Feature news

Cara mudah Melepas Kaca Film Mobil

Kaca film mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun atau bahkan diatas 7 tahun akan mulai mengalami kerusakan yakni timbul gelembung-gelembung udara, menjadi lebih pucat, beberapa ada yang sobek, kehilangan kemampuan melindungi sinar matahari dan tidak enak dipandang.
Nah mungkin sebagian pecinta otomotif berpikir bagaimana kalau coba tanpa kaca film? berpikir untuk dilepas tapi bingung bagaimana cara melepas kaca film...apakah harus ke tukang kaca film ! Ternyata tidak bro, cara melepas kaca film sebenarnya sangat mudah yakni tinggal mencari ujung dari kaca film kemudian tarik...
Berikut adalah cara detailnya:
1. jika ada terik matahari, lebih baik kaca mobil dipanaskan dulu barang 30 menit agar kaca film mudah dilepaskan... nah setelah panas coba cari ujung (pojok kaca film) biasanya disana terdapat bagian yang bisa ditarik agar lepas, setelah ketemu coba tarik perlahan-lahan seperti ketika melepas sticker mobil
2. ini lebih baik dari yang pertama, jika pecinta otomotif memiliki hair dryer... panaskan bagian ujung kaca film yang akan ditarik dengan hair dryer, setelah panas coba tarik...nah sewaktu menarik sambil panaskan terus bagian kaca film yang sedang tertarik tersebut supaya menariknya lebih mudah... tarik sampai semua kaca film terangkat.
3. Setelah kaca film terangkat biasanya masih ada lem yang tertinggal pada kaca mobil, gunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan lem yang tersisa....balurkan minyak kayu putih secara merata pada kaca bekas kaca film terbebut (yang ada sisa lemnya)..diamkan barang 5 menit agar minyak kayu putih meresap ke bekas lem kemudian bersihkan lem dengan lap sampai bersih
4. Untuk membersihkan sisa lem bisa juga dengan air dan detergen. Semprotkan air pada seluruh kaca mobil kemudian balurkan detergen sampai merata, biarkan 30 menit agar lem mudah dikelupas...lalu setelah itu bersihkan kaca dari detergen dan bekas lem dengan kain, lalu bersihkan kembali dengan air sampai bersih
Nah mudah bukan melepas kaca film mobil?
Learn more »

Car Care saat Perjalanan, seperlunya saja

Membawa car care saat perjalanan jauh akan sangat bermanfaat... Tau gak manfaatnya apa? saat-saat tertentu kaca depan mobil kita bisa sangat kotor akibat debu jalanan, kalau tidak membawa lap microfiber maka kita akan kerepotan untuk menyeka debu di kaca, saat itulah car care dibutuhkan.
Interior mobil juga bisa menjadi berdebu/ kotor saat perjalanan terutama untuk mobil-mobil yang tidak memakai AC dan membuka pintu jendelanya, sekarang tidak sedikit orang yang tidak suka AC jadi mau tidak mau harus membuka kaca jendela dan berakibat masuknya debu ke dalam kabin mobil.
Akan tetapi sebenarnya apa saja sih peralatan car care yang seharusnya dibawa? apakah semua dibawa sampai sikat untuk mobil? ternyata tidak perlu. Berikut ini adalah yang perlu dibawa:
1. Lap Microfiber
Lap microfiber ini sangat aman dan berguna untuk membersihkan apa saja; kaca mobil bisa interior, eksterior bahkan untuk membersihkan air. Sediakan 2 lap microfiber bersih di dalam laci mobil sehingga kita tidak kerepotan untuk bersih-bersih kaca/ kabin saat berdebu
2. Interior Cleaner
Interior Cleaner ini seperti cairan pembersih yang disemprotkan ke bagian interior mobil seperti dashboard, kaca, door trim, jok berbahan fabric. Nah cara kerjanya gampang yakni semprotkan interior cleaner ke bagian yang diperlukan/ kotor lalu angkat kotoran dengan lap microfiber, interior cleaner yang bagus tidak hanya membersihkan akan tetapi mengkilapkan dan melindungi material interior dari aus
3. All Purpose Cleaner
Cairan semprot yang satu ini sebenarnya mirip dengan interior cleaner akan tetapi bisa digunakan dimana saja: bisa eksterior, kaca luar, interior, sampai membersihkan velg mobil. Nah jika kaca mobil bagian depan kotor oleh debu dan mengganggu visibilitas (penglihatan) semprotkan saja All Purpose Cleaner ini lalu lap dengan lap microfiber
4. Lap chamois
Lap chamois atau kanebo ini berfungsi untuk mengangkat air lebih baik dari lap microfiber serta memiliki sifat lembut (tidak menggores yang di lap), akan tetapi kelemahannya tidak memiliki kemampuan mengangkat kotoran
5. Penetran
Penetran adalah cairan semprot untuk menghilangkan karat sekaligus melumasi, cairan penetran ini sangat baik digunakan untuk material logam. Disamping bisa melicinkan gesekan antar logam, merontokkan karat juga bisa dipakai menghilangkan bunyi-bunyian pada material logam yang bergesekan misalnya pada engsel pintu/ pedal gas/ yang lain
6. Shampo mobil
Bawa shampo mobil dalam bentuk kemasan kecil (sachet), kadang-kadang shampo ini akan sangat bermanfaat jika wiper mobil mati, membersihkan debu/ kotoran yang menempel pada kaca, membutuhkan detergen untuk menyeka kotoran atau bahkan mencuci mobil saat sampai di tempat tujuan
Learn more »

