Feature news

Mobil tidak Kuat Menanjak? Rubah Final Gear Ratio

Pecinta otomotif yang masih awam sering kebingunan saat mobil dipakai di jalan tanjakan sulit menanjak padahal kondisi mesin bagus dan secara teknis tenaga mesin juga besar sebut saja avanza 1300 cc yang bertenaga 94 Hp, kalah dengan Katana 1000 cc yang bertenaga 50 Hp, atau mobil-mobil pickup yang kesulitan menanjak di daerah pegunungan bisa memakai modif gear ratio mobil ini.
Apa itu Final Gear Ratio?
Final gear ratio adalah perbandingan antara "gigi belakang dan gigi depan" mobil, jika pada motor akan terlihat jelas apabila gear belakang memakai yang lebih besar dari standart maka motor akan lebih ringan dan mudah menanjak, jika memakai gear belakang kecil maka motor lebih berat akan tetapi memiliki top speed (kecepatan maksimum) yang lebih baik.
Nah sama pada mobil sebenarnya mobil juga memiliki gear depan dan belakang meskipun bentuknya sedikit berbeda dengan gir motor.
Pada mobil gear depan dinamakan "pinion gear" sedangkan gir belakang dinamakan "ring gear" atau "crown wheel".
Nah sedangkan gear ratio adalah perbandingan antara ring gear atau crown wheel dengan pinion gear, misalnya gigi pada pinion gear berjumlah 9 sedangkan gigi crown wheel berjumlah 37 maka perbandingannya adalah 37 : 9 (biasa ditulis 9:37) atau final gear ratio adalah 4,11
Final gear ratio (9:37) atau 4,11 ini adalah final gear mobil suzuki katana standar, tiap mobil berbeda final gear rationya misalnya pada kijang super keluaran tahun 1986 sampai 1992 memiliki gear ratio yang bermacam-macam yakni mulai 3,9 sampai 5,2.
Nah makin besar gear ratio (perbandingan gigi) maka mobil makin kuat di tanjakan, konsekwensinya mobil makin turun top speednya, ibarat kita naik sepeda federal (gowes) jika gear belakang diposisikan yang besar maka lebih enteng di tanjakan (mudah menanjak) tapi kecepatan maksimumnya turun (ngoyo untuk cepat-cepat).
Kita bandingkan gear gatio katana standar dengan kijang super tahun 1990:
Suzuki Jimny atau Katana: final gear ratio 4,11
Toyota Kijang Super: final gear ratio 4,77 ada yang 5,125 (yang 7 speed)
Nah dari angka diatas jika mobil standart sebenarnya kijang super lebih mampu menanjak jika dibandingkan jimny/ katana karena selain memiliki kapasitas mesin yang lebih besar kijang super juga memiliki tenaga (torsi) yang lebih besar dari Jimny, Kijang super juga memiliki gear ratio yang lebih besar.
Akan tetapi kenapa kadang-kadang suzuki jimny atau katana terlihat jauh lebih tangguh di tanjakan (bahkan sering dipakai untuk tanjakan curam), karena rata-rata jimny sudah dirubah final gear rationya menjadi 8:43 atau menjadi 5,37 (jauh lebih besar dari standartnya bukan).
Ada pendapat yang mengatakan untuk daerah pegunungan final gear ratio yang baik adalah diatas 5,1 (baru enak buat nanjak-nanjak). misalnya 5,125 atau 5,37.
Nah coba deh untuk mobilnya yang masih standartan tapi gak kuat nanjak, coba dirubah besaran rasio gigi ini (konsultasikan dengan bengkel terlebih dahulu), sebenarnya masih ada cara lain yakni merubah gear rasio pada transmisi mobil (gear pada gigi 1, 2, 3, 4, dll) akan tetapi cara ini jauh lebih rumit dan mahal, lebih baik mengganti gear pada gardan (final) ini saja lebih mudah dan murah.
So seuaikan lagi dengan kebutuhan kita, jika kita hanya di kota-kota saja mungkin gear ratio standar itu sudah cukup bagus... karena repot juga ki\alau untuk jalan biasa mobilnya dirubah makin enteng tarikannya tapi top speednya kurang
Learn more »

Sensor Parkir akan jadi Fitur Wajib

Sensor parkir adalah perangkat elektronik yang ditanamkan di bagian belakang mobil yang mana perangkat elektronik ini akan aktif jika tuas transmisi pada posisi R atau mobil berjalan mundur, jika ada benda dibelakang mobil maka perangkat elektronik ini bakal membunyikan alarm sehingga pengemudi tidak perlu khawatir bakal menabrak jika mundur karena sudah ada sinyal berupa bunyi tiit tiit titt jika sensor (perangkat elektronik yang ditanamkan) mendeteksi adanya benda.
