Feature news

Ini Penampakan Suzuki Jimny yang Dijual Di Indonesia

New Suzuki Jimny akhirnya benar-benar keluar di Indonesia, setelah banyak pecinta otomotif menunggu-nunggu mulai tahun 2013 ketika pertama kali isu keluarnya jimny baru ini dihembuskan. Nah untuk pecinta otomotif yang tak sabar bagaimana penampakan asli jimny yang dijual di Indonesia mulai bulan Agustus 2016 ini adalah sebagai berikut:
Dari tampilan luar sudah berbeda jauh dimana desain jimny baru ini sudah diperhalus lekuk-lekuknya, jadi tidak terkesan kaku/ kotak lagi, hal ini wajar karena desain jimny lawas sudah dirasa tidak cocok lagu untuk jaman modern
Akan tetapi ciri khas jimny yang masih dipertahankan adalah dimensi yang kecil membuat mobil ini masuk dalam kategori Small SUV, dia bukan crossover akan tetapi SUV kecil dan menjadi satu-satunya small SUV di Indonesia bahkan mungkin juga di Dunia, tidak ada lawan di kelasnya
Ciri lain adalah mobil ini hanya memakai 2 pintu saja di bagian depan, sedangkan untuk masuk penumpang belakang harus menggeser kursi penumpang depan kemudian sedikit melipatnya agar tersedia jalan yang cukup nyaman untuk dilewati penumpang belakang.
Di bagian belakang masih tersedia pintu lagi akan tetapi pintu ini hanya untuk memasukkan barang (pintu bagasi), tidak bisa orang masuk lewat pintu belakang kecuali merubah konfigurasi kursi baris kedua menjadi berhadapan seperti Jimny jadul.
sementara pada bagian jok memakai kain dengan motif yang mirip dengan jimny lawas. pada bagian tengah kursi baris pertama terdapat tempat botol minuman yang nyaman.
Pada bagian dashboard Jimny tertanam beberapa panel kontrol yakni Sistem penggerak, Switch AC, lubang AC, Switch Audio. Bedanya dengan jimny lawas jika pada jimny lawas untuk merubah konfigurasi penggerak (roda depan dan belakang) memakai tuas penggerak, akan tetapi untuk New jimny ini hanya memakai tombol sekali sentuh, jadi jika menginginkan penggerak semua roda tinggal sentuh tombol 4WD atau 4WDL saja
Jimny yang dijual di Indonesia hanya memakai sistem audio single din saja, bisa dibilang ini varian terendah jimny karena di luar negeri sudah memakai double din dengan layar sentuh. Tapi jangan khawatir sob karena jika menginginkan pemilik jimny bisa menggantinya sendiri,
Admin mobilku.org sendiri memiliki jimny katana lawas sehingga cukup bisa merasakan apa kelebihan mobil jimny.
Berikut adalah kelebihan Jimny:
1. Mobil lincah karena mobil ini ringan
2. Dimensi yang kecil memungkinkan memasuki wilayah dengan jalan yang sempit ataupun bisa menjadikan mobil didepan sebagai patokan, jika mobil didepan bisa masuk maka mobil kita pasti bisa masuk
3. Di garasi tidak membutuhkan banyak ruang sehingga garasi masih bisa diisi motor dan sepeda, ini juga cocok untuk daerah perkotaan/ kampung yang jalannya sempit dan garasi terbatas
4. Jimny mesinnya bandel, tangguh terutama untuk tanjakan. Sehinga mobil ini dapat diandalkan jika dipakai ke jalan naik turun
5. Jimny ini irit bahan bakar, cocok buat harian
6. Ground clearance jimny yang cukup tinggi membuat dia bisa melewati jalan-jalan rusak (berlubang, berbatu, polisi tidur, dll) dengan baik
7. Sebagai mobil bergenre SUV Suzuki jimnydibekali konfigurasi gear yang sangat ringan sehingga dengan torsi kecilpun dia memiliki kemampuan menanjak yang baik.
Kelemahan Suzuki Jimny
1. Kapasitas penumpang hanya 4 orang, jika pecinta otomotif ingin membawa banyak penumpang sepertinya harus dipupuskan dengan mobil ini. Dia juga tidak bisa membawa banyak barang karena bagasi yang juga tidak besar, maklum dimensi (ukuran) mobil ini memang kecil
2. Jimny bukan mobil balap, jadi salah satu kelemahannya adalah tidak bisa dipacu kencang atau tidak sekencang mobil-mobil city car/ sedan. Secara dimensi yang kecil cenderung tinggi mobil ini andaikata mesinnya sanggup dipacu sampai diatas 150 km/jam akan tetapi karena bodynya yang tinggi dan tidak terlalu lebar maka akan limbung. Jadi memang mobil ini tidak didesain unutk melaju pada kecepatan tinggi. Perkiraan kami kecepatan maksumum memakai mobil ini adalah 140 km/jam
Mesin yang dipakai New Jimny
New Jimny memakai mesin 1300 cc dengan tenaga mencapai 85 Hp dan torsi 110 Nm, tenaga yang sangat cukup untuk jimny. Sebagai perbandingan jimny lawas saja memakai mesin 1000 cc yang tenaganya hanya 50 Hp dan torsinya 75 Nm tapi mobil tersebut banyak dipakai ontuk offroad, apa lagi dengan mesin baru yang lebih besar
Mesin yang dipakai pada jimny baru memakai teknologi VVT, 4 silinder 16 valve, berbahan bakar bensin tanpa timbal (pertamax atau diatasnya).
Lumayan bro kalau nanti harganya bisa ditekan dibawah 300 jutaan, nanti siang setelah rilis www.mobilku.org akan mengupdate harga jimny ini
Update dari event GIIAS 2016 bahwa New Jimny akan dijual dalam waktu dekat, akan tetapi pihak SIS belum bisa memastikan tanggalnya serta harganya, saat ini SIS masih akan fokus pada penjualan SX4 S-Cross, ungkap Dony, Direktur Marketing SIS di GIIAS 2016
Learn more »

