Feature news

Pengalaman Service AC ke Bengkel

Nah kali ini admin www.mobilku.org pengen berbagi pengalaman saat AC tiba-tiba mati total, Udaranya masih berhembus akan tetapi tidak dingin sama sekali. Pada awalnya AC normal-normal saja akan tetapi gejalan adanya masalah ini mulai terasa ketika menyalakan AC kok lama banget dinginnya (sekitar 2-3 menit) baru dingin padahal sebelumnya 5-10 detik sudah dingin, lama kelamaan waktu dingin AC malah tambah lama dan akhirnya tidak bisa dingin alian udara berhembus terus tapi bukan udara dingin melainkan udara panas dari mesin... wahh bikin frustasi.
Nah setelah mencari bengkel AC yang kira-kira bagus (di daerah pabrik bentoel kota malang) kebetulan admin tinggal di Kota Malang, pada hari libur admin membawa mobil ke bengkel AC tersebut.
Datang pagi-pagi kemudian langsung diperiksa mulai dari kondisi freon, kabel-kabel, belt, kipas dan lain sebagainya. Kata tukang servicenya "freon masih banyak, kipas nyala, belt masih bagus, apa ya?" lalu coba diperiksa sekeringnya... eh setelah dibuka kondisi sekeringnya melelh/ gosong. Nah rupanya ini penyebab kenapa AC tidak mau dingin, setelah diganti sekeringnya AC kembali dingin. Wah mudah banget ya ternyata masalahnya pada sekering saja, admin tidak kepikiran dikira masalahnya freon habis atau gimana :-D
Setelah sekering dan rumah sekering dibenahi, admin bertanya apakah punya switch AC? karena switch ac mobil admin hilang entah kemana... Switch ac itu adalah tombol/ panel untuk memutar AC /untuk menghidupkan AC. Si bengkel bilang coba saya lihat di belakang dulu, lalu pergilah mekanik tadi ke belakang untuk mencari swtch AC bekas (kanibalan). Eh tanpa di duga dia membawa Switch original katana (mobil admin kan katana,,,hahaha).
Coba di pasang pak? iya saya coba, eh ternyata berfungsi dengan sangat baik...iya pak sama itu saja saya beli switchnya, jadi semua berapa samaganti sekering tadi? jawabnya 50 ribu mas... oh iya ini (saya bayar 50 ribu).
Switch AC kenapa saya tidak membeli di toko tapi minta di bengkel AC? karena saya sudah berusaha membeli dan mencarinya di toko akcesoris/ bengkel mobil di seluruh kota malang gak ada yang jual bro... itu bawaan asli mobil jadi tidak ada yang jual :-) pusing bukan mau cari dimana? ya carinya di bengkel AC barangkali ada kanibalan atau copotan dari sekian banyak AC mobil yang diperbaiki selama bertahun-tahun
Nah dari kasus diatas apa yang bisa ditarik kesimpulannya (jadi kesimpulan):
1. Jangan panik ketika salah satu komponen terutama yang berhubungan dengan kelistrikan mati, coba cek terlebih dahulu kondisi sekeringnya...karena kasus yang sama dulu juga pernah dialami admin saat bingung lampu tiba-tiba mati eh ternyata sekering lampu putus
2. Jika ada masalah jangan takut untuk membawa ke bengkel spesialisnya, karena service tidaklah mahal...bayangkan mencari solusi, ganti sekering dan swtch original hanya dikenakan biaya 50 ribu rupiah,,,murah bukan? harga switchnya saja gakl tau berapa coz admin mencari ke seluruh toko part gak menemukan part ini :-D
3. Jika ada masalah pada komponen mobil cepat selesaikan agar kenyamanan kita tetap terjaga, bayangkan mengemudi tanpa AC di sing hari yang panas terasa banget panasnya sampai buat frustasi...untung sekarang sudah beres dan kembali sejuk
Learn more »