Cara kerjanya perangkat elektronik tersebut mengirimkan sinyal berupa sinar infra merah, jika ada benda maka sinyal tersebut akan memantul dan ditangkap kembali oleh perangkat tersebut dan memberitahukan driver dengan tanda berupa bunyi, makin dekat ujung belakang mobil dengan benda maka intensitas bunyi makin cepat dan keras, pengemudi yang sudah terbiasa bahkan bisa mengukur jarak benda dari mobil hanya dengan mendengarkan bunyi sensor parkir tersebut.
Sensor parkir ini sebenarnya saat ini tergolong teknologi yang umum pada mobil, salah satu perangkat keselamatan yang sudah biasa akan tetapi untuk mobil-mobil kelas bawah memang kadang tidak dibenami dengan fasilitas sensor ini, padahal fungsinya termasuk urgen terlebih jika akan mundur di daerah yang tidak kita kenal.
Sensor parkir atau kamera parkir
Pada mobil kelas mengengah atas sensor parkir ini akan dipadukan dengan kamera parkir yakni kamera yang aktif saat mobil berjalan mundur (tuas transmisi R), dengan adanya kamera maka pengemudi bisa dengan pasti mengukur jarak mobil dengan benda di belakang mobil saat mundur. Tak hanya itu kamera parkir juga bisa mendeteksi adanya lubang (jika dibelakang terdapat lubang/ jurang), ini hal yang tidak bisa di deteksi sensor parkir.
Nah untuk mobil-mobil kelas atas bahkan kamera parkir ini tidak hanya dibelakang mobil akan tetapi berada di semua sisi mobil (kanan-kiri-depan-belakang) sehingga pengemudi seolah-olah dapat melihat keseluruhan sisi mobil, sedangkan tampilan pada layar monitor seolah-olah mobil dilihat dari atas (helicopter view camera). Helicopter view ini saat ini masih jarang dipakai di Indonesia kecuali untuk mobil kelas atas dengan harga diatas 600 jutaan seperti BMW/ Mercedes/ Jeep/ merk mobil mewah lain.
Harga sensor parkir
Sensor parkir ini adalah perangkat keselamatan minimal untuk sebuah mobil, kelas low MPV (Ertiga, Avanza, Mobilio) saat ini sudah dibekali sensor parkir ini. Akan tetapi untuk mobil-mobil murah lain seperti LCGC ternyata tidak semua memiliki fitur ini
Mengingat pentingnya fitur ini hendaknya pecinta otomotif yang memiliki mobil tapi belum memiliki fitur ini sebenarnya bisa memasangnya di bengkel-bengkel mobil (variasi mobil), harganya mungkin sekitar 250 ribuan belum ongkos pasang, sedangkan sensor parkir dengan display berkisar di 300 ribuan dan ongkos pasang antara gratis sampai maksimum 100 ribu.
Mobil baru wajib memakai sensor parkir
Nah masalah wajibnya sebuah mobil baru memakai sensor parkir ini akan diberlakukan di India bro, sementara di Indonesia belum ada kebijakan ini. Pemerintah India melihat urgensi dari sensor parkir ini dan nantinya apapun jenis mobilnya meskipun mobil paling murah sekalipun harus memiliki fitur ini, biasanya jika suatu negara memberlakukan aturan tertentu maka akan segera diikuti oleh negara lain jadi bukan tidak mungkin dalam waktu dekat pemerinta Indonesia bakal melakukan hal yang sama seperti di India.