5 Mobil Suzuki baru Tahun 2017: New Jimny, Ignis, SX4, Vitara Breza, Baleno

Keinginan Suzuki Indomobil Sales (APM Suzuki Indonesia) memboyong mobil-mobil ringan nan tangguh untuk masuk ke Indonesia bakal terwujud tahun ini, tercatat ada 5 mobil baru dengan kategori Light SUV dan Crossover. lima mobil baru suzuki yang kesemuanya bergenre SUV ringan/ Crossover tersebut antara lain:
1. New Suzuki Jimny
Tampilan New Suzuki Jimny
Mobil yang menjadi legenda di segmen mini SUV ini bakal kembali dijual di Indonesia, masih mempertahankan mesin yang kecil akan tetapi jangan ditanya kemampuannya berkubang di lumpur, New Jimny adalah jagoannya. Berbekal mesin 1300 cc dan penggerak 4 roda New Jimny bakal memuaskan offroader di Indonesia.
2. Suzuki Vitara Brezza
Suzuki Vitara Brezza
Mobil ini juga masuk dalam kategori mini SUV atau SUV ringan, akan tetapi penggunaannya sedikit berbeda dengan New Jimny yang lebih mampu diajak bermain lumpur, Vitara breza ini lebih enak dipakai di jalanan aspal atau offroad ringan dibanding Jimny. Ground Clearance yang tidak setinggi Jimny dan desain body lebih lebar membuat mobil ini stabil pada jalanan aspal meskipun bermanuver dan kecepatan tinggi. Vitara Brezza bisa dibilang Crossover bagi mereka yang membutuhkan mobilitas tinggi de berbagai kondisi jalan, dibekali dengan mesin 1300 cc Vitara Brezza menjadi SUV kompak yang irit namun tangguh
3. Suzuki Ignis
Suzuki Ignis Crossover Irit

Suzuki Ignis juga masuk pada kategori Crossover, mobil yang lebih kompak dari dari Vitara Brezza ini ditujukan untuk Crossover perkotaan, tangguh melewati jalanan kota yang sempit dengan kondisi jalan beragam. Desain interior dan eksterior mobil ini mencerminkan modernitas perkotaan sehingga penumpang sangat nyaman di dalam mobil dengan dukungan fitur-fitur modern.
Kelebihan mobil ini adalah tangguh dalam melibas jalanan sempit perkotaan, jalan rudak, sedikit genangan, banyak polisi tidur dan kondisi jalan kurang baik di perkotaan. Di luar negeri mobil ini memakai penggerak 4 roda
Mau mobil perkotaan yang tangguh, namun irit? pakai ignis ini vroh
4. Suzuki SX4 S-Cross
S-Cross adalah generasi terbaru dari SX4, bisa dikatakan Suzuki Indonesia bakal menghidupkan kembali SX4 melalui SX4 S-Cross ini. Mobil yang juga masuk kelas Crossover ini memiliki segmentasi sedikit berbeda dengan Ignis, mobil ini lebih besar dan lebih lebar akan tetapi tidak terlalu tinggi, dengan desain seperti Hatchback SX4 S-Cross ini nyaman dipakai di berbagai medan dengan perbandingan 50:50 artinya berkemampuan 50% aspal dan 50% offroad
Memiliki desain modern tapi sanggup diajak berpetualang dengan ketangguhan mesinnya 1500 cc yang lebih besar daripada ke 3 varian sebelumnya (Jimny, Ignis dan Vitara Breza) alhasil kemampuannya pun lebih gahar meskipun jika diajak main lumpur harus diganti bannya dengan model Extra Grip karena ban bawaan adalah ban jenis MT yakni untuk SUV yang lebih banyak di jalanan aspal, padahal dia memiliki kemampuan mesin untuk lebih tangguh lagi
Suzuki SX4 S-Cross
5. Baleno Hatchback
Suzuki baleno baru ini berbeda dengan versi lawas bro jika versi lawas baleno bergenre sedan, akan tetapi Baleno Hatchback bergenre Hatchback atau perpaduan sedan dengan Crossover, mobil yang paling modern diantara ke empat mobil di atas ini bakal menjadi primadona bro terutama untuk kawula muda.
Suzuki Baleno Hatchback
Dengan desain futuristik, paling canggih mulai fiturnya, interior sampai eksteriornya. Rupanya Suzuki ingin membawa baleno ke level yang lebih tinggi, modern serta stylish sesuai perkembangan jaman
6. Suzuki Pikap SUV
Desas-desusnya suzuki bakal meluncurkan model baru yakni suzuki pikap akan tetapi mobilku.org belum mendapat informasi yang tepat mengenai mobil ini,
Daleman Suzuki Ignis
7. Mobil lainnya; total suzuki akan membawa 20 jenis mobil dalam ajang pameran otomotif 2 hari lagi, mobil-mopbil yang dibawa selain ke 6 model baru di atas juga ada mobil-mobil yang sudah dipasarkan Suzuki seperti: Ertiga, Ertiga Dreza, Suzuki Futura, Suzuki APV, Suzuki Karimun, Suzuki Swift, Ciaz dan lain sebagainya.
Bagaimana broo,,,tertarik gak dengan banjir mobil SUV ringan dari Suzuki ini!! Borong bro mobilnya
Learn more »

Ini Angsuran Toyota Calya, DP 20 Jutaan Cicilan 3 juta

Pecinta otomotif ternyata banyak yang mencari tahu berapa angsuran untuk Toyota Calya? tenor dan DPnya? sebagai informasi bahwa harga calya yang berkisar 130 juta sampai 150 juta ini jika dibeli dengan cara kredit harus membayar 20 persen sebagai DP atau uang muka, jika yang calya yang 130 jutaan maka 20% nya adalah 26 juta.
Akan tetapi ternyata besarnya DP tidak selalu 26 juta karena juga tergantung tenor yang akan diambil (kredit berapa tahun), makin pendek tenornya makin besar pula DP dan Angsurannya.
Nah kali ini kami sajikan informasi mengenai besarnya DP dan Angsuran Toyota Calya untuk wilayah Jawa Bali dan Sumatera
Besaran angsuran dan DP di atas mungkin berbeda untuk tiap kota, akan tetapi perbedaannya tidak signifikan karena harga mobil di luar DKI sedikit berbeda dengan harga di DKI karena faktor biaya kirim dan administrasi antar daerah. Akan tetapi besaran angsuran di atas kiranya cukup menjadi patokan sekaligus pertimbangan untuk membeli mobil Calya ini.
Pecinta otomotif yang penasaran tentang kredit mobil ini tentunya bisa menghubungi dealer toyota terdekat di kota masing-masing, biasanya untuk mobil baru indent dahulu
Learn more »