Mitsubishi Mirage AT dibekali Engine Brake

Mitsubishi Mirage masuk dalam jajaran medium City Car, dengan dimensi yang kecil dan mesin 1200 cc 3 silinder mobil ini memiliki keunggulan gesit di perkotaan dan irit bahan bakar sedangkan konsumsi BBMnya sendiri setara dengan mobil LCGC yakni 1:21 pada jalan sepi dan mulus. Mitsubishi Mirage memiliki tenaga maksimum 77 Hp dan torsi 100 Nm cukup untuk perkotaan didukung dimensinya yang kecil dan bobotnya ringan.
Mitsubishi mirage tersedia dalam pilihan transmisi manual dan matic (CVT), untuk sistem transmisi manual mirage seperti pada mobil-mobil manual lain, sedangkan transmisi CVTnya pihak mitsubishi memberikan satu posisi tuas (gigi) dimana fungsinya adalah untuk "engine brake".
Bisa dikatakan Mirage transmisi maticnya unik karena memiliki engine brake, yang mana pada tuas transmisi bertuliskan "B" atau kependekan "brake". Nah engine brake ini sangat penting gunanya untuk melewati jalanan menurun agar rem kaki tidak bekerja terus menerus, jika rem kaki bekerja terus menerus maka sistem rem mobil bisa kepanasan dan blong.
Kekurangan mobil matic pada umumnya adalah engine brake yang sangat buruk dibanding transmisi manual, nah disinilah kelebihan mirage matic ini yang dilengkapi dengan sistem engine brake.
Penggunaannya pengemudi cukup memindahkan tus transmisi ke posisi "B" saat melewati turunan maka mesin akan menghambat laju mobil, meskipun turunan panjang tidak masalah memakai gigi B ini.
Penggunaan gigi B ini sebenarnya juga bisa diaplikasikan untuk jalan menanjak agar mendapatkan gear yang enteng (mudah menanjak), cara kerjanya dengan membatasi pulley penggerak CVT pada rentang rendah sehingga putaran mesin terjaga pada range medium.
Analoginya jika pada mobil manual "B" ini untuk menjaga agar mobil tetap pada gigi 1-2-3 saja (tidak ke 4 dan 5). Pada transmisi CVT lain saat melewati turunan rpm mesin akan turun ke rendah dan mobil nyelonong turun, dengan pengaplikasian transmisi B pada mirage ini mesin akan tetap pada RPM medium sehingga mobil tidak kehilangan hubungan dengan mesin (sebagai penghambat laju) tidak lagi nyelonong di jalan turun.
Sebenarnya pemakaian tuas transmisi B pada mirage ini sudah dari tahun-tahun sebelumnya akan tetapi hanya terbatas pada mirage varian tertinggi, nah untuk saat ini semua varian mirage dikeli fitur ini, jadi lebih aman saat perjalanan menuju dan dari daerah pegunungan seperti ke puncak bogor. atau tanjakan/ turunan lain.
Learn more »

10 Peralatan Perbaikan yang harus Ada pada Mobil

Menggunakan mobil saat perjalanan membutuhkan persiapan yang teliti, peralatan apa saja yang harus dibawa atau piranti yang dibutuhkan perbaikan apabila terjadi kerusakan tak terduga. Pada mobil baru biasanya sudah disertakan tool kit standar seperti dongkrak, obeng, kunci pas, kunci roda dan lain-lain akan tetapi jika kita membelinya bukan mobil baru biasanya tool kit standar tidak disertakan.
Mengingat pentingnya peralatan perbaikan darurat ini pada mobil alangkah baiknya jika pemilik mobil melengkapinya, nah secara umum berikut ini adalah peralatan yang harus ada pada mobil:
1. Kunci roda
Kunci roda ini meskipun kegunaannya hanya untuk membuka mur roda saja akan tetapi keberadaannya sangat penting karena fungsi kunci roda ini tidak bisa digantikan oleh alat lain, bahkan rasanya sulit jika menggantinya dengan kunci inggris. Pastikan kunci roda yang dibawa pas dengan mur pada velg (coba terlebih dahulu sebelum membawanya apakah pas dengan mur velg)
2. Dongkrak
Dongkrak merupakan komponen penting untuk membenahi kaki-kaki mobil misalnya mengganti ban yang bocor atau masalah lain, tanpa dongkrak mustahil rasanya kita mengganti ban meskipun kita membawa ban cadangan. Usahakan membawa dongkrak saat berpegian jauh
3. Kunci Busi
Nah kunci busi tentunya hanya digunakan untuk membuka atau memasang busi mobil, biasanya jika kondisi hujan atau melewati jalanan tertentu kita dituntut untuk menggunakan sistem pengapian yang benar-benar baik, jika salah satu busi kita kotor maka akan menyebabkan pengapian kurang bagus dan pembakaran juga tidak baik, alhasil mesin menjadi tersendat atau berebet atau bahkan tidak bisa nyala sama sekali.
Nah dalam kondisi ini kuta dituntut untuk membuka busi dan membersihkannya dari kotoran, periksa apakah busi sudah soak, jika sudah aus maka lakukan replacement atau penggantian busi. Untuk aktivitas membersihkan/ mengganti busi ini diperlukan kunci busi yang tidak bisa digantikan dengan kunci lain.
4. Obeng;
obeng yang bagus adalah memiliki dua mata obeng yang bisa diganti-ganti (obeng bolak balik), obeng ini terdiri dari batangan logam dengan dua mata obeng plus dan minus. Fungsi obeng ini untuk mengencangkan sekrup yang ada pada mobil.
Pilihlah obeng yang berkualitas dari segi desain (gagang enak dipegang terutama yang dari karet, sedangkan diameter atau panjangnya cukup), material obeng pilihlah dari logam yang kuat (tidak mudah bengkok jika dipakai dan tahan lama).
5. Kunci pas
Kunci pas yang paling penting adalah kunci 10 sampai 13, kunci pas ini digunakan untuk mengencangkan mur pada aki ataupun membuka dan memasang kembali baut pada bagian mesin (sistem pendingin, klep, dll). Penggunaan kunci pas 10 dan 12 mm ini bisa dibilang paling sering, oleh karena itu wajib dibawa
6. Tang
Fungsi tang ini sebagai pengganti tangan kita ketika harus memegang kengan kuat mur atau baut yang dikencangkan, selain itu tang juga bisa menggantikan tangan kita untuk mengambil sesuatu yang sifatnya berbahaya seperti logam panas, tutup aki yang sulit dilepas dan lain sebagainya.
7. Towing hook
Towing hook ini adalah kaitan tali untuk menderek mobil bentuknya kebanyakan setengah lingkaran dan terbuat dari lengkungan batang logam yang kuat, pada mobil-mobil tertentu towing hook ini disematkan secara permanen pada sasisnya, akan tetapi pada mobil-mobil tertentu towing hook ini dilepas dan akan dipasang jika diperlukan
8. Segitiga pengaman
Segitiga pengaman ini meskipun remeh akan tetapi dia wajib dibawa, fungsinya adalah untuk memberitahukan pada pengendara lain bahwa di depan sedang ada perbaikan mobil dan diharapkan berjalan pelan-pelan.
Pemasangan segi tiga pengaman ini bisa dipasang pada jarak 10 meter sampai 100 meter dari mobil yang sedang kita perbaiki, jika jalan di pegunungan yang berliku-liku maka pasanglah segitiga pengaman ini pada jarak antara 50 sampai 100 meter dari mobil agar pengendara lain tidak kaget dan mempersiapkan dari jauh
9. Sekering Cadangan
Nah sangat dianjurkan pada pemilik mobil untuk menyediakan sekering cadangan, ini untuk berjaga-jaga seandainya ada salah satu komponen tidak berfungsi akibat sekring putus/ rusak, beberapa komponen yang kerap bermasalah (sekering putus) antara lain: sekering headlamp, sekering AC, sekering lampu sein dan lain sebagainya
10. Kota P3K
Kotak P3K ini fungsinya untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan ringan seperti luka lecet, mabuk di jalan, flu, dll. Yang harus ada pada kotak P3K antara lain: minyak kayu putih, perban, obat luka, plester, obat anti mabuk, kapas, anti septic, alkohol. gunting dan lain sebagainya. Jika ada penumpang yang memiliki riwayat penyakit khusus seperti magg atau asma hendaknya juga membawa obat-obatan khusus tersebut
Learn more »

Cara Mengatasi Silau saat Berkendara Di Malam Hari

Mengemudi pada malam hari saat ini sering sekali silau, ini disebabkan selain bertambah banyaknya kendaraan juga akibat pemakaian lampu mobil yang tidak standar misalnya memakai lampu HID (sinar putih), banyak pengemudi memakai lampu jauh sampai kadang-kadang pemakaian lampu hazard. Hal-hal tersebut dipicu oleh hanya mementingkan dirinya sendiri (memakai lampu jauh/ lampu hazard/ lampu HID), mereka adalah pengemudi yang tidak bertanggung jawab...karena jika kendaraan kecelakaan karena dirinya memakai lampu jauh siapa yang bertanggung jawab?
Nah kali ini www.mobilku.org akan sedikit sharing bagaimana cara mengatasi silau akibat lampu-lampu di malam hari. berikut penyebab dan cara menghindarinya:
Silau oleh lampu jauh dan lampu HID dari depan
- Nah jika ada mobil/ motor yang melakukan hal ini salah satunya adalah dengan memperingatkannya dengan menyalakan lampu dim kita (lampu jauh) 2-3 kali.
- Cara lain adalah dengan kita tidak melihat lampu tersebut, kita konsentrasi pada jalan di depan mobil kita dan memandang sedikit ke arah kiri (arah depan mobil kita tapi sisi kiri, tapi jangan sampai kehilangan pantauan terhadap jalan). Hal ini dilakukan agar mata kita tidak sakit atau buta sesaat akibat silau tersebut
- Cara lain yang sering admin www.mobilku.org lakukan adalah dengan menyipitkan mata sesuai dengan tingkat besaran cahaya silau tersebut, akan tetapi dengan pedoman kita masih bisa melihat jalan di depan kita. Biasanya hal ini dikombinasikan dengan mengkonsentrasikan pandangan pada jalan dan tidak melihat sorot lampu
- Cara yang terakhir ini adalah dengan memakai kacamata sedikit gelap, akan tetapi cara ini hanya direkomendasikan untuk jalanan yang padat/ ramai atau tingkat lalu lalang kendaraan yang tinggi dan hampir semuanya menyilaukan. Maka sediakan kacamata sedikit gelap di mobil, jika hanya 1-2 kendaraan dengan intensitas jarang (misalnya jalan pedesaan) kami rasa tidak cocok memakai cara ini.
Silau oleh lampu dari belakang atau pantulan spion
Nah ini adalah penyebab silau yang paling berbahya ke dua, setelah dari depan kemudian silau akibat mobil dibelakang kita yang menyorotkan lampunya sehingga memantul dari spion yang menyebabkan silau pada kita. Cara mengatasinya dengan:
- Jika intensitasnya tidak terlalu tinggi biasanya admin mobilku.org hanya menaikkan kaca jendela mobil dengan harapan kaca film jendela depan bisa memfilter cahaya dari spion. Jika kita melakukan hal ini maka resikonya pandangan ke belakang sedikit kabur dalam kondisi biasa, akan tetapi masih jauh lebih jelas daripada terkana sorot mobil lain dari belakang.
- Cara yang kedua adalah dengan sedikit membungkukkan kaca spion, dimana kita mengatur pandangan dari spion tidak sampai jauh ke belakang akan tetapi hanya sampai pada bagian bawah ekor mobil kita. Cara yang kedua ini dilakukan jika intensitas cahaya dari belakang sangat tinggi, dengan cara ini kita bisa enak mengemudikan mobil tanpa terganggu cahaya dari belakang.
Silau oleh lampu belakang modifikasi
Lampu belakang yang dimodifikasi misalnya warnanya atau kekuatan cahayanya bisa menjadi sangat menyilaukan dan membuat mata kita sakit atau cepat lelah. Biasanya yang dilakukan adalah mengganti mika lampu belakang dengan warna kuning/ putih, atau dengan melakukan modifikasi pada bohlamp yang lebih terang maka hasilnya sangat bisa menyakitkan mata.
Untuk mengatasinya biasanya admin mobilku.org memperlambat laju mobil agar menjauh dari kendaraan tersebut atau bisa dikatakan memperlebar/ menjaga jarak sampai kita tidak silau, cara ini kami rasa paling minim resiko, bisa juga dengan cara menyalipnya jika memungkinkan (kondisi jalan tidak terlalu ramai dan kecepatan kendaraan tidak terlalu tinggi)
Silau oleh lampu hazard
Lampu hazard kadang-kadang dinyalakan karena mungkin mobil didepan kita sedang ada masalah, akan tetapi sebenarnya hal ini dilarang secara aturan (menyalakan lampu hazard sambil berjalan), lampu hazard boleh dinyalakan saat mobil berhenti karena kerusakan dengan debarengi penggunaan segitiga pengaman. Jadi sebenarnya lampu hazard (lampu berkedip terus menerus) ini tidak boleh dinyalakan sembarangan, bahkan meskipun kondisi cuaca ekstrim berkabut atau hujan deras tetap dilarang menyalakan lampu hazard sambil berjalan.
Mengapa dilarang? karena lampu hazard bersifat berkedip-kedip dan dampaknya jauh lebih menyilaukan/ membuat mata lelah dibanding lampu yang tidak berkedip (menyala terus), selain itu intensitas nyala lampu hazard juga lebih terang dibanding lampu kota biasa, menyalakan lampu hazard bisa membuat pengemudi kendaraan lain di belakang celaka broo,,,,hal ini banyak yang tidak paham.
Nah cara mengatasi pengemudi yang menyalakan lampu hazard ini mungkin dengan memperingatkan terlebih dahulu, menyalakan lampu dim kita 2-3 kali dengan harapan pengemudi mobil di depan kita sadar dan mau mematikan lampu hazard tersebut, akan tetapi jika tidak bisa kita bisa melakukan memperlebar jarah/ memperlambat mobil kita agar tidak silau, atau bisa pula dengan menyalipnya jika memang memungkinkan.
Silau oleh lampu reklame
Saat ini banyak sekali papan reklame seperti layar LCD seukuran baliho besar dipasang di atas atau pinggir jalan. Nyala LCD ini kalau siang tidak terasa silaunya akan tetapi kalau malam sangat menyilaukan, apa lagi jika letaknya sangat dekat dengan jalan.
Cara menghindari silau oleh papan reklame ini adalah dengan tidak melihatnya, fokuskan mata pada jalan dan konsentrasi ke jalan.
Akibat nyala lampu kabin
Lampu kabin yang menyala di malam hari ternyata membuat pandangan kita tidak terlalu jelas ke jalan, hal ini disebabkan pupil mata kita mengecil akibat lampu kabin padahal kita butuh pupil yang cukup lebar untuk menangkap cahaya minim dari jalan saat malam hari. Nah ini sebabnya kebanyakan pengemudi mobil mematikan lampu kabin pada malam hari, kalau tahu bahwa lampu kabin membuat mata kita kurang peka terhadap jalan maka cara menyikapinya mudah saja, matikan lampu kabin dan cahaya lain (Hp dan lain-lain)
Learn more »

Seperti Ini Bentuk Mobil Pedesaan

Pada event GIIAS 2016 mobil pedesaan kembali menjadi perbincangan yang cukup menarik, ide ini berawal dari banyaknya masyarakat yang ada di pedesaan yang butuh alat transportasi unutk mengangkut hasil bumi ataupun alat transportasi manusia.
Mobil pedesaan dirancang cukup kompak sehingga mudah melewati jalanan kecil serta biaya produksi juga murah, bahan bakar dirancang irit untuk menyesuaikan kemampuan masyarakat oedesaan. Selain itu pada bagian belakang terdapat bak terbuka untuk mengangkut barang (buah-buahan atau hasil panen lain seperti kelapa, cengkeh, kopi, sayur, dll).
Untuk harganya mobil pedesaan ini bakal lebih murah dari mobil LCGC karena selain ongkos produksi yang dibuat semurah mungkin, mobil pedesaan juga merupakan anjuran pemerintah yang tentunya bakal memiliki keistimewaan dalam hal pajak.
Sampai saat ini masih belum ada produsen otomotif tanah air yang secara resmi memproduksi mobil pedesaan ini, masih sebatas komunikasi dengan meteri terkait dan industri pendukung mobil nasional walaupun isu tentang adanya mobil pedesaan sudah mencuat sejak tahun 2013 lalu.
Berbagai produsen mencoba menawarkan konsepnya seperti mobil F concept atau CNC Concept dan lain-lain, akan tetapi perlu regulasi pemerintah terlebih dahulu agar produsen bisa memproduksi mobil yang di khususkan untuk angkutan pedesaan ini.
Menurut Perpres 2010 mobil pedesaan hendaknya memiliki kapasitas mesi dibawah 1000 cc, hal ini bisa 800 cc atau bahkan 600 cc. sedangkan banyak produsen sebenarnya sudah memiliki mobil konsep dengan mesin 660 cc dengan jumlah silinder 3 buah. Artinya secara teknis mobil pedesaan bisa dengan cepat diwujudkan akan tetapi memang butuh keseriusan pemerintah untuk memberikan payung hukum mengenai besaran pajak yang dikenakan agar produsen tidak ragu memproduksi.
Beberapa pihak yang tertarik untuk membuat mobil pedesaan antara lain: Toyota, Daihatsu, Datsun dan beberapa produsen asal China dan India, sementara harga ideal untuk mobil pedesaan adalah 50 jutaan.
Semoga mobil jenis ini cepat keluar ya sob...kasihan orang desa kalau mengangkut hasil tani masih dengan motor
Learn more »

Ini Crossover Murah Datsun "Go Cross"

Datsun Go Cross adalah mobil jenis light SUV atau Crossover Compact yang diproduksi oleh Datsun, mobil ini akan menjadi mobil ke tiga Datsun di Indonesia sekaligus menjadi Crossover pertama berlogo garuda alias mobil LCGC. Mengapa disebut murah? karena Datsun Go Cross adalah mobil LCGC seperti Datsun Go dan Datsun Go+, dimana produksi dilakukan di Dalam Negeri dengan kandungan komponen lokal diatas 80% yang membuat harga produksinya bisa ditekan. Selain itu mobil LCGC juga mendapat keringanan pajak sehingga harga jualnya bisa lebih murah.
Pada event GIIAS 2016 ini mobil crossover murah ini mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat dan berharap mobil ini segera meluncur, kalau bisa tahun 2017 ungkap salah satu pengunjung GIIAS.
Maklum selama ini kita hanya disuguhi mobil LCGC bergenre City Car, yang notabene kurang mumpuni melewati jalanan sedikit ekstrim...sementara jaman sekarang kita sudah sangat mobile, apa lagi dengan bantuan internet dan peta digital membuat berkendara menjadi berbeda dibanding beberapa tahun lalu yang dikota melulu.
Berikut adalah Spesifikasi Datsun Go Cross atau Light SUV LCGC ini:
* Datsun Go Cross akan memakai mesin bensin berkode HR12DE berkapasitas 1200 cc dengan jumlah silinder 3 buah dan jumlah katub 12
* Datsun Go Cross bertenaga hingga 68 Hp dan torsi mencapai 104 Nm
* Sistem transmisi manual 5 percepatan
Sebagai mobil murah atau LCGC kita tidak bisa menuntut banyak dari fitur-fiturnya akan tetapi sebagai brand ternama di Dunia, Datsun tentunya akan memberikan produk yang terbaik untuk konsumennya terutama masalah keselamatan dan kemampuan melewati berbagai tipe jalan sebagai Crossover. Istilahnya jangan berharap ada Layar monitor sentuh, GPS, kamera parkir dan lain-lain paling tidak yang ditanamkan hanya fitur-fitur standar mobil jaman sekarang seperti LCGC lain.
Perbedaannya dengan GO + dan Go Panca lain adalah Go Cross memiliki Ground Clearance tinggi dan konstruksi body lebih kuat dengan kaki-kaki yang sedikit kekar.
Berapa harga Datsun Go Cross?
Diperkirakan harganya tidak jauh dari Go+ dan Go Panca yang berkisar di angka 97 juta sampai 103 juta rupiah, jika harganya sampai 130 juta pun rasanya dia masih menjadi crossover termurah untuk saat ini dan masih antri yang membelinya, akan tetapi jika harganya lebih dari 150 juta kami rasa akan sedikit sulit bersaing karena harus bersentuhan dengan Honda BRV dan Daihatsu Terios.
Kapan Datsun Go Cross keluar?
Kemungkinan mobil ini baru keluar tahun 2017 karena untuk saat ini belum ada produksinya di Indonesia, akan tetapi karena di Indonesia sudah ada pabrik Datsun maka akan cukup mudah membuat mobil ini, mesinnya pun sama dengan Datsun Go+ yang sudah dijual di Indonesia. Hanya tinggal membuat struktur body dan mengurus ijin ke pemerintah. kami rasa tidak akan lama lagi mobil ini bakal dijual
Rival
Jika berbicara rival saat ini masih belum ada, segmen pasarnyanya aja ada belum ada....masih mau dibuat/ diawali oleh Datsun Go Cross sebagai mobil Ligt SUV LCGC pertama, dan mobil LCGC ke tiga Datsun.
Learn more »

