Feature news

Jarak Aman dengan Mobil di Depan saat Macet

Berapa jarak aman mobil yang kita kendarai dengan mobil di depan kita? pada umumnya saat kondisi jalanan tidak macet seperti perjalanan antar kota ataupun di jalan bebas hambatan jarak aman adalah 3 detik, usahakan kita memiliki jeda waktu 3 detik untuk mengerem seandainya kendaraan di depan berhenti mendadak. Makin tinggi kecepatan maka makin lebar pula jarak yang dibutuhkan untuk mengerem.
Jika pada jalan dengan arus lalu lintas normal memakai rumus 3 detik atau patokan-patokan tertentu, lantas bagaimana saat kondisi macet? apakah masih menggunakan waktu rem 3 detik ini. Pada jalanan macet sebenarnya sah-sah saja memakai jarak 3 detik, tetapi dirasa banyak pecinta otomotif masih kurang efektif.
Untuk jalanan merayap biasanya banyak driver lebih memilih menggunakan patokan bumper kendaraan di depan, artinya driver memiliki jarak aman ketika dia mampu melihat bumper kendaraan di depan (itulah jarak aman), saat pengemudi sudah tidak mampu melihat bumper mobil didepan itu artinya jarak mobil sudah sangat dekat dan dirasa tidak aman (saat kondisi ini maka tindakan menambah jarak atau sedikit menjauh perlu dilakukan).
Patokan melihat bumper mobil didepan sebagai jarak aman berlaku untuk rata-rata tinggi orang indonesia yakni 165 cm, bagaimana dengan orang yang pendek? disesuaikan yakni cukup melihat bumper bagian atas atau sedikit di atas bumper...
Bagi orang yang tinggi maka jarak aman bukan lagi bumper akan tetapi mampu melihat ban belakang mobil di depan, jika sudah tidak dapat melihat ban kendaraan didepannya artinya jarak sudah tidak aman.
Lantas bagaimana dengan kondisi macet parah atau di lampu merah? pecinta otomotif bisa menggunakan ujung kap depan sebagai patokan, kasih jarak terdekat 1 meter dengan mobil di depan kita...mengapa tidak di press saja? hal ini untuk berjaga-jaga kalau seandainya mobil didepan kita sedikit mundur saat mengganti gigi transmisi, atau kita tidak sengaja menabrak karena ujung kap mobil bukan berarti jarak yang terdekat...biasanya bumper adalah bagian terdepan mobil kita.
Patokan 1 sampai 1,5 meter ini juga dirasa paling nyaman buat kita kondisi saat macet parah atau di perempatan lampu merah
Learn more »

Keuntungan dan Kerugian memakai Velg yang lebih Besar

Modifikasi velg mobil dengan mengubah dari desain velg standart memang bisa meningkatkan penampilan mobil secara drastis. Biasanya modifikasi yang dilakukan adalah mengganti material velg yang dulunya dari besi menjadi alumunium, merubah desain velg dengan desain velg terbaru dan juga merubah ukuran velg menjadi lebih besar/ lebih kecil (kebanyakan ke yang lebih besar) agar tampak lebih gagah.

Jika mengganti material velg yang harus dipertimbangkan adalah kekuatan/ kualitas material dan kesempurnaan pengecoran material, jika merubah model yang harus dipertimbangkan adalah jumlah baut dan jarak antar baut sebisa mungkin sama dengan yang asli dan tidak memakai adapter untuk menyesuaikan baut (adapter kadang kurang kuat)

Nah tahukah pecinta otomotif ternyata memperbesar velg baik diameter ataupun tapak juga memiliki dampak positif dan negatif pada mobil (keuntungan dan kerugian), antara lain:
Keuntungan
* Lebih stabil dalam bermanuver (menikung)
* Lebih pakem dalam hal pengereman/ mengurangi kecepatan mobil
* Lebih kuat mencengkeram aspal/ tidak mudah selip, karena biasanya menambah besar velg juga menambah lebar velg
* Tampilan mobil menjadi lebih bagus
Kerugian
* Kenyamanan berkurang
karena makin besar velg maka ketebalan dinding ban harus dikurangiagar ban tidak sampai menggeser spakbor/ body, dimana pada ban sebenarnya juga memiliki sistem suspensi. Nah jangan kaget kalau mobil-mobil dengan velg yang besar dan dinding ban yang tipis terasa keras suspensinya :-)
Kenyamanan ini bisa disiasati dengan pemakaian ban yang lebih empuk (merk-merk tertentu), akan tetapi biasanya ban yang empuk juga cepat habis
* Lebih boros bahan bakar,
Velg besar biasanya tapak ban juga lebih lebar, nah hal ini menyebabkan daya cengkram ban ke aspal kadang terlalu kuat, daya cengkram yang kuat ini memang bagus dalam hal pengendalian mobil (berbelok dan menikung) akan tetapi boros dalam penggunaan bahan bakar
Oleh karena itu banyak mobil-mobil LCGC (hemat BBM) memakai velg yang kecil dengan tapak ban yang juga tidak terlalu lebar untuk mengejar konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.
Apakah sebaiknya mengganti velg?
Sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya mobil berjenis JIP atau SUV maka yang dibutuhkan adalah lebih ke kekuatan dan suspensi ban...maka velg kaleng (besi) lebih baik jika sehari-hari melewati jalan rusak.
Jika sehari-hari dperkotaan dan membutuhkan tampilan yang lebih modis maka tak ada salahnya memperbesar velg, toh jalan sudah halus...akan tetapi dalam memperbesar velg juga harus memperhatikan batas maksimum untuk tetap menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam tingkat yang bisa ditoleransi.
Biasanya untuk mobil-mobil MPV seperti avanza, ertiga, dll velg bisa diganti dengan ukuran maksimum 2 inch lebih besar dari velg bawaan. Misalnya Ertiga dibekali velg bawaan 15 inch maka perbesaran maksimum adalah jadi 17 Inch.
Jangan asal ganti, perhatikan pula kualitas material dan desain...velg harus benar-benar kuat, artikel berikut akan membantu pecinta otomotif dalam menentukan velg:
1. Tips memilih velg yang berkualitas
2. Pertimbangan mengganti ukuran velg
Learn more »

Sistem Ganjil Genap Jakarta, ini aturannya

Sistem ganjil genap jakarta akan berlaku mulai besok atau akan di uji coba selama 1 bulan mulai tanggal 27 Juli - 26 Agustus 2016, sistem ganjil genap menggunakan plat nomor terakhir dari mobil untuk bisa melintasi jalan-jalan tertentu di kota jakarta dan di waktu tertentu juga. Plat berakhiran ganjil hanya boleh melintas pada tanggal ganjil (misal tanggal 1, 3, 5, dst).
Sedangkan waktu pemberlakuan ganjil genap adalah pada jam-jam sibuk yakni pagi (pukul 07.00 sampai 10.00) dan sore (pukul 16.00 sampai 20.00), nah sedangkan jalan/ rute yang memberlakukan ganjil genap ternyata tidak semua jalan di jakarta bro..tercatat ada 9 wilayah yang memberlakukan sistem ganjil genap ini yakni:
* Simpang Kuningan (kaki mampang arah menteng)
* Simpang Kuningan (kaki gatot subroto arah slipi)
* Blok M (CSW)
* Bundaran Senayan
* Imam Bonjol
* Bundaran HI
* Sarinah
* Bank Indonesia
* Bundaran Patung Kuda
Nah pecinta otomotif yang berencana melewati jalan diatas harus lebih hati-hati pada jam-jam tertentu karena harus mencocokkan plat nomor kendaraan dengan kalender hari tersebut. Jika lewat atau sebelum jam yang dimaksud diatas tidak apa-apa melintas...
Ternyata tidak semua kendaraan terikat dengan aturan ganjil genap ini bro, ada beberapa kendaraan yang boleh melintas kapan saja, jam berapa saja dan dimana saja. Berikut kendaraan yang tidak terkena aturan sistem ganjil genap jakarta:
1. Sepeda Motor, kecuali yang memang motor dilarang melintas (merdeka barat sampai thamrin)
2. Mobil plat kuning (angkutan umum)
3. Mobil Plat merah (Mobil Dinas)
4. Mobil Pejabat Tinggi Negara
5. Angkutan Barang
6. Ambulance
7. Pemadam Kebarakan
8. Presiden, wapres dan pengawal
Pembatasan melintas ini rencananya digunakan untuk masa transisi sebelum pemberlakuan ERP atau sistem jalan berbayar, yakni saat melintasi jalan tertentu di Jakarta mobil harus membayar dengan pulsa melintas, pulsa ini bisa dibeli terlebih dahulu...kemudian saat melintasi jalan dengan sistem ERP maka pulsa secara otomatis akan berkurang. baca tentang ERP di sini
Learn more »