Calya Sigra keluar, MPV Bekas turun Harga

Keluarnya MPV 7 seater dalam platfom LCGC yakni Calya dan Sigra dengan pilihan mesin 1200 cc dan 1000 cc ini diperkirakan bakal menurunkan harga mobil MPV bekas, konsumen akan berpikir daripada membeli MPV bekas dengan banderol yang masih terbilang mahal (diatas 150 juta) seperti: avanza bekas/ ertiga bekas/ mobilio bekas, lebih baik membeli mobil baru, sama-sama bisa memuat 7 penumpang tapi harganya lebih murah atau sama (paling murah 106 juta, paling mahal 149 juta).
Kita tahu bahwa harga mobkas MPV seperti avanza/ ertiga/ mobilio yang 1-2 tahun dipakai masih diatas 150 juta an, pilih mana hayoo?
Nah ini juga kesempatan bagi yang mau menjual MPVnya sebelum nanti harganya turun, lebih baik dijual sekarang...tapi bagi yang sedang berburu MPV lebih baik tunggu barang 2 minggu lagi setelah Calya Sigra keluar yang mana diperkirakan akan menurunkan harga mobil MPV bekas, pada saat itu pembeli juga bisa membandingkan antara Calya Sigra dengan mobil MPV bekas.
Untuk kapasitas penumpang Calya Sigra sudah murni mampu mengangkut 7 orang dewasa meskipun untuk bangku belakang agak terasa sempit, hal ini wajar sebagai mobil LCGC, untuk kemampuan mesin calya sigra ada yang bertenaga sampai 88 Hp ini sedikit lebih kecil dari avanza 1300 cc dan kami rasa cukup untuk membawa 7 orang penumpang pergi ke luar kota.
Nah keunggulan lain Calya Sigra yang tidak dimiliki oleh MPV kebanyakan adalah irit BBM, ya karena ini mobil LCGC (green car) maka konsumsi BBMnya lebih dari 1:20 (1 liter untuk 20 km) tentunya di jalan bebas hambatan, BBM irit ini mungkin karena bobot mobil yang ringan dengan desain ban ECO (tidak terlalu lebar).
Nah bagi pembeli nih, tentunya kita menunggu agar harga MPV bekas seperti Avanza, Ertiga dan Mobilio segera turun, coz menurut admin mobilku.org harga bekasnya masih terlalu tinggi. Akan tetapi menurut beberapa analis otomotif bahwa penurunan harga mobkas ini tidak brpengaruh signifikan ke mobil jenis lain misalnya City Car atau SUV bekas.
Yah kita tunggu saja bagaimana pasar mobkas nantinya...
Learn more »

Pertamax Turbo, RON 98 dijual dengan harga 8 ribuan

Pertamax Turbo adalah Bahan bakar baru yang dikeluarkan oleh pertamina, bahan bakar baru ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dari pertamax plus dimana nilai RON atau Oktan Pertamax Turbo adalah 98, sedangkan pertamax plus masih di angka 95.
Dengan RON 98 ini menjadikannya bisa dikonsumsi oleh kendaraan-kendaraan mewah bahkan supercar, jadi pemilik supercar di Indonesia saat ini tidak usah repot membeli BBM dimana dan harga yang mahal, karena pertamax turbo sudah bisa dipakai oleh mobil-mobil sekelas lamborghini, porsche dan lain sebagainya...harganya pun juga tak mahal sob, hanya 8700 rupiah seliternya.
Peluncuran pertamax turbo ini sekaligus adalah babak baru dimana kualitas BBM kita sudah bisa bersanding dengan negara-negara eropa yang mana mereka biasa memakai BBM dengan RON 97 ke atas, di Malaysia BBM yang digunakan masyarakat adalah RON 97.
Dimana jual pertamax turbo?
Ternyata distribusinya masih terbatas sob, masih diwilayah DKI jakarta saja itupun tidak semua SPBU mendapat pasokan BBM baru ini, mungkin dalam hitungan bulan (beberapa bulan) BBM baru ini bakal tesedia di kota-kota lain, mengingat tidak semua mobil bisa memakai bahan bakar dengan nilai RON setinggi ini, dan juga pihak SPBU perlu melakukan persiapan terutama pompa SPBU untuk menjual barang baru.
Sementara ini hanya 3 SPBU yang menjual pertamx turbo yakni:
1. SPBU 31.122.04 di Jl. Sultan Iskandar Muda, kelurahan kebayoran lama selatan, kecamatan kebayoran lama
2. SPBU 31.128.02 di Jl. MT Haryono Kavling 18, Jakarta Selatan
3. SPBU 34.144.15 di Jl. Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
Apakah Pertamax Turbo ini cocok untuk mobil kebanyakan?
Pertamax Turbo ini bisa dipakai untuk mobil-mobil keluaran terbaru dengan rasio kompresi 11:1, nah mengingat sekarang banyak mobil yang diproduksi dengan rasio kompresi tiggi lebih dari 10:1 kemungkinan mobil pecinta otomoitf juga bisa memakai pertamax turbo.
Berapa rasio kompresi mesin mobil saya? ini bisa dilihat pada buku manual mobil, yang jelas untuk mobil-mobil eropa seperti BMW/ Mercedes/ Ford atau mobil jepang standar eropa-amerika juga sudah bisa mengkonsumsi BBM ini.
Bahkan Avanza Xenia juga sudah memakai mesin dengan rasio kompresi 11:1
Learn more »

Isuzu D Max VGS pakai Mesin lebih Kecil dari Pendahulunya

Isuzu D Max VGS adalah versi D Max terbaru Tahun 2016, uniknya mobil ini memakai mesin 2500 cc, lebih kecl dari pendahulunya D Max lawas yang bermesin 3000 cc. Lantas apakah ini sebuah penurunan spec? ternyata tidak sob, D Max baru ini meskipun memakai mesin dengan kapasitas lebih kecil justru bisa menghemat ruangan mesin dan mengurangi bobotnya, sementara teknologi terbaru VGS turbo intercooler pada jeroan (mesin) D Max membuatnya lebih bertenaga dari mesin 3000 cc terdahulu.
Tercatat tenaga mesin Isuzu D Max VGS ini mencapai 136 Hp pada putaran mesin 3400 RPM dan torsi mencapai 326 Nm pada putaran mesin 1800 sampai 2800 Rpm, sedangkan pada mesin lawas tenaganya 136 hp dan torsinya 279 nm, untuk tenaga sama akan tetapi torsi atau kemampuan membawa beban lebih baik yang memakai meisn baru ini ternyata ya, lebih kuat menanjak.
Isuzu D Max sendiri termasuk dalam mobil jenis SUV Pick Up dengan Double Cabin, memang ada yang single cabin akan tetapi image mobil ini lebih ke D Cab. Mobil yang dibekali mesin diesel 2500 cc ini sebagian ada yang memakai penggerak 4 roda (ke 4 rodanya mampu memberikan daya dorong), sedangkan keunggulan Isuzu D Max adalah mesin tangguh akan tetapi irit...nah ini yang dicari bro, khas mesin Isuzu masih ingat panther? bahkan sampai sekarang mesin lama panther masih bisa diandalkan kemampuan membawa beban dan keiritan BBMnya. Jika D Max sudah memakai mesin yang jauh lebih baru dari mesin lawas panther akan tetapi ciri khasnya tidak hilang (kuat dan irit)
D Max sendiri sebenarnya lebih cocok dipakai di daerah pinggiran kota, pedesaan, perbukitan, perkebukan dan medan-medan yang membutuhkan mobil dengan kemampuan super, meskipun kadang mopbil seperti ini juga banyak dimiliki orang kota untuk hanya sekerdar menyalurkan hoby berpetualang ke jalanan offroad (pegunungan, pedesaan, traveling bahkan lomba offroad).
Tahun 2016 ini ternyata Isuzu juga masih mempertahankan mesin lawas yakni 3000 cc, artinya ada D Max 2500 cc dan juga ada D Max 3000 cc, sementara harga mobil ini bisa dibilang dari murah sampai mahal, dengan varian terendah dijual 341 juta rupiah dan varian termahal 515 juta rupiah (on road DKI Jakarta), rentang harganya terpaut jauh, maklum mobil ini ada yang bermesin 2500 cc dan 3000 cc, ada yang berpenggerak 2 roda dan ada yang 4 roda, sistem transmisi juga berbeda, juga ada versi single cabin atau double cabin. Dengan banyaknya diferensiasi produk Isuzu D Max membuat rentang harga mobil ini terbilang jauh antara harga termurah dan harga termahalnya.
Nah untuk pecinta otomotif yang memiliki perkebunan sawit/ karet/ cengkeh/ yang lain tak ada salahnya memakai mobil ini untuk meninjau ke dalam kebun mengingat mobil ini memang dirancang untuk medan berat, penyuka/ hoby adventure juga tak ada salahnya mencoba mobil D Max ini sebagai alternatif
Learn more »

