Feature news

3 Macam Oli yang ada pada Mobil, Kapan waktunya mengganti?

Mobil sebenarnya memiliki 3 komponen utama yang harus memiliki pelumas yakni: mesin, gardan dan transmisi... maka pada sudah seharusnya pemilik mobil selalu mengecek kondisi oli-oli yang ada pada mesin, garda dan juga sistem transmisi mobil.
Nah nanti jangan salah bro saat mau mengganti oli di bengkel biasanya ditanya ganti oli apa? ya bisa oli mesin, atau oli transmisi atau oli gardan...tergantung kebutuhan.
Kapan dan berapa lama oli-oli tersebut bisa bertahan atau harus diganti? berikut penjelasannya !!
Oli Mesin
Oli mesin merupakan pelumas yang digunakan untuk melumasi bagian mesin mobil. Fungsi utamanya adalah: mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, membersihkan serpihan logam akibat gesekan antar komponen mesin, mendinginkan suhu mesin.
Berapa lama oli mesin harus diganti? ini tergantung bagaimana mobil dipakai, jika sering dipakai di jalanan macet atau jalan ekstrim seperti tanjakan maka pada jarak 5000 km oli mesin ini harus diganti. Akan tetapi jika mobil dipakai ringan-ringan di jalan yang relatif halus dan datar serta tidak membawa beban terlalu banyak maka oli mesin ini sebenarnya bisa bertahan hingga 10 ribu km.
Tiap mobil memiliki spesifikasi oli tertentu dengan tingkat kekentalan tertentu, jadi pastikan sebelum mengganti oli lihat dulu permintaan mesin memakai oli dengan spec seperti apa? lihat buku manual mobil.
Harga oli mesin ini seliternya berkisar antara 30 ribu sampai 50 ribu, tergantung merk... kalau admin mobilku.org memakai Prima xp seliternya 33 ribu sudah enak :-)
Oli Transmisi
Oli transmisi adalah pelumas yang ada pada sistem transmisi. Oli transmisi ini ada pada mobil manual maupun mobil matic, fungsi oli transmisi adalah mempermudah pergantian gigi mobil dan merawat komponen transmisi agar tidak mudah aus.
Meskipun sama-sama memakai oli akan tetapi antara mobil matic dan mobil manual olinya berbeda... jadi pastikan oli transmisi ini sesuai, lebih aman mengganti oli memang di bengkel resminya ya,,, gak salah :-). baca: mengganti oli transmisi mobil matic
Lantas berapa lama oli transmisi ini bisa bertahan? atau kapan harus menggantinya?
Sama dengan oli mesin, oli transmisi ini juga melihat bagaimana mobil dipakai. Untuk mobil yang sering dipakai di jalanan tidak macet maka oli transmisi manual ini bisa bertahan sampai 10 ribu km, jika di jalan macet ya seharusnya diganti lebih sering saja
Untuk oli transmisi mobil matic bisa bertahan sampai 20 ribu km.
Harga oli transmisi ini tidak mahal kok, untuk oli transmisi manual berkisar antara 50 ribu sampai 80 ribu, sedangkan oli transmisi matic kira-kira 2 kali oli transmisi manual yakni sekitar 100 ribu sampai 200 ribuan.
Oli gardan
Oli gardan letaknya di bagian bawah mobil atau di bagian gardan, penggantian oli gardan ini waktunya biasanya berbarengan dengan penggantian oli transmisi yakni sekitar 10-20 ribu km atau 2-3 kali penggantian oli mesin.
Harga oli gardan ini sekitar 50 ribu sampai 100 ribu tergantung merk. Yang harus diperhatikan adalah kekentalan oli gardan, sesuaikan dengan anjuran