Fitur murah tapi penting
Pecinta otomotif membawa uang 250 sampai 300 ribu ke bangkel sudah bisa menanamkan fitur safety satu ini, murah bukan jika dibandingkan dengan urgensinya untuk keamanan/ keselamatan saat atret :-) jangan tunggu mobil menabrak dulu kayak admin mobilku.org ini,,, waktu malam hari atret di gang di kota lain, alhasil bagian belakang mobil nabrak gapura perempatan jalan, untungnya mobil make bumper besi jd bukan mobilnya yang rusak tp gapuranya yang ambruk (gapura dari batu bata yang sudah lama memang), wah tetep urusan sm pak RT :-) ganti biaya perbaikan gapura
Learn more »

Modus Baru Pencurian Motor di Tempat Parkir

Tadi siang admin www.mobilku.org mendapat info tentang adanya modus baru pencurian kendaraan bermotor di tempat parkir, persisnya kejadian ini terjadi di Kota Malang tempat admin mobilku.org tinggal. Pemilik kendaraan bermotor (sepeda motor) memarkir motornya di tempat parkir depan pasar besar malang yang bisa dikatakan ilegal (tidak resmi) atau dikelola preman, ternyata saat sepeda motor mau diambil tidak ada di tempatnya dan dicari sepanjang tempat parkir juga tidak ketemu... Pemilik motor mulai cemas karena tidak menemukan motornya lalu mencari jukir (juru parkir) yang tadi memberikan karcis parkir, ternyata jukirnya sudah tidak ada, dan ternyata karcis parkirnya bukan karcis parkir pasar besar malang akan tetapi karcis parkir milik RSU Saiful Anwar malang (berbeda tempat sangat jauh kira-kira jika jalan kaki bisa 3 jam), nah sudah janggal kan.
Kemudian pemilik motor (korban) bilang ke tukang parkir yang ada di sana dan sama tukang parkirnya malah dikatakan mengada-ngada dan sengaja mencari gara-gara...intinya malah dituduh yang enggak-enggak. Kebetulan korban adalah jurnalis, karena merasa dipojokkan oleh beberapa jukir liar tersebut akhirnya korban menelpon temannya sesama jurnalis dan kemudian temannya datang sambil membawa polisi.
Dari sana polisi mengintrogasi jukir tersebut selama lebih dari 1 jam dan membawa jukir ke kantor polisi polresta kota malang untuk diperiksa...sebelumnya polisi berpakaian preman ini sempat bersitegang dengan preman-preman pasar yang berjumlah tersebut sampai akhirnya preman-preman ini tahu kalau yang dihadapi adalah polisi dan mereka mundur.
Alhasil si jukir berhasil dibawa ke polresta kota malang dan diinterogasi selama berjam-jam, jukir liar tersebut akhirnya mengakui bahwa dirinya sempat meninggalkan lahan parkir untuk makan siang dan bertukar dengan temannya. Akhirnya polisi juga menyuruh agar teman-temannya yang menggantikan tersebut juga turut dipanggil ke kantor polisi, tak lama kemudian tim polisi datang ke tempat parkir pasar besar untuk menjemput teman-teman jukir...saat menjemput itulah polisi mendapat kabar kalau motornya sudah ditemukan di areal parkiran 100 meter dari lokasi tempat parkir motor tadi.
Hal ini terasa aneh karena sebelumnya korban sudah merasa menyisir sampai lokasi tersebut dan tidak menemukan motornya, dan tiba-tiba saat ini motornya ada di lokasi itu.
Setelah mendapat kabar tersebut akhirnya polisi dan korban kembali ke tempat parkir dan mengambil motornya, agak aneh juga karena banyak rekan jukir liar tersebut malah mencemooh korban dan berkata sinis.... "sudah gak usah diteruskan, orang sudah ketemu aja" dan "mungkin salah parkir itu"
pokoknya kata-kata yang menyalahkan korban dan meminta tidak diteruskan.
Akhirnya memang tidak diteruskan karena polisi menganggap tidak ada unsur pidana dan hanya terkena denda karena memberikan karcis yang berbeda.
Pelajaran
Nah dari kasus di atas ada pelajaran yang bisa dipetik yakni:
1.. Jangan parkir di tempat parkir ilegal/ parkir liar yang biasanya dikelola preman. Parkirlah di tempat parkir resmi biasanya ada di dalam gedung atau di atas gedung (tidak dipinggir jalan)
2. Selalu minta karcis parkir dan periksa karcis parkirnya
3. Berhati-hatilah saat parkir dengan selalu mengunci kendaraan saat parkir
4. Jika kehilangan kendaraan segera lapor ke polisi terdekat agar bisa ditangani, semakin cepat laporan maka kemungkinan sepeda kembali makin besar.
Yang paling penting disikapi saat ini adalah poin ke 1 dan poin ke 4 yakni parkir di tempat resmi dan jika kehilangan langsung lapor polisi....
Dari kasus diatas sangat besar kemungkinan jukir-jukir liar ini saling berkomplot untuk mencuri motor,,,harap waspada ya sobbb.... miris rasanya kalau kehilangan motor, sekarang cari uang susah banyak yang berbuat nekat..
Cari uang susah jangan sampe kehilangan motor broo,,, sayang
Learn more »

10 Modifikasi Ringan untuk Mobil kita

Memiliki mobil adalah suatu kesenangan dan hoby, kita tentunya menginginkan agar mobil kita tampil lebih baik dan dapat berfungsi lebih banyak dibandingkan standartnya atau keluaran pabrik. Beberapa modilfikasi bisa kita lakukan untuk meningkatkan tampilan mobil dan juga menambah fungsinya misalnya mengganti velg, ban, audio mobil, penambahan kaca film, klakson, roof box dan lain sebagainya.
Nah kali ini www.mobilku.org akan mengulas 10 modifikasi ringan yang bisa kita lakukan pada mobil kesayangan kita:
1. Kaca Film
Pemasangan kaca film yang baik bisa mengurangi radiasi ultraviolet yang masuk dalam mobil sehingga suhu mobil tetap dingin dan kita juga tidak silau dengan banyaknya sinar matahari di lingkungan kita. Pemasangan kaca film juga membuat mobil tampil lebih gaya sekaligus berfungsi sebagai keamanan karena barang-barang di dalam mobil tak terlihat dari luar, kaca film ini tidak boleh sembarangan memasang karena bisa malah berdampak buruk (mengganggu pandangan) atau tidak menyaring sinar matahari.
Yang perlu diperhatikan saat akan memasang kaca film adalah pertama kualitas kaca film, kedua merk kaca film, ketiga tingkat visible light, ke empat spesifikasi kaca film, ke lima kekuatan kaca film saat kaca pecah. tentang kaca film mobil bisa dibaca di tips memasang kaca film mobil
2. Audio video mobil
Jika mobil tidak berkualitas premium bisa dipastikan suara audio mobil biasa-biasa saja (berisik dan tidak enak di dengar), untuk itu gantilah sound system (speaker) dengan yang lebih bagus yang beraliran SQ (Sound Quality) agar lebih nyaman saat berkendara. Jika mobil lawas yang masih memakai kaset bisa diganti dengan sistem audio yang lebih baru yang support mp3/ mp4 atau jika mungkin monitor layar sentuh agar mobil terlihat berkelas.
Harganya tidak mahal kok, dengan membawa uang 2 juta rupiah dan datang ke spesialis audio maka sistem audio akan jauh lebih enak (tanya dulu ya biayanya sebelum diganti)
3. Velg
Jika mobil masih memakai velg besi atau bawaan standar maka tampilan mobil menjadi kurang bagus, seperti orang yang memakai sepatu jelek maka akan terlihat jelek. Nah gantilah dengan velg alloy (alumunium) dengan desain pilar yang disukai namun jangan lupakan kualitas velg (pilih dari merk yang bagus).
Velg alloy yang bagus selain mempercantik tampilan mobil juga bisa membuat mobil melaju lebih stabiol pada kecepatan tinggi, baca tentang pedoman mengganti velg mobil di sini
4. Ban
Mengganti ban juga erat kaitannya dengan gaya dan juga kemamapuan mobil, ban yang besar memiliki ketangguhan melintasi berbagai medan (kondisi jalan) akan tetapi lebih boros BBM, sedangkan ban tertentu misalnya ban ECO lebih hemat BBM jika digunakan meskipun penggunaannya terbatas pada jalan aspal dan sedikit rusak saja.
Mengganti ban ini erat kaitannya dengan kebutuhan pengemudi atau pemilik mobil, jika mobil sering melewati jalan naik turun dengan track cukup berat (berbatu dan non aspal) maka bisa memakai ban pacul atau kembang yang kasar biasanya ban ini untuk offroad (Ban MT)
Jika diperkotaan dan jarang sekali ke jalan non aspal memakai ban ECO sangat baik, jika proporsi di jalan aspal dan kadang-kadang saja ke pedesaan seimbang maka memakai ban tipe AT (Ban AT)
baca tentang ban mobil disini
5. Klakson
Untuk mobil kelas bawah dengan harga 200 juta ke bawah biasanya masih memakai klakson sigle, klakson single ini memiliki karakter suara yang kurang enak di dengar. Pecinta otomotif bisa menggantinya dengan klakson ganda yang tersedia di pasaran sehingga suara lebih enak didengar terdengar dan lebih mewah.
Tetapi jangan memakai klakson yang terlalukeras karena akan mengganggu pengemudi mobil lain.
