Feature news

Tips jika Mobil Ditinggal Lama untuk Liburan, Ini yang Dipersiapkan

Ada kalanya kita berlibur tidak membawa mobil misalnya berpergian ke kota lain atau bahkan ke Eropa dimana kita harus meninggalkan mobil untuk waktu yang cukup lama di garasi/ rumah. Tanpa persiapan saat kita pulang maka kita akan mendapati mobil yang kondisinya rusak misalnya: mobil tidak bisa hidup, mobil berkarat, kabel dimakan tikus, suspensi bermasalah, saluran bahan bakar bermasalah dan masalah lain.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan/ dilakukan saat akan meninggal mobil selama beberapa lama:
Lepas aki mobil
Sistem kelistrikan saat mobil mati sebenarnya tetap bekerja meskipun sedikit, jika ditinggalkan dalam waktu yang lama (beberapa minggu) maka akan terasa performa aki menurun. Penurunan performa kelistrikan ini akan sangat terasa pada mobil yang mengalami kebocoran listrik bahkan dalam 2-3 hari saja. Saat listrik aki habis maka kita tidak akan dapat menghidupkan mobil dan jadi masalah baru saat kita pulang
Hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati sistem kelistrikan saat akan ditinggal adalah dengan melepaskan kabel negatif aki, jika menginginkan benar-benar aman lepas semua (kutub negatif dan positif aki)
Melepas aki mobil ini juga berfungsi mencegah korsleting sehingga mobil lebih aman dari resiko terbakar, melepas kabel aki juga bisa mencegah pencurian karena sulit dihidupkan
Tekanan angin ban
pakailah tekanan angin ban yang dianjurkan pabrikan, misalnya 30 atau 32 atau 28 psi tergantung jenis mobil, berat mobil dan jenis ban. Tujuannya adalah untuk menghindari flatspot pada ban (yakni bekas kempes karena terlalu lama terkena tekanan)
Usir Tikus dengan Kapur Barus
Untuk mobil yang ditinggal cukup lama bakal memancing tikus untuk memasukinya, biasanya tikus bakal masuk ke ruang mesin dan bahayanya dia akan merusak/ menggigit kabel-kabel hingga putus. Nah untuk mencegah masuknya tikus maka tempatkan kapur barus di bagian-bagian dalam mesin atau tempat-tempat yang kemungkinan menjadi jalan untuk tikus masuk
Tutup Karburator BBM
Coba cari semacam kran (buka-tutup) yang ada pada karburator untuk menutup saluran bensin ke karburator dan ruang bakar, hal ini dilakukan agar bensin tidak sampai masuk ke dalam karburator dan ruang bakar. Bensin yang terlalu lama di karburator dan ruang bakar bisa menyebabkan endapan yang membuat karburator buntu bahkan rusak, sama pada ruang bakar juga bisa menyebabkan endapan dan bisa menjadi kerak, untuk mencegahnya intinya hentikan pasokan bbm ke karburator
Ganjal roda
Hindari pemakaian rem tangan/ rem parkir untuk waktu yang lama karena bisa menyebabkan masalah pada rem tangan (biaya perbaikannya mahal broo), lebih baik gunakan ganjal untuk mengganjal roda/ ban agar mobil tidak bergerak, lebih baik mengganjal ke 4 rodanya dengan kayu atau batu bata.
Kunci ganda
Untuk sisi keamanan dari pencurian pemilik mobil hendaknya menambahkan kunci tambahan misalnya pada stir atau pada pedal (gas, rem dan kopling). Paling tidak kunci-kunci ini bakal menghambat proses pencurian mobil atau jika beruntung si pencuri bakal membatalkan niatnya karena mobil dikunci lengkap
Cuci Mobil
Mencuci mobil sebelum ditinggal lama adalah bertujuan menghilangkan kotoran yang berpotensi menyebabkan karat dan kerak, usahakan mobil bersih dari potensi penyebab karat sehingga saat pulang nanti mobil kita tetap bebas karat (tidak menjadi berkarat), tidak ada kerak.
Tutup dengan Selimut Mobil
Jika ditinggal lama lebih baik menutup mobil dengan cover/ selimut mobil untuk menghindari paparan sinar matahari yang mungkin masuk ke dalam garasi, cover mobil ini akan melindungi cat dan sebagai keamanan (tidak memancing pencuri)
Kunci garasi dan pamit pada tetangga/ satpam
Yang terakhir jika sudah melakukan semuanya adalah mengunci garasi dan berpamitan pada orang-orang terdekat (tetangga) atau jika ada satpam bisa pamit satpam sambil minta tolong dijagain, jangan lupa berdoa ya :-)
Learn more »

