalakan.
Lagi pula memakai AC menyebabkan mobil boros BBM, matikan AC agar lebih sehat, aman, menyenangkan dan murah perjalanannya :-)
sumber: www.mobilku.org
Learn more »

Daya Muat Avanza, Ertiga, Mobilio, Fortuner, Pajero

www.mobilku.org - Mobil 7 penumpang kini semakin banyak di Indonesia jika dulu hanya ada Avanza dan Xenia tanpa rival. Sekarang sudah bermunculan Low MPV 7 penumpang dari produsen lain seperti Suzuki dengan Ertiga, Honda dengan Mobilio, Datsun dengan Go+ panca, Nissan dengan Livina, dan lain sebagainya.
Nah banyaknya mobil dalam segmen yang sama yakni MPV ringan 7 pengumpang ini membuat bingung calon konsumen bagaimana membedakannya dari segi mana yang lebih kuat membawa beban banyak?
Rumus daya angkut atau daya muat sebenarnya adalah berat maksimum mobil (Gross Vehicle Weight) dikurangi dengan berat kosong mobil (Curb Weight), nah selisih antara GVW dan CW ini adalah beban dari luar mobil yang boleh ditambahkan. Misalnya Innova memiliki berat maksimum 2130 Kg dan berat kosong 1525 Kg, maka daya angkut atau daya muat yang boleh ditambahkan adalah 2130-1525= 605 Kg. Jika Innova diisi dengan penumpang 7 orang dengan berat rata-rata 65 Kg maka untuk penumpang saja sudah 455, ini artinya untuk barang maksimum yang boleh dibawa adalah daya angkut- berat penumpang yakni 605-455= 150 Kg  barang (jangan lebih).
Nah dari cara diatas pecinta otomotif bisa melihat buku manual mobil untuk mengetahui berapa Gross Vehicle Weight dan Curb Weight mobil untuk kemudian mengetahui berapa beban maksimum yang bisa ditambahkan pada mobil.
Kali ini www.mobilku.org akan memberikan beberapa data tentang daya muat mobil-mobil yang banyak beredar di Indonesia yakni:

Toyota Avanza: Daya angkut 540 Kg
Suzuki Ertiga: Daya angkut 600 Kg
Honda Mobilio: Daya Angkut: 715 Kg
Daihatsu Xenia 1.0: 545 Kg
Daihatsu Xenia 1.3: 550 Kg
Daihatsu Granmax: 890 Kg
Daihatsu Luxio: 800 Kg
Suzuki APV: 790 Kg
Suzuki Jimny Katana: 390 Kg
Nissan Evalia: 590 Kg
Nissan Grand Livina: 560 Kg
Nissan X Trail: 550 Kg
Toyota Innova: 605 Kg
Toyota Fortuner: 625 Kg
Ford Everest: 711 Kg
Mitsubishi Pajero Sport: 705 Kg
Chevrolet Captiva: 727 Kg
Daihatsu Terios: 450 Kg
Toyota Rush: 450 Kg
Toyota Fortuner: 555 Kg
Toyota Fortuner 2.5 Diesel: 570 Kg
Isuzu Panther Grand Touring: 570 Kg
Honda CR-V Gen 3: 527 Kg
(nb; jika salah mohonn dikoreksi, dan ditambahkan dikolom komentar)