Cara Derek Mobil yang Benar

Saat mobil kita tiba-tiba mogok dan tidak bisa dibenahi karena jauh dari bengkel, atau ada mobil teman yang sedang mogok di jalan maka salah satu alternatif adalah meminta bantuan teman lainnya untuk menderek mobil mogok tersebut.
Sebagai pemilik mobil kita harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara derek yang tepat, jangan sampai kita gak tahu dan teman yang kita panggil gak tahu. berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat derek mobil:
Panjang dan Kekuatan Tali untuk menarik
Panjang tali minimal adalah 4 meter, jadi jika memilik tali hanya 3 meter maka itu resiko terlalu besar terutama saat mobil depan mengerem atau menikung.
Sedangkan tali yang biasa dipakai yaitu tali webbing, atau yang biasa dipakai pendaki untuk mengikat tubuhnya. tali ini murah harganya kapan itu admin beli webbing dengan panjang 6 meter harganya cuma 20 ribu.
"Tali webbing" ini sangat kuat, lebih kuat dari tali tampar karena materialnya lebih bagus dan ikatannya juga sangat baik
Atau jika ingin lebih aman pecinta otomotif bisa membeli tali khusus untuk menderek mobil ini, biasanya terbuat dari baja yang dibungkus plastik
Bobot atau Berat Mobil
Perhatikan mobil yang akan menderek, sebaiknya secara ukuran mobil tersebut lebih besar dan tenaganya juga lebih besar dari mobil yang di derek, kalau bisa pecinta otomotif mengetahui spesifikasi teknis mobil tersebut malah lebih baik. Minimal jenis mobil yang dipakai menderek sama dengan mobil yang di derek. Hal ini menyangkut kenyamanan dan keselamatan juga.
Jangan sampai mobil truk di derek pick up, ya tidak kuat. paling tidak truk ya diderek truk (sama)
Tautan tali untuk menderek
Untuk mengikat tali pada mobil tidak boleh sembarangan, carilah sebuat besi berbentuk setengah lingkaran (kadang juga bentuk lain, tapi kebanyakan setengah lingkaran), lokasinya biasanya ada dibawah bumper depan atau belakang. Ciri tautan tali tersebut adalah terkait kuat dengan sasis mobil dan besinya cukup besar kira-kira seukuran jari telunjuk.
Jangan ikat di bemper atau suspensi mobil, karena bagian tersebut tidak kuat menahan beban mobil dan berpotensi tali putus
Kecepatan dan kondisi tali
Untuk kecepatan usahakan konstan pada angka tertentu maksimal 40 km/jam, jangan berubah-ubah hal ini untuk menghindari tali tersentak dan putus, lagi pula berbahaya jika tali kendur...intinya jaga kecepatan dan kondisi tali jangan kendur
Rute yang akan dilalui
Nah sebelum menderek, lakukan diskusi terlebih dahulu dengan driver di belakang (mobil yang akan di derek). Tujuannya agar pengemudi jalan di belakang tahu jika ada belokan-belokan (sama-sama tahu) sehingga bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Tujuan lain dengan adanya diskusi maka akan menentukan rute dengan jalur terbaik yakni minim tanjakan/ turunan, minim persimpangan, jalan berlubang dan lain sebagainya.
Memilih lajur kiri
Ini yang penting, saat menderek mobil hendaknya selalu memilih lajur kiri atau jalur lambat dengan kecepatan dibawah 40 km/jam (bisa 20-30).
Lampu yang dinyalakan
Saat diperjalanan pecinta otomotif bisa menyalakan lampu utama untuk peringatan, akan tetapi jangan menyalakan lampu hazrd saat berjalan karena bisa membahayakan pengendara lain. Lampu hazard boleh dinyalakan ketika berhenti untuk memasang atau mengikat tali (perbaikan)
Sedangkan lampu sein, pecinta otomotif bisa menyalakan lampu sinyal tanda akan belok ini jauh sebelum tikungan, sehingga mobil-mobil dibelakang dan depan kita mempersiapkan diri dari jauh.
Menderek mobil matic
Menderk mobil matic berbeda dengan mobil manual, harus lebih paham tentang mobil. Karena mobil matic sistem transmisinya selalu terkait dengan roda, jadi jika roda berputar maka transmisi juga ikut berputar... sedangkan sistem transmisi butuh oli saat bekerja padahal pada mobil matic oli transmisi akan dialirkan saat mesin hidup.
Nah jika mesin mobil mati maka sistem transmisi tidak mendapat suplai oli, dan jangan sekali-kali menderek dengan cara biasa karena akan merusak gigi transmisi. Ada cara khusus yang bisa dibaca pada artikel sebelumnya yakni Cara Menderek Mobil Matic
Learn more »