Suzuki SX4 Terbaru keluar lagi dengan SX4 S-Cross

Suzuki SX4 kembali dikeluarkan di pasar Indonesia oleh SIS (Suzuki Indomobil Sales), setelah vakum selama 2 tahun mobil ini tidak dijual, kini pihak SIS kembali menjual varian terbaru SX4 yakni SX4 S-Cross yang didatangkan langsung dari luar negeri alias mobil ini built up (dirakit di luar negeri).

Suzuki SX4 S-Cross termasuk dalam jenis mobil Crossover atau Light SUV atau SUV ringan, mobil ini sangat nyaman digunakan untuk medan aspal sampai jalanan offroad ringan seperti jalan tanah. Dengan body yang cukup kompak untuk daerah perkotaan sedangkan ground clearance mobil ini juga cukup memadai untuk touring ke pedesaan atau jalan pegunungan. memakai mesin yang cukup tangguh dengan desain memadukan hatchback dan SUV membuat mobil SX4 S-Cross ini cocok dipakai orang muda yang aktif di perkotaan sampai pedesaan. Dari namanya S-Cross yang menggambarkan bahwa ini adalah mobil jelajah ringan.
Suzuki Sx4 S-Cross nantinya akan menjadi salah satu magnet dari Suzuki yang tahun ini memang getol mengeluarkan semua mobil andalannya, seolah-olah tidak mau kehilangan pasarnya ditanah air setelah digempur habis-habisan oleh Toyota-Daihatsu-Honda dengan mobil-mobil LCGC dan Crossover.
Keluarnya Suzuki SX4 S-Cross di GIIAS 2016 ini bakal ditemani beberapa mobil yang bakal diserbu konsumen antara lain:
* Pick Up Suzuki
* Grand Vitara
* New Suzuki Jimny yang juga bakal keluar tahun ini
* Suzuki Ignis
* Suzuki Baleno
* Suzuki Vitara Breza
* New Ertiga Dreza, Swift, Karimun Wagon R, Celerio, APV, Ciaz dan semua produk Suzuki yang saat ini sedang dipasarkan.
Spesifikasi mesin Suzuki SX4 S-Cross
mobil ini memakai mesin berkapasitas 1500 cc 4 silinder 16 valve, menggunakan bahan bakar bensin tanpa timbal (pertamax) SX4 S-Cross mampu mengeluarkan tenaga hingga 109 Hp dengan torsi hingga 138 Nm. Tenaga yang bisa dibilang lumayan untuk mobil kelas 1500 cc sedangkan torsinya bisa dikatakan cukup untuk membawa 4-5 orang penumpang di jalanan offroad ringan atau menanjak.
Suzuki SX4 S-Cross memiliki material mesin terbuat dari alumunium yang ringan serta kuat, pihak Suzuki mengatakan bahwa material mesin S-Cross ini membuat mobil menjadi mudah dingin dan hemat bahan bakar.
Sistem transmisi Sx4 S-Cross ini memakai transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 6 percepatan dengan paddle shift. Wah SUV memang lebih disukai yang manual, akan tetapi versi otomatisnya juga tak kalah menggiurkan karena dibekali paddle shift (untuk mengganti gigi) sehingga pengemudi bisa memindah gigi transmisi secara manual layalnya mobil transmisi manual
Fitur-fitur Suzuki Sx4 S-Cross
Beberapa fitur yang dibenamkan pada mobil luar biasa ini antara lain:
- Cruise Control: pengaturan kecepatan untuk konstan pada kecepatan tertentu
- Kamera parkir
- Layar monitor head unit dengan lebar 7 inch
- AC Double Climate
- Start Stop Engine
- Immobilizer
- Airbags
- Central Door Lock
- Keyless entery
- Alarm
- Rem ABS dan EBD dengan rating keselamatan bintang 5 (tertinggi)
- Sensing wiper (mampu mendeteksi adanya hujan dan auto wiper)
Gimana bro lengkap gak fiturnya?
Dimensi/ Eksterior
Suzuki Sx4 S-Cross memiliki panjang 4300 mm, lebar 1765 mm, tinggi 1580 mm, wheelbase 2600 mm, Ground Clerance 180 mm.
Tidak terlalu besar untuk ukuran SUV dan tidak terlalu kecil seperti city car, maklum mobil ini adalah penggabungan keduanya sehingga didapatkan kelebihan dari masing-masing mobil mulai kemampuan melibas track sampai kenyamanan berkendara.
Konsumsi BBM SX4 S-Cross ini menurut klaim Suzuki Jepang adalah 1:14,5 untuk rute kombinasi, nanti kita lihat di Indonesia berapa? sebab kualitas BBM dan kualitas jalan kita berbeda dengan di jepang. Akan tetapi dengan patokan 1:14 ini untuk mobil SUV ringan bisa dibilang irit.
Harga dan rival SX4 S-Cross
Untuk harga mungkin beberapa hari lagi kami update setelah pihak SIS mengumumkan secara resmi,
Update harga SX4 S-Cross, mobil ini memiliki 2 varian yakni SX4 S-Cross MT (manual) dan SX4 S-Cross AT (matic), sementara harganya adalah 246,9 juta untuk yang MT dan 259,5 juta untuk yang AT.
Tergantung konsumennya apakah suka yang manual atau yang matic, jika banyak dipakai di daerah perkotaan matic lebih oke sementara jika sering ke pedesaan atau jalanan tanjakan/ turunan maka manual lebih pas
Rival mobil ini antara lain Honda HR-V dan Nissan Juke
Learn more »

