Pengalaman mengganti Ban di Dealer Resmi Ban

Tadi padi admin www.mobilku.org mengganti salah satu ban mobil kesayangan yakni Suzuki Katana, penyebab ganti ban adalah salah satu ban dalam kondisi retak sehingga menurut admin mobilku.org ban tersebut sudah tidak mungkin lagi dipakai... ban retak memiliki resiko meledak sewaktu-waktu, pagi gajian langsung uangnya buat beli ban :-)
Nah kebetulan mobil katana ini memakai ban merk Bridgestone tepatnya Bridgestone Dueller HT D 687 205 70 SR15, saya ceritain mulai awal ya...biar jadi pengalaman rekan-rekan pembaca..
Saya pilih dealer resmi bridgestone dengan harapan mendapatkan ban asli bukan tembakan/ palsu, masak dealer resmi mau ban palsu kan gak mungkin :-), di kota malang terdapat 4 dealer resmi brigestone dan saya pilih salah satunya (tidak sebut nama dealer, ntar dikira promosi).
Setelah mencari alamat yang tertera di website resminya brigestone, akhirnya ketemu dealernya dan langsung mobil saya masukkan di depan toko ban tersebut. Ditanya sama mekaniknya mau apa mas? mau ganti ban jawabku.. oh iya silahkan masuk sini (dipandu parkir).
Singkat kata saya mau beli ban seperti ini (seperti ban yang lainnya di ke 4 banku yang lain), oh iya jawabnya bisa...tiba-tiba ada cewek keluar tanya ganti ban apa? lalu dijelasin sama mekaniknya ban Dueller HT D 687 205 70 SR15... lalu cewek tersebut masuk mencari daftar harga ban dan keluar lagi...lalu bilang ke saya harganya 970 ribu,,, wah mahal amat (jawabku),,,secara aq sendiri gak tau harganya berapa :-) pokoknya aq bilang mahal aja pura2 kaget :-(
Ya deh potong 20 ribu katanya,,, waduh pikirku harganya bisa turun, kesempatan aku turunin lagi bisa nih, pikirku....yaudah sambil pura2 pasang mimik kemahalan... biasanya 700 ribuan mbak? wah ya gak boleh kalau segitu kata si mbaknya..
lalu mbaknya masuk lagi, tiba-tiba si mekanik bilang coba langsung ke pemiliknya itu pemiliknya yang make baju batik loreng, oh iya kataku.... nah singkat kata aku tanya ke pemiliknya, lalu pemiliknya masuk lihat harga lalu keluar nilang ke aq kalau harga aslinya 920 ribu dan aq dikorting 20 ribu jadi 900 ribu aja :-) "wah sippp dah pikirku", yaudah itu sekalian pasang ya pak? iya sekalian pasang.... tooo pasangkan ban tooo katanya :-)
akhirnya dipasanglah ban tersebut dan aku bayar... lalu mekaniknya bilang mau dikasih tekanan ban berapa? apa 35 Psi? ... lalu aku jawab wahh jangan, kasih aja 27 Psi...maklum tekanan ban katana gak boleh tinggi-tinggi, di buku manualnya aja cuma 23 Psi.
Nah dari pengalaman tadi dapat disimpulkan bahwa:
1. belilah di dealer resmi ban untuk menghindari ban palsu
2. di dealer resmi ternyata harga bisa ditawar
3. harga di dealer resmi lebih murah, aku hanya bayar 900 ribu sedangkan kalau di toko lain harganya bervariasi bisa 1,2 juta sampai 1,4 juta? wah jauh lebih mahal ya.... itupun belum jaminan ban asli
4. Peralatan yang dipakai standar bagus sehingga pengerjaan lebih cepat dan akurat, gak sampe 10 menit udah selesai bagus :-)

ok sekian dulu pengalaman ganti ban tadi ya,,semoga menjadi masukan buat rekan2 pembaca www.mobilku.org

0 comments: