Feature news

Makanan Ringan dan Perbekalan saat Perjalanan

Membawa makanan ringan dan perbekalan di mobil sangat membantu pengemudi dan penumpang merasa senang dalam perjalanan, tidak merasa jenuh dan selalu segar. Nah lalu makanan ringan apa saja yang perlu dibawa agar perjalanan menjadi menyenangkan? berikut ulasannya:
Buah-buahan
Buah-buahan sangat menyegarkan jika dikonsumsi tubuh karena mengandung air dan rasa yang merilekskan tubuh, kandungan vitamin dalam buah juga sangat banyak dan bisa mengembalikan kebugaran tubuh yang telah lelah/ frustasi.
Bawalah buah-buahan dengan ukuran yang sedang seperti jeruk, kelengkeng, pisang, apel, dan lain-lain. Sebisa mungkin buah-buahan yang menyegarkan dan enak (misalnya jeruk)
Hindari buah-buahan yang terlalu besar seperti semangka, melon, pepaya dan lain sebagainya karena cukup sulit mengupasnya ditengah perjalanan.
Sebisa mungkin hindari buah-buahan yang butuh pengupasan seperti mangga, nenas, dan lain sebagainya. Buah-buahan ini boleh dibawa akan tetapi tidak boleh dikupas/ dimakan dalam mobil karena sangat berbahaya memegang pisau saat mobil sedang berjalan, seandainya terpaksa membawa buah ini dan mengupasnya dijalan gunakan pisau kupas (khusus untuk mengupas) yang tidak berbahaya.
Snack
Membawa snack juga cukup menyenangkan terutama untuk penumpang anak-anak, bawalah snack yang rendah kalori dan tidak berminyak untuk kesehatan dan menjaga kondisi mobil agar tetap bersih. Snack yang disukai anak-anak akan membuat berkandara menjadi lebih menyenangkan
Air Putih
Air putih ini bisa dibilang paling penting dibawa saat perjalanan, untuk perjalanan keluar kota paling tidak sediakan 2 botol aqua besar sebelum berangkat agar diperjalanan kita tidak terganggu jika membutuhkan air putih, tidak perlu mencari warung tinggal ambil air kemasan
Vitamin
Mengkonsumsi vitamin seperti vitamin C (vitacimin/ xonce), vitamin E,Vitamin A dan vitamin yang lain akan membantu tubuh kembali bugar, bawa sedikit akan lebih baik. Biasanya admin mobilku.org mencampurkan vitacimint pada sebotol air minuman kemasan (Aqua),,lumayan air jadi terasa enak tapi juga menyegarkan dan sehat.
Roti
Roti ini sangat baik untuk menghilangkan lapar (bagi penumpang), cara kerjanya juga instan (cepat)...saat lapar makan roti langsung kenyang, roti juga mudah dibawa dan tidak gampang basi (asal tidak lebih dari 2 hari). Roti akan sangat bermanfaat saat ada penumpang yang sedang lapar akan tetapi tidak memungkinkan untuk berhenti cari warung, bawalah roti untuk berjaga-jaga
Menempatkan Makanan Ringan
Nah paling tidak pecinta otomotif harus menbawa air putih, buah-buahan dan snack. Lantas bagaimana menempatkan perbekalan makanan tersebut?
Jangan tempatkan pada tempat yang sulit dijangkau atau di dalam tas yang sulit diambil karena ini bisa merepotkan kita, sebisa mungkin tempatkan makanan/ perbekalan di tempat yang mudah dijangkau seperti box atau tempat lain, untuk minuman ringan seperti teh kotak/ teh botol atau air kemasan sebisa mungkin tempatkan di tempat minuman (jika ada), jika tidak ada letakkan di dekat penumpang.
Sebaiknya tidak dilakukan
Ada beberapa tips terkait makanan dan minuman untuk perbekalan saat perjalanan yang tidak baik dilakukan antara lain:
1. Hindari makan makanan yang mengenyangkan (terutama untuk pengemudi),
nah ini sebenarnya sangat berresiko karena jika kekenyangan makan maka pengemudi akan mengantuk dan ini sangat fatal akibatnya. Jaga agar makan sedikit saja, minum air putih atau air kemasan lain tidak masalah misalnya air isotonik atau teh botol atau minuman kemasan rasa jeruk, dll
2. Hindari minum kopi dan minuman bersoda
Minum kopi menyebabkan jantung berdebar-debar karena kandungan kafeinnya, selain itu kopi juga bisa meningkatkan asam lambung menyebabkan perut kembung. Hampir sama dengan kopi, soda juga kurang baik dikonsumsi saat perjalanan...hindari minum seperti Coca-cola/ pepsi atau big cola dan lain sebagainya
Learn more »

Daihatsu Sigra banyak Pemesan, lampaui Penjualan Ayla dan Xenia

Sejak diluncurkan tanggal 2 Agustus 2016, atau belum ada 3 minggu sejak pertama kali diluncurkan jumlah pemesan yang sudah mengisi SPK (surat pemesanan kendaraan) mencapai 3000 orang lebih. Ini artinya dalam 1 minggu Daihatsu Sigra berhasil menarik minat lebih dari 1000 konsumen, meskipun ini masih harus dikoreksi karena tidak semua pemesan bakal lolos persyaratan pembiayaan/ leasing.
Sigra adalah mobil murah yang dijual mulai harga 106 juta rupiah sampai 148 juta rupiah, Jika dilihat dari harganya Daihatsu Sigra sangat kompetitif bahkan jika dibandingkan dengan Ayla sekalipun (terpaut sangat sedikit), sedangkan jika dilihat dari kapasitas penumpangnya mobil ini bahkan mirip Xenia, ujar Amelia sebagai Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor.
Pihak Daihatsu juga tak menampik jika ada kemungkinan Daihatsu sigra ini memakan pasar Ayla dan Xenia karena jika dibandingkan Alya, Sigra memiliki kelebihan pada daya muat penumpang sedangkan jika dibandingkan dengan Xenia, Sigra memiliki kelebihan pada harga yang murah.
Untuk mesinnya sebenarnya Sigra 1.0 memakai mesin Ayla, hal inilah yang membuat harganya bersinggungan.
Menurut pihak ADM Sigra dan Ayla tidak akan terlalu benyak berebut pasar karena segmentasinya memang berbeda, jika Ayla lebih ke pecinta City Car di perkotaan yang memang berada di jalan yang sempit dan ruangan garasi terbatas. Untuk sigra ini kemungkinan bakal banyak mengoreksi pasar Xenia yang memang secara ukuran mobil hampir serupa akan tetapi secara harga Sigra jauh lebih murah.
Kita bisa lihat nantinya selama semester kedua tahun 2016 ini bagaimana market share dari mobil tanah air, kemungkinan besar pasar bakal berubah dari semester pertama. Bahkan diprediksi keluarnya Sigra ini bakal menurunkan pasar mobil bekas...
Learn more »

Mobil Power Bank dari Toyota, Bahan Bakar Listrik dan Hidrogen

Inovasi terbaru datang dari Toyota dimana dalam beberapa tahun kedepan akan hadir mobil listrik yang multi fungsi, mobil tersebut dinamai mobil powerbank. Selain bisa dimanfaatkan untuk sistem penggerak, sumber tenaga pada mobil juga bisa dimanfaatkan sebagai generator untuk meyuplai listrik sebuah rumah atau kebutuhan lainnya.
Nah konsep ini menarik karena dianalogikan seperti membawa powerbank, saat bepergian ke tempat terpencil maka kita tidak perlu khawatir akan listrik/ sumber energi karena tersedia sangat melimpah di mobil. Bahkan bisa jadi mobil tersebut yang menyuplai listrik rumah yang listriknya sedang mati misalnya.
Toyota juga banyak mengkampanyekan green car atau mobil dengan zero emisions, nah melalui mobil konsep ini Toyota berusaha mewujudkan mobil Zero Emissions tersebut. Sumber energi yang ada pada mobil berasal dari baterai yang bisa diisi ulang, Toyota juga sedang meneliti sumber energi alternatif untuk mobil yakni dari hidrogen.
Sedangkan mobil konsep yang dibawa toyota tersebut memakai teknologi FCV Plus yakni teknologi tinggi dari FCV yang ditambahkan berbagai peningkatan teknologi menjadi FCV Plus. Singkat kata mobil ini adalah mobil ramah lingkungan yang berteknologi tinggi dengan emisi nol.
Mobil konsep dari toyota ini dipamerkan di ajang pameran otomotif GIIAS 2016 di Jakarta, sementara sebelumnya mobil ini juga dipamerkan di Tokyo MotorShow 2015 lalu. Mobil listrik memang sedang getol-getolnya diteliti oleh Toyota meskipun sekarang masih dalam tahap mobil hybrid (belum 100% listrik, masih ada campuran penggunaan bahan bakar minyak).
Toyota mengatakan bahwa bahan bakar minya akan habis, dan salah satunya pengganti BBM adalah listrik yang sampai saat ini dirasa paling masuk akal, desain mobil listrik seharusnya memiliki bobot ringan dengan hambatan yang minim (hambatan gesekan body dengan udara dan juga gesekan ban dengan aspal).
Bagaimana tampang mobil konsep toyota? di atas adalah penampakannya
www.mobilku.org
Learn more »

Pengalaman Service AC ke Bengkel

Nah kali ini admin www.mobilku.org pengen berbagi pengalaman saat AC tiba-tiba mati total, Udaranya masih berhembus akan tetapi tidak dingin sama sekali. Pada awalnya AC normal-normal saja akan tetapi gejalan adanya masalah ini mulai terasa ketika menyalakan AC kok lama banget dinginnya (sekitar 2-3 menit) baru dingin padahal sebelumnya 5-10 detik sudah dingin, lama kelamaan waktu dingin AC malah tambah lama dan akhirnya tidak bisa dingin alian udara berhembus terus tapi bukan udara dingin melainkan udara panas dari mesin... wahh bikin frustasi.
Nah setelah mencari bengkel AC yang kira-kira bagus (di daerah pabrik bentoel kota malang) kebetulan admin tinggal di Kota Malang, pada hari libur admin membawa mobil ke bengkel AC tersebut.
Datang pagi-pagi kemudian langsung diperiksa mulai dari kondisi freon, kabel-kabel, belt, kipas dan lain sebagainya. Kata tukang servicenya "freon masih banyak, kipas nyala, belt masih bagus, apa ya?" lalu coba diperiksa sekeringnya... eh setelah dibuka kondisi sekeringnya melelh/ gosong. Nah rupanya ini penyebab kenapa AC tidak mau dingin, setelah diganti sekeringnya AC kembali dingin. Wah mudah banget ya ternyata masalahnya pada sekering saja, admin tidak kepikiran dikira masalahnya freon habis atau gimana :-D
Setelah sekering dan rumah sekering dibenahi, admin bertanya apakah punya switch AC? karena switch ac mobil admin hilang entah kemana... Switch ac itu adalah tombol/ panel untuk memutar AC /untuk menghidupkan AC. Si bengkel bilang coba saya lihat di belakang dulu, lalu pergilah mekanik tadi ke belakang untuk mencari swtch AC bekas (kanibalan). Eh tanpa di duga dia membawa Switch original katana (mobil admin kan katana,,,hahaha).
Coba di pasang pak? iya saya coba, eh ternyata berfungsi dengan sangat baik...iya pak sama itu saja saya beli switchnya, jadi semua berapa samaganti sekering tadi? jawabnya 50 ribu mas... oh iya ini (saya bayar 50 ribu).
Switch AC kenapa saya tidak membeli di toko tapi minta di bengkel AC? karena saya sudah berusaha membeli dan mencarinya di toko akcesoris/ bengkel mobil di seluruh kota malang gak ada yang jual bro... itu bawaan asli mobil jadi tidak ada yang jual :-) pusing bukan mau cari dimana? ya carinya di bengkel AC barangkali ada kanibalan atau copotan dari sekian banyak AC mobil yang diperbaiki selama bertahun-tahun
Nah dari kasus diatas apa yang bisa ditarik kesimpulannya (jadi kesimpulan):
1. Jangan panik ketika salah satu komponen terutama yang berhubungan dengan kelistrikan mati, coba cek terlebih dahulu kondisi sekeringnya...karena kasus yang sama dulu juga pernah dialami admin saat bingung lampu tiba-tiba mati eh ternyata sekering lampu putus
2. Jika ada masalah jangan takut untuk membawa ke bengkel spesialisnya, karena service tidaklah mahal...bayangkan mencari solusi, ganti sekering dan swtch original hanya dikenakan biaya 50 ribu rupiah,,,murah bukan? harga switchnya saja gakl tau berapa coz admin mencari ke seluruh toko part gak menemukan part ini :-D
3. Jika ada masalah pada komponen mobil cepat selesaikan agar kenyamanan kita tetap terjaga, bayangkan mengemudi tanpa AC di sing hari yang panas terasa banget panasnya sampai buat frustasi...untung sekarang sudah beres dan kembali sejuk
Learn more »

Mitsubishi Mirage AT dibekali Engine Brake

Mitsubishi Mirage masuk dalam jajaran medium City Car, dengan dimensi yang kecil dan mesin 1200 cc 3 silinder mobil ini memiliki keunggulan gesit di perkotaan dan irit bahan bakar sedangkan konsumsi BBMnya sendiri setara dengan mobil LCGC yakni 1:21 pada jalan sepi dan mulus. Mitsubishi Mirage memiliki tenaga maksimum 77 Hp dan torsi 100 Nm cukup untuk perkotaan didukung dimensinya yang kecil dan bobotnya ringan.
Mitsubishi mirage tersedia dalam pilihan transmisi manual dan matic (CVT), untuk sistem transmisi manual mirage seperti pada mobil-mobil manual lain, sedangkan transmisi CVTnya pihak mitsubishi memberikan satu posisi tuas (gigi) dimana fungsinya adalah untuk "engine brake".
Bisa dikatakan Mirage transmisi maticnya unik karena memiliki engine brake, yang mana pada tuas transmisi bertuliskan "B" atau kependekan "brake". Nah engine brake ini sangat penting gunanya untuk melewati jalanan menurun agar rem kaki tidak bekerja terus menerus, jika rem kaki bekerja terus menerus maka sistem rem mobil bisa kepanasan dan blong.
Kekurangan mobil matic pada umumnya adalah engine brake yang sangat buruk dibanding transmisi manual, nah disinilah kelebihan mirage matic ini yang dilengkapi dengan sistem engine brake.
Penggunaannya pengemudi cukup memindahkan tus transmisi ke posisi "B" saat melewati turunan maka mesin akan menghambat laju mobil, meskipun turunan panjang tidak masalah memakai gigi B ini.
Penggunaan gigi B ini sebenarnya juga bisa diaplikasikan untuk jalan menanjak agar mendapatkan gear yang enteng (mudah menanjak), cara kerjanya dengan membatasi pulley penggerak CVT pada rentang rendah sehingga putaran mesin terjaga pada range medium.
Analoginya jika pada mobil manual "B" ini untuk menjaga agar mobil tetap pada gigi 1-2-3 saja (tidak ke 4 dan 5). Pada transmisi CVT lain saat melewati turunan rpm mesin akan turun ke rendah dan mobil nyelonong turun, dengan pengaplikasian transmisi B pada mirage ini mesin akan tetap pada RPM medium sehingga mobil tidak kehilangan hubungan dengan mesin (sebagai penghambat laju) tidak lagi nyelonong di jalan turun.
Sebenarnya pemakaian tuas transmisi B pada mirage ini sudah dari tahun-tahun sebelumnya akan tetapi hanya terbatas pada mirage varian tertinggi, nah untuk saat ini semua varian mirage dikeli fitur ini, jadi lebih aman saat perjalanan menuju dan dari daerah pegunungan seperti ke puncak bogor. atau tanjakan/ turunan lain.
Learn more »

10 Peralatan Perbaikan yang harus Ada pada Mobil

Menggunakan mobil saat perjalanan membutuhkan persiapan yang teliti, peralatan apa saja yang harus dibawa atau piranti yang dibutuhkan perbaikan apabila terjadi kerusakan tak terduga. Pada mobil baru biasanya sudah disertakan tool kit standar seperti dongkrak, obeng, kunci pas, kunci roda dan lain-lain akan tetapi jika kita membelinya bukan mobil baru biasanya tool kit standar tidak disertakan.
Mengingat pentingnya peralatan perbaikan darurat ini pada mobil alangkah baiknya jika pemilik mobil melengkapinya, nah secara umum berikut ini adalah peralatan yang harus ada pada mobil:
1. Kunci roda
Kunci roda ini meskipun kegunaannya hanya untuk membuka mur roda saja akan tetapi keberadaannya sangat penting karena fungsi kunci roda ini tidak bisa digantikan oleh alat lain, bahkan rasanya sulit jika menggantinya dengan kunci inggris. Pastikan kunci roda yang dibawa pas dengan mur pada velg (coba terlebih dahulu sebelum membawanya apakah pas dengan mur velg)
2. Dongkrak
Dongkrak merupakan komponen penting untuk membenahi kaki-kaki mobil misalnya mengganti ban yang bocor atau masalah lain, tanpa dongkrak mustahil rasanya kita mengganti ban meskipun kita membawa ban cadangan. Usahakan membawa dongkrak saat berpegian jauh
3. Kunci Busi
Nah kunci busi tentunya hanya digunakan untuk membuka atau memasang busi mobil, biasanya jika kondisi hujan atau melewati jalanan tertentu kita dituntut untuk menggunakan sistem pengapian yang benar-benar baik, jika salah satu busi kita kotor maka akan menyebabkan pengapian kurang bagus dan pembakaran juga tidak baik, alhasil mesin menjadi tersendat atau berebet atau bahkan tidak bisa nyala sama sekali.
Nah dalam kondisi ini kuta dituntut untuk membuka busi dan membersihkannya dari kotoran, periksa apakah busi sudah soak, jika sudah aus maka lakukan replacement atau penggantian busi. Untuk aktivitas membersihkan/ mengganti busi ini diperlukan kunci busi yang tidak bisa digantikan dengan kunci lain.
4. Obeng;
obeng yang bagus adalah memiliki dua mata obeng yang bisa diganti-ganti (obeng bolak balik), obeng ini terdiri dari batangan logam dengan dua mata obeng plus dan minus. Fungsi obeng ini untuk mengencangkan sekrup yang ada pada mobil.
Pilihlah obeng yang berkualitas dari segi desain (gagang enak dipegang terutama yang dari karet, sedangkan diameter atau panjangnya cukup), material obeng pilihlah dari logam yang kuat (tidak mudah bengkok jika dipakai dan tahan lama).
5. Kunci pas
Kunci pas yang paling penting adalah kunci 10 sampai 13, kunci pas ini digunakan untuk mengencangkan mur pada aki ataupun membuka dan memasang kembali baut pada bagian mesin (sistem pendingin, klep, dll). Penggunaan kunci pas 10 dan 12 mm ini bisa dibilang paling sering, oleh karena itu wajib dibawa
6. Tang
Fungsi tang ini sebagai pengganti tangan kita ketika harus memegang kengan kuat mur atau baut yang dikencangkan, selain itu tang juga bisa menggantikan tangan kita untuk mengambil sesuatu yang sifatnya berbahaya seperti logam panas, tutup aki yang sulit dilepas dan lain sebagainya.
7. Towing hook
Towing hook ini adalah kaitan tali untuk menderek mobil bentuknya kebanyakan setengah lingkaran dan terbuat dari lengkungan batang logam yang kuat, pada mobil-mobil tertentu towing hook ini disematkan secara permanen pada sasisnya, akan tetapi pada mobil-mobil tertentu towing hook ini dilepas dan akan dipasang jika diperlukan
8. Segitiga pengaman
Segitiga pengaman ini meskipun remeh akan tetapi dia wajib dibawa, fungsinya adalah untuk memberitahukan pada pengendara lain bahwa di depan sedang ada perbaikan mobil dan diharapkan berjalan pelan-pelan.
Pemasangan segi tiga pengaman ini bisa dipasang pada jarak 10 meter sampai 100 meter dari mobil yang sedang kita perbaiki, jika jalan di pegunungan yang berliku-liku maka pasanglah segitiga pengaman ini pada jarak antara 50 sampai 100 meter dari mobil agar pengendara lain tidak kaget dan mempersiapkan dari jauh
9. Sekering Cadangan
Nah sangat dianjurkan pada pemilik mobil untuk menyediakan sekering cadangan, ini untuk berjaga-jaga seandainya ada salah satu komponen tidak berfungsi akibat sekring putus/ rusak, beberapa komponen yang kerap bermasalah (sekering putus) antara lain: sekering headlamp, sekering AC, sekering lampu sein dan lain sebagainya
10. Kota P3K
Kotak P3K ini fungsinya untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan ringan seperti luka lecet, mabuk di jalan, flu, dll. Yang harus ada pada kotak P3K antara lain: minyak kayu putih, perban, obat luka, plester, obat anti mabuk, kapas, anti septic, alkohol. gunting dan lain sebagainya. Jika ada penumpang yang memiliki riwayat penyakit khusus seperti magg atau asma hendaknya juga membawa obat-obatan khusus tersebut
Learn more »

Cara Mengatasi Silau saat Berkendara Di Malam Hari

Mengemudi pada malam hari saat ini sering sekali silau, ini disebabkan selain bertambah banyaknya kendaraan juga akibat pemakaian lampu mobil yang tidak standar misalnya memakai lampu HID (sinar putih), banyak pengemudi memakai lampu jauh sampai kadang-kadang pemakaian lampu hazard. Hal-hal tersebut dipicu oleh hanya mementingkan dirinya sendiri (memakai lampu jauh/ lampu hazard/ lampu HID), mereka adalah pengemudi yang tidak bertanggung jawab...karena jika kendaraan kecelakaan karena dirinya memakai lampu jauh siapa yang bertanggung jawab?
Nah kali ini www.mobilku.org akan sedikit sharing bagaimana cara mengatasi silau akibat lampu-lampu di malam hari. berikut penyebab dan cara menghindarinya:
Silau oleh lampu jauh dan lampu HID dari depan
- Nah jika ada mobil/ motor yang melakukan hal ini salah satunya adalah dengan memperingatkannya dengan menyalakan lampu dim kita (lampu jauh) 2-3 kali.
- Cara lain adalah dengan kita tidak melihat lampu tersebut, kita konsentrasi pada jalan di depan mobil kita dan memandang sedikit ke arah kiri (arah depan mobil kita tapi sisi kiri, tapi jangan sampai kehilangan pantauan terhadap jalan). Hal ini dilakukan agar mata kita tidak sakit atau buta sesaat akibat silau tersebut
- Cara lain yang sering admin www.mobilku.org lakukan adalah dengan menyipitkan mata sesuai dengan tingkat besaran cahaya silau tersebut, akan tetapi dengan pedoman kita masih bisa melihat jalan di depan kita. Biasanya hal ini dikombinasikan dengan mengkonsentrasikan pandangan pada jalan dan tidak melihat sorot lampu
- Cara yang terakhir ini adalah dengan memakai kacamata sedikit gelap, akan tetapi cara ini hanya direkomendasikan untuk jalanan yang padat/ ramai atau tingkat lalu lalang kendaraan yang tinggi dan hampir semuanya menyilaukan. Maka sediakan kacamata sedikit gelap di mobil, jika hanya 1-2 kendaraan dengan intensitas jarang (misalnya jalan pedesaan) kami rasa tidak cocok memakai cara ini.
Silau oleh lampu dari belakang atau pantulan spion
Nah ini adalah penyebab silau yang paling berbahya ke dua, setelah dari depan kemudian silau akibat mobil dibelakang kita yang menyorotkan lampunya sehingga memantul dari spion yang menyebabkan silau pada kita. Cara mengatasinya dengan:
- Jika intensitasnya tidak terlalu tinggi biasanya admin mobilku.org hanya menaikkan kaca jendela mobil dengan harapan kaca film jendela depan bisa memfilter cahaya dari spion. Jika kita melakukan hal ini maka resikonya pandangan ke belakang sedikit kabur dalam kondisi biasa, akan tetapi masih jauh lebih jelas daripada terkana sorot mobil lain dari belakang.
- Cara yang kedua adalah dengan sedikit membungkukkan kaca spion, dimana kita mengatur pandangan dari spion tidak sampai jauh ke belakang akan tetapi hanya sampai pada bagian bawah ekor mobil kita. Cara yang kedua ini dilakukan jika intensitas cahaya dari belakang sangat tinggi, dengan cara ini kita bisa enak mengemudikan mobil tanpa terganggu cahaya dari belakang.
Silau oleh lampu belakang modifikasi
Lampu belakang yang dimodifikasi misalnya warnanya atau kekuatan cahayanya bisa menjadi sangat menyilaukan dan membuat mata kita sakit atau cepat lelah. Biasanya yang dilakukan adalah mengganti mika lampu belakang dengan warna kuning/ putih, atau dengan melakukan modifikasi pada bohlamp yang lebih terang maka hasilnya sangat bisa menyakitkan mata.
Untuk mengatasinya biasanya admin mobilku.org memperlambat laju mobil agar menjauh dari kendaraan tersebut atau bisa dikatakan memperlebar/ menjaga jarak sampai kita tidak silau, cara ini kami rasa paling minim resiko, bisa juga dengan cara menyalipnya jika memungkinkan (kondisi jalan tidak terlalu ramai dan kecepatan kendaraan tidak terlalu tinggi)
Silau oleh lampu hazard
Lampu hazard kadang-kadang dinyalakan karena mungkin mobil didepan kita sedang ada masalah, akan tetapi sebenarnya hal ini dilarang secara aturan (menyalakan lampu hazard sambil berjalan), lampu hazard boleh dinyalakan saat mobil berhenti karena kerusakan dengan debarengi penggunaan segitiga pengaman. Jadi sebenarnya lampu hazard (lampu berkedip terus menerus) ini tidak boleh dinyalakan sembarangan, bahkan meskipun kondisi cuaca ekstrim berkabut atau hujan deras tetap dilarang menyalakan lampu hazard sambil berjalan.
Mengapa dilarang? karena lampu hazard bersifat berkedip-kedip dan dampaknya jauh lebih menyilaukan/ membuat mata lelah dibanding lampu yang tidak berkedip (menyala terus), selain itu intensitas nyala lampu hazard juga lebih terang dibanding lampu kota biasa, menyalakan lampu hazard bisa membuat pengemudi kendaraan lain di belakang celaka broo,,,,hal ini banyak yang tidak paham.
Nah cara mengatasi pengemudi yang menyalakan lampu hazard ini mungkin dengan memperingatkan terlebih dahulu, menyalakan lampu dim kita 2-3 kali dengan harapan pengemudi mobil di depan kita sadar dan mau mematikan lampu hazard tersebut, akan tetapi jika tidak bisa kita bisa melakukan memperlebar jarah/ memperlambat mobil kita agar tidak silau, atau bisa pula dengan menyalipnya jika memang memungkinkan.
Silau oleh lampu reklame
Saat ini banyak sekali papan reklame seperti layar LCD seukuran baliho besar dipasang di atas atau pinggir jalan. Nyala LCD ini kalau siang tidak terasa silaunya akan tetapi kalau malam sangat menyilaukan, apa lagi jika letaknya sangat dekat dengan jalan.
Cara menghindari silau oleh papan reklame ini adalah dengan tidak melihatnya, fokuskan mata pada jalan dan konsentrasi ke jalan.
Akibat nyala lampu kabin
Lampu kabin yang menyala di malam hari ternyata membuat pandangan kita tidak terlalu jelas ke jalan, hal ini disebabkan pupil mata kita mengecil akibat lampu kabin padahal kita butuh pupil yang cukup lebar untuk menangkap cahaya minim dari jalan saat malam hari. Nah ini sebabnya kebanyakan pengemudi mobil mematikan lampu kabin pada malam hari, kalau tahu bahwa lampu kabin membuat mata kita kurang peka terhadap jalan maka cara menyikapinya mudah saja, matikan lampu kabin dan cahaya lain (Hp dan lain-lain)
Learn more »