Feature news

Tips/ Cara Merawat Karet Pintu Mobil

Karet pintu mobil akan kehilangan elastisitasnya seiring dengan waktu, biasanya umur karet mobil dengan pemakainan standar bisa bertahan sampai 5 tahun, akan tetapi jika tanpa perawatan dan dipakai sembarangan umur karet juga lebih cepat habis atau soak atau Getas.
Nah pada mobil usia diatas 5 tahun karet pintu mobil kebanyakan sudah tidak berfungsi dengan baik (menjadi kaku, pecah-pecah, kehilangan elastisitasnya, dll).
Akibat karet pintu mobil rusak/ getas
Nah masalah karet getas ini akan menyebabkan:
* Fungsi peredam suara karet menjadi berkurang sehingga suara bising dari luar menjadi cukup mengganggu,
* Air hujan sering masuk ke dalam pintu sebelah dalam kabin, bahkan bisa sampai nyiprat ke penumpang :-)
* Saat membuka/ menutup pintu mobil menjadi kurang enak karena sura pintu menjadi keras dan juga sering kesulitan menutup pintu dengan sempurna.
Penyebab karet cepat getas
1. Karena usia/ waktu; ya karet seiring dengan waktu akan mengeras/ rusak karena reaksi dengan udara.
2. Karena sering terkena sinar matahari, sinar matahari langsung sangat cepat memicu kerusakan karet..jangankan kena sinar langsung, sinar matahari tidak langsung saja bisa merusak karet mobil.
3. kurangnya perawatan; sering terkena air, karet kotor, terpapar panas, terkena hujan dan tidak dibersihkan adalah penyebab lain karet pintu mobil cepat rusak
Cara merawat karet pintu mobil
Nah agar karet pintu mobil tidak cepat rusak/ aus/ getas/ berikut tips merawatnya?
* Beli silicon spray untuk memelihara kelenturan karet dan juga siapkan lap untuk membersihkan karet, siapkan pula kuas halus/ sikat gigi halus jika karet sudah lama tak dibersihkan
1. Bersihkan karet dengan kuas/ sikat gigi halus sampai bersih... gunakan air + shampo mobil sebagai bahan pembersihnya sementara alatnya: kain lap + kuas
2. Jika karet mobil sudah benar-benar bersih, jangan lupa basuh kembali agar detergen/ air+shampo mobil benar-benar bersih lalu angin-anginkan sampai kering (tidak ada air)
3. Setelah kering semprotkan silicon spray (khusus untuk merawat karet mobil) pada permukaan karet lalu tunggu sekitar 3-5 menit (asal jangan sampai silicon spray kering). Mengapa harus menunggu? karena silicon spray ini bekerja tidak hanya dipermukaan saja akan tetapi akan meresap ke dalam pori-pori karet untuk memelihara kelenturan karet... jangan terlalu lama juga karena silicon spray jika terlalu lama menyebabkan karet terlalu lunak
4. Setelah ditunggu atau dibiarkan selama 3-5 menit lalu bersihkan silicon dengan lap kain bersih sampai kering. Nah mudah bukan merawat karet pintu mobil? intinya seperti merawat ban mobil dengan silicon agar tetap terjaga kelenturannya dan tetap bersih :-)
5. Lakukan pada pintu mobil yang lain agar semua karetnya terpelihara
Learn more »

Isuzu MU-X dan D Max Baru bakal lawan Fortuner dan Hilux

Isuzu Indonesia rupanya sedang menyiapkan dua mobil dengan kategori SUV untuk menantang SUV dan D Cab dari Toyota yakni Fortuner dan Hilux tahun 2016-2017. Stock mobil MU-X dan Isuzu D-Max saat ini sudah habis di dealer-dealer Isuzu tak ditambah lagi, hal ini karena tahun ini akan keluar MU-X dan D-Max terbaru dengan mesin yang juga lebih baru.
Rencananya Isuzu MUX dan D Max terbaru tersebut bakal dikeluarkan di event pameran otomotif GIIAS yang akan berlangsung 11-21 Agustus 2016 mendatang, menurut pihak Isuzu mereka sengaja menghadirkan mobil yang benar-benar baru dengan mesin yang baru langsung dari Thailand untuk melawan dominasi Fortuner dan Hilux.
MU-X dan D Max terbaru dibekali 2 jenis mesin
Isuzu MUX 2016 hadir dalam 2 pilihan mesin yakni Isuzu MUX 1.9 yang memakai mesin diesel berkapasitas 1900 cc atau 1.9 liter, mampu mengeluarkan tenaga sampai 150 Ps pada 3600 Rpm dan torsi sebesar 350 Nm pada 1800 sampai 2600 Rpm. Keunggulan mesin Isuzu MUX terbaru ini memiliki torsi maksimum pada rentang putaran mesin cukup panjang yakni antara 1800 Rpm kita sudah mendapat tenaga maksimum mobil sampai kita menginjak gas pada putaran mesin 2600 Rpm juga masih dapat tenaga maksimum.
Menurut pihak Isuzu bahwa mesin MUX 1.9 L ini menggantikan mesin MUX lawas berkapasitas 2500 cc, uniknnya mesin 1900 cc nya ini memberikan tenaga yang lebih besar dari mesin lawasnya dengan selisih 16 Ps. dan juga memiliki torsi yang 30 Nm lebih besar dari mesin lawas 2500 cc MUX. Tak hanya itu mobil ini juga diklaim 20% lebih ringan dari mesin 2500 cc MUX lawas.
Mesin yang 1.9 ini yang dipastikan bakal mendarat di Indonesia, sedangkan pilihan mesin yang lebih besar masih menunggu kepastian dari pihak Isuzu..
Pilihan jantung pacu MU-X kedua adalah dengan mesin yang lebih besar yakni 3000 cc atau 3.0 liter, mesin dengan kode 4JJ1-TCX's ini mampu menghasilkan tenaga sampai 177 Ps pada 3600 Rpm dan torsi 380 Nm pada 1800 sampai 2800 Rpm
Sistem transmisi dan penggerak
Untuk sistem transmisi MU-X dan D-Max bakal memakai 2 jenis transmisi yakni Automatic Rev Tronic 6 Speed dan juga manual 6 percepatan, untuk MU-X dan D Max 3.0 hanya tersedia dengan sistem transmisi matic saja akan tetapi untuk pilihan mesin 1.9 tersedia yang transmisi manual juga.
Sistem penggerak Isuzu MU-X dan D-Max 1.9 memakai penggerak 2 roda saja akan tetapi untuk MU-X dan D-Max 3000 cc atau 3.0 L dibekali dengan pilihan penggerak 4x4 atau 4 roda (depan belakang).
Safety
Untuk teknologi rem kedua SUV terbaru andalan Isuzu ini memakai 3 teknologi terbaru yakni ABS, EBD dan BA. Sementara untuk stabilitas pengendalian mobil keduanya dibekali teknologi ESC dan Traction control yang secara elektronik mampu mencegah mobil ini limbung saat menikung atau kehilangan kendali saat menikung akibat oversteer dan understeer.... wah selain dengan teknologi rem terbaru anti selip juga dibekali anti melenceng ya :-) lengkap banget nih teknologi safetynya
Teknologi safety lain yang tak kalah canggih adalah hill start assist, teknologi ini mendeteksi kemiringan jalan dan putaran ban dengan komputer... Jika terdeteksi jalan menanjak maka teknologi ini akan aktif memonitor putaran roda, jika terdeteksi putaran roda berputar terbalik (meskipun sangat sedikit) maka rem akan otomatis bekerja. Istilahnya teknologi keselamatan anti mundur pada jalan menanjak jadi sangat aman dipakai di tanjakan meskipun jalanan macet merayap seperti saat ke puncak.
Teknologi keselamatan lain yakni Airbags pada penumpang baris pertama atau bagian depan, airbags menjadi sistem keselamatan terakhir jika benar-benar terjadi benturan sehingga fitur ini meskipun lawas tetap wajib ada pada sebuah mobil.
Harga Isuzu D-Max dan MU-X terbaru
informasi harga kedua mobil SUV terbaru ini masih belum kami dapatkan, informasi resmi harga mobil ini menunggu event GIIAS yang akan berlangsung akhir pertengahan hingga agustus bulan depan, kunjungi terus www.mobilku.org untuk mendapatkan informasi terbaru seputar kedua mobil ini dan update harga
Learn more »

Calya dan Sigra buat Persaingan pasar MPV Murah makin Seru

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa Toyota dan Daihatsu kembali merencanakan mengeluarkan mobil kembar dalam kategori LCGC seperti Agya dan Ayla, akan tetapi kali ini mobil yang akan dikeluarkan kedua pabrikan tersebut berjenis MPV 7 penumpang (5+2) dan rencananya bakal keluar bulan depan.
Toyota Astra Motor mengeluarkan Toyota Calya yang memakai mesin 1200 cc, sedangkan Astra Daihatsu Motor mengeluarkan Daihatsu Sigra.
Kedua mobil MPV kembar murah ini memiliki harga yang bisa dikatakan murah yakni antara 100 juta sampai 130 juta, terlebih lagi MPV LCGC besutan daihatsu yakni Sigra yang memiliki 2 varian mesin: Sigra 1.2 dan Sigra 1.0.
Daihatsu Sigra 1.0 diperkirakan dijual dengan harga 100 sampai 105 juta untuk varian termurahnya sedangkan varian Sigra dengan mesin 1200 cc atau 1.2 dijual mulai 116 juta rupiah (harga perkiraan, baca di prediksi akurat harga Daihatsu Sigra). Sedangkan MPV LCGC milik Toyota yakni Calya diperkirakan dijual mulai harga 120 juta varian termurah sampai 140 jutaan untuk varian termahalnya.
Rival Calya dan Sigra
Rival kedua mobil ini adalah MPV LCGC besutan Datsun-Nissan yang sudah terlebih dahulu dijual sejak beberapa tahun lalu sampai sekarang yang diberi nama Datsun Go+. Datsun Go+ juga masuk MPV dengan konfigurasi tempat duduk (5+2) sama seperti milik Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra, sedangkan mesin yang dipakai Datsun Go+ adalah berkapasitas 1200 cc dengan 3 silinder yang menghasilkan tenaga sampai 68 Hp.
Untuk harga Datsun Go+ termasuk paling murah dimana saat ini varian termurahnya dijual dengan harga 94,6 juta rupiah... Nah jika nanti Daihatsu Sigra dijual dengan harga 104 Juta maka jika dibandingkan milik Nissan-Datsun yakni Datsun Go+ masih lebih murah Datsun Go+, sehingga dalam penerapan harga MPV LCGC Toyota dan Daihatsu tidak boleh sembarangan mematok harga tinggi kalau tak mau kalah saing dengan milik MPV LCGC Nissan yang dijual dengan harga 94,6 juta rupiah on the road DKI Jakarta.
Terkait dengan keluarnya Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini Manager Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja memberikan komentar bahwa munculnya mobil MPV LCGC pesaing Datsun Go+ tersebut merupakan tantangan bagi mereka (datsun indonesia) untuk tidak lagi berleha-leha, kompetotor akan membuat semangat kami dalam menyusun strategi penjualan makin bertambah dengan manuver-manuver pemasaran yang lebih agresif, ungkap Indriani.
Pihak Datsun juga sudah bersiap dengan memperbaiki layanan purna jual mereka termasuk menambah dealer penjualan dan service pada kota-kota yang belum ada dealer Nissan-Datsun, menambah ketersediaan sparepart, pelatihan skill mekanik pada tiap dealer dan juga promosi-promosi pada masing-masing daerah,, "pokoknya kami akan all out" ungkap Indriani Hadiwidjaja, Head of Managing Datsun.
Datsun Go Cross
Datsun juga sudah bersiap mengeluarkan kartu As yakni akan menjual SUV LCGC, atau SUV dengan kategori mobil LCGC yang dijual sangat murah... jadi tunggu saja tanggal mainnya ungkapnya :-)
Sebagai bocoran bahwa SUV LCGC yang bakal dikeluarkan adalah Datsun Go Cross atau Datsun Redi Go yang berjenis SUV kompak atau Crossover, mobil ini lebih mampu melewati jalanan dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dibanding mobil jenis MPV atau City Car misalnya jalanan offroad ringan, jalan menanjak, berliku, licin dan lain sebagainya
Learn more »

Ulasan Mobil Hardtop, Kelebihan dan Kelemahan

Hardtop adalah mobil berjenis SUV dan keluar mulai tahun 1960 sampai 1985 di Indonesia, mobil ini memiliki dua pilihan mesin yakni bensin dan diesel yang mana kapasitas mesinnya mulai 3000 cc sampai 4200 cc. Dengan mesin sebesar ini Hardtop memiliki keunggulan pada tenaga dan torsi yang dihasilkan sangat besar.
Besarnya torsi ini membuat Toyota Hardtop mampu melewati jalanan sangat menanjak dengan luar biasa... Tingginya Ground Celarance mobil dan penggerak 4 roda yang dipadukan dengan jenis ban MT (ekstra grip/ ban pacul) membuat mobil ini mampu melewati medan yang sangat rusak sekalipun dimana mobil-mobil lain sudah sangat menyerah akan tetapi Hardtop ini bisa melewatinya
Ketangguhan mobil hardtop
Sudah bukan rahasia lagi jika di sekitar gunung bromo terdapat banyak sekali mobil ini baik di sisi selatan (kota malang), bromo sisi barat (pasuruan), Sisi utara (probolonggi maupun sisi timur (lumajang). Artinya mobil ini dipakai penduduk untuk menanjak pada jalanan yang luar biasa tanjakannya (pada ketinggian 2000 mdpl sampai 3000 mdpl) dari ketinggian 400 mdpl (wilayah bawah). Mobil ini juga sering dipakai melewati padang savana (padang pasir bromo) yang sangat luas.
Kebetulan admin www.mobilku.org tinggal di kota malang jadi sering menyaksikan ketangguhan mobil ini dalam membawa turis naik dari daerah bawah (tumpang ketinggian 500 mdpl) sampai ngadas (ketinggian 2200 mdpl), bukan hanya ketinggian saja akan tetapi jalan yang dilewati menuju gunung bromo dari kota malang sangat rusak bro,,,, jalan tanjakan dan turunan curan dengan batu-batuan sebesar bola basket sering dilewati, belum  lagi kalau hujan jalan berlumpur memperparah tanjakan terjal ini.
Admin mencoba melewati dengan motor saja sangat kesulitan melaluinya apa lagi dengan mobil bisa terguling... tapi itu bukan masalah untuk Hardtop mereka bisa melewati dikala roda dua dan roda 4 lain sudah tak mampu lagi.
Belum lagi biasanya 1 hardtop bisa mengangkut antara 6 sampai 12 orang beserta barangnya,,, kebayang gak tuh diisi 12 orang duduk di dalam kabin, duduk di atas atap mobil sampai duduk di bagian kap mesin... wah benar-benar tangguh mobil ini. Beban berat di jalan terjal dan rusak parah masih bisa
Harga mobil Hardtop
Harga hardtop ini bisa dibilang mahal untuk mobil keluaran tahun 60 sampai 80an, untuk mobil dengan kondisi jelek saja masih dijual 60 juta itupun surat-suratnya sudah mati dan plat nomer sembarang kota.
Untuk hardtop kondisi standar: mesin tidak bermasalah, cat tidak mengelupas-mngelupas dan pajak hidup harganya masih berkisat 100 sampai 150 jutaan
Sedangkan untuk Hardtop yang bagus dengan cat bagus mengkilat, mesin sehat wal'afiat, interior dan eksterior bagus orisinal, atau biasa untuk kolektor dan pecinta hardtop biasanya harganya antara 150 juta sampai 250 juta.
Wah mahal ya mobil ini :-)
Kelemahan mobil hardtop
Meskipun mobil ini tangguh akan tetapi Hardtop juga memiliki kelemahan, antara lain:
* Sparepart yang sulit dan mahal di dapat
hardtop termasuk mobil lawas yang sulit mendapatkan sparepartnya karena sudah lama tidak diproduksi... nah untuk mendapatkan sparepat dengan lebih gampang maka pemilik perlu gabung ke klub-klub pecinta hardtop yang mana mereka biasanya punya jaringan antar kota hingga ke luar negri. Kalau di sekitar bromo penduduk sana sudah sangat terbiasa dengan modifikasi sparepart karena jumlah hardtop daerah bromo mencapai ribuan
* Hardtop Boros BBM
Konsumsi BBM Toyota Hardtop terbilang sangat boros yakni sekitar 5-7 km untuk 1 liter BBMnya di jalanan aspal, nah tekor gak kalau dipakai harian?? wajar dengan kapasitas mesin sampai 4200 cc dengan silinder berjumlah 6...
Nah solusinya tenaga yang besar dan borosnya BBM ini jangan memakai hardtop untuk harian bro, pakailah dengan bijaksana..misalnya jika benar-benar membutuhkan tenaganya misalnya untuk keperluan menanjak-nanjak di jalanan rusak, atau urusan bisnis masuk ke perkebunan (kebun sawit/ karet/ yang lain) yang membutuhkan mobil SUV tangguh, atau dipakai untuk kejuaraan offroad mobil ini juga sangat banyak digunakan.
Kalau dipakai harian di jalan aspal yang tak butuh kemampuan handal mobil pakailah mobil lain yang lebih irit dan cukup. Di jalan aspal tenaga mobil sekelas avanza-ertiga-mobilio bahkan jenis LCGC sudah cukup bro
* Rem Hardtop kurang bagus
Teknologi rem yang digunakan juga masih klasik bro,,,teknologi tahun 60 sampai 80an, Rem hardtop ini jika digunakan oleh orang yang tidak terbiasa akan kesulitan..antara lain:
 - rem kurang pakem
 - rem kadang-kadang mengunci saat terkena air
 - rem juga kadang mengunci jika dilakukan injakan secara spontan/ mendadak dengan keras
 - ada yang mengatakan jika rem jadi blong saat rem tangan diaktifkan
Nah kalau sistem remnya seperti ini pecinta otomotif harus hati-hati atau lebbih baik merubah/ mengganti sistem remnya dengan rem mobil yang lebih baru dan tentunya lebih berkualitas
* Suspensi Hardtop keras
Masalah suspensi ini Hardtop memang terlalu keras ya sehingga kurang nyaman digunakan di jalan aspal atau light offroad yang membuat kebanyakn orang kurang nyaman naik mobil ini, akan tetapi memang suspnsi keras ini dibutuhkan untuk jalanan menanjak rusak dengan membawa beban banyak. Pecinta otomotif juga bisa merubah/ menyesuaikan sistem suspensi hardtop dengan shockbreaker yang lebih empuk
* Kampas kopling Hardtop cepat habis
Nah ini salah satu hal yang sering terjadi, tenaga yang besar dari mesin akan disalurkan ke roda dengan perantara kampas kopling ini, alhasil kampas kopling lebih cepat habis jika dibandingkan kendaraan lain
Masalah kopling ini pecinta otomotif harus hati-hati karena jika terlalu sering dipakai atau sering memakai setengah kopling atau kopling ditahan-tahan (tidak segera dilepas atau diinjak penuh) maka kopling akan mengalami selip atau bahkan terbakar..... solusi kampas kopling jangan sering bermain setengah kopling, kalau menginjak pedal kopling sekalian injak penuh, kalau mau melepas injakan ya lepas aja jangan ditahan separoh... 
Learn more »