Yang unik adalah daya muat atau daya angkut Honda Mobilio yang secara teknis terbilang sangat besar dikelasnya yakni mencapai 715 Kg, jika dibandingkan dengan rivalnya misalnya avanza atau Xenia yang daya angkut maksimumnya hanya 540 Kg, Ertiga yang juga hanya 600 Kg mobilio menjadi Low MPV dengan daya angkut paling besar.
Di sisi lain mobil yang berbasis mobil niaga seperti Daihatsu Luxio, Dihatsu Granmax, Suzuki APV daya angkutnya luar biasa besar yakni dikisaran 800 Kg, mengapa demikian? karena mobil ini memang platform aslinya adalah kendaraan niaga dan pick up yang memang difungsikan untuk mengangkut beban berat.
Beberapa mobil SUV ternyata memiliki daya angkut yang tidak terlalu besar, hal ini cukup wajar karena SUV memang tidak dibuat untuk daya angkut yang banyak akan tetapi lebih ke daya jelajah yang baik, jika ingin daya angkut yang banyak ya mobil berbasis niaga (pick up atau truk) yang mungkin sudah diberi seat misalnya Bison station/ APV/ Granmax MB/ yang lain.
Jika membutuhkan mobil yang berpenumpang cukup banyak akan tetapi masih nyaman pecinta otomotif bisa memilih mobil berjenis MPV seperti Ertiga, avanza, mobilio, dll.
Yang terpenting dari uraian daya muat mobil diatas adalah jangan sampai pecinta otomotif overload dalam membawa barang atau penumpang, hal ini sering terjadi dan menimbulkan kecelakaan di jalan bebas hambatan. 
Learn more »

Mana Lebih Cepat, Daihatsu Sigra Vs Datsun Go+?

Media otomotif nasional baru-baru ini melakukan uji kecepatan/ akselerasi antara ke dua mobil MPV 7 seater LCGC yakni Daihatsu Sigra 1.2 dan Datsun Go+ 1.2 cc. Meskipun sama-sama memakai mesin bekapasitas 1200 cc akan tetapi ada perbedaan dimana Daihatsu Sigra memakai 4 silinder, sedangkan Datsun Go+ memakai 3 silinder.

Selain perbedaan jumlah silinder, secara teknis tenaga mobil juga berbeda ditasa kertas dimana Daihatsu Sigra mampu mengeluarkan tenaga up to 88 Hp, sedangkan Datsun Go+ memiliki tenaga maksimum 68 Hp. Lantas apakah selisih tenaga sebesar 20 Hp di atas kertas tersebut benar-benar unggul di jalanan?
Hasil dari uji akselerasi kedua mobil tersebut adalah:
Daihatsu Sigra
0-60 Kpj: 5,3 detik
0-100 Kpj: 12,8 detik
Vs
Datsun Go+
0-60 Kpj: 5,1 detik
0-100 Kpj: 13,3 detik
(sumber: autobild)
Nah dari hasil tes tersebut bisa dibaca untuk mencapai kecepatan 60 Km per Jam dari kecepatan 0 Km per Jam Datsun Go+ lebih unggul karena Datsun go+ hanya butuh waktu 5,1 detik, sedangkan sigra butuh waktu 5,3 detik.
Sedangkan jika untuk mencapai kecepatan 100 km/ jam dari kecepatan 0 kpj, Daihatsu sigra lebih cepat yakni hanya membutuhkan waktu 12,8 detik, sedangkan Datsun Go+ membutuhkan waktu yang lebih lama yakni 13,3 detik
Kesimpulan

Untuk mobil dengan mesin yang sama yakni 1200 cc kami rasa perbedaan keduanya cukup berimbang, satunya unggul di akselerasi jarak pendek satunya di akselerasi jarak jauh, selisihnyapun juga tidak terlalu jauh yakni paling besar hanya 1/2 detik saja dari 0-100 Kpj (ini tergolong kecil).
Menjadi masalah jika akselerasi terpaut diatas 3 detik misalnya 5 atau 7 detik nah ini memang signifikan perbedaannya, tapi jika dibawah 0,5 detik kami rasa masih seimbang.
Nah mungkin yang perlu dilihat lagi adalah bagaimana konsumsi BBMnya, akan tetapi jika menilik keduanya adalah mobil LCGC nampaknya masalah keiritan bahan bakar keduanya juga seimbang, lantas harus melihat apa lagi?
Nampaknya harga yang cukup berbeda signifikan dimana harga Daihatsu Sigra 1.2 mulai 130 juta rupiah, sedangkan harga datsun Go+ dijual jauh lebih murah yakni 95 juta rupiah
Jangan lupa test drive keduanya sebelum membeli ya :-)
Learn more »

Setelah lewati hujan deras, apa wajib cuci mobil?

Pada musim hujan setiap hari akan terjadi hujan, menimbulkan menimbulkan masalah tersendiri bagi pemilik mobil terlebih jika sehari-hari kita beraktifitas menggunakan mobil misalnya berangkat ke kantor, menjemput anak sekolah, urusan bisnis, dll.
Yang terjadi pada mobil saat melewati hujan
Mobil akan sangat kotor saat melewati hujan deras. Biasanya kondisi jalan yang basah akan bercampur dengan debu, pasir, lumpur, kotoran sampah, air selokan dan lain sebagainya (tergantung lokasi).
Kotoran ini paling banyak menempel pada bagian kolong dan spakbor mobil, kemudian juga bagian bodi atau eksterior mobil seperti kaca dan cat mobil. Ternyata kotoran ini juga tergantung tempatnya sob (jalan yang dilalui), jika melewati jalan perkampungan/ perkotaan yang kotor banyak sampah tentunya zat terlarut dalam air makin parah, akan tetapi jika melewati jalanan pedesaan yang masih relatif bersih lingkungannya belum tercemar maka biasanya kotoran hanya berupa lumpur/ debu/ sedikit pasir.
Kotoran-kotran ini akan menempel pada permukaan mobil dan jika tidak dibersihkan akan menimbulkan kerak, kotoran juga bisa menyebabkan cat mobil mudah buram akibat terjebaknya air dalam kotoran tersebut, air bisa melembabkan cat dan jika lembab maka cat akan mudah buram.
Air hujan menyebabkan karat
Kandungan air hujan berbeda-beda di setiap tempat, misalnya di daerah yang dekat laut maka uap air memiliki kandungan garam yang lebih banyak dibanding air huja di pegunungan atau yang jauh dari laut, tak hanya kandungan garam saja air hujan juga membawa zat-zat terlarut lain misalnya di jakarta yang banyak polusinya maka kandungan polutan yang ada pada air hujan jauh lebih banyak dibanding di daerah bogor yang relatif sedikit polusi. Bahkan pada daerah tertentu sering kita mendengar hujan asam, yakni kandungan air hujan yang tercemar akibat limbah pabrik.
Banyak yang mengatakan air hujan menyebabkan karat pada bodi mobil, hal ini benar karena kandungan air hujan memang berbeda dengan air dari mata air atau air tanah terutama kandungan oksigennya.
Air hujan selain memiliki kandungan garam juga memiliki Ph yang tidak netral (antara 3-5) atau cenderung basa, dimana salah satu penyebab karat adalah kondisi Ph yang tidak netral (asam atau basa). Secara umum berikut adalah penyebab karat:
- jenis logam yang digunakan (ada logam yang mudah berkarat dan ada yang sulit)
- kelembaban udara (makin tinggi makin mudah berkarat)
- oksigen terlarut (makin banyak oksigen makin cepat berkarat)
- Ph (asam dan basa mempercepat besi berkarat)
- kandungan garam
- suhu (makin tinggi makin cepat berkarat)
Air hujan juga banyak sekali mengandung O2 atau oksigen yang diperoleh saat di atmosfir jika dibandingkan dengan air tanah/ sumur. Air hujan yang membawa oksigen, garam, kelembaban, Ph rendah ini jika menyentuh logam apa lagi masuk pada lipatan logam maka bisa merusak strukutur logam (berkarat), jika air masuk dalam sela-sela karat yang sudah terjadi maka dia akan semakin merembes kedalam logam dan membuat karat dari dalam logam.
Air menyebabkan cat buram
Bersentuhan dengan air bisa membuat cat mobil menjadi lebih lunak, nah saat lunak (kondisi basah) ini cat mobil menjadi lebih mudah buram akibat reaksi dengan udara. oleh karena itu setelah mencuci mobil sebaiknya mobil langsung dikeringkan dengan mengelapnya.