Persiapan Mudik dengan Mobil: Cek Kondisi Mobil, Minuman Ringan, Pengemudi

Menjelang mudik lebaran seperti ini biasanya banyak pecinta otomotif yang menggunakan kendaraan mobil untuk mudik, selama perjalanan panjang mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer. Nah hal ini yang lebih dahulu disiapkan adalah kondisi mobil, persiapkan mobil agar benar-benar fit dan siap menempuh perjalanan jauh; cek mesin apakah ada bunyi-bunyian yang asing di bagian klep/ timing belt, dan lain-lain.
Persiapan mobil
Perbaiki pengapian dengan busi yang baru dan pastikan komponen pengapian lain seperti koil, dll dalam kondisi sehat.
Cek juga saluran bahan bakar seperti filter BBM, sistem karburator/ injeksi tidak ada yang mampet, kelistrikan mobil dalam keadaan baik (mulai aki sampai ke lampu-lampu, juga jangan lupa bawa sekering cadangan), tak lupa pula periksa kondisi kaki-kaki mobil dan rem mobil. Pastikan rem benar-benar berfungsi sehat (jika kampas aus segera ganti, master rem bermasalah perbaiki, dll), pastikan rem bekerja dengan sangat baik.
Kaki kaki mobil juga cek mulai kondisi ban, shockbreaker, keseimbangan kaki-kaki (lakukan service jika ada yang pincang), pastikan ban dan velg terpasang dengan rapat dan sempurna..beri tekanan ban yang ideal dan tidak ada ban gundul yang terpasang, pastikan ban serep juga mendapat perhatian terutama pada dudukan ban serep (pastikan benar-benar terpasang dan dibaut dengan kuat).
Cek air radiator, tambahkan air sampai penuh
Persiapan Fisik
Persiapan fisik ini terutama pada driver, pastikan istirahat yang cukup sehari sebelum perjalanan dan jangan melakukan aktifitas berat sehari sebelum perjalanan, kalau bisa minum vitamin untuk menyegarkan tubuh sebelum perjalanan, dan hindari obat-obatan yang menyebabkan kantuk sebelum perjalanan.
Saat perjalanan usahakan istirahat setiap 3 jam perjalanan (maksimal 3 jam mengemudi), istirahat bisa dengan mergangkan otot, tidur atau sekedar melepas penat karena tubuh tidak bergerak. Jangan makan terlalu kenyang diperjalanan karena bisa menyebabkan kantuk (usus mencerna makanan sehingga asupan darah ke otak berkurang jadi mengantuk)
Persiapan makanan dan minuman saat perjalanan
Nah saat melakukan perjalanan panjang yang membutuhkan waktu bahkan sampai berhari-hari maka yang perlu disiapkan adalah makanan dan minuman ringan di dalam mobil, karena pasti penumpang akan merasa lapar atau haus di perjalanan yang bisa berjam-jam... berikut makanan/ minuman yang wajib ada di dalam mobil:
1. Air putih
Air putih ini sangat dibutuhkan oleh penumpang maupun driver, minimal harus ada 2 botol aqua besar untuk inum seluruh keluarga untuk perjalanan selama 6 jam. Lebih baik siapkan 4 botol aqua besar agar tidak kehabisa air di jalan, jika kondisi macet dan kita kehabisan air maka kita akan kesulitan untuk meminggirkan moil kita hanya sekedar mencari penjual air minum
2. Makanan Ringan/ Snack
Snack juga sangat penting untuk menanggulangi lapar dalam mobil, snak juga membuat penumpang merasa senang dalam mobil...beberapa snack yang seharusnya ada:
- Roti : ini bisa mengenyangkan jika ada yang lapar
- Keripik
- dan berbagai snaksnack kesukaan anak kecil
3. Buah-buahan
Buah-buahan juga sangat bermanfaat mengembalikan kesegaran penumpang yang kecapekan dan dehidrasi, buah-buahan yang dibawa hendaknya buah yang kecil-kecl dan menyegarkan misalnya: apel, jeruk, pear, dll. Cuci sebelum berangkat
Hindari membawa buah-buahan besar seperti semangka, melon, pepaya, dll karena untuk memakannya kita butuh mengupasnya dan berbahaya jika mengupas di mobil
Pastikan makanan dan minuman ringan ini mencukupi selama perjalanan
Obat-obatan
Obat-obatan ini juga diperlukan, minimal kotak P3k yang akan bermanfaat ketika terjadi sesuatu dalam perjalanan. Isi Kotak P3K ini dengan pertolongan pertama antara lain; perban, obat luka, gunting, handiplast, salep luka bakar, obat anti septik, minyak kayu putih, nomor telepon darurat.
Nah yang tak kalah penting juga adalah obat-obatan khusus, obat-obat khusus ini digunakan oleh anggota keluarga yang memang menderita riwayat penyakit misalnya asma, alergi debu/ angin, dll (jangan lupa bawa obat untuk penumpang seperti ini)
Peralatan Service
Yang terakhir adalah tool kit atau peralatan untuk service mobil saat dibutuhkan:
- Dongkrak
- Tool Kit (kunci pas/ kunci ring/ kunci shock)
- Kunci Roda (kunci L)
- Segitiga pengaman
- Sekering, senter, dan pisau
- Interior Cleaner
- lap microfiber
- multi cleaner (untuk membersihkan eksterior, kaca dan interior)
Selain itu juga diperlukan mempertimbangkan beban kendaraan (jangan over), kendalikan kecepatan (yang penting selamat), packaging barang dengan baik.
Learn more »

Toyota mulai Tertarik Mobil Pedesaan

Setelah sukses meluncurkan mobil LCGC sampai berbagai mobil sejuta umat pabrikan otomotif Toyota dan Daihatsu kini mulai lirik mobil pedesaan, hal ini seperti diungkapkan Made Dana selaku Direktur Humas Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang menyatakan jiak Indonesia memiliki banyak Desa, saat masyarakatnya mulai maju tentunya membutuhkan sarana transportasi yang mudah dan murah bagi mereka, saat ini Toyota sedang mempelajari bagaimana potensi masyarakat pedesaan dalam memiliki sebuah mobil yang mereka butuhkan.
Hal ini sepertinya menanggapi keinginan pemerintah untuk menggulirkan mobil khusus pedesaan, wacana mobil pedesaan sebenarnya sudah beberapa tahun lalu yang pelaksanaannya diberikan pada perusahaan kecil seperti tawon dan viar, akan tetapi sampai saat ini mobil pedesaan belum terealisasi.
Toyota Motor Manufacturing Indonesia berencana masuk ke segmen ini setelah 2 bulan lalu Dirjen Industri Logam, Mesin dan Alat Transportasi dan Elektronika mengunjungi kawasan industri Cibitung dan Irjen tersebut menyatakan bahwa Daihatsu bakal mengeluarkan mobil pedesaan, baca; daihatsu bakal mengeluarkan mobil pedesaan
Kita mengetahui bahwa Toyota dan Daihatsu sebenarnya adalah satu perusahaan, dimana Daihatsu adalah anak perusahaan Toyota yang ditugaskan memproduksi mobil-mobil kelas lebih murah dengan desain yang lebih kecil dari Toyota sehingga kemungkinan besar andaikata proyek ini diambil Toyota maka Daihatsu adalah pabrikan yang akan memproduksi mobil pedesaan ini
Spesifikasi Mobil Pedesaan
Lantas apa yang dimaksud dengan mobil pedesaan? sebelumnya pemerintah telah mengulas apa itu mobil pedesaan dan spesifikasinya seperti apa.
Perpres No. 19 Tahun 2010 mengatakan mobil pedesaan idealnya berada dibawah 1000 cc, sehingga lebih ramah lingkungan dan harga yang terjangkau.
Daihatsu sendiri sebenarnya sudah memiliki mobil konsep tentang mobil pedesaan ini yakni bermesin 660 cc memakai 3 silinder, berbentuk pick up dan station dengan dimensi yang tidak terlalu besar (p x l x t : 2925 mm x 1295 mm x 1690 mm).
Dimensi yang kecil ini diharapkan bisa menjangkau wilayah-wilayah dengan jalan yang sempit dan juga low cost, sedangkan mesin yang kecil ini bisa menurunkan biaya produksi sehingga harga jual mobil juga murah...mesin kecil ini juga sesuai dengan anjuran pemerintah tentang angkutan pedesaan ini
Untuk harga kemungkinan besar mobi pedesaan ini akan jauh lebih murah dari mobil LCGC mengingat spesifikasinya juga dibawah mobil LCGC sementara mobil ini didukung oleh pemerintah, perkiraan harganya sekitar 40 sampai 50 jutaan, harganya antara motor niaga (3 roda) dan mobil LCGC
Learn more »

Ini Bahaya memakai Ban Botak/ Tipis/ Halus

Kondisi ban sangat mempengaruhi keselamatan saat perjalanan jauh. Keadaan ban seperti ban botak/ tipis, ban retak, ban getas, ban benjol dan ban terlalu berumur merupakan penyebab utama timbulnya kecelakaan meskipun tanpa disadari oleh pengemudi. Nah kali ini www.mobilku.org akan mengulas apa sih bahaya ban mobil yang sudah botak atau ban sudah tipis/ halus?
Menjadi Licin saat terkena Genangan Air
Ban botak atau yang sudah kehilangan alur/ coraknya akan mendadak berubah menjadi sangat licin saat melewati jalan aspal yang tergenang air atau saat hujan? alur pada ban sebenarnya ibarat selokan pada jalan, tanpa alur/ selokan pasti saat ada air akan banjir...
Nah sama dengan ban tanpa ada alur maka air akan banjir ke seluruh permukaan ban, akibatnya ada banyak air yang terjebak antara permukaan ban dengan aspal sehingga ban seperti tidak menginjak aspal akan tetapi menginjak air.
Nah saat ban menginjak air maka sebenarnya ban sudah sama sekali tidak memiliki daya cengkram, seperti orang memakai sepatu sky yang bisa meluncur deras di atas air... hal ini dinamakan aquaplaning
Saat terjadi aquaplaning mobil akan melaju tak tentu arah sehingga kita tidak bisa mengendalikan arah mobil, kita juga tidak bisa mengerem/ mengurangi laju mobil saat terjadi hal ini
Kurang baik saat Manuver
Ban yang sudah halus/ tipis/ botak memiliki kualitas pengendalian yang tidak sebaik ban dengan kembang normal, ban botak ini juga tidak memiliki daya cengkram yang baik pada jalanan sedikit berpasir atau jalan aspal sekalipun... akibatnya ban yang halus saat digunakan untuk menikung sering tergelincir karena licin
Jadi kita harus ekstra hati-hati saat ditikungan karena rawan terselip oleh sedikit pasir saja dan mobil kehilangan kendali.
Kemampuan menahan beban berkurang
Pada dasarnya ban berfungsi untuk menahan beban, menahan guncangan dan sebagai salah satu faktor sistem safety mobil. Nah hal ini akan berfungsi dengan baik jika konstruksi ban masih dalam keadaan yang bisa ditoleransi, jika ban botak maka struktur/ desain ban sudah rusak sehingga akan kehilangan daya redam kejut, kekuatan menahan benturan. Ban tipis ini juga mudah sekali bocor terkena paki/ logan kecil saja sudah bocor, kena batu lancip juga bocor
Ban yang halus tidak bisa dipakai menahan beban terlalu besar/ membawa muatan banyak atau terkena benturan seperti batu-batuan... oleh karena itu kita harus hati-hati dalam menghitung beban mobil dan memilih rute yang bebas dari kerikil kecl, pasir, air bahkan kecepatan harus kita jaga agar ban tidak meledak akibat struktur ban yang sudah berubah
Berapa ketebalan minimum ban/ coraknya?
Untuk standar ban dikatakan masih bisa dipakai/ layak pakai adalah jika selokan atau kedalaman saluran air/ corak ban masih diatas 1,5 mm. Jika kedalaman alur ban sudah 1,5 mm atau labih kecil misalnya 1 mm maka ban sudah dikategorikan berbahaya digunakan (ban gundul/ botak). apa lagi ban sudah tidak kelihatan alurnya, wah....
jika alur ban masih sedalam 1,7 atau 1,8 artinya masih cukup baik dari segi alur...akan tetapi pecinta otomotif juga harus mempertimbangkan kondisi ban lainnya misalnya usi abn, getas atau tidak, retak, benjol danlain-lain.
Ganti ban yang dirasa sudah tidak memenuhi syarat keselamatan agar kita selamat, nyawa kita harganya jauh diatas harga sebuah mobil atau hanya sebuah ban broo...
Learn more »

Dealer Mobil Ford Rugi, Mobil Ford Tak Laku

Mundurnya Ford dari bisnis otomotif tanah air Januari 2016 lalu ternyata berdampak panjang sampai hari ini, puluhan Dealer Ford di Indonesia merasa telah dirugikan akibat mobil yang sudah dibeli oleh dealer tak laku/ tak ada konsumen yang mau beli sehingga mobil menumpuk di dealer, antara lain Ford Fiesta, Ford Ecosport dan Ford Focus.
Sejak pengumuman pengunduran diri Ford mobil-mobil Ford tidak ada yang mau membeli bahkan ada yang sudah dibeli tapi dikembalikan ke kami, ujar salah satu konsorsium Dealer.
Jumlah mobil yang saat ini menumpuk di dealer-dealer ford mencapai ratusan dengan jenis mobil: Ford Fiesta, Ford Ecosport dan Ford Focus. Konsorsium dealer Ford Indonesia tersebut kemaren kembali bersuara akan menuntut FMI (Ford Motor Indonesia) dengan gugatan sebesar 1 triliun rupiah untuk mengganti kerugian yang mereka terima termasuk untuk melindungi 2000 an karyawan dealer.
Dealer-dealer ford yang berjumlah 44 Dealer seluruh Indonesia itu juga menuntut "buy back" atau pembelian kembali mobil yang menumpuk di dealer tersebut. Selama ini kita sudah berdarah-darah melayani konsumen Ford sesuai permintaan FMI, akan tetapi seperti tidak ada perhatian dari Ford Motor Indonesia seolah-olah kami dibiarkan mati pelan-pelan tanpa ada kejelasan.
Sebelumnya ford menyatakan keluar dari Indoensia sejak 24 Januari 2016, kemudian karena banyaknya tuntutan masyarakat maka Ford mengumumkan tidak akan keluar dari Indoensia sebelum menunjuk pihak ketiga untuk menggantikan bisnis FMI di Indonesia April lalu, sampai saat ini sudah ada 6 pihak yang berusaha mengambil alih bisnis Ford di Indonesia termasuk Konsorsium Dealer bersama perusahaan asal thailand, akan tetapi sampai saat ini tidak ada kejelasan.
Keputusan mundurnya ford dari Indonesia telah memberikan dampak yang luar biasa pada konsumen mobil ford yang berjumlah 105 ribu pembeli di seluruh Indonesia, menghancurkan investasi yang ditanamkan pada 44 dealer dan juga industri sparepart lain.
Kerugian yang diderita Dealer-dealer ini mencapai ratusan milyar rupiah termasuk investasi berupa peralatan service, bangunan, sparepart, karyawan dan lain-lain..sampai saat ini sudah banyak dealer yang mengurangi jumlah karyawan untuk penghematan...ungkap konsorsium dealer ford seluruh Indonesia
Learn more »