Aturan tentang Batas Kecepatan Kendaraan

Ternyata banyak pemilik mobil/ pengemudi tidak mengetahui aturan tentang batas kecepatan kendaraan (batas kecepatan maksimum berkendara). Padahal sebenarnya pemerintah sudah mengaturnya dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan, dimana kecepatan maksimum kendaraan (saat berkendara) sebenarnya dibedakan berdasarkan kelas jalan.
Bagaimana menentukan kelas jalan dalam kaitannya dengan batas kecepatan saat berkendara? Kelas jalan ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan dan Instruksi Presiden No. 4 Tahun 2013 tentang program aksi keselamatan Jalan
Batas kecepatan tergantung kelas jalan
1. untuk jalan bebas hambatan dengan arus bebas, kecepatan maksimum adalah 100 km/jam. akan tetapi pada jalan bebas hambatan (TOL) ini juga ada batas kecepatan minimum yakni 60 Km/ jam, jadi mobil harus melaju di kecepatan 60-100 km/ jam diluar itu sebenarnya bisa dianggap menyalahi aturan lalu lintas dan bisa dipidana
2. Jalan antar kota, pada jalan nasional atau jalan propinsi yang menghubungkan satu kota dengan kota lain (antar kota), kecepatan maksimum untuk jalan tipe ini adalah 80 km/ jam
3. Jalan Perkotaan, nah jika driver memasuki perkotaan (dalam kota) maka kecepatan maksimum berkendara adalah 50 km/jam, jangan lebih daripada itu.
4. Jalan padat penduduk/ pemukiman/ perkampungan. Jika memasuki daerah yang banyak penduduknya seperti perkampungan maka kecepatan maksimum hanya boleh 30 km/ jam.
Jangan lebihi kecepatan mmaksimum yang dibolehkan
Kita sebenarnya bisa saja memacu mobil dengan kecepatan lebih dari aturan yang berlaku, misalnya di perkotaan bisa dipacu pada kecepatan 70 km/ jam. Akan tetapi hal ini jangan dilakukan karena selain membahayakan kita sendiri juga membahayakan orang lain.
Aturan ini dibuat dengan berbagai pertimbangan seperti frekwensi kecelakaan pada jalan tersebut dengan kecepatan yang dialami, perubahan kondisi jalan, kondisi permukaan jalan, kepadatan pengguna jalan serta usulan masyarakat pada daerah tersebut.
Artinya dalam penetapan batas kecepatan sebenarnya sudah memperhitungkan banyak faktor
Batas kecepatan ditunjukkan oleh rambu
Pada jalan-jalan tertentu batas kecepatan sudah tertulis di rambu-rambu jalan misalanya 60 km/ jam atau 40 KPJ atau 20 KPJ atau yang lainnya, nah pecinta otomotif harus mengikuti aturan itu dan jangan seenaknya sendiri.
Sedangkan pada beberapa jalan masih sangat banyak yang tidak dilengkapi dengan rambu batas kecepatan, akan tetapi pecinta otomotif bisa mengira-ngira sendiri kecepatan maksimum untuk keselamatan dengan melihat kelas jalan yang sedang dilalui, misalnya pecinta otomotif melaju di jalan Tol maka paculah mobil di kecepatan 70 atau 80 km/ jam karena jika dibawah 60 (misal 40 kpj) maka kemungkinan besar bakal tertabrak kendaraan lain yang melaju kendang dari belakang. Pada jalan kampung jangan lebih dari 30 KPJ bisa menabrak anak-anak nih....
Sanksi melanggar batas kecepatan
Jika di luar negri ada kendaraan melaju diluar ambang batas kecepatan maka polisi yang berjaga akan langsung mengejar, berbeda dengan di Indonesia yang mungkin masih belum semaju luar negeri.
Akan tetapi sebenarnya aturan tentang pelanggaran batas kcepatan berkendara ini sudah ada yakni Undang-undang No. 22 Tahun 2009, bahwa pelanggar batas kecepatan bisa dikenakan hukuman penjara maksimum 2 bulan atau denda paling banyak 500 ribu.
Terlepas dari berapa deda atau kurungan, kita sudah seharusnya menepati atiran dan menjaga kondisi lalu lintas agar kita dan orang lain pengguna jalan sama-sama selamat

Learn more »

Cicilan Toyota Calya dibawah 3 Juta/ Bulan

Bulan Agustus 2016 Toyota Calya bakal dilaunching dan produknya bakal tersedia di dealer-dealer Toyota, harga Toyota Calya termurah varian E MT STD adalah Rp. 129,5 juta sedangkan varian E MT dengan rem ABS harganya 132,5 juta rupiah. Harga lengkapnya bisa dibaca di Harga Resmi Toyota Calya
Lantas jika berbicara Cicilan, berapa cicilan Toyota Calya paling murah? atau varian terendah (E MT STD). Beberapa dealer/ sales Toyota sudah mulai merilis besaran cicilan/ bulan dan uang muka mobil ini mulai dari yang terringan.
Informasi dari beberapa dealer Toyota cicilan terendah adalah 2,8 juta rupiah/ bulan "dibawah 3 juta", dengan cicilan terendah ini pembeli akan mendapatkan varian terendah dari Calya, sedangkan DP untuk cicilan ini adalah 27 juta rupiah. Tenor atau jangka waktu pelunasan dengan DP 27 juta dan cicilan 2,8 juta ini adalah 5 tahun atau 60 bulan atau 60 kali cicilan.
Alternatif jika ingin tenor lebih cepat yakni memakai yang 4 tahun atau hanya 48 kali cicilan dengan DP 27 juta (DP sama).
Jika pecinta otomotif ingin mengambil calya matic maka harga akan berbeda karena harga Calya matic paling murah adalah 144,5 juta rupiah. DP untuk Calya matic adalah 31 juta dengan besaran cicilan 3,3 juta dan tenor sampai 5 tahun, sedangkan untuk yang tenor 4 tahun angsurannya 3,7 juta rupiah.
Nah jika gaji kecil maka pecinta otomotif bisa memilih yang pertama yakni varian Calya E MT STD dengan DP 27 juta, angsuran 2,8 juta dan tenor 5 tahun. Ringan bukan?
Menurut admin www.mobilku.org angsuran sebesar itu termasuk murah jika dibandingkan dengan meminjam uang di bank, karena admin mobilku pernah meminjam uang di bank dengan jumlah pinjaman 40 juta rupiah diangsur 5 tahun angsuran perbulan 1,2 juta rupiah. Jadi setelah dihitung selama 5 tahun admin wajib mengembalikan 80 juta rupiah atau bunganya 100% dari pinjaman admin.
Jika membeli Calya dengan patokan di atas maka pinjaman adalah 129,5 (harga mobil) - 27 (uang muka) = 102,5
Total angsuran selama 5 tahun adalah 168 juta rupiah, jika meminjam uang di bank bisa jadi totalnya 2 kali 102 juta yakni harus mengembalikan sejumlah 204 juta rupiah.... Nah lebih murah dari bank kan?
Lantas bagaimana angsuran Daihatsu Sigra yang harganya relatif lebih murah yakni mulai 106 juta rupiah? tentunya angsurannya jauh lebih murah daripada calya... perkiraan kami angsurannya sebesar 2,1 juta selama 5 tahun dengan DP 27 juta rupiah.
Untuk harga pasti silahkan mengunjungi dealer mobil Toyota dan Daihatsu di kota masing-masing, mungkin harga di kota luar jakarta agak berbeda karena dari harga mobil memang lebih mahal di luar jakarta akibat biaya distribusi (pengangkutan) dan administrasi perdagangan antar daerah
Berikut daftar harga Daihatsu Sigra semua varian
Learn more »

Waow Harga Daihatsu Sigra mulai 106 Juta, sangat Murah

Setelah 3 hari lalu kita dihebohkan dengan banyaknya pengiriman Daihatsu Sigra ke dealer di wilayah Jakarta dan sekitarnya, ternyata rincian harga Daihatsu Sigra juga sudah keluar bersamaan dengan pengiriman mobil-mobil tersebut.
Pecinta otomotif bisa memesan Daihatsu Sigra dengan mendatangi Dealer Daihatsu di kota masing masing, meskipun untuk mobilnya mungkin saat ini masih di dealer sekitar Jakarta yang sudah dikirim akan tetapi dalam beberapa minggu ini kemungkinan besar mobil ini sudah didistribusikan ke seluruh dealer daihatsu di Pulau Jawa Sumatra dan Kalimantan.
Lantas berapa harga Daihatsu Sigra?
Menurut sumber Dealer Daihatsu jika Harganya mulai 106,6 juta rupiah untuk varian termurahnya, sedangkan varian termahalnya adalah 148,9 juta. Mengapa selisihnya sangat jauh antara varian termurah dan termahal, karena mobil ini memakai 2 pilihan mesin yakni 1000 cc dan 1200 cc, untuk varian 1200 cc harga termurahnya adalah 126,4 juta rupiah.
Daihatsu Sigra tersedia dalam 4 tipe yakni tipe D, M, X, R. Sedangkan sistem transmisi ada yang memakai transmisi matic dan juga manual, berikut adalah daftar harga berbagai tipe Daihatsu Sigra:
Daihatsu Sigra 1.0 D MT: Rp. 106,6 Juta
Daihatsu Sigra 1.0 M MT: Rp. 115,5 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 X MT: Rp. 126,4 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 X MT: DLX: Rp. 131,9 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 X AT: Rp. 139,2 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 X AT: DLX Rp. 144,7 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 R MT: Rp. 132,3 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 R MT: DLX Rp. 136,1 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 R AT: Rp. 145,1 Juta
Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLX: Rp. 148,9 Juta
Ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra bisa dibaca pada artikel sebelumnya
Harga Daihatsu Sigra diatas adalah harga on the road DKI Jakarta, untuk harga di daerah di luar Jakarta biasanya ada perbedaan sekitar 5-7 jutaan (pulau jawa), hal ini dikarenakan ada biaya transportasi dan pajak perdagangan antar daerah.
Waow banget kan sob, jika harga mobil MPV murah ini mulai 106 juta rupiah?
Learn more »

