Feature news

Penyebab Jumlah Motor di Indonesia hampir 100 Juta Unit

Indonesia menjadi negara dengan jumlah penjualan kendaraan rada dua atau motor terbanyak ke 3 di dunia setelah China dan India, tak heran dengan populasi kendaraan sebanyak itu kemacetan terjadi dimana-mana. Tak hanya di Jakarta dan Surabaya bahkan kemacetan sampai kota-kota kecil seperti Malang, Bogor, Pasuran terutama pada jam-jam tertentu misal pagi atau siang.
Lalu berapa jumlah kendaraan bermotor roda dua atau Motor di Indonesia? menurut Sigit Kumala selaku Kabid Komersial AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) bahwa populasi kendaraan bermotor roda dua yang ada di Indonesia mencapai 95 juta unit lebih, sementara pertumbuhan tiap tahunnya mencapai 12%, sedangkan penjualan sepeda motor di Indonesia tiap tahunnya mencapai 6,5 juta unit (tahun lalu), diperkirakan tahu ini mengalami penurunan akan tetapi masih di kisaran 6,1 juta unit. Bahkan di tahun 2014 penjualan motor mencapai 7,7 juta unit sangat luar biasa.
Jumlah ini merupakan hal yang sangat luar biasa, Indonesia jadi negara dengan penjualan motor terbanyak di Asean dan ketiga di Dunia dibawah China dan India, wajar saja karena jumlah penduduk kedua negara tersebut mencapai 1 Milyar orang atau 4 kali penduduk Indonesia.
Menurut www.mobilku.org masyarakat tidak bisa disalahkan atas menjamurnya sepeda motor ini, karena di sisi lain pemerintah gagal dalam membangun fasilitas transportasi umum. Jika kita melihat negara-negara maju atau negara di eropa mengapa disana penduduknya relatif tidak suka memakai motor dan lebih memilih memakai train/ monorail/ bus kota/ transportasi publik lainnya, karena di sana Transportasi publik sudah sangat maju, nyaman, murah dan menjangkau sampai tempat-tempat terpencil berbeda dengan di Indonesia.
Sedangkan di negara seperti Indonesia dimana fasilitas transportasi umum sangat jelek maka kita dihadapkan pada pilihan antara mobil dan motor pribadi untuk daerah perkotaaan, Nah berikut ini alasan mengapa orang indonesia lebih memilih motor daripada mobil:
1. Lebih murah, jelas harga beli motor lebih murah daripada mobil, bahkan dengan cara kredit calon pembeli motor bisa membawa pulang motor tanpa uang muka sepeserpun
2. Hemat BBM, dibanding mobil mengendarai motor bisa hemat bahan bakar sampai 1/6 dari mobil, misal jika memakai mobil menghabiskan uang 120 ribu maka dengan memakai motor hanya menghabiskan uang 20 ribu untuk membeli BBM. Nah lebih murah bukan, apa lagi penduduk Indonesia miskin-miskin seperti admin mobilku.org yang juga kebanyakan lebih suka memakai motor daripada mobil :-D
3. Mudah diperbaiki, biaya perawatan lebih murah
Jika dibandingkan dengan mobil memperbaiki motor relatif lebih gampang, dan untuk sparepartnya juga jauh lebih murah sehingga biaya perawatan atau maintenance motor juga murah
4. Sampai tujuan lebih cepat, nah ini khusus untuk daerah macet maka memakai motor jauh cepat daripada mobil meskipun admin mobilku.org saat macet lebih memilih mengayuh sepeda pancal (sepeda) untuk menembus kemacetan. Karena sepeda bisa melewati trotoar, bisa diangkat melewati porta, menyeberang jalan, melawan arus dan lain sebagainya karena sejatinya pesepeda dianggap sebagai pejalan kaki :-)
Learn more »

Toyota Avanza Transmover keluar dengan harga murah

Toyota sudah bersiap dengan produk terbarunya yakni Avanza Transmover, mobil avanza yang memakai mesin berkapasitas 1300 cc ini diperuntukkan untuk kendaraan komersial seperti armada taksi atau travel. Nah cocok nih bagi pecinta otomotif yang ingin menggeluti dunia mobil komersial (taksi online, armada taksi, travel atau yang lain sebagainya), yang jelas avanza satu ini memang dikhususkan untuk kendaraan komersial berplat nomor warna kuning.
Untuk yang konsumen yang berencana memakainya untuk keperluan pribadi dengan plat hitam harus mengurungkan niatnya ya, karena mobil Avanza Transmover diperuntukkan untuk armada taksi maka beberapa fiturnya juga dikurangi (speknya dibuat lebih rendah) agar harga jualnya lebih murah.
Apakah Toyota Avanza Transmover boleh dijadikan taksi online? menurut aturan minimum kapasitas mesin untuk kendaraan taksi adalah 1300 cc jadi Avanza Transmover diperbolehkan digunakan untuk taksi online, hal ini berbeda dengan Toyota Calya atau Daihatsu Sigra yang bermesin 1200 cc yang kini terkendala aturan jika mau dijadikan armada taksi.
Menurut tanda pendaftaran tipe di Kemenperin, Avanza Transmover memakai mesin 1300 cc dengan transmisi manual 5 percepatan, memakai penggerak roda belakang. Sampai saat ini masih belum ada gambar mobil ini, harganya juga belum diketahui sementara fitur-fitur apa saja yang dimiliki juga masih menjadi tanda tanya.
ilustrasi taksi avanza
Rencananya Avanza Transmover ini bakal diumumkan secara resmi setelah launching Yaris terbaru pada bulan ini (November 2016), prediksi www.mobilku.org bentuknya tidak jauh beda dengan avanza 1300 cc yang ada di pasaran akan tetapi spesifikasinya dibuat lebih rendah lagi.
Lalu apakah kuat dipakai di jalanan rusak/ menanjak? tenang saja karena avanza 1300 cc cukup tangguh kok di tanjakan bahkan bisa bersaing dengan avanza 1500 cc meskipun tenaganya lebih kecil, hal ini disebabkan karena gear rasio avanza 1300 cc lebih besar, ibarat sepeda motor jika gir belakang lebih besar maka dia juga kuat menanjak
Learn more »

Adik Gran Max segera keluar, Ini Wujudnya!

Kabar terbaru dari dunia otomotif yang menyebutkan Daihatsu bakal mengeluarkan mobil baru yang disebut adik dari si Gran Max, penampakan adik dari Gran Max tersebut berhasil dijepret oleh salah seorang pengendara mobil di Daerah Jakarta. Setelah coba dikonfirmasi, pihak Astra Daihatsu Motor tidak mengelak akan hadirnya mobil baru dengan spek yang lebih rendah dari Gran Max.
Terlihat dimensi adik gran max ini lebih kecil, perbedaan juga nampak pada desain kaca depan yang lebih berbentuk kotak dan lebih tegak, desain grill dan Head lamp juga nampak lebih kaku dari Granmax.
Jika dilihat sekilas mobil ini memiliki desain lebih kecil dan desain yang lebih kaku dari gran max, rencananya mobil yang akan menyasar konsumen kelas bawah atau daerah pedesaan ini bakal dijual dengan harga dibawah 100 juta. Mobil ini memang bukan mengejak kenyamanan atau kemewahan melainkan mengejar harga jual yang murah dan digunakan untuk membawa barang.
Jika dilihat dari desain muka Adik Gran Max ini terlihat sangat mirip dengan Daihatsu Hijet yang beredar di Jepang (lihat saja bentuk lampu depannya dan desain kaca depannya), hijet memang pernah beredar di Indonesia tahun 80 an atau sekitar 30 tahun lalu. Apakah ini pertanda ADM (Astra Daihatsu Motor) berencana menghidupkan kembali Hijet di Indonesia?
Belum jelas nanti diberi nama apa adik gran max ini, yang jelas dia masuk dalam kategori mobil niaga/ pick up untuk mengangkut barang (bukan orang), lalu apakah ada hubungannya dengan program pemerintah tentang mobil pedesaan?
Daihatsu Hijet
Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab karena keluarnya mobil baru ini masih sangat terselubung, akan tetapi banyak pihak yang mengatakan bahwa produk baru adik Gran Max ini akan dikeluarkan Daihatsu tahun 2017 mendatang dengan harga yang sangat bersaing yakni dibawah 100 jutaan
www.mobilku.org akan mengupdate terus informasi seputar adik Gran Max ini dan mengabarkan jika ada informasi lagi
Learn more »