6. Sistem Navigasi
Sistem navigasi ini sekarang berbasis GPS (Global Positioning System), jika dulu memakai kompas dan peta maka sekarang sudah memakai perangkat elektronik dengan koneksi satelit untuk menentukan posisi kita, dan menggunakan tampilan peta digital (Maps) untuk visualisasinya.
Nah jika mobil belum dilengkapi GPS maka pecinta otomotif bisa melengkapinya dengan membeli GPS Navigation yang ada di pasaran, harganya sekitar 800 ribuan, pecinta otomotif juga bisa memanfaatkan HP android untuk GPS karena saat ini hampir semua HP sudah dilengkapi dengan fitur GPS, tinggal kita menginstal programnya ke HP kita saja
7. Kamera atau Sensor Parkir
Paling tidak mobil sudah dibekali dengan sensor parkir sehingga saat mundur sensor akan bekerja dan memberitahukan jika ada benda di belakang mobil dengan bunyi tiit tiit tiit, lebih bagusnya jika pecinta otomotif memiliki dana lebih bisa memasang kamera parkir pada bagian belakang mobil sehingga bisa melihat dengan akurat apakah akan emnabrak atau tidak saat mobil berjalan mundur.
Pemasangan kamera parkir dan sensor parkir ini bisa dilakukan di bengkel resmi mobil maupun di bengkel variasi mobil, lebih murahnya sih di bengkel variasi mobil...kalau tidak berhubungan dengan mesin saya rasa tidak masalah menyervice mobil di bengkel non resmi
8. Charger untuk gadget
Charger untuk gadget ini bisa dibeli bahkan di toko-toko HP, lumayan kan saat berpergian keluar kota kita tidak kebingungan untuk mengechas HP atau tab kita..biasanya kita bingung mau mengechas dimana? akan tetapi jika membawa charger mobil maka kita bisa mengecharge HP atau gadget kita saat diperjalanan.
9. Roof Rail/ Roof Box/ Roof Rack
* ketiganya memang hampir mirip karena fungsinya yang sama yakni untuk membawa barang di atas atap mobil, perbedaannya hanya pada bentuknya jika Roof Rail adalah semacam rail yang ditempatkan di atap mobil. pada roof rail ini nantinya bisa ditempatkan roof box, atau tidak perlu memakai roof box sehingga barang hanya diikat pada roof rail (tapi ini berbahaya)
* Roof Rack adalah besi/ logam lain yang bentuknya menyerupai rack dan diletakkan di atap mobil (biasanya untuk mobil-mobil offroad). Roof rack ini efektif di perjalanan jauh dengan medan yang tidak rata, mobil-mobil yang dipasangi roof rack biasanya mobil offroad yang memiliki body kuat seperti Hardtop, Jimny, Jeep, Landcruiser, land rover, dll
* Roof Box ini semacam kotak berbentuk kapsul yang biasanya dipasang di atap mobil (dikaitkan dengan roof rail), gunanya untuk membawa barang-barang seperti baju, tas, dan peralatan lainnya. Roof Box ini efektif dipakai di jalan aspal dan untuk perjalanan jauh dengan membawa banyak barang. Pemasangan roof box disesuaikan dengan jenis mobil dan kekuatan atap mobil, roof box juga memiliki batasan beban maksimum, Roof Box ini biasanya dipasang pada mobil-mobil MPV seperti Avanza, ertiga dan sebagainya
* Cross Bar, nah saat ini sudah berkembang lagi fasilitas barang di atap dengan memasang cross bar yakni seperti roof rail akan tetapi melintang dari samping kiri ke samping kanan (dari samping ke samping). Cross bar ini juga bisa sebagai tempat roof box akan tetapi juga bisa dipakai langsung pada barang (diikat dengan kuat).
Pemasangan Cross Bar ini kebanyakn untuk mobil City Car, LCGC, MPV meskipun kadang-kadang mobil SUV juga memakai Cross Bar untuk menaruh beban di atap mobil.
10. Spoliler
Spoiler yang baik adalah bawaan pabrikan karena bisa meningkatkan stabilitas mobil saat melaju pada kecepatan tinggi, spoiler ini juga menambah modis penampilan mobil. Lantas apakah boleh memakai spoiler aftermarket?
boleh saja meskipun fungsinya tidak akan sama dengan spoiler asli pabrikan, spoiler after market lebih ke sekedar gaya dan untuk mengurangi terik sinar matahari, sedangkan spoiler bawaan mobil bisa berfungsi untuk menyetabilkan mobil juga.