Air hujan malah semakin menyebabkan buram dibanding air tanah karena kandungan air hujan seperti oksigen terlarut, garam dan Ph tidak netral ini membuat proses kimiawi (pemburaman cat oleh udara) makin cepat terjadi.
Kondisi setelah mobil terkena hujan deras
Setelah melewati hujan deras maka bisa dipastikan kondisi mobil basar oleh air hujan dan juga kotor oleh debu/ pasir/ lumpur/ sampah/ yang lain. Nah untuk menghindari besi berkarat, cat buram dan tampilan mobil yang kotor maka ada baiknya mobil segera dicuci setelah tiba di rumah
Mencuci mobil sebaiknya memakai sabun/ shampo mobil PH balance dengan menggunakan air bersih berPH netral (antara 6,5 sampai 7,5), setelah dicuci segera di lap memakai lap micrifiber atau lap chamois agar cat cepat kering dan tidak lembab.
Jika hujan tiap hari apa wajib mencuci mobil tiap hari?
Nah ini memang yang membuat repot, karena saat musim hujan ini hujan hampir setiap hari terjadi...repot juga kan jika harus mencuci mobil terus. Toh kita hidup tidak melulu mengurusi mobil dan mpobil bukan segala-galanya, kita juga harus menghemat tenaga kita. Untuk ini www.mobilku.org punya tips sendiri menyiasati, antara lain:
1. Saat setelah melintasi hujan lebat, begitu sampai dirumah maka mobil segera diteduhkan di garasi dan secepatnya mengambil selang air untuk menyemprotnya (dengan air PDAM). Penyemprotan dilakukan dengan tekanan cukup tinggi (tekanan maksimal/ kran dibesarkan sebesar mungkin) untuk merontokkan kotoran yang menempel pada cat/ body mobil dan juga bagian kolong mobil.
2. Lakukan penyemprotan lebih bersih di bagian spakbor dan kolong mobil karena pada bagian ini biasnaya yang paling kotor dengan membawa pasir dan lumpur menyangkut di kolong mobil, kotran semisal pasir ini jika tidak dibersihkan akan sangat berbahaya karena bisa mengganggu komponen mobil seperti rem cakram, suspensi, dan lain sebagainya. Selain itu kolong mobil juga mudah berkarat jika terkena air hujan karena tidak di cat seperti body mobil (meskipun pada bagian kolong pernah dilakukan pemberian anti karat)
3. Setelah disemprot bersih sampai kotoran pada luruh ke bawah (pasir, debu dan lumpur) maka selanjutnya pecinta otomotif bisa mengelapnya dengan lap microfiber (lap lembut) atau jika tidak punya gunakan lap chamois atau lap kanebo. Jangan pakai lap selain microfiber dan chamois karena bisa menggores permukaan logam akibat sisa-sisa kotoran dan kondisi cat mobil masih lunak terkena air. Lap hingga kering lalu angin-anginkan
4. Pencucian mobil bisa dilakukan seminggu sekali, kita tetap melakukan pencucian seminggu sekali paling tidak untuk membersihkan mobil karena bagaimanapu penyemprotan tidak akan membersihkan kotoran seperti kita memakai sabun/ shampo. Mengapa dipilih seminggu sekali? karena jika tiap hari membuat kita capek, jika terlalu lama tidak dicuci mobil akan terlihat kotor (risih dilihat)
baca: cara mencuci mobil dengan benar
5. Cuci mobil jika diperlukan, nah ini juga yang sering admin lakukan misalnya kita memang sedang butuh untuk menjemput pacar atau untuk memenuhi undangan bisnis maka kita bisa mencucinya. Jadi selain dicuci tiap minggu juga dicuci jika ada perlu yang menyangkut penampilan mobil kita.
Dari pengalaman admin dengan cara menyemprot tiap hari, mencuci tiap minggu cukup efektif diterapkan, tidak terlalu menguras tenaga dan mobil tidak terlalu kotor.
Learn more »