Hindari mengisi BBM sampai Tangki Penuh, ini alasannya

Saat mengisi bahan bakar mobil (baik bensin atau solar) di SPBU sering kita mengatakan pada operator "isi full" atau "penuh" sehingga operator mengisi BBM sampai benar-benar penuh (hampir tumpah di bibir lubang tangki). Sebenarnya hal ini salah, ada beberapa alasan mengapa mengisi sampai bibir lubang tangki sebaiknya tidak dilakukan:
1. Berbahaya
Resiko saat bensin tumpah atau sangat dekat dengan lingkungan luar ini berbahaya, apabila terjadi apa-apa kita bisa telat menutupnya
2. Resiko BBM tumpah
Saat kita mengisi BBM di SPBU maka kondisi mobil kita ada pada permukaan jalan datar, tidak ada SPBU yang miring, nah jika bensin yang diisi terlalu penuh sampai menyentuh bibir dan tutup tangki. Selanjutnya kita berjalan maka kondisi jalan tidak selamanya datar (alias naik turun), pada kondisi ini maka posisi permukaan dalam tangki sudah berbeda, sangat dimungkinkan ternyata posisi permukaan bensin pada tangki yang diisi terlalu penuh malah lebih tinggi dari tutup tangki.
Resiko bensin menguap atau tumpah makin besar ketika tutup tangki bensin tidak prima (sudah aus, berkarat, dll)
Resiko bensin keluar saat di jalan tanjakan/ turunan ini juga harus dipikirkan terutama jika tutup bensin sudah aus. Sebaiknya memang menghindari mengisi BBM terlalu penuh
3. BBM butuh ruang udara
Mengisi tangki BBM sampai bibir lubang tangki bisa mengurangi ruang hawa di tangki, padahal ruang hawa yang diperbolehkan adalah posisi permukaan bensin sedikit dibawah leher lubang tangki. Jika bensin sampai menyentuh tutup tangki (saat ditutup) artinya ruang udara sudah tidak optimal (sangat sedikit), ruang udara dalam tangki ini berfungsi untuk mengurangi tekanan pada tangki saat bensin mengembang.
Jika ruangan udara dipenuhi dengan bensin, saat bensin menguap maka uap bensin akan langsung dikeluarkan melalui selang, hal ini bisa dikatakan pembuangan BBM dengan percuma (tidak bermanfaat. mubazir)
4. Terhisap balik oleh pompa SPBU
Pada pompa SPBU tertentu mampu mendeteksi bensin telah penuh, dan secara otomatis akan menghisap uap bensin pada lubang pengisian BBM. Bukan apa-apa tujuannya adalah mengamankan bensin tidak menjadi berbahaya. Memang akan lebih aman saat uap bensin akan tetapi jika saat uap bensin dihisap ada BBM yang terhisap (karena terlalu penuh) ini artinya kita rugi.
Bagaimana sebaiknya jika mengisi sampai penuh?
Saat mendengar bunyi klek pertama kali pada nozzle artinya tangki BBM kita telah penuh, maka saat bunyi itu mintalah petugas unutk menghentikan pengisian, jika diteruskan malah kurang baik
Learn more »

Cara Membersihkan Debu pada Jok Mobil

Jok mobil yang terbuat dari kain mudah sekali kotor dan berdebu, parahnya debu pada jok kain sulit dibersihkan sehingga kadang-kadang pemilik mobil sering merasa kebingungan bagaimana cara membersihkan debu pada jok mobilnya, risih dengan debu tapi bingung tidak tahu cara membersihkannya.
Mobil bekas yang berusia lima tahun ke atas pada umumnya sudah memiliki banyak debu di kain penutup joknya, sebenarnya cara membersihkannya sangat mudah yakni dengan 3 cara:
* Memakai Vacuum Cleaner
menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu adalah cara terbaik dan tercepat menghilangkan debu, debu akan dihisap oleh pembersih debu ini dengan sangat bersih dan rapi. Saat ini bahkan sudah tersedia vacum cleaner portable yang berukuran kecil (sebesar kepalan tangan) sedangkan sumber listrik bisa didapatkan dari port charge hp di mobil.
memakai vacuum cleaner portable memang praktis akan tetapi hasilnya jauh lebih bagus yang bukan portable atau yang biasa digunakan untuk membersihkan di rumah, caranya cukup mudah yakni tempatkan mobil di garasi lalu siapkan vacum cleaner. Tancapkan cavum cleaner di listrik rumah lalu mulai bersihkan kain jok.
Bahkan membersihkan debu memakai vacum cleaner juga bisa sekaligus menyedot debu pada karpet-karpet mobil maupun interior yang kotor. sangat mudah bukan?
* Ditepuk-tepuk ringan
Nah cara yang kedua ini sedikit ribet, akan tetapi ini solusi jika kita tidak memiliki vacuum cleaner, prinsipnya hampir sama dengan mengeluarkan debu pada kasur jaman dulu yakni dengan menepuk-nepuk.
1. pertama-tama tempatkan mobil di tempat terbuka (banyak angin) yang teduh dan udaranya bersih, misalnya di pegunungan atau lapangan rumput...usahakan angin yang bertiup kencang.
2. buka semua pintu agar angin mudah masuk dan keluar mobil untuk nantinya membawa debu yang akan kita keluarkan dari jok mobil
3. kaluarkan semua barang dari mobil (tas, hp, dll)
4. mulai tepuk-tepuk (jangan terlalu keras) pada jok yang berdebu agar debunya keluar dan berterbangan dan segera terbawa oleh angin
5. lakukan berulang-ulang sampai tidak ada debu yang keluar saat jok kita tepuk lagi
6. jika sudah bersih, sediakan lap microfiber yang sedikit dibasahi air, kemudian bersihkan interior mobil yang kotor terkena debu saat kita mengeluarkan debu jok tadi (sampai bersih). Bersihkan pula bekas debu di jok dengan mengelapnya, angkat sisa debu pada permukaan interior menggunakan lap basah
* membawa ke pencucian mobil
Nah pada tempat cuci mobil yang bagus biasanya juga menyediakan vasilitas vacum yang biasanya jadi sepaket dengan mencuci eksterior mobil, artinya selain bagian dicuci bagian dalam mobil di vacum.
Cara yang ketiga ini praktis tapi kadang-kadang hasilnya kurang memuaskan, jika ingin yang benar-benar bersih pecinta otomotif bisa membawa ke bengkel poles mobil atau salon mobil untuk membersihkan debu bahkan kotoran berupa noda :-)
Learn more »

Harga Resmi Daihatsu Sigra dari 106,4 sampai 148,8 Juta OTR

Harga resmi Daihatsu Sigra sudah rilis tadi pagi Tanggal 2 Agustus 2016 (GIIAS), Daihatsu Sigra sendiri memiliki dua varian mesin yakni yang 1000 cc dan 1200 cc sementara harga termurah adalah yang memakai mesin lebih kecil yakni 1000 cc yang dijual dengan harga 106 juta rupiah on the road DKI Jakarta.
Daihatsu Sigra 1000 cc ini memiliki 2 varian yakni:
* 1.0 D MT sebagai varian yang paling rendah yang dijual dengan harga
* 1.0 M MT varian sigra 1000 cc yang lebih tinggi ini dibandrol 115,5 juta on the road DKI Jakarta
Nah untuk Sigra Daihatsu 1200 cc (yang mesinnya lebih besar), harga jualnya juga lebih mahal yakni mulai 126,4 sampai 148,8 juta.
Berikut adalah harga Daihatsu Sigra bermesin 1200 cc:
- Daihatsu Sigra 1.2 X MT: 126,4 juta
- Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe MT: 131,9 juta
- Daihatsu Sigra 1.2 X AT: Rp. 139,2 juta
- Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe AT: Rp. 144,7 juta
- Daihatsu Sigra 1.2 R MT: 132,3 Jt
- Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe MT: 136,1 Jt
- Daihatsu Sigra 1.2 R AT (matic): 145,1 juta
- Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe AT: 148,8
lantas apa bedanya antara mesin 1000 cc dan 1200 cc? yang pertama adalah tenaganya dimana Sigra 1000 cc memakai mesin yang sama dengan Daihatsu Ayla dan memiliki tenaga atau power sebesar 65 horse power (tenaga kuda) dan torsi sebesar 85 Nm. Istilahnya seperti Ayla dengan body yang panjang
Sementara Daihatsu Sigra 1200 cc memiliki tenaga sebesar 80 Hp dengan torsi 104 Nm. terasa lumayan berbeda untuk mobil bermesin kecil.
Nah pecinta otomotif yang menginginkan ulasan lebih detail tentang spesifikasi mobil ini bisa membaca pada artikel berikut ini Spesifikasi Daihatsu Sigra
Rival Daihatsu Sigra:
- Datsun Go+Panca
mobil dari datsun ini konsisten dengan harga dibawah 100 juta, saingan berat nih buat sigra yang varian termurahnya masih 106,4 juta
- Toyota Calya
toyota calya ini hanya memiliki pilihan mesin 1200 cc sehingga otomatis harganya berbeda dengan mobil 1000 cc
Harga di Daerah berbeda
Harga di atas adalah harga on the road DKI Jakarta update Agustus 2016, tentunya harga ini berbeda dengan harga di luar jakarta misalnya harga semarang, surabaya, dll. mengapa harga bisa berbeda? karena ada biaya transportasi (biaya kirim) dan juga biaya administrasi perdagangan antar kota/ propinsi.
Learn more »

Mobil Jenis SUV Suspensi Keras? ini Alasannya

Berawal dari surat pembaca yang menanyakan mengapa suspensi mobil SUV cenderung keras ?
Sistem suspensi pada mobil biasanya terkait dengan kenyamanan berkendara, makin empuk mobil dikatakan mobil makin nyaman. beberapa jenis mobil memiliki tingkat kenyamanan berkendara yang sangat baik yakni Sedan dan beberapa MPV kelas menengah atas.

Yang jadi pertanyaan adalah pada mobil-mobil bergenre SUV rata-rata keras, mulai SUV jadul kelas bawah (jimny, taft, dll) sampai SUV kelas menengah (fortuner, strada, dll). Padahal jika dibandingkan dengan mobil kelas yang sama (350-400 jutaan) pada jenis MPV sebut saja Innova suspensinya sudah jauh lebih nyaman.
Jawab
Mobil SUV memang memiliki karakter keras, hal ini terkait dengan Ground Clearance SUV yang harus tinggi. Makin tinggi ground clearance (mobil) maka mobil tersebut makin tidak seimbang atau mudah limbung saat menikung terutama jika sistem suspensi terlalu lembut/ empuk.
Jika mobil SUV (sebut saja Strada atau Fortuner) dipaksakan memakai suspensi yang empuk dengan ketinggian mobil sama dengan sekarang, maka dia akan limbung saat melewati jalan berbatu atau saat bermanuver (menikung).
Sementara jika ground clearance mobil dibuat rendah maka mobil tersebut akan kehilangan kemampuan melewati medan-medan ekstrim seperti jalan berbatu, tanjakan, jelan bergelombang, genangan air, berpasir dan jalan ekstrim lain.
Mobil SUV memang dipakai untuk menaklukkan medan-medan yang ekstrim sehingga membutuhkan tubuh yang tinggi, dan untuk menghindari limbung maka suspensi dibuat sedikit keras.
Solusi suspensi mobil SUV
Nah pecinta otomotif sebenarnya bisa menyiasati kerasnya suspensi SUV ini dengan mengubah tekanan angin ban mobil, jika membutuhkan kenyamanan maka kurangi tekanan ban. Misalnya tekanan ban standar adalah 28 Psi maka bisa di set menjadi 26 atau 27 psi.
meskipun resikonya mobil lebih limbung, asal saat menikung tidak terlalu cepat juga tidak apa-apa.
Learn more »