Learn more »

Honda CR-V Tahun 2017 mulai Diuji di Jalan

Honda CR-V tahun 2017 sudah mulai terlihat di uji di Jalanan California, meskipun bentuknya masih dikamuflase akan tetapi mobil ini sangat mirip dengan desain digital Honda CR-V mulai lekuk-lekuk bodinya, desain lampu-lampu, anterna, bentuk spoiler sampai desain keseluruhan mobil. Pihak Honda juga tak menampik kalau itu adalah Honda CR-V generasi ke 5 yang akan keluar tahun 2017 mendatang.
Honda CR-V generasi ke 5 yang akan keluar tahun 2017 ini tampil berbeda dengan CR-V saat ini, Honda akan manaikkan kelasnya lebih tinggi dengan fitur interior yang lebih modern, desain interior lebih mewah, berkapasitas penumpang 7 orang, material dan desain eksterior lebih mewah, memakai sistem penggerak 4 roda.
CR-V baru ini bakal memakai mesin 1500 cc dibekali turbo, mesin ini lebih kecil dari yang ada sekarang sekaligus menjadi pelengkap CR-V (pelangkap CR-V 2000 cc dan 2400 cc). Meskipun mesinnya lebih kecil tapi bukan berarti tenaganya jauh berkurang karena dibekali turbo yang akan aktif pada Rpm menengah keatas, mesin kecil ini akan efektif untuk mengurangi konsumsi BBM dan meminimalkan tempat (ruangan mesin) sedangkan disematkannya turbo adalah upaya untuk mempertahankan kemampuan mesinnya agar tetap dalam performa yang baik saat benar-benar dibutuhkan.
Honda CR-V 2017 bakal memakai konfigurasi 7 tempat duduk, tak hanya menambah seat saja akan tetapi honda juga memperpanjang jarak sumbu roda mobil sekitar 80 mm atau 8 cm, memperpanjang sumbu roda ini agar mobil stabil dan lebih aman.
Honda juga mengubah konfigurasi penggerak dari yang dulunya hanya roda depan saja kini memakai 4 roda, hal ini adalah upaya honda untuk menaikkan kelas CR-V dan membedakan dengan mobil kelas di bawahnya seperti Honda HR-V dan CR-V generasi 4.
Tak hanya itu Interior juga dibuat dengan material lebih berkualitas dengan penanaman fitur-fitur modern seperti monitor layar sentuh, fasilitas navigasi dan komunikasi, teknologi AC Auto climate, dll. Eksterior mobil juga diklaim lebih mewah dari generasi terdahulu
Lantas kapan mobil ini akan masuk Indonesia? apakah tahun 2017 juga ataukah lebih lama lagi, kita juga berharap tidak ada fitur yang dikurangi terutama untuk sistem penggeraknya, karena sudah sangat lama Honda Indonesia tidak mengeluarkan mobil yang benar-benar adventure dengan penggerak 4 roda
Learn more »

Adu Irit dan Performa Sigra Vs Xenia

Daihatsu Sigra bisa dikatakan adalah adik dari Xenia, keduanya memakai mesin dengan teknologi yang mirip yakni dual VVT-i, juga sama-sama memakai mesin 4 silinder, perbedaannya Sigra memakai mesin yang lebih kecil yakni 1200 cc (1197 cc) bertenaga maksimum 88 Hp dengan torsi 108 Nm, sedangkan Xenia memakai mesin 1300 cc (1329 cc) yang tenaga maksimumnya mencapai 97 Hp dan torsi 121 Nm.
Perbedaan yang juga penting dipahami adalah pada sistem penggerak dimana Xenia memakai penggerak roda belakang yang unggul pada jalan lebih ekstrim (jalan tanah atau non aspal), sedangkan Sigra memakai penggerak roda depan yang unggul pada jalanan yang halus (jalanan aspal perkotaan).
Selain itu perbedaan bobot mobil juga menjadi penentu adu performa dan keiritan kedua mobil ini,
Mobil yang dipakai perbandingan kali ini adalah Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe Vs Daihatsu Xenia 1.3 R AT Sporty. Perbandingan Sigra Vs Xenia kali ini tentang performa mesin dan keiritan konsumsi bahan bakar mobil, sementara untuk harga dan fitur mungkin di ulas di lain waktu
Lebih irit mana?
