Spesifikasi Suzuki Jimny/ Katana/ SJ410

Suzuki SJ40 atau Suzuki Jimny (1983-1988) atau Suzuki Jimny Katana (keluar 1988 sampai 2003) sebenarnya memakai mesin yang sama yakni mesin bensin 1000 cc bertenaga 50 Hp dengan rasio kompresi 8,8:1. Mesin ini juga dipakai pada Suzuki Carry 1.0 yang populer tahun 90an dan banyak dipakai untuk angkot di kota-kota besar seluruh Indonesia.
Nah untuk sparepart mesin Suzuki Jimny atau Jimny Katana ini cukup mudah didapatkan karena bersamaan dengan angkot dan Suzuki Carry, mulai yang kualitas orisinal sampai KW pun banyak tersedia.
Suzuki katana sebenarnya adalah Suzuki Jimny juga akan tetapi varian yang lebih muda atau biasa disebut Suzuki Jimny Katana dengan model eksterior dan interior yang hampir sama... perbedaan yang mencolok adalah pada sistem penggerak dimana Suzuki Jimny keluaran 1983 sampai 1988 menggunakan penggerak 4 roda sedangkan Jimny Katana (1988-2003) memakai penggerak hanya 2 roda yakni roda belakang.
Kedua mobil ini sama-sama memiliki kelebihan dalam hal melewati tanjakan, mobil yang masuk kategori mobil SUV Mini ini memiliki kelebihan pada torsi yang besar sehingga mampu menanjak dengan baik, perbedaan dengan suzuki carry adalah pada gear rasio sehingga di tanjakan Katana/ Jimny lebih baik daripada Suzuki Carry yang notabene mesinnya sama 4 silinder SOHC berbahan bakar premium.
Untuk pecinta speed kayaknya mobil ini kurang cocok ya, cocoknya untuk pecinta trabas :-) ataau offroad atau yang memiliki rumah di pedesaan dengan kontur jalan sedikit rusak.
Nah berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Jimny/ Katana
Mesin
Type: F10A SOHC)
Cylinders: 4
Bore: 65.5mm
Stroke: 72.0mm
Displacement: 970cc
Compression ratio: 8.8:1
Dimensi (dalam mm)
Overall Length: SJ410/Q 3430mm (135.0), SJ410V 3440mm (135.4)
Overall Width: 1460 (57.5)
Overall Height : 1680 (66.1)
Wheelbase: 2030 (79.9)
Track – Front: 1210mm (47.6)
Track – Rear: 1220mm (48.0)
Ground Clearance: 230mm (9.1)
Berat
Kerb Mass: SJ410/sj410Q
2 passenger – 850kg (1874lbs)
4 passenger 860kg (1896lbs) SJ410V
Gross Vehicle Mass: 1250kg (2756lbs)
Gross Axle Mass – Front: 440kg (970lbs)
Gross Axle Mass – Rear:
SJ410/Q
2 passenger:410kg (904lbs)
4 passenger:420kg (926lbs)
SJ410V
2 passenger:440kg (970lbs)
4 passenger: 450kg (992lbs)
Towing Capacity – Braked Trailer: -
Towing Capacity – Unbraked Trailer: -
Kelistrikan
Ignition Timing: 10 degrees BTDC
BBM: 85 Octane (RON), nah bisa minum premium kan :-)
Spark Plug:
NGK BPR5ES
Gap is 0.7-0.8mm (.028-0.031)
Battery: 12V 40AH
Headlight:12V 45/40W
Turn Signal – Front: 12V 21W
Turn Signal – Rear: 12V 21W
Turn Signal – Side: 12V 5W
Clearance Light: 12V 5W
Tail/Brake Light: 12V 5/21W
Number Plate Light: 12V 5W
Reversing Light: 12V 21W
Interior Light: 12V 5W
Meter Pilot Light: 12V 3.4W
Brake Warning Light: 12V 3.4W
Parking Brake Indicator Light: 12V 3.4W
Rear Fog Light: 12C 21W
Hi-Level Stop Light: tidak didefinisikan
WHEEL
Tyre size – F&R: 195R15
Tyre Pressure – Font: 20 psi
Tyre Pressure – rear: 20/26 psi
STEERING
Toe In: 4 +/- 2mm (0.08-0.24in)*
Camber Angle: 1 deg 0 mins
Caster Angle: 2 deg 0 mins
CAPACITIES
Coolant: 3.8L (6.7 Imp gal)
Fuel Tank: 40L (8.8 Imp gal)
Engine Oil: 3.2L (5.6 Imp pt)
10W40 above -20C
Transmission: Oil (M/T) 1.0L (1.76 Imp pt)
SAE90 or 75W80
Diff Gear Oil – Front: 1.3L (2.3 Imp pt)
SAE 90
Diff Gear Oil – Rear: 1.3L (2.3 Imp pt) SAE 90
Transfer Case Oil: 0.7L (1.2 Imp pt) SAE 90
Sebagai catatan bahwa mobil ini berhenti dijual/ discontinyu pada tahun 2003 ketika kebijakan EURO 2 diberlakukan di Indonesia, euro 2 standar emisi gas buang... Akan tetapi tidak masalah sebenarnya kita memakai mobil ini, orang kalau mesinnya bagus masih keluar air saat dipanasi dan tidak ada asap yang terlihat keluar kok.....
Mobil ini baik Suzuki Jimny atau Jimny katana masih sangat digemari, mungkin ini termasuk mobil Hobby tapi murah dalam pemeliharaan, bisa mengkonsumsi Premium dan juga handal untuk jalanan offroad.
Ntar admin posting lagi perjalanan memakai mobil ini ya, kira-kira minggu depan mau touring eh memancing ke pantai selatan kota malang memakai mobil ini... Jimny Katana

0 comments: