Feature news

Calya dan Sigra buat Persaingan pasar MPV Murah makin Seru

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa Toyota dan Daihatsu kembali merencanakan mengeluarkan mobil kembar dalam kategori LCGC seperti Agya dan Ayla, akan tetapi kali ini mobil yang akan dikeluarkan kedua pabrikan tersebut berjenis MPV 7 penumpang (5+2) dan rencananya bakal keluar bulan depan.
Toyota Astra Motor mengeluarkan Toyota Calya yang memakai mesin 1200 cc, sedangkan Astra Daihatsu Motor mengeluarkan Daihatsu Sigra.
Kedua mobil MPV kembar murah ini memiliki harga yang bisa dikatakan murah yakni antara 100 juta sampai 130 juta, terlebih lagi MPV LCGC besutan daihatsu yakni Sigra yang memiliki 2 varian mesin: Sigra 1.2 dan Sigra 1.0.
Daihatsu Sigra 1.0 diperkirakan dijual dengan harga 100 sampai 105 juta untuk varian termurahnya sedangkan varian Sigra dengan mesin 1200 cc atau 1.2 dijual mulai 116 juta rupiah (harga perkiraan, baca di prediksi akurat harga Daihatsu Sigra). Sedangkan MPV LCGC milik Toyota yakni Calya diperkirakan dijual mulai harga 120 juta varian termurah sampai 140 jutaan untuk varian termahalnya.
Rival Calya dan Sigra
Rival kedua mobil ini adalah MPV LCGC besutan Datsun-Nissan yang sudah terlebih dahulu dijual sejak beberapa tahun lalu sampai sekarang yang diberi nama Datsun Go+. Datsun Go+ juga masuk MPV dengan konfigurasi tempat duduk (5+2) sama seperti milik Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra, sedangkan mesin yang dipakai Datsun Go+ adalah berkapasitas 1200 cc dengan 3 silinder yang menghasilkan tenaga sampai 68 Hp.
Untuk harga Datsun Go+ termasuk paling murah dimana saat ini varian termurahnya dijual dengan harga 94,6 juta rupiah... Nah jika nanti Daihatsu Sigra dijual dengan harga 104 Juta maka jika dibandingkan milik Nissan-Datsun yakni Datsun Go+ masih lebih murah Datsun Go+, sehingga dalam penerapan harga MPV LCGC Toyota dan Daihatsu tidak boleh sembarangan mematok harga tinggi kalau tak mau kalah saing dengan milik MPV LCGC Nissan yang dijual dengan harga 94,6 juta rupiah on the road DKI Jakarta.
Terkait dengan keluarnya Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini Manager Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja memberikan komentar bahwa munculnya mobil MPV LCGC pesaing Datsun Go+ tersebut merupakan tantangan bagi mereka (datsun indonesia) untuk tidak lagi berleha-leha, kompetotor akan membuat semangat kami dalam menyusun strategi penjualan makin bertambah dengan manuver-manuver pemasaran yang lebih agresif, ungkap Indriani.
Pihak Datsun juga sudah bersiap dengan memperbaiki layanan purna jual mereka termasuk menambah dealer penjualan dan service pada kota-kota yang belum ada dealer Nissan-Datsun, menambah ketersediaan sparepart, pelatihan skill mekanik pada tiap dealer dan juga promosi-promosi pada masing-masing daerah,, "pokoknya kami akan all out" ungkap Indriani Hadiwidjaja, Head of Managing Datsun.
Datsun Go Cross
Datsun juga sudah bersiap mengeluarkan kartu As yakni akan menjual SUV LCGC, atau SUV dengan kategori mobil LCGC yang dijual sangat murah... jadi tunggu saja tanggal mainnya ungkapnya :-)
Sebagai bocoran bahwa SUV LCGC yang bakal dikeluarkan adalah Datsun Go Cross atau Datsun Redi Go yang berjenis SUV kompak atau Crossover, mobil ini lebih mampu melewati jalanan dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dibanding mobil jenis MPV atau City Car misalnya jalanan offroad ringan, jalan menanjak, berliku, licin dan lain sebagainya
Learn more »

Ulasan Mobil Hardtop, Kelebihan dan Kelemahan

Hardtop adalah mobil berjenis SUV dan keluar mulai tahun 1960 sampai 1985 di Indonesia, mobil ini memiliki dua pilihan mesin yakni bensin dan diesel yang mana kapasitas mesinnya mulai 3000 cc sampai 4200 cc. Dengan mesin sebesar ini Hardtop memiliki keunggulan pada tenaga dan torsi yang dihasilkan sangat besar.
Besarnya torsi ini membuat Toyota Hardtop mampu melewati jalanan sangat menanjak dengan luar biasa... Tingginya Ground Celarance mobil dan penggerak 4 roda yang dipadukan dengan jenis ban MT (ekstra grip/ ban pacul) membuat mobil ini mampu melewati medan yang sangat rusak sekalipun dimana mobil-mobil lain sudah sangat menyerah akan tetapi Hardtop ini bisa melewatinya
Ketangguhan mobil hardtop
Sudah bukan rahasia lagi jika di sekitar gunung bromo terdapat banyak sekali mobil ini baik di sisi selatan (kota malang), bromo sisi barat (pasuruan), Sisi utara (probolonggi maupun sisi timur (lumajang). Artinya mobil ini dipakai penduduk untuk menanjak pada jalanan yang luar biasa tanjakannya (pada ketinggian 2000 mdpl sampai 3000 mdpl) dari ketinggian 400 mdpl (wilayah bawah). Mobil ini juga sering dipakai melewati padang savana (padang pasir bromo) yang sangat luas.
Kebetulan admin www.mobilku.org tinggal di kota malang jadi sering menyaksikan ketangguhan mobil ini dalam membawa turis naik dari daerah bawah (tumpang ketinggian 500 mdpl) sampai ngadas (ketinggian 2200 mdpl), bukan hanya ketinggian saja akan tetapi jalan yang dilewati menuju gunung bromo dari kota malang sangat rusak bro,,,, jalan tanjakan dan turunan curan dengan batu-batuan sebesar bola basket sering dilewati, belum  lagi kalau hujan jalan berlumpur memperparah tanjakan terjal ini.
Admin mencoba melewati dengan motor saja sangat kesulitan melaluinya apa lagi dengan mobil bisa terguling... tapi itu bukan masalah untuk Hardtop mereka bisa melewati dikala roda dua dan roda 4 lain sudah tak mampu lagi.
Belum lagi biasanya 1 hardtop bisa mengangkut antara 6 sampai 12 orang beserta barangnya,,, kebayang gak tuh diisi 12 orang duduk di dalam kabin, duduk di atas atap mobil sampai duduk di bagian kap mesin... wah benar-benar tangguh mobil ini. Beban berat di jalan terjal dan rusak parah masih bisa
Harga mobil Hardtop
Harga hardtop ini bisa dibilang mahal untuk mobil keluaran tahun 60 sampai 80an, untuk mobil dengan kondisi jelek saja masih dijual 60 juta itupun surat-suratnya sudah mati dan plat nomer sembarang kota.
Untuk hardtop kondisi standar: mesin tidak bermasalah, cat tidak mengelupas-mngelupas dan pajak hidup harganya masih berkisat 100 sampai 150 jutaan
Sedangkan untuk Hardtop yang bagus dengan cat bagus mengkilat, mesin sehat wal'afiat, interior dan eksterior bagus orisinal, atau biasa untuk kolektor dan pecinta hardtop biasanya harganya antara 150 juta sampai 250 juta.
Wah mahal ya mobil ini :-)
Kelemahan mobil hardtop
Meskipun mobil ini tangguh akan tetapi Hardtop juga memiliki kelemahan, antara lain:
* Sparepart yang sulit dan mahal di dapat
hardtop termasuk mobil lawas yang sulit mendapatkan sparepartnya karena sudah lama tidak diproduksi... nah untuk mendapatkan sparepat dengan lebih gampang maka pemilik perlu gabung ke klub-klub pecinta hardtop yang mana mereka biasanya punya jaringan antar kota hingga ke luar negri. Kalau di sekitar bromo penduduk sana sudah sangat terbiasa dengan modifikasi sparepart karena jumlah hardtop daerah bromo mencapai ribuan
* Hardtop Boros BBM
Konsumsi BBM Toyota Hardtop terbilang sangat boros yakni sekitar 5-7 km untuk 1 liter BBMnya di jalanan aspal, nah tekor gak kalau dipakai harian?? wajar dengan kapasitas mesin sampai 4200 cc dengan silinder berjumlah 6...
Nah solusinya tenaga yang besar dan borosnya BBM ini jangan memakai hardtop untuk harian bro, pakailah dengan bijaksana..misalnya jika benar-benar membutuhkan tenaganya misalnya untuk keperluan menanjak-nanjak di jalanan rusak, atau urusan bisnis masuk ke perkebunan (kebun sawit/ karet/ yang lain) yang membutuhkan mobil SUV tangguh, atau dipakai untuk kejuaraan offroad mobil ini juga sangat banyak digunakan.
Kalau dipakai harian di jalan aspal yang tak butuh kemampuan handal mobil pakailah mobil lain yang lebih irit dan cukup. Di jalan aspal tenaga mobil sekelas avanza-ertiga-mobilio bahkan jenis LCGC sudah cukup bro
* Rem Hardtop kurang bagus
Teknologi rem yang digunakan juga masih klasik bro,,,teknologi tahun 60 sampai 80an, Rem hardtop ini jika digunakan oleh orang yang tidak terbiasa akan kesulitan..antara lain:
 - rem kurang pakem
 - rem kadang-kadang mengunci saat terkena air
 - rem juga kadang mengunci jika dilakukan injakan secara spontan/ mendadak dengan keras
 - ada yang mengatakan jika rem jadi blong saat rem tangan diaktifkan
Nah kalau sistem remnya seperti ini pecinta otomotif harus hati-hati atau lebbih baik merubah/ mengganti sistem remnya dengan rem mobil yang lebih baru dan tentunya lebih berkualitas
* Suspensi Hardtop keras
Masalah suspensi ini Hardtop memang terlalu keras ya sehingga kurang nyaman digunakan di jalan aspal atau light offroad yang membuat kebanyakn orang kurang nyaman naik mobil ini, akan tetapi memang suspnsi keras ini dibutuhkan untuk jalanan menanjak rusak dengan membawa beban banyak. Pecinta otomotif juga bisa merubah/ menyesuaikan sistem suspensi hardtop dengan shockbreaker yang lebih empuk
* Kampas kopling Hardtop cepat habis
Nah ini salah satu hal yang sering terjadi, tenaga yang besar dari mesin akan disalurkan ke roda dengan perantara kampas kopling ini, alhasil kampas kopling lebih cepat habis jika dibandingkan kendaraan lain
Masalah kopling ini pecinta otomotif harus hati-hati karena jika terlalu sering dipakai atau sering memakai setengah kopling atau kopling ditahan-tahan (tidak segera dilepas atau diinjak penuh) maka kopling akan mengalami selip atau bahkan terbakar..... solusi kampas kopling jangan sering bermain setengah kopling, kalau menginjak pedal kopling sekalian injak penuh, kalau mau melepas injakan ya lepas aja jangan ditahan separoh... 
Learn more »

Daihatsu Sigra: Spesifikasi, Varian dan Harga

Daihatsu Sigra bakal keluar Bulan Agustus 2016 ini, nah mumpung masih anget www.mobilku.org ingin berbagi info seluk beluk mobil ini sob... Daihatsu Sigra sebenarnya adalah mobil LCGC (mobil murah ramah lingkungan dengan pajak yang kecil) dengan harga jual ayng murah, dikatakan ramah lingkungan karena mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit yakni 1:20 atau 1 liter untuk 20 kilometer pada jalan bebas hambatan.
Daihatsu Sigra berharga murah karena dibuat oleh pabrikan Indonesia dengan kandungan komponen lokal lebih dari 80 %, yang membuat anak bangsa dengan komponen lokal tinggi tentunya tak perlu impor komponen banyak sehingga lebih hemat. masalah kualitas tidak perlu khawatir karena Sigra dibuat oleh anak perusahaan Daihatsu yang selalu menjaga kualitasnya termasuk urusan safety mobil.
Spesifikasi Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra masuk dalam jenis mobil MPV kompak dengan konfigurasi penumpang (5+2) atau berkapasitas penumpang dewasa 5 orang + anak-anak 2 orang. Kursi anak-anak berada pada baris ke tiga, kursi baris ketiga ini masih cukup baik untuk anak yang memiliki tingi badan kurang dari 150 cm akan tetapi jika anak tersebut besar maka sulit untuk duduk di bangku belakang (jadi masuk ukuran dewasa).
Daihatsu Sigra memiliki 2 pilihan tipe mesin yakni Sigra 1000 cc dan Sigra 1200 cc, untuk Sigra yang murah tentunya yang bermesin lebih kecil yakni 1.0 sedangkan Sigra yang bermesin 1.2 harganya lebih mahal akan tetapi tenaganya juga lebih besar...berikut ulasan tentang mesin Daihatsu Sigra:
* Daihatsu Sigra 1.0
Memakai mesin berkapasitas 1000 cc dengan 3 silinder, berteknologi DOHC/3 Silinder 12 katup. Tenaga Maksimum yang dihasilkan adalah 65 Hp pada putaran mesin 6000 Rpm, sedangkan torsi maksimumnya adalah 88 Nm pada putaran mesin 3600 Rpm.
Bahan bakar yang dipakai adalah Pertamax karena mobil ini memiliki rasio kompresi 10 : 1, sementara sistem pasokan bahan bakarnya sudah memakai EFI (elektronik Fuel Injection), konsumsi bahan bakar di jalan bebas hambatan adalah lebih dari 20 km untuk 1 liter BBMnya
* Daihatsu Sigra 1.2
Mobil ini memakai mesin bensin 4 silinder 16 valve berkapasitas 1200 cc, teknologi mesin yang dipakai adalah Dual VVT-i, bakan bakar yang dipakai adalah pertamax dengan sistem pasokan bahan bakar EFI.
Nah selain kapasitasnya lebih besar ternyata silindernya 4 dan berteknologi Dual VVT-i, ini berbeda dengan Sigra 1.0 yang hanya 3 silinder berteknologi DOHC.
4 silinder berarti mesinnya akan lebih stabil/ seimbang saat silinder/ pistonnya saling bergerak.
Daihatsu Sigra 1.2 mampu mengeluarkan tenaga maksimum sampai 80 Hp pada putaran mesin 5600 Rpm, sedangkan torsi maksimum mobil ini mencapai 104 Nm pada putaran mesin 3100 Rpm. Wah lumayan tenaganya lebih besar 15 Hp dari yang Sigra tipe 1.0
Dan yang lebih bagus lagi adalah torsi maksumum sebesar 104 Nm tersebut bisa dicapai pada putaran mesin yang lebih rendah dari Sigra 1.0 yakni hanya 3100 Rpm, jika torsi lebih mudah dicapai maka kita tidak perlu terlalu ngoyo menginjak gas sampai putaran mesin menyentuh 3600 Rpm untuk mendapatkan daya angkut maksimal
Harga Daihatsu Sigra
Harga Daihatsu sigra off the road mulai 80 jutaan untuk varian termurah, sedangkan varian termahal mencapai 106 juta rupiah, itu masih off the road lho bro... Untuk harga on the roadnya kita tunggu bulan Agustus saat peluncuran resmi mobilnya... Akan tetapi www.mobilku.org telah membuat simulasi dengan asumsi pajak adalah 29 % dari harga off the road maka akan didapatkan harga on the roadnya, mengapa 30 %? karena mobil LCGC Daihatsu (Daihatsu Ayla) memakai angka 29 % untuk menentukan harga on the roadnya (pajak ke pemerintah). Karena mobil ini mobil LCGC maka pajaknya hampir bisa dikatakan sama yakni sekitar 29 %
Berikut rincian harga dan varian Daihatsu Sigra
Tipe Daihatsu Sigra
Harga NJKB (minus pajak)
Harga On the road  DKI
Sigra 1.0 D MT
Rp. 79.000.000,00
Rp. 103.000.000,00
Sigra 1.0 M MT
Rp. 86.000.000,00
Rp. 110.000.000,00
Sigra 1.2 X MT
Rp. 92.000.000,00
Rp. 116.000.000,00
Sigra 1.2 X AT
Rp. 101.000.000,00
Rp. 126.000.000,00
Sigra 1.2 R MT
Rp. 96.000.000,00
Rp. 120.000.000,00
Sigra 1.2 R AT
Rp. 106.000.000,00
Rp. 130.000.000,00
Nah dari tabel harga diatas diketahui juga kalau Daihatsu Sigra memiliki 6 macam varian dengan dua pilihan mesin dan 2 pilihan sistem transmisi sementara sistem penggerak mobil ini memakai penggerak roda depan saja.
Mobil yang memakai penggerak roda depan memiliki keunggulan pada akselerasi di jalan aspal dan juga efisiensi bahan bakar karena tidak perlu memutar garda (langsung ke roda)
Kelebihan daihatsu sigra dibanding MPV LCGC lain?
1. Memiliki pilihan mesin 1.0 dan 1.2, pecinta otomotif lebih bisa memilih menyesuaikan budget dan kebutuhan...  bisa dikatakan ini MPV LCGC pertama kali dengan 2 pilihan mesin
2. Rentang harga cukup lebar dari 100 jutaan sampai 130 jutaan (OTR DKI)
3. Dari produsen yang memiliki jaringan service dan purnajual cukup baik (dealernya tidak hanya di kota besar saja)
4. Mobil ini termasuk murah, setara dengan Datsun Go + panca harganya
5. Produk daihatsu cukup diminati masyarakat
Learn more »

Harga Daihatsu Sigra Mulai 80 Jutaan, sangat murah

Astra Daihatsu Motor baru saja mengeluarkan Mobil MPV murah berkapasitas 7 penumpang yang berplatform mobil LCGC, mobilnya sudah diproduksi dan sudah diuji kemaren dan dinyatakan lulus uji artinya dalam waktu dekat Daihatsu Sigra bakal dijual. Lantas berapa harga Daihatsu Sigra? mahalkah atau murahkah?
Nah ternyata dari harga yang diberikan ke pemerintah sangat murah sob, harganya berkisar 80 jutaan!! akan tetapi harga tersebut masih off the road dan harus membayar beberapa pajak sehingga kemungkinan akan sedikit naik, kenapa sedikit naik/ tidak banyak? karena mobil ini masuk dalam kategori mobil LCGC yang mendapat potongan pajak alhasil pajaknya pun sedikit....
Nah berikut ini adalah harga Daihatsu Sigra yang disodorkan pada pemerintah sebelum kena pajak (gambar atas)
lalu berapa harga on the roadnya? banyak kalangan memperkirakan harganya berkisar antara 100 jutaan sampai sampai 130 jutaan, nah harga yang sangat bersaing bukan? eh tapi jangan salah ternyata Daihatsu Sigra ini ada yang bermesin 1000 cc dan 1200 cc, nah yang bermesin 1000 cc ini yang murah yang termurah adalah varian Sigra 1.0 D MT yang harganya 100 jutaan yakni 104 juta, varian diatasnya yang masih memakai mesin 1000 cc adalah Sigra 1.0 M MT dengan perkiraan harga 110 juta rupiah.
Selain dua varian tersebut Daihatsu Sigra memakai mesin 1200 cc terdapat 4 varian yang bermesin 1200 cc dengan perkiraan harga termurah 116 juta rupiah dan harga varian tertinggi adalah 131 juta rupiah. Perkiraan harga tersebut diambilkan dari perubahan harga off the road Daihatsu Ayla ke On the road. Kira-kira seperti itu dengan pajak berkisar antara 29% sampai 35 %.
Nah murah bukan bro harga 100 jutaan sudah dapat mobil 7 penumpang?
Tipe Daihatsu Sigra
Harga NJKB
Harga OTR DKI
Sigra 1.0 D MT
Rp. 79.000.000
Rp. 103.000.000
Sigra 1.0 M MT
Rp. 86.000.000
Rp. 110.000.000
Sigra 1.2 X MT
Rp. 92.000.000
Rp. 116.000.000
Sigra 1.2 X AT
Rp. 101.000.000
Rp. 126.000.000
Sigra 1.2 R MT
Rp. 96.000.000
Rp. 120.000.000
Sigra 1.2 R AT
Rp. 106.000.000
Rp. 130.000.000

Rival Daihatsu Sigra yang sama-sama mobil LCGC 7 penumpang:
* Datsun Go + Panca
* Toyota Calya
* Karimun Wagon R 7 Seater
Learn more »

Mobil MPV murah Suzuki, Karimun 7 Penumpang sebentar lagi Keluar.. Ini Spesifikasinya

Suzuki sebentar lagi bakal mengeluarkan mobil MPV atau Mobil Keluarga murah ! rencananya mobil MPV kelas bawah Suzuki ini memakai mesin yang kecil yakni maksimum 1200 cc atau dimungkinkan hanya 1000 cc, hal ini karena Suzuki mengambil produk Karimun Wagon R sebagai platformnya... mobil ini dibuat dari karimun wagon R yang diperbarui (sasisnya dipanjangkan, penambahan kursi baris ketiga dan penyesuaian-penyesuaian lainnya).
Suzuki Karimun 7 Seat
Mobil yang bernama Suzuki Karimun 7 Seat ini masuk dalam platform mobil LCGC yakni mobil dengan kandungan komponen lokal lebih dari 80 persen, dibuat oleh anak bangsa dan mendapat keistimewaan pengurangan pajak.. sehingga harga produksi mobil ini juga bisa murah yang ujung-ujungnya harga jualnya juga murah.
Rival Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang
Sebenarnya untuk mobil MPV murah 7 penumpang tak hanya suzuki saja yang mengembangkan, rencananya Toyota bakal mengeluarkan produk serupa yakni Calya yang merupakan mobil MPV murah dari Toyota, sementara Daihatsu bakal mengeluarkan Daihatsu Sigra sebagai mobil MPV murah LCGCnya. Jika Suzuki, Toyota ataupun Daihatsu masih berencana akan mengeluarkan maka berbeda lagi dengan satu pabrikan otomotif lainnya yang sudah mengeluarkan MPV LCGC dari beberapa tahun lalu.
MPV LCGC yang sudah beredar
Datsun sudah mengeluarkan mobil MPV murah dengan harga dibawah 100 jutaan berplatform LCGC selama 2-3 tahun yang lalu dan dijual sampai saat ini, mengenai kualitas Datsun tidak perlu diragukan karena Datsun adalah salah satu anak perusahaan Nissan yang mana pelayanan purna jual/ service datsun ya di dealer Nissan, komponennya bisa didapatkan di dealer Nissan, jadi sebelumnya sebenarnya sudah ada MPV LCGC di Indonesia.
Spesifikasi MPV LCGC Suzuki Karimun 7 Penumpang
Mengenai sasis, interior dan eksterior sudah dipastikan bakal mengambil milik karimun wagon R akan tetapi dilakukan penambahan-penambahan misalnya sasisnya diperpanjang, dan lain sebagainya.
Interior serta eksterior juga bisa dikatakan sama dengan wagor R yang ada (kualitas body, kualitas jok, kualitas material dashboard, dll), akan tetapi tentunya perbedaannya secara ukuran dimana karimun 7 penumpang ini lebih panjang.
Pada kursi baris ketiga nantinya tidak sama dengan kursi-kursi lain dimana kursi ini hanya nyaman dipakai untuk anak-anak atau orang yang memiliki tinggi badan kurang dari 150 cm, artinya walaupun 7 penumpang akan tetapi sebenarnya konfigurasinya adalah 5+2 (5 dewasa dan 2 anak-anak).
bagaimana dengan MPV LCGC lain seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang bakal keluar juga, atau Datsun Go+ Panca? ya mereka semua juga bukan 7 penumpang  dewasa akan tetapi juga sama memakai konfigurasi 7 penumpang (5 dewasa + 2 anak-anak)... Jadi masalah 5+2 ini bukanlah masalah karena semua MPV LCGC seperti itu.
Untuk mesin masih simpang siur karena www.mobilku.org meyakini mesinnya berkapasitas 1000 cc seperti milik karimun wagon R sekarang, akan tetapi di India juga sudah keluar Karimun wagon R 7 penumpang tetapi mesinnya 1200 cc. Jika memakai mesin karimun yang sekarang yakni 1000 cc maka tenaga yang bisa dihasilkan adalah 68 Hp akan tetapi jika memakai seperti yang di India maka tenaganya bisa sampai 75 Hp dan torsinya sampai 105 Nm.
Menurut kami suzuki bakal memilih memakai mesin yang ada sekarang yang bertenaga 68 Hp dan torsi 90 Nm, memakai 3 silinder. Mengapa memilih 1000 cc? hal ini karena rivalnya (Datsun Go+ panca) juga memakai mesin 1000 cc dan kebanyakan mobil LCGC bermesin 1000 cc 3 silinder. Jika harus merubah mesinnya mungkin Suzuki Indonesia bakal mengeluarkan biaya yang terlalu banyak sehingga keyakinan kami wagon r 7 penumpang akan memakai mesin karimun wagon ryang sekarang.
Prediksi Harga Karimun 7 penumpang
Harga karimun 7 seater diperkirakan tak jauh dari karimun wagon r yang sudah beredar sekarang, jika harga karimun wagon R on the road DKI jakarta sekarang adalah 98 juta. Maka harga karimun 7 penumpang sekitar 110 jutaan sampai 120 jutaan. Mengapa tidak lebih tinggi lagi? karena menyesuaikan dengan produk sejenis (MPV LCGC 7 penumpang) yakni Datsun Go+ panca yang dijual dengan harga 100 juta.
Sebagai catatan Toyota Calya kemungkinan dijual dengan harga 130 jutaan (bisa 137 juta juga lho) akan tetapi calya memakai mesin 1200 cc wajar jika mahal.
Dari perbandingan harga tersebut kami rasa mobil murah MPV Suzuki ini cukup bersaing dalam hal kualitas dan harga yang ditawarkan
Learn more »

3 Macam Oli yang ada pada Mobil, Kapan waktunya mengganti?

Mobil sebenarnya memiliki 3 komponen utama yang harus memiliki pelumas yakni: mesin, gardan dan transmisi... maka pada sudah seharusnya pemilik mobil selalu mengecek kondisi oli-oli yang ada pada mesin, garda dan juga sistem transmisi mobil.
Nah nanti jangan salah bro saat mau mengganti oli di bengkel biasanya ditanya ganti oli apa? ya bisa oli mesin, atau oli transmisi atau oli gardan...tergantung kebutuhan.
Kapan dan berapa lama oli-oli tersebut bisa bertahan atau harus diganti? berikut penjelasannya !!
Oli Mesin
Oli mesin merupakan pelumas yang digunakan untuk melumasi bagian mesin mobil. Fungsi utamanya adalah: mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, membersihkan serpihan logam akibat gesekan antar komponen mesin, mendinginkan suhu mesin.
Berapa lama oli mesin harus diganti? ini tergantung bagaimana mobil dipakai, jika sering dipakai di jalanan macet atau jalan ekstrim seperti tanjakan maka pada jarak 5000 km oli mesin ini harus diganti. Akan tetapi jika mobil dipakai ringan-ringan di jalan yang relatif halus dan datar serta tidak membawa beban terlalu banyak maka oli mesin ini sebenarnya bisa bertahan hingga 10 ribu km.
Tiap mobil memiliki spesifikasi oli tertentu dengan tingkat kekentalan tertentu, jadi pastikan sebelum mengganti oli lihat dulu permintaan mesin memakai oli dengan spec seperti apa? lihat buku manual mobil.
Harga oli mesin ini seliternya berkisar antara 30 ribu sampai 50 ribu, tergantung merk... kalau admin mobilku.org memakai Prima xp seliternya 33 ribu sudah enak :-)
Oli Transmisi
Oli transmisi adalah pelumas yang ada pada sistem transmisi. Oli transmisi ini ada pada mobil manual maupun mobil matic, fungsi oli transmisi adalah mempermudah pergantian gigi mobil dan merawat komponen transmisi agar tidak mudah aus.
Meskipun sama-sama memakai oli akan tetapi antara mobil matic dan mobil manual olinya berbeda... jadi pastikan oli transmisi ini sesuai, lebih aman mengganti oli memang di bengkel resminya ya,,, gak salah :-). baca: mengganti oli transmisi mobil matic
Lantas berapa lama oli transmisi ini bisa bertahan? atau kapan harus menggantinya?
Sama dengan oli mesin, oli transmisi ini juga melihat bagaimana mobil dipakai. Untuk mobil yang sering dipakai di jalanan tidak macet maka oli transmisi manual ini bisa bertahan sampai 10 ribu km, jika di jalan macet ya seharusnya diganti lebih sering saja
Untuk oli transmisi mobil matic bisa bertahan sampai 20 ribu km.
Harga oli transmisi ini tidak mahal kok, untuk oli transmisi manual berkisar antara 50 ribu sampai 80 ribu, sedangkan oli transmisi matic kira-kira 2 kali oli transmisi manual yakni sekitar 100 ribu sampai 200 ribuan.
Oli gardan
Oli gardan letaknya di bagian bawah mobil atau di bagian gardan, penggantian oli gardan ini waktunya biasanya berbarengan dengan penggantian oli transmisi yakni sekitar 10-20 ribu km atau 2-3 kali penggantian oli mesin.
Harga oli gardan ini sekitar 50 ribu sampai 100 ribu tergantung merk. Yang harus diperhatikan adalah kekentalan oli gardan, sesuaikan dengan anjuran pabrikan memakai SAE berapa..
baca: tentang kekentalan oli

Untuk mengganti pertama kali sebaiknya pecinta otomotif mengganti di bengkel resmi saja sekalian menanyakan pada pihak bengkel oli standartnya untuk mobil tersebut apa (jika masih belum tahu), akan tetapi jika sudah tahu maka mengganti oli ini tidak harus di bengkel resmi mobil,,, cuma waspada aja dengan oli palsu (carilah tempat ganti oli yang memiliki reputasi baik).
Learn more »

Beberapa Aksesoris Mobil ini Berbahaya jika Dipasang

Memasang berbagai aksesoris di dalam mobil memang menyenangkan, selain bisa mempercantik mobil aksesoris berupa benda kesayangan seperti boneka/ jam portable/ yang lain juga tak jarang membuat pemilik mobil senang... terutama para wanita nih yang suka menambah-nambah aksesori/ barang untuk mempercantik mobilnya. lantas apakah aman atau berbahaya beberapa aksesoris mobil tersebut digunakan? dibawah ini adalah beberapa ulasan yang menyatakan amana atau bahayanya aksesoris yang dipakai

Beberapa aksesoris yang berbahaya beserta alasannya adalah:
1. Pembungkus stir/ cover/ sarung stir
Cover stir atau pembungkus stir saat ini banyak sekali dipakai untuk mempercantik tampilan bagian dalam mobil, lantas apakah berbahaya? pembungkus stir ini kebanyakan dibuat tidak untuk memperhitungkan keselamatan berkendara, sementara stir mobil sebenarnya telah didesain dengan sangat ergonomis dengan memperhitungkan grip dan jari-jari agar bisa mendapatkan kendali maksimal mobil melalui stir ini.
Artinya pemasangan cover stir berbahaya karena merubah sistem ergonomis stir yang telah didesain sangat baik oleh pabrikan otomotif dengan memperhitungkan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara, terlebih saat ada situasi yang diluar dugaan (darurat) maka akan sangat sulit mengendalikan mobil dengan stir yang diberi pembungkus ini.
Jika terpaksa memakai cover stir maka carilah cover stir yang benar-benar berkualitas dengan grip yang baik pada stir dan juga pada tangan
2. Pembungkus pedal
Pembungkus pedal yang berbahaya adalah yang terbuat dari logam, karena pedal yang mayoritas dari karet telah didesain agar memiliki grip saat diinjak (tidak licin). Jika memakai pembungkus pedal berjenis logam lebih baik pada bagian rem tidak usah dibungkus, atau lebih baik memakai pembungkus pedal berbahan karet dengan pemasangan yang kuat
3. Hiasan kabin
Hiasan kabin yang sering dipasang pada mobil adalah boneka pada bagian depan, tempat tissue, ataupun benda-benda keras lain pada bagian dashboard mobil... hiasan-hiasan yang tidak memiliki grip untuk menahan guncahan cukup berbahaya jika terlempar/ terjatuh saat jalan tidak rata. Pecahnya konsentrasi saat mengemudi menjadi pemicu utama hiasan kabin yang terlempar ini, terlebih jika benda tersebut keras maka bisa melukai penumpang. Hiasan kabin yang terjatuh di area kaki pengemudi juga sangat berbahaya mengganjal rem/ kopling/ gas yang menyebabkan gagalnya kendali.
Pada bagian belakang juga biasanya banyak boneka ditempatkan diatas sandaran baris terakhir terutama untuk mobil sedan, atau banyaknya tumpukan barang pada bagasi mobil-mobil MPV/ city car akan mengganggu visibilitas... sebisa mungkin hiasan/ benda-benda pada bagian belakang tidak menutupi kaca
4. Warna lampu
Nah saat ini sedang ramai-ramai penggunaan lampu depan HID yang memiliki nyala terang putih seperti matahari dan juga lampu rem (belakang) berwarna putih padahal ini sangat berbahaya.
Lampu depan HID (seperti nyala matahari) ini sangat berbahaya bagi kendaraan lain (sangat menyilaukan pengemudi kendaraan di depan) sehingga rawan menabrak dan bukan tidak mungkin kalau silau menabrak mobil kita. Bahkan menurut penelitian lampu dengan nyala putih ini sebenarnya tidak cukup baik dalam menerangi jalan (masih lebih baik lampu berwarna kuning untuk malam hari)
Penggantian lampu rem dengan warna putih juga sangat berbahaya pada malam hari karena bisa menyilaukan pengendara di belakang kita, bahkan tak jarang pengendara lain mengira itu bukan lampu rem akan tetapi lampu depan yang ujungnya sangat membingungkan pengendara di belakang kita
Masalah lampu ini selain berbahaya karena tabrakan juga sangat riskan pengendara lain merasa terganggu dan marah-marah dengan lampu yang menyilaukan ini sehingga tak jarang terjadi perkelahian.
5. Pemutar stir/ forklift knob
Alat pemutar stir ini dimaksudkan untuk meringankan kerja tangan saat mengemudi (bisa hanya 1 tangan saja), akan tetapi penggunaan forklift knob ini sudah banyak yang melarangnya karena bahaya yang ditimbulkannya (resiko kecelakaan). Hal ini terjadi jika dalam keadaan darurat saat kendali tidak benar-benar ada pada kedua tangan yang kuat maka menjadi sangat berbahaya dengan alat pemutar stir ini
6. Mengemudi memakai sendal dan sepatu hak tinggi
Sepatu hak tinggi berbahaya digunakan karena rawan meleset saat menginjak pedal (baik gas, rem maupun kopling), kalau gagal menginjak gas mungkin tak seberapa bahaya...tapi kalau gagal menginjak rem wah ini yang ditakutkan
Memakai sendal untuk mengemudi ternayata juga sama berbahayanya dengan sepatu hak tinggi dikarenakan sendal mudah tersangkut saat akan berpindah pedal misalnya dari gas ke rem, sebisa mungkin hindari memakai alas kaki yang berpotensi tersangkut seperti sendal atau sepatu sendal.
Lebih baik gunakan sepatu yang yang cukup tipis pada bagian atas sedangkan pada bagian bawah berbahan karet yang rata (sepatu pantofel/ sepatu formal untuk orang kerja itu juga bagus dipakai)
7. Bumper tanduk/ bullbar
Bemper dengan tanduk saat ini sudah jarang dipakai pada mobil-mobil keluaran terbaru yang mempertimbangkan keselamatan para pejalan kaki atau pemotor...akan tetapi masih ada beberapa orang yang memasang tandung/ bemper berupa logam keras pada bagian depan mobil... Nah banyak kalangan (praktisi otomotif) sudah melarang penggunaan bemper dari logam berupa tanduk ini di perkotaan, akan tetapi masih membenarkannya jika berada di daerah bersalju atau di offroad (bukan aspal) yang minim resiko menabrak orang, karena memang tak bisa dipungkiri jika menabrak orang mobil yang bertanduk sangat berbahaya
8. Menempatkan barang bawaan dibawah pengemudi
Penempatan ini biasanya disekitar kaki pengemudi atau dibawah jok pengemudi, hal ini dilarang karena beresiko mengganggu injakan pedal (pengendalian mobil), pada saat mobil mengerem maka barang yang diletakkan di bawah kursi driver akan bergerak maju dan sangat berbahaya jika bergerak maju sampai ke bagian pedal (gas/ rem/ kopling) mengganjal pedal yang menyebabkan pengemudi gagal mengeram atau tak menutup kemungkinan barang tersebut membentur pedal gas (mengegas mobil)
Learn more »