Ini Spesifikasi Renault Kwid, Eksterior, Interior, Mesin dan Harga

Renault Kwid adalah mobil Crossover berkelas eropa akan tetapi harga bersahabat, mobil ini memadukan antara kepraktisan City Car dengan kemampuan SUV sehingga menghasilkan mobil berjenis Crossover atau juga disebut Micro SUV.
Kwid selama ini menjadi mobil yang sangat laris di India (negeri kelahiran Kwid), diproduksi oleh pabrikan eropa yang membuka fasilitas produksi di asia untuk menyesuaikan dengan selera pasar Asia.
Renault Kwid membawa kualitas dari renault akan tetapi juga memenuhi espektasi sebagai mobil orang asia dengan dimensi yang kecil, karakter mobil tangguh dan lincah, sedangkan yang tak kalah penting adalah harga mobil sangat terjangkau oleh masyarakat Asia dengan daya beli tidak terlalu tinggi.
Harga Renault Kwid di negara tempat produksinya (India) hanya dibawah 100 juta rupiah. Harga mobil yang murah dan minat yang tinggi atas mobil multifungsi inilah yang membuat Renault bertekad membawa mobil ini sebagai salah satu line up renault di Indonesia.
Trend masyarakat Indonesia yang mulai menyukai mobil berkarakter SUV (crossover) dengan dimensi tidak terlalu besar untuk menembus perkotaan, sedangkan mesinnya juga cukup tangguh untuk melibas track pedesaan yang ditunjang dengan desain ergonomis untuk melewati jalan offroad ringan.
Rencananya Renault Kwid bakal masuk Indonesia pada 3 bulan terakhir tahun ini (Oktober sampai Desember) Renault Kwid sudah bisa dibeli. Sedangkan launchingnya kemungkinan besar dilakukan di GIIAS 2016 yang berlangsung mulai 2 Agustus sampai 11 Agustus 2016 di Jakarta.
Mengenai harganya sampai artikel ini ditulis masih belum ada pemberitahuan resmi dari Renault Indonesia (masih dihitung), sementara banyak yang memperkirakan harga Renault Kwid ini sekitar 150 jutaan (harga sudah di update yakni dijual seharga 117 juta, baca di akhir artikel)... termasuk murah untuk mobil sekelas Crossover asal Eropa.
Spesifikasi Renault Kwid
Renault Kwid memakai mesin berkapasitas 1000 cc dengan kemampuan mengeluarkan power sampai 67 Hp sedangkan Torsi maksimum Kwid ini mendekati 100 Nm. Secara hitung-hitungan kemampuan mesin tidak berbeda signifikan dengan Agya/ Ayla...akan tetapi Nuansa Crossover pada mobil ini yang membedakannya, desain mobil juga sangat berpengaruh terhadap kemampuannya Ground clearance Renault Kwid setinggi 180 mm ini hampir setara dengan mobil-mobil SUV, yang cukup untuk menaklukkan jalan offroad ringan (light offroad) seperti jalan tanah, berbatu kecil, berpasir, basah, naik turun, bergelombang, lain-lain.
Dimensi Eksterior Renault Kwid
Panjang: 3679 mm
Lebar: 1579 mm
Tinggi: 1478 mm
Ground Clearance: 180 mm
Jarak sumbu roda: 2422 mm
Berat kosong: 669 Kg
tangki bahan bakar: 28 liter
kapasitas penumpang: 4 orang ideal, 5 orang maksimal
Spesifikasi Mesin Renault Kwid
Bahan bakar: Bensin
Kapasitas mesin: 1000 cc
Teknologi mesin: DOHC dan SCe (Smart Control Efficiency)
Jumlah silinder: 4 buah
Jumlah katup: 16 katup
Tenaga maksimum : 65 sampai 67 Hp
Torsi maksimum: hampir 100 nm
Sitem transmisi: manual 5 kecepatan
Konsumsi BBM: 1:20 atau lebih irit, di India tercatat 1:23 untuk jalan bebas hambatan
Nah dari pesifikasi mesin terlihat bahwa mobil ini memakai mesin dengan jumlah silinder 4, jadi berbeda dengan kebanyakans mobil 1000 cc di Indonesia yang hanya memakai 3 silinder saja (lebih stabil yang 4 silinder).
Fitur Renault Kwid
- Digital Instrument Cluster
- AC
- Power Window
- Monitor layar sentuh dengan koneksi bluetooth, AUX dan USB cable
- Spion elektrik
- Dual SRS Airbags (untuk varian tertinggi)
Kelebihan dan Kekurangan Renault Kwid
Kelebihan
Kelebihan mobil ini paling menyolok adalah diproduksi oleh pabrikan eropa yang sangat menjaga kualitasnya: keselamatan dan kenyamanan.
Mobil ini meskipun bermesin kecil akan tetapi memiliki karakter SUV sehingga akan bersaing dengan mobil dengan kelas yang berbeda misalnya Toyota Rush, Honda BRV atau bahkan prediksi kami Renault Kwid juga bisa mengambil pasar dari honda HR-V dengan harga yang jauh lebih mahal. Mengapa? karena kualitas dan fitur yang dibawanya memang bisa bersaing
Kelemahan
sementara kelemahan mobil ini ada pada jaringan aftersales yang masih terbatas, www.mobilku.org belum mengetahui kebijakan selanjutnya apakah renault akan menambah gerai/ dealer/ bengkel renault. Akan tetapi jika ingin sukses seharusnya renault juga membuat jaringan yang kuat terutama di pelayanan service dan suku cadang mengingat saat ini masih dirasa kurang merata.
Renault milik Nissan
Akan tetapi mungkin kelemahan tersebut akan diatasi dengan ikut campurnya Nissan pada sistem pemasaran mobil ini mengingat Renault sebenarnya sudah diakuisisi oleh Nissan. Bisa jadi dealernya jadi satu dengan dealer Nissan seperti jaringan pemasaran Datsun Go + yang mendompleng di Dealer Nissan karena Datsun juga pabrik milik Nissan.
Apakah Renault Kwid ini juga akan mendompleng dealer Nissan seperti halnya Datsun? jika iya maka ini akan jadi persaingan mobil yang sangat pantas (seru) antara Toyota, Honda, Nissan+Datsun+Renault dan Suzuki
Kita tunggu saja pelaksanaan GIIAS, setelah itu www.mobilku.org akan mengupdate harga dan hal-hal lain yang perlu dipupdate.

Update terbaru:
Harga Renault Kwid On The Road adalah 117,7 Juta Rupiah
Dealer: Dealer Renault
Nah pecinta mobilku.org bisa memboyong mobil murah nan tangguh ini dengan harga yang sangat bersaing kan, hanya 117 jutaan mungkin untuk kota lain berbeda ya karena ada biaya pengiriman, ya berbeda 5-7 juta
Pecinta mobilku.org juga tak perlu khawatir karena sebagai mobil eropa mereka biasanya sangat bertanggungjawab dengan produk yang dijualnya termasuk ketersediaan sparepart dan service, terlebih saat ini renault sudah dimiliki oleh nissan
Learn more »