Manfaat Cuka untuk Mobil Anda

Cuka atau Asam Cuka adalah bumbu dapur untuk memberi rasa asam pada makanan, cuka ini berbentuk cairan/ zat cair yang biasanya ada di dapur, atau jika beli di toko kelontong harganya murah antara 1000 sampai 4000 rupiah saja.
Tahukan pecinta mobilku.org kalau ternyata cuka juga banyak manfaatnya untuk perawatan mobil antara lain membersihkan interior mobil akibat noda, membersihkan jok mobil, menghilangkan bau tak sedap pada kabin dan lain sebagainya. Nah berikut ini manfaat cuka/ asam cuka yang bisa digunakan pada mobil pecinta otomotif:
1. Menghilangkan bau tidak sedap pada kabin
Bau tak sedap pada kabin mobil memang bisa dihilangkan dengan cara memakai parfum mobil, akan tetapi menurut mobilku.org hal ini kurang tepat karena dengan parfum sebenarnya bukan menghilangkan bau tak sedap akan tetapi memberi bau harusm yang lebih menyengat agar bau tak sedap tersebut tidak terasa (padahal aslinya masih ada), terlebih parfum mobil juga akan menyebabkan masalah tersendiri pada kesehatan jika dihisap paru=paru dalam waktu yang cukup lama.
Nah alternatif menghilangkan bau tak sedap ini adalah dengan menggunakan cuka, caranya adalah ambil 1 gelas cuka (tempatkan pada gelas/ cangkir) lalu letakkan di dalam kabin mobil pada saat malam hari, setelah itu pada pagi hari bau tak sedap tersebut sudah hilang. Dalam waktu semalam cuka akan membersihkan bau tak sedap dalam kabin mobil
2. Menghilangkan bekas mencopot sticker
Cuka bisa dipakai untuk mencopot sticker, caranya adalah dengan membasahi sticker dengan cuka sebelum sticker ditarik. Usahakan cuka bisa meresap ke dalam lem sebelum dicopot, nah saat menarik (mencopot) melalui ujung sticker sambil ditarik perlahan sambil diberi tetesan cuka agar lebih mudah mencopotnya.
Mencopot sticker juga bisa memakai minyak kayu putih, caranya sama dengan memakai cuka.
Cuka ini juga bisa dipakai untuk membersihkan bekas sticker yang membandel, caranya adalah tetesi lem bekas sticker lalu ratakan dengan jari, tunggu 3-5 menit lalu gosok dengan kain agar bekas sticker hilang
3. Membersihkan velg dan komponen krom
Velg mobil bisa kusam karena kotoran yang menempel, nah untuk membersihkannya gunakan kain yang sudah dibasahi dengan cuka, gosok pada velg yang kusam tadi sampai velg kembali bersih (tidak pucat). Selain velg berbahan alloy, air cuka juga bisa digunakan untuk mengkilapkan krom seperti pada grill dan lain sebagainya
4. Membersihkan noda pada dashboard
Seringkali kotoran pada dashboard meninggalkan noda, jika ini terjadi gunakan cuka untuk membersihkannya. Caranya campur cuka dengan air dengan perbandingan 1:1 kemudian celupkan kain ke campuran cuka dan air tersebut lalu gunakan untuk mengelap noda pada dashboard mobil. Mudah bukan, tidak perlu beli interior cleaner atau sabun bayi, cukup pakai peralatan dapur
5. Membersihkan noda tinta pada Jok berbahan kain
Cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada jok berbahan kain, bahkan noda tinta pada jok berbahan kain bisa dibersihkan memakai cuka ini. Untuk membersihkan Noda Tinta, caranya campurkan dua sendok teh cuka dengan 1 sendok makan sabun pencuci piring, ambil kain dan celupkan ke dalam campuran sabun pencuci piring dan cuka tersebut, celupkan kain dan gunakan untuk menggosok noda. Diamkan 10 menit lalu bersihkan noda pada jok dengan air bersih dan lap kain bersih. Ulangi 2-3 kali sampai noda benar-benar terangkat
6. Membersihkan karpet mobil
Gunakan campuran cuka dengan air dengan perbandingan 1:1, campuran ini untuk membersihkan noda/ kotoran pada karpet mobil
7. Membersihkan karet wiper
Air + cuka bisa juga dipakai untuk membersihkan wiper/ karet wiper, selain berfungsi untuk membersihkan kabarnya cuka juga bisa mengembalikan elastisitas karet wiper
8. Membersihkan kotoran burung
Mobil terkena kotoran burung? sering apa lagi kalau berpergian ke desa atau wilayah pinggiran kota atau ke dekat hutan. Nah kotoran burung ini kalau tidak segera dibersihkan bisa menjadi keras dan sulit dipersihkannya, jika pecinta mobilku.org mendapati kotoran burung yang sulit dibersihkan dengan air biasa maka tetesi aja dengan cuka dan tunggu 3-5 menit lalu lap dengan kain
Learn more »

Toyota Yaris Terbaru Heykers bernuansa Crossover/ SUV Ringan

Toyota kembali mengeluarkan varian yaris terbaru "Yaris Heykers" pada 3 November 2016, uniknya Toyota Yaris yang selama bertahun-tahun dikenal sebagai mobil City Car kelas medium kini berubah menjadi mobil Crossover atau SUV ringan melalui varian terbarunya ini, dengan desain yang terlihat tangguh dan modern Yaris Heykers juga ditinggikan Ground Clearancenya (jarak pijak terendah dari tanah) menjadi 184 mm dimana yaris varian lainnya hanya berkisar di angka 135-140 mm. Perubahan Ground Clearance ini sangat menentukan apakah sebuah mobil diperuntuukan di jalanan perkotaan atau jalanan tanah atau light offroad.
Ground Clearance Yaris Heykers naik jadi 184 mm
Pada Yaris varian lain Ground Clearance hanya 135 mm sampai 140 mm maka jelas diperuntukkan di jalanan perkotaan yang halus, ground clearance rendah memiliki keuntungan lebih stabil di jalanan aspal, stabil saat melaju pada kecepatan tinggi di jalan aspal dan memiliki center of gravity yang bagus serta aerodinamis yang bagus. Akan tetapi kekurangannya tidak bisa melewati jalanan dengan rintangan yang cukup berat misalnya jalanan berbatu sedikit besar, jalanan berlubang sedikit dalam, jalanan bergelombang/ rusak, jalan offroad ringan dan lain sebagainya (kondisi jalan sedikit rusak).
Nah sementara mobil dengan ground clearance lebih tinggi sangat bagus saat melewati gundukan tanah, polisi tidur yang tinggi, jalan yang berbatu, jalanan pedesaan dengan aspal yang rusak, jalanan tanah dan lain sebagainya. Akan tetapi juga sebaliknya Ground Clearance tinggi lebih tidak stabil (mudah bergoyang) akibat center of gravity yang buruk, ground clearance tinggi juga mudah limbung saat kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan karena terpaan angin yang lebih besar disisi lain kerja suspensi dipaksa lebih berat. Oleh karena itu mengapa banyak mobil SUV suspensinya diperkeras (tidak empuk saat dinaiki), karena jika dibuat empuk maka dia menjadi sangat limbung saat melaju (karena bodynya tinggi)
Mesin dan Spesifikasi yang dipakai Toyota Yaris Heykers
Toyota Yaris Heykers memakai mesin 1500 cc Dual VVT-i dan DOHC, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 109 Bhp yang kemungkinan untuk tenaga mobil sendiri berkisar di 107-108 Hp. Mirip dengan mesin toyota sienta akan tetapi kemungkinan untuk final gear dibuat berbeda karena peruntukan mobilnya juga berbeda.
Final gear ini sangat menentukan kemampuan mobil, meskipun memakai mesin yang sama akan tetapi dengan konfigurasi final gear berbeda bisa membuat kemampuan mobil sangat berbeda.. Jika di motor final gear ini ibarat komparasi gir depan dan belakang, jika gir belakang bertambah besar dan dir depan bertambah kecil maka kendaraan akan kuat menanjak tapi top speed berkurang, sebaliknya jika gir depan dibuat lebih besar dan gir belakang dibuat lebih kecil dari standarnya maka mobil akan kurang baik dalam hal tanjakan tapi memiliki top speed yang tinggi. Biasanya mobil jenis SUV atau Light SUV atau Crossover memiliki Rasio final gear yang lebih besar (perbandingan gigi belakang dan depan lebih besar) dibanding mobil jenis MPV atau City Car atau Sedan, nah kalau Final gear Yaris Heykers lebih besar itu artinya mobil ini memiliki kemampuan melewati tanjakan untuk ke pegunungan dengan kontur jalan sedikit rusak.
Mobil bertanaga 107-108 Hp ini setara dengan tenaganya avanza 1500 cc akan tetapi menjadi berbeda jika bobot mobil berbeda, Yaris ini lebih kecil dan lebih ringan dari Avanza/ Sienta sehingga mesinnya juga jadi lebih enteng dibanding avanza/ Sienta alhasil mobil lebih mampu berakselerasi ataupun menanjak dibanding mobil dengan mesin yang sama akan tetapi bobotnya lebih berat.
Sistem penggerak yang dipakai Toyota Yaris Heykers ini memakai FD atau penggerak roda depan, memiliki keunggulan lebih efisien dibanding penggerak roda belakang akan tetapi tidak setangguh mobil penggerak roda belakang dalam hal tanjakan, akan tetapi untuk tanjakan ringan dan offroad ringan penggerak depan juga tidak masalah
Sistem transmisi yag dipakai Yaris Heykers ini adalah CVT atau Transmisi Otomatis yang lebih nyaman dipakai daripada transmisi manual, meskipun menurut sebagian orang transmisi matic cocoknya diperkotaan dan kurang bisa mengekspresikan cara mengemudi yang diinginkan apa lagi di jalanan pegunungan yang penuh tanjakan, hal ini bukan masalah karena peruntukan yaris heykers ini adalah mobil urban yang maksimal hanya untuk jalanan offroad ringan saja, dipakai di pinggiran kota bisa untuk ke kota dan juga bisa untuk berjalan-jalan di pedesaan sepanjang bukan offroad berat (lumpur dan lain sebagainya)
Yaris Heykers manual juga tersedia yang kelebihan dan kekurangannya sudah disebutkan pada ulasan yaris transmisi otomatis yakni lebih sesuai dengan keinginan dan karakter pengemudi, lebih hemat BBM dan lebih bertanaga. Kelemahannya kurang nyaman dipakai terutama untuk yang tidak mau repot injak kopling, biasanya pengemudi wanita lebih menyukai yang transmisi matic
Konsumsi BBM Yaris Heykers ini bisa dibilang cukup irit karena memakai mesin berteknologi terbaru (Dual VVT-i dan DOHC) yang lebih bagus dibanding mesin generasi 10 tahun sebelumnya, apa lagi memakai transmisi CVT dengan penggerak roda depan maka pembuangan tenaga untuk hal-hal yang tidak perlu (semisal gardan dan lain-lain).
Desain tangguh dan solid
Desain mobil Yaris Heykers ini bisa dibilang lebih solid dan tangguh dengan perubahan lekuk-lekuk tegas pada sekujur body mobil ini, kehadiran lekuk-lekuk tegas ini sekaligus menghilangkan kesan mobil Yaris terdahulu yang terkesan standar dan kalem sebagai mobil hatchback.
Perubahan ini meliputi Grill, bemper depan belakang, desain lampu kabut dan headlamp, body moulding, over fender, warna body, warna atap, dll. Sekilas hanya lampu belakang saja yang terlihat mirip dengan yaris varian yang lain.
Kesimpulan
Perubahan desain lebih tangguh dan ground clearance yang lebih tinggi ini seperti sebuah pesan yang ingin ditunjukkan bahwa Yahis Heykers adalah mobil yang kini bergenre Crossover atau SUV ringan atau Hatchback tangguh, bukan lagi City Car yang kalem seperti varian lainnya.
Harga Yaris Heykers
Harga Toyota Yaris Heykers kemungkinan dijual sekitar 266 sampai 269 juta untuk Yaris Heykers  transmisi manual dan 277 sampai 280 juta rupiah untuk yaris heykers matic, nanti setelah 3 November 2016 www.mobilku.org akan menginformasikan harga resmi setalah launching akan tetapi menurut info yang beredar sekitar 277 sampai 280 juta rupiah yang sekaligus menjadi varian tertinggi Toyota Yaris menggantikan Varian Yaris TRD Sportivo yang harganya 260 juta untuk manual dan 270 juta untuk yaris TRD Sportivo Otomatis yang dulu menjadi varian tertinggi.
Mintalah Test Drive
Pecinta otomotif perlu melakukan test drive sebelum membeli mobil ini, apakah kemampuannya benar-benar berbeda dengan yaris sebelumnya, misal untuk melintasi jalan berlubang dan lain-lain. Hal ini utnuk memastikan kemampuan mobil ini dan memastikan pecinta otomotif tidak salah membeli mobil dan sesuai dengan kebutuhan pecinta mobilku.org
Learn more »

Mengurangi Tekanan Angin Ban saat Hujan, Bolehkah?

Mengempiskan ban atau mengurangi tekanan angin ban kerap dilakukan pengendara motor untuk meningkatkan traksi motornya, hal ini juga tidak jarang dilakukan pada mobil dengan menurunkan tekanan udara ban mobil agar lebih mencengkeram jalan aspal (tidak licin). Nah lantas pertanyaannya apakah boleh/ aman mengempiskan ban mobil/ motor saat hujan?
Menurut pakar safety riding Astra, Michael Gerald bahwa memang benar pada tekanan tertentu ban diturunkan berdampak pada makin luasnya permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal sehingga besar kemungkinan ban lebih mencengkram ke jalan, akan tetapi mengempiskan ban saat hujan juga mengandung resiko yakni kelenturan ban berubah. Ban akan menjadi lebih lembek dan tidak stabil terutama saat menikung (bermanuver), menanjak atau melakukan akselerasi bahkan deselerasi.
Menurut Gerald, mengempiskan ban saat hujan adalah cara yang salah yang mana sebaiknya pecinta otomotif tetap dengan tekanan ban ideal, misalnya untuk avanza - ertiga - mobilio 30-32 Psi, untuk sedan 28-30 Psi dan lain sebagainya.
Jangan sekali-kali menambah tekanan ban anda lebih dari tekanan ideal karena ini juga berbahaya (resiko terpeleset saat hujan), lebih baik gunakan tekanan ban ideal saja. Memang untuk kasus balap mobil bisa memakai ban basah atau ban kering, itu untuk balapan...kalau kita hanya punya satu ban saja (universal) ya bermain aman saja yakni di tekanan idealnya.
Ujung-ujungnya cara berkendara yang aman yang akan menentukan keselamatan mengemudi saat hujan.
Mengemudi yang aman saat hujan
Bagaimana cara menghadapi jalan yang makin licin saat hujan? ini masuk ke cara berkendara yang benar saat hujan antara lain:
1. Lebih menjaga jarak dengan kendaraan di depan
2. Melaju lebih pelan dari biasanya (kurangi kecepatan mobil)
3. Berkendara lebih lembut, saat mengerem - menikung - mengegas dengan lembut/ tidak spontan
4. Nyalakan lampu utama sebagai sinyal, tapi jangan nyalakan lampu hazard (lampu berkedip) karena ini membahayakan
5. Jika cuaca terlalu buruk dan dirasa berbahaya, lebih baik berhenti di tempat yang aman (aman dari banjir dan pohon tumbang), sambil istirahat sejenak
Learn more »

Tips Menghilangkan Karat pada Knalpot

Knalpot baik pada mobil atau motor adalah bagian yang paling sering berkarat diantara bagian lainnya bahkan dibandingkan dengan bagian spakbor mobil/ motor, pecinta mobilku.org tentunya bertanya-tanya mengapa knalpot sering berkarat dan paling cepat keropos? ada 3 penyebab:
1. Adanya embun yang terjebak di dalam knalpot
2. Adanya air yang tejebak di dalam akibat akibat pemakaian BBM
3. Pada bagian luar sering kurang dibersihkan
Bahkan untuk mobil yang tidak pernah dipakai pecinta otomotif jangan beranggapan bahwa knalpot akan aman, timbunan embun/ uap air yang menjadi air di dalam knalpot bisa menyebabkan karat dari dalam knalpot.
Pemakaian BBM beroktan tinggi seperti pertamax juga disinyalir bisa memicu timbulnya air dalam knalpot, meskipun untuk alasan ini www.mobilku.org masih bertanya juga kebenarannya.
Karat pada knalpot ternyata juga sering datang dari bagian luar, bisanya jika pemilik mobil sehabis melewati hujan dan tidak disemprot maka air hujan akan dengan cepat menimbulkan karat dibanding air sumur/ PDAM, maka setelah melewati hujan sebaiknya disemprot dengan air kran agar kotoran dan air hujan luruh
Cara Menghilangkan/ Mencegah Karat pada bagian knalpot
- Dengan cara memanaskan mobil seminggu dua kali jika mobil tidak dipakai, memanaskan mobil ini selain bisa menghilangkan air/ embun dalam knalpot juga bisa memelihara Aki mobil agar terhindar dari tekor, baca cara memanaskan mobil yang benar
- Dengan memberi oli beberapa tetes tiap dua bulan sekali, teteskan oli bekas 4-7 tetes di ujung Knalpot. Saat meneteskan oli bekas sebaiknya knalpot dalam kondisi panas (sehabis perjalanan/ sengaja dipanaskan), sehingga oli akan lebih cair dan mudah masuk ke dalam knalpot.
Oli yang masuk ke bagian dalam knalpot ini diharapkan bisa masuk ke sela-sela karat dan merontokkan karat dari dalam, jika setelah diberi oli bekas knalpot mengeluarkan asap putih itu pertanda oli sedang bereaksi di dalam knalpot (tidak masalah), diharapkan karat yang rontok bersama oli akan keluar lewat ujung knalpot.
Oli ini diteteskan dua bulan sekali, oli juga bisa mencegah karat
- Untuk menghilangkan karat pada bagian luar pecinta otomotif bisa menghilangkan karat dengan cara fisik atau menggosoknya memakai amplas maupun sikat (untuk meluruhkan karat), setelah karat hilang oleskanlah oli ke seluruh permukaan luar knalpot. Pengolesan oli bisa memakai oli bekas dan kuas, oli ini akan melindungi dari air hujan dan karat yang mana pecinta otomotif tahu sendiri bahwa air sulit menempel pada oli.
Fungsi Knalpot
Yang jarang diketahui pecinta mobilku.org adalah peran penting knalpot, knalpot sebenarnya sangat penting untuk menunjang performa mobil, knalpot telah didesain sedemikian rupa menyesuaikan dengan mesin mobil, knalpot juga memiliki tekanan tertentu dalam membuang udara hasil pembakaran agar optimal.
Nah kebocoran knalpot akibat korosi akan mengganggu keseimbangan tekanan gas buang dari mesin (tekanan pada knalpot berkurang), hal ini bisa mengurangi performa mobil. Hal yang sama jika pecinta otomotif mengganti dengan knalpot yang bukan orisinalnya yang tidak sesuai dengan tekanan udara dari mesin, bahkan tekanan yang tidak sesuai (lebih besar) bisa menyebabkan mesin rusak (meskipun tidak langsung/ dalam waktu lama).
Saran untuk masalah knalpot ini gunakan yang orisinal saja yang sudah di setting sesuai dengan mesin mobil, meskipun knalpot modifikasi terlihat lebih ganteng dan suaranya lebih mantap tapi ini buruk untuk mesin.

sumber: www.mobilku.org
Learn more »