Mobil Matic tidak Cocok untuk Pegunungan

Mobil atau motor matic identik dengan perkotaan karena praktis dan nyaman, akan tetapi ternyata sekarang banyak pula yang membawa kendaraan matci (mobil/ motor) untuk perjalanan ke tempat dengan rute yang menanjak curam misalnya dibawa ke gunung bromo atau cibodas atau pegunungan lain.
www.mobilku.org menaruh perhatian pada jalur bromo lewat kabupaten malang (desa ngadas) yang bisa dibilang panjang dan curam sampai 10 km panjangnya. Kebetulan admin memang tinggal di malang.
Dari kecelakaan yang terjadi ternyata didominasi oleh kendaraan bertransmisi matic baik mobil ataupun motor, sedangkan kecelakaan kebanyakan adalah saat menurun (menuruni gunung, bukan menanjak). Jika tidak dicermati maka sulit menemukan fenomena ini, mengapa mobil-mobil di sekitar bromo (penduduk asli sana) bisa dibilang 100% mobil manual
Usut punya usut ternyata mobil dengan transmisi matic/ otomatis tidak kuat digunakan untuk melewati jalan turunan panjang, mobil matic tidak memiliki engine brake atau rem mesin sekuat mobil manual sehingga mau tidak mau harus memakai rem kaki saat menuruni turunan panjang, dan kebanyakan rem kaki tidak bisa digunakan terus menerus.
Rem kaki akan panas dan blong jika dipakai bekerja tanpa henti yang mana suhunya bisa melebihi 700 derajat celsius, pada suhu ini maka logam akan memuai dan rem kehilangan daya cengkramnya. Berbeda dengan mobil manual yang bisa memakai gigi rendah (1,2,3) untuk pengereman di jalan turunan panjang sehingga kerja dari rem kaki akan lebih ringan karena dipakai seperlunya saja.
Saat akan melewati turunan curam, mobil manual tinggal memposisikan tuas transmisi ke gigi 1 maka mobil akan mengerem memakai rem mesin dengan sangat baik, sedangkan jika benar-benar diperlukan maka baru memakai rem kaki atau kombinasi keduanya.
Nah hal ini yang tidak dapat diaplikasikan pada transmisi matic, jangankan mobil pada motor saja sangat melelahkan memakai motor matic jika dibandingkan motor manual karena harus mengerem terus sampai tangan tidak kuat (pernah dialami admin).
Nah untuk pecinta otomotif yang ingin membeli mobil SUV dan dipakai untuk medan-medan ekstrim seperti ini menurut admin mobilku.org lebih baik memilih yang transmisi manual saja...
Tips menghindari rem blong untuk mobil matic
Cara menghindari rem blong adalah dengan mendinginkan rem jika dirasa sudah tidak pakem lagi, carilah tempat yang agak datar untuk benar-benar menghentikan mobillalu cari batu atau kayu yang kuat untuk mengganjal mobil lalu dinginkan rem (biarkan barang 30 menit sampai 1 jam).
Setelah rem dingin bisa dilanjutkan kembali, jika panas lagi maka berhentilah dan lakukan pendinginan rem lagi, begitu terus sampai turunan berakhir.
Inilah sebabnya mengapa banyak driver istirahat setelah perjalanan di jalan naik turun dan menikung, biasanya mereka istirahat di warung kopi, akan tetapi jika tidak ada warung istirahat dimana saja tidak masalah asal bisa mendinginkan sistem rem.
Jangan paksakan meneruskan perjalanan jika dirasa rem sudah licin atau kehilangan kemampuannya, karena jika rem tidak mampu menahan suhu tinggi maka seketika rem tidak berfungsi dan blong.
Learn more »