Tips Merawat Rem Mobil dengan Sederhana

Rem mobil bagaikan nyawa bagi sebuah mobil saat perjalanan, jika sedikit saja ada tanda-tanda rem mengalami kerusakan maka jangan teruskan perjalanan anda....lebih baik cari bengkel terdekat dengan berjalan sangat pelan dan hati-hati sambil tanya-tanya penduduk dimana ada bengkel...
Bahkan bengkel motorpun tidak masalah, karena tidak sedikit ternyata bengkel motor yang paham tentang rem mobil ini karena sistem hidrolisnya hampir sama... atau dengan cara lain misalnya telepon teman atau memanfaatkan jasa bengkel panggilan yang sekarang marak (tinggal telepon), nomor teleponnya berapa? coba cari di olx sekarang banyak yang menawarkan jasa bengkel panggilan sampai di kota-kota kecil
Nah kali ini www.mobilku.org akan memberikan tips bagaimana merawat rem mobil yang benar agar terhindar dari gagal fungsinya rem diperjalanan:
1. Ganti minyak rem secara periodik
Penggantian minyak rem idealnya tiap 25 ribu km atau sekitar 2 tahun sekali dengan pemakaian standar, nah yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai memakai minyak rem yang berkualitas rendah/ asal harganya murah...pakailah minyak rem yang direkomendasikan pabrikan, karena kebocoran minyak rem ini sering diakibatkan penggunaan minyak rem sembarangan... salah satu penyebab rem blong ya ini (kebocoran minyak rem)
2. Bersihkan kampas rem
Kampas rem idealnya diganti tiap 20 ribu km, akan tetapi kita tetap wajib mengontrol kondisi kampas rem kita dan membersihkannya paling tidak 2 bulan sekali atau jika dipakai sehari-hari tiap sebulan sekali dicek dan dibersihkan juga lebih baik. Kotornya kampas rem ini membuat fungsi pengereman jadi terganggu dan membuat pengereman menjadi keras, membersihkan bisa dengan melepas kampas rem dan membersihkan dengan kuas, dan lebih baik lagi sedikit digosok dengan amplas (sedikit saja) agar grip kampas rem kembali ada
3. Periksa sepatu rem dan dudukan rem
Sepatu rem dan dudukan rem ini adalah komponen pada kampas mobil yang bertugas menekan kampas dan tempat kampas, pastikan sistem kerja kampas rem berjalan dengan baik... jika ada karat bersihkan
4. Jangan memakai merk KW
Komponen rem ini meskipun tidak terlalu mahal seperti komponen mesin akan tetapi fungsinya melebihi mesin mobil, jika memakai mesin KW masih lumayan tidak bisa jalan tapi jika memakai Rem KW maka tidak bisa berhenti... mahal mana nyawa kita dengan mobil kita? ya bukan! jangan gunakan merk palsu, pakai komponen rekomendasi pabrikan...kita memakainya juga lebih nyaman :-)
5. Service Rem setiap 6000 km
Nah yang terakhir ini bisa dilakukan di bengkel saat kita ganti oli, jika kita ganti oli tiap 6 ribu km ya sekalian suruh bengkel mengecek sistem rem kita... jasa pengecekan dan perbaikan kecil sistem rem ini tidak terlalu mahal paling mahal antara 70-90 ribu rupiah harga bervariasi antar daerah/ kota. Mengapa murah? karena sekalian ganti oli jasanya, sedangkan apa saja yang dicek pada sistem rem:
- piston rem apakah aus atau tidak
- master rem dan boster rem
- kuantitas dan kualitas minyak rem
- kondisi kampas rem + dudukanrem + sepatu rem
- Selang minyak rem ada yang bocor atau tidak
Learn more »