Tata keluarkan Mobil Double Cabin 4x4 " Xenon"

Tumbuhnya pasar SUV tanah air membuat Tata Motor mencoba peruntungan dengan Mobil Double Cabin mereka, produsen asal India ini rupanya tak sabar untuk menjual Pickup D Cabnya dengan mendatangkannya secara utuh (built up) dari India, saat ini mobil bisa dilihat di event GIIAS karena sedang mengikuti pameran.
kali ini www.mobilku.org akan mengulas sedikit spesifikasi tata xenon ini, tata xenon masuk dalam kategori mobil heavy SUV sejenis dengan Mitsubishi Triton ataupun Toyota Hilux, banyak pula yang mengatakan mobil ini adalah truk dengan kabin ganda (sebenernya sama saja) karena di Amerika orang menyebut mobil D Cab ini dengan Truk, tak salah karena platform mobil SUV D Cab dikembangkan dari truk, akan tetapi di Asia tetap disebut mobil SUV/ Pick Up Double Cabin
Spesifikasi Tata Xenon
Tata Xenon memiliki keunggulan pada kemampuan muat bak belakangnya yang diklaim Tata mampu membawa beban sampai 1 ton atau 1000 kg, wah kalah dong mobil pick Up seperti Carry atau T120SS yang hanya mampu mengangkut sampai rata-rata 800 Kg. Jadi bisa dipastikan mobil ini memang tangguh bro, kuat buat bawa barang
Untuk bagian mesin Tata Xenon dibekali dengan mesin Diesel Common Rail 2200 cc, untuk mesin bisa dibilang tidak terlalu besar ya jika diesel 2200 cc sementara biasanya mobil SUV Diesel berkisar 2500 sampai 3000 cc. Mesin Tata Xenon ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 148 Hp dan torsinya 320 Nm, waow ternyata gahar juga ya mesin ini tenaga 148 Hp ini tergolong besar untuk mesin diesel sedangkan torsinya juga besar, sementara mesin ini telah memakai teknologi Watercooled Dirrect Injection dan Commonrail Turbocharged (lumayan canggih ya).
Pada sistem transmisi Tata Xenon hanya tersedia dalam transmisi manual saja (jangan mencari yang matic ya, tidak tersedia), sementara sistem penggerak sudah memakai penggerak 4 roda (4x4). Transmisi manual, penggerak 4x4 dan mesin bertorsi 320 Nm ini bakal ditopang oleh kaki-kaki dengan ketinggian 210 cm dari tanah (ground Clearance)...SUV beneran nih kalau lihat spec nya.
Dari data teknis di atas kertas mobil ini bisa dikatakan mumpuni, akan tetapi selama belum teruji oleh pasar tentunya kita masih belum bisa merekomendasikannya. Pada mobil baru paling tidak pecinta otomotif menunggu sekitar 6 bulan setelah keluar untuk mengetahui bagaimana reaksi pasar, keluhan konsumen, jaringan service, suku cadang, harga jual kembali dan lain sebagainya...nah apa lagi produsen asal india ini masih terbilang baru masuk industri otomotif tanah air.
Tata Xenon cocok buat angkut sawit atau hasil perkebunan
Varian dan Harga
Tata untuk mobil Xenon ini hanya menjual satu varian saja yakni Xenon XT yang mana specnya sudah dijelaskan di atas, untuk harganya ternyata untuk mobil debutan masih terbilang mahal ya...mobil ini dijual seharga 320 juta On The Road DKI Jakarta.
Sebagai perbandingan harga Mitsubishi Triton untuk varian termurah adalah 356 juta dan untuk varian menengah adalah 380 juta, varian tertingginya 414 juta on the road.
Learn more »