Secara umum jauh lebih irit Daihatsu Sigra, dimana Daihatsu Sigra 1.2 R AT mampu mencatatkan angka di 17,3 Km/liter untuk jalan dalam kota, sedangkan pada rute yang sama Daihatsu Xenia 1.3 R AT Sporty mampu mencatatkan keiritan 12 km/ liter. Nah selisih sebesar 5 km/ liter termasuk besar bro,,,, lebih irit Sigra.
Bagaimana untuk rute jalan bebas hambatan atau jalan TOL? Rupanya Daihatsu Sigra juga tetap lebih irit yakni konsumsi BBM mencapai 20,5 km/ liter sedangkan Daihatsu Xenia tercatat memiliki konsumsi BBM 16,5 km/ liter pada jalan bebas hambatan. Masih selisih sekitar 5 km/liternya, 5 Km itu jauh broo untuk perjalanan dengan mobil.
Jadi kesimpulannya jauh lebih irit Sigra dibandingkan Xenia. Lantas bagaimana dengan performa mobil?
Performa mesin Sigra Vs Xenia
Daihatsu Xenia 1.3 R AT ini memiliki tenaga 97 Hp sedangkan Daihatsu Sigra memiliki tenaga 88 Hp, akan tetapi bukan berarti dengan angka seperti itu Xenia lantas menang jauh dengan Daihatsu Sigra masalah performa atau kemampuan mesin.
Faktor yang menentukan performa adalah juga bobot mobil, jika diperhitungkan dengan berat kosong mobil maka didapatkan rasio antara tenaga dan beban kosong. Berat kosong Sigra R AT adalah 990 Kg, Rasio tenaga dan beban Daihatsu Sigra yakni 11,25 Kg/Hp, ini artinya tenaga tiap Hp Daihatsu Sigra dipakai untuk menggerakkan 11,25 Kg saja, kita bandingkan dengan Xenia.
Daihatsu Xenia memiliki tenaga 97 Hp sedangkan beban atau bobot atau berat kosong mobil ini adalah 1130 kg sehingga rasio power to weigt Xenia ini ternyata 11,64 Kg/Hp, ini artinya 1 Hp milik xenia akan membawa beban seberat 11,64 kg (ini lebih berat daripada Sigra).
Untuk mobil dengan nol muatan Sigra bisa lebih enteng akan tetapi coba kita simulasikan dengan 5 orang penumpang dengan rata-rata berat penumpang 60 kg, maka ada tambahan beban 300 kg
* Daihatsu Xenia
Berat kosong + penumpang = 1430 Kg
Tenaga : 97 Hp
Rasio Power to Weigt with 5 person: 1430/ 97 = 14,74 Kg/ Hp
* Daihatsu Sigra
Berat kosong + Penumpang = 1290
Tenaga : 88 Hp
Rasio Power to Weigt with 5 person: 1290/ 88 = 14,65 Kg/Hp
Nah dari perhitungan di atas, jika diberi beban 5 orang penumpang ternyata Daihatsu Sigra masih bisa berjalan lebih ringan daripada Xenia dengan beban yang sama.. Akan tetapi makin besar beban misalnya untuk 7 orang penumpang dengan tambahan barang yang cukup banyak mungkin baru akan terasa Sigra lebih lambat daripada Xenia, akan tetapi jika dipakai tidak terlalu berat maka Sigra ini cukup menjanjikan
Perbedaan sistem penggerak
Tak hanya besaran tenaga (daya kuda) yang menjadi pertimbangn, sistem penggerak juga patut dipertimbangkan, jika pecinta otomotif lebih banyak berada di jalan rusak (jalan berbatu, tanah, jalan menanjak, dll) lebih baik memakai penggerak roda belakang seperti Xenia karena sifatnya yang mendorong dari belakang dikatakan lebih tangguh untuk jalan non aspal.
Jika pecinta otomotif lebih banyak menghabiskan waktu di perkotaan dengan jalan aspal yang mulus memang lebih baik memilih penggerak roda depan karena lebih bagus berakselerasi dan lebih stabil pula saat menikung di jalanan aspal.
Kedua sistem penggerak sebenarnya bisa diaplikasikan pada berbagai kondisi jalan hanya sedikit saja perbedaannya, bahwa satunya lebih unggul di jalan aspal halus dan satunya lebih unggul di jalan sedikit rusak.