Daihatsu Sigra: Spesifikasi, Varian dan Harga

Daihatsu Sigra bakal keluar Bulan Agustus 2016 ini, nah mumpung masih anget www.mobilku.org ingin berbagi info seluk beluk mobil ini sob... Daihatsu Sigra sebenarnya adalah mobil LCGC (mobil murah ramah lingkungan dengan pajak yang kecil) dengan harga jual ayng murah, dikatakan ramah lingkungan karena mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit yakni 1:20 atau 1 liter untuk 20 kilometer pada jalan bebas hambatan.
Daihatsu Sigra berharga murah karena dibuat oleh pabrikan Indonesia dengan kandungan komponen lokal lebih dari 80 %, yang membuat anak bangsa dengan komponen lokal tinggi tentunya tak perlu impor komponen banyak sehingga lebih hemat. masalah kualitas tidak perlu khawatir karena Sigra dibuat oleh anak perusahaan Daihatsu yang selalu menjaga kualitasnya termasuk urusan safety mobil.
Spesifikasi Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra masuk dalam jenis mobil MPV kompak dengan konfigurasi penumpang (5+2) atau berkapasitas penumpang dewasa 5 orang + anak-anak 2 orang. Kursi anak-anak berada pada baris ke tiga, kursi baris ketiga ini masih cukup baik untuk anak yang memiliki tingi badan kurang dari 150 cm akan tetapi jika anak tersebut besar maka sulit untuk duduk di bangku belakang (jadi masuk ukuran dewasa).
Daihatsu Sigra memiliki 2 pilihan tipe mesin yakni Sigra 1000 cc dan Sigra 1200 cc, untuk Sigra yang murah tentunya yang bermesin lebih kecil yakni 1.0 sedangkan Sigra yang bermesin 1.2 harganya lebih mahal akan tetapi tenaganya juga lebih besar...berikut ulasan tentang mesin Daihatsu Sigra:
* Daihatsu Sigra 1.0
Memakai mesin berkapasitas 1000 cc dengan 3 silinder, berteknologi DOHC/3 Silinder 12 katup. Tenaga Maksimum yang dihasilkan adalah 65 Hp pada putaran mesin 6000 Rpm, sedangkan torsi maksimumnya adalah 88 Nm pada putaran mesin 3600 Rpm.
Bahan bakar yang dipakai adalah Pertamax karena mobil ini memiliki rasio kompresi 10 : 1, sementara sistem pasokan bahan bakarnya sudah memakai EFI (elektronik Fuel Injection), konsumsi bahan bakar di jalan bebas hambatan adalah lebih dari 20 km untuk 1 liter BBMnya
* Daihatsu Sigra 1.2
Mobil ini memakai mesin bensin 4 silinder 16 valve berkapasitas 1200 cc, teknologi mesin yang dipakai adalah Dual VVT-i, bakan bakar yang dipakai adalah pertamax dengan sistem pasokan bahan bakar EFI.
Nah selain kapasitasnya lebih besar ternyata silindernya 4 dan berteknologi Dual VVT-i, ini berbeda dengan Sigra 1.0 yang hanya 3 silinder berteknologi DOHC.
4 silinder berarti mesinnya akan lebih stabil/ seimbang saat silinder/ pistonnya saling bergerak.
Daihatsu Sigra 1.2 mampu mengeluarkan tenaga maksimum sampai 80 Hp pada putaran mesin 5600 Rpm, sedangkan torsi maksimum mobil ini mencapai 104 Nm pada putaran mesin 3100 Rpm. Wah lumayan tenaganya lebih besar 15 Hp dari yang Sigra tipe 1.0
Dan yang lebih bagus lagi adalah torsi maksumum sebesar 104 Nm tersebut bisa dicapai pada putaran mesin yang lebih rendah dari Sigra 1.0 yakni hanya 3100 Rpm, jika torsi lebih mudah dicapai maka kita tidak perlu terlalu ngoyo menginjak gas sampai putaran mesin menyentuh 3600 Rpm untuk mendapatkan daya angkut maksimal
Harga Daihatsu Sigra
Harga Daihatsu sigra off the road mulai 80 jutaan untuk varian termurah, sedangkan varian termahal mencapai 106 juta rupiah, itu masih off the road lho bro... Untuk harga on the roadnya kita tunggu bulan Agustus saat peluncuran resmi mobilnya... Akan tetapi www.mobilku.org telah membuat simulasi dengan asumsi pajak adalah 29 % dari harga off the road maka akan didapatkan harga on the roadnya, mengapa 30 %? karena mobil LCGC Daihatsu (Daihatsu Ayla) memakai angka 29 % untuk menentukan harga on the roadnya (pajak ke pemerintah). Karena mobil ini mobil LCGC maka pajaknya hampir bisa dikatakan sama yakni sekitar 29 %
Berikut rincian harga dan varian Daihatsu Sigra
Tipe Daihatsu Sigra
Harga NJKB (minus pajak)
Harga On the road  DKI
Sigra 1.0 D MT
Rp. 79.000.000,00
Rp. 103.000.000,00
Sigra 1.0 M MT
Rp. 86.000.000,00
Rp. 110.000.000,00
Sigra 1.2 X MT
Rp. 92.000.000,00
Rp. 116.000.000,00
Sigra 1.2 X AT
Rp. 101.000.000,00
Rp. 126.000.000,00
Sigra 1.2 R MT
Rp. 96.000.000,00
Rp. 120.000.000,00
Sigra 1.2 R AT
Rp. 106.000.000,00
Rp. 130.000.000,00
Nah dari tabel harga diatas diketahui juga kalau Daihatsu Sigra memiliki 6 macam varian dengan dua pilihan mesin dan 2 pilihan sistem transmisi sementara sistem penggerak mobil ini memakai penggerak roda depan saja.
Mobil yang memakai penggerak roda depan memiliki keunggulan pada akselerasi di jalan aspal dan juga efisiensi bahan bakar karena tidak perlu memutar garda (langsung ke roda)
Kelebihan daihatsu sigra dibanding MPV LCGC lain?
1. Memiliki pilihan mesin 1.0 dan 1.2, pecinta otomotif lebih bisa memilih menyesuaikan budget dan kebutuhan...  bisa dikatakan ini MPV LCGC pertama kali dengan 2 pilihan mesin
2. Rentang harga cukup lebar dari 100 jutaan sampai 130 jutaan (OTR DKI)
3. Dari produsen yang memiliki jaringan service dan purnajual cukup baik (dealernya tidak hanya di kota besar saja)
4. Mobil ini termasuk murah, setara dengan Datsun Go + panca harganya
5. Produk daihatsu cukup diminati masyarakat
Learn more »

Harga Daihatsu Sigra Mulai 80 Jutaan, sangat murah

Astra Daihatsu Motor baru saja mengeluarkan Mobil MPV murah berkapasitas 7 penumpang yang berplatform mobil LCGC, mobilnya sudah diproduksi dan sudah diuji kemaren dan dinyatakan lulus uji artinya dalam waktu dekat Daihatsu Sigra bakal dijual. Lantas berapa harga Daihatsu Sigra? mahalkah atau murahkah?
Nah ternyata dari harga yang diberikan ke pemerintah sangat murah sob, harganya berkisar 80 jutaan!! akan tetapi harga tersebut masih off the road dan harus membayar beberapa pajak sehingga kemungkinan akan sedikit naik, kenapa sedikit naik/ tidak banyak? karena mobil ini masuk dalam kategori mobil LCGC yang mendapat potongan pajak alhasil pajaknya pun sedikit....
Nah berikut ini adalah harga Daihatsu Sigra yang disodorkan pada pemerintah sebelum kena pajak (gambar atas)
lalu berapa harga on the roadnya? banyak kalangan memperkirakan harganya berkisar antara 100 jutaan sampai sampai 130 jutaan, nah harga yang sangat bersaing bukan? eh tapi jangan salah ternyata Daihatsu Sigra ini ada yang bermesin 1000 cc dan 1200 cc, nah yang bermesin 1000 cc ini yang murah yang termurah adalah varian Sigra 1.0 D MT yang harganya 100 jutaan yakni 104 juta, varian diatasnya yang masih memakai mesin 1000 cc adalah Sigra 1.0 M MT dengan perkiraan harga 110 juta rupiah.
Selain dua varian tersebut Daihatsu Sigra memakai mesin 1200 cc terdapat 4 varian yang bermesin 1200 cc dengan perkiraan harga termurah 116 juta rupiah dan harga varian tertinggi adalah 131 juta rupiah. Perkiraan harga tersebut diambilkan dari perubahan harga off the road Daihatsu Ayla ke On the road. Kira-kira seperti itu dengan pajak berkisar antara 29% sampai 35 %.
Nah murah bukan bro harga 100 jutaan sudah dapat mobil 7 penumpang?
Tipe Daihatsu Sigra
Harga NJKB
Harga OTR DKI
Sigra 1.0 D MT
Rp. 79.000.000
Rp. 103.000.000
Sigra 1.0 M MT
Rp. 86.000.000
Rp. 110.000.000
Sigra 1.2 X MT
Rp. 92.000.000
Rp. 116.000.000
Sigra 1.2 X AT
Rp. 101.000.000
Rp. 126.000.000
Sigra 1.2 R MT
Rp. 96.000.000
Rp. 120.000.000
Sigra 1.2 R AT
Rp. 106.000.000
Rp. 130.000.000

Rival Daihatsu Sigra yang sama-sama mobil LCGC 7 penumpang:
* Datsun Go + Panca
* Toyota Calya
* Karimun Wagon R 7 Seater
Learn more »

Mobil MPV murah Suzuki, Karimun 7 Penumpang sebentar lagi Keluar.. Ini Spesifikasinya

Suzuki sebentar lagi bakal mengeluarkan mobil MPV atau Mobil Keluarga murah ! rencananya mobil MPV kelas bawah Suzuki ini memakai mesin yang kecil yakni maksimum 1200 cc atau dimungkinkan hanya 1000 cc, hal ini karena Suzuki mengambil produk Karimun Wagon R sebagai platformnya... mobil ini dibuat dari karimun wagon R yang diperbarui (sasisnya dipanjangkan, penambahan kursi baris ketiga dan penyesuaian-penyesuaian lainnya).
Suzuki Karimun 7 Seat
Mobil yang bernama Suzuki Karimun 7 Seat ini masuk dalam platform mobil LCGC yakni mobil dengan kandungan komponen lokal lebih dari 80 persen, dibuat oleh anak bangsa dan mendapat keistimewaan pengurangan pajak.. sehingga harga produksi mobil ini juga bisa murah yang ujung-ujungnya harga jualnya juga murah.
Rival Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang
Sebenarnya untuk mobil MPV murah 7 penumpang tak hanya suzuki saja yang mengembangkan, rencananya Toyota bakal mengeluarkan produk serupa yakni Calya yang merupakan mobil MPV murah dari Toyota, sementara Daihatsu bakal mengeluarkan Daihatsu Sigra sebagai mobil MPV murah LCGCnya. Jika Suzuki, Toyota ataupun Daihatsu masih berencana akan mengeluarkan maka berbeda lagi dengan satu pabrikan otomotif lainnya yang sudah mengeluarkan MPV LCGC dari beberapa tahun lalu.
MPV LCGC yang sudah beredar
Datsun sudah mengeluarkan mobil MPV murah dengan harga dibawah 100 jutaan berplatform LCGC selama 2-3 tahun yang lalu dan dijual sampai saat ini, mengenai kualitas Datsun tidak perlu diragukan karena Datsun adalah salah satu anak perusahaan Nissan yang mana pelayanan purna jual/ service datsun ya di dealer Nissan, komponennya bisa didapatkan di dealer Nissan, jadi sebelumnya sebenarnya sudah ada MPV LCGC di Indonesia.
Spesifikasi MPV LCGC Suzuki Karimun 7 Penumpang
Mengenai sasis, interior dan eksterior sudah dipastikan bakal mengambil milik karimun wagon R akan tetapi dilakukan penambahan-penambahan misalnya sasisnya diperpanjang, dan lain sebagainya.
Interior serta eksterior juga bisa dikatakan sama dengan wagor R yang ada (kualitas body, kualitas jok, kualitas material dashboard, dll), akan tetapi tentunya perbedaannya secara ukuran dimana karimun 7 penumpang ini lebih panjang.
Pada kursi baris ketiga nantinya tidak sama dengan kursi-kursi lain dimana kursi ini hanya nyaman dipakai untuk anak-anak atau orang yang memiliki tinggi badan kurang dari 150 cm, artinya walaupun 7 penumpang akan tetapi sebenarnya konfigurasinya adalah 5+2 (5 dewasa dan 2 anak-anak).
bagaimana dengan MPV LCGC lain seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang bakal keluar juga, atau Datsun Go+ Panca? ya mereka semua juga bukan 7 penumpang  dewasa akan tetapi juga sama memakai konfigurasi 7 penumpang (5 dewasa + 2 anak-anak)... Jadi masalah 5+2 ini bukanlah masalah karena semua MPV LCGC seperti itu.
Untuk mesin masih simpang siur karena www.mobilku.org meyakini mesinnya berkapasitas 1000 cc seperti milik karimun wagon R sekarang, akan tetapi di India juga sudah keluar Karimun wagon R 7 penumpang tetapi mesinnya 1200 cc. Jika memakai mesin karimun yang sekarang yakni 1000 cc maka tenaga yang bisa dihasilkan adalah 68 Hp akan tetapi jika memakai seperti yang di India maka tenaganya bisa sampai 75 Hp dan torsinya sampai 105 Nm.
Menurut kami suzuki bakal memilih memakai mesin yang ada sekarang yang bertenaga 68 Hp dan torsi 90 Nm, memakai 3 silinder. Mengapa memilih 1000 cc? hal ini karena rivalnya (Datsun Go+ panca) juga memakai mesin 1000 cc dan kebanyakan mobil LCGC bermesin 1000 cc 3 silinder. Jika harus merubah mesinnya mungkin Suzuki Indonesia bakal mengeluarkan biaya yang terlalu banyak sehingga keyakinan kami wagon r 7 penumpang akan memakai mesin karimun wagon ryang sekarang.
Prediksi Harga Karimun 7 penumpang
Harga karimun 7 seater diperkirakan tak jauh dari karimun wagon r yang sudah beredar sekarang, jika harga karimun wagon R on the road DKI jakarta sekarang adalah 98 juta. Maka harga karimun 7 penumpang sekitar 110 jutaan sampai 120 jutaan. Mengapa tidak lebih tinggi lagi? karena menyesuaikan dengan produk sejenis (MPV LCGC 7 penumpang) yakni Datsun Go+ panca yang dijual dengan harga 100 juta.
Sebagai catatan Toyota Calya kemungkinan dijual dengan harga 130 jutaan (bisa 137 juta juga lho) akan tetapi calya memakai mesin 1200 cc wajar jika mahal.
Dari perbandingan harga tersebut kami rasa mobil murah MPV Suzuki ini cukup bersaing dalam hal kualitas dan harga yang ditawarkan
Learn more »