Learn more »

Nissan Terrano 2016 Vs Nissan X Trail

Nissan Terrano bakal kembali dijual di Indonesia setelah pabrikan Nissan pusat di jepang memproduksi mobil ini lagi tahun 2016 ini, nah lantas apakah akan masuk indonesia dan seperti apa mobilnya? Nissan Terrano 2016 ini sudah didaftarkan untuk dijual di Indonesia pada menteri perindustrian, artinya bisa dikatakan hampir pasti dijual di Indonesia dengan perkiraan mulai tahun 2017 atau bisa juga akhir tahun 2016. Seperti ini pengajuan permohonan menjual di Indonesia.
Spesifikasi Nissan Terrano 2016
Mobil yang aka dijual di Indonesia memakai mesin bensin berkapasitas 1600 cc dengan tenaga maksimum sampai 104 Hp, tidak terlalu besar ya mesinnya tenaganya juga bisa dibilang kecil. Jika dibandingan dengan Nissan X Trail yang ada di Indonesia tenaganya masih kalah jauh.
Nissan X trail saat ini dibekali fitur yang sangat canggih seperti memakai mesin 2000 cc X trail mampu mengeluarkan tenaga sampai 144 Hp wah selisih 40 Hp, ini sangat besar untuk mobil berkapasitas mesin 1500 sampai 2000 cc. Jadi intinya masalah mesin New Terrano ini sepertinya tidak bisa disandingkan dengan Nissan X Trail yang ada sekarang.
Bahkan fitur-fiturnya juga jauh lebih canggih X trail yang sudah dibekali kamera arround view monitor (seperti terlihat dari atas) ada 4 kamera di semua sisi mobil sehingga pengemudi seperti bisa melihat mobil dari atas (pandangan helikopter)
Sementara pada dashboard Nissan Terrano 2016 ini terlihat sederhana tanpa ada layar monitor apa lagi kamera, sistem audionya meskipun sudah Double Din dan support mp3 akan tetapi tidak bisa memutar mp4 atau yang berbasis video. Pada bagian kabin depannya fitur-fitur kendali terlihat seperti mobil tahun 90an akhir seperti lubang AC, tombol power window, panel AC, transmisi, bahkan sepertinya tidak dibekali airbags. Untuk Terrano pasar luar negeri tampilannya terlihat lebih bagus atau lebih modern (dengan layar monitor kecil, jok lebih bagus, door trim lebih berkelas, dll), klo yang dijual di indonesia sepertinya spek yang paling rendah atau diturunkan speknya..wajar seperti itu lihat saja Terios di luar negeri memakai 4x4 di indonesia hanya 4x2.
Nissan Terrano baru ini sepertinya dijual untuk kelas bawah akan tetapi memakai nama besar terrano untuk mengangkatnya, mobil ini juga memakai penggerak 2 roda saja
Kenyamanan Berkendara
Nissan Terrano generasi 90 an memiliki image mobil yang tangguh dan sangat nyaman, sepertinya kenyamanan ini yang coba dipertahankan untuk nissan terrano 2016 atau terrano baru ini. Jika dilihat dari sistem transmisi yang digunakan masih memakai manual yang dimodifikasi.
Pengemudi bisa memindah gigi seperti transmisi manual biasa akan tetapi bedanya pengemudi tidak perlu menginjak kopling seperti mobil-mobil manual lain, transmisi manualnya di diberi konsul otomatis. Ini bisa dikatakan adalah perpaduan transmisi manual dan otomatis. Tranmsisi ini dinamakan AMT atau Automatic Manual Transmission.
Kelebihan transmisi ini adalah mobil lebih bisa menyalurkan tenaga mesin dengan maksimal pada roda melalui pengaturan gigi yang diinginkan, misalnya untuk jalan menanjak pakai saja gigi 1 atau jalan menurun pakai gigi 1 atau 2 maka kendali ada pada pengemudi.
Transmisi manual memang memiliki keunggulan dalam hal tenaga lebih garang daripada matic, akan tetapi transmisi manual memiliki kelemahan kurang nyaman karena kaki harus bergantian menginjak 3 pedal. Dengan menghilangkan pedal kopling ini diharapkan mobil bisa bertenaga akan tetapi tidak kehilangan kemampuan mesinnya terutama untuk jalan tanjakan dan turunan.
Kelas Nissan Terrano 2017
Nissan terrano 2016/ 2017 ini mengingat mobilnya bermesin 1600 cc dan bertenaga 104 Hp serta fiturnya yang cukup terbatas, kemungkinan mobil ini akan bersaing dalam kelas bawah atau menengah bawah yakni SUV low di harga 250 jutaan.
Pada kelas ini ada Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V
Ditunggu saja ya bro,,,, jangan lupa test drive, jangan asal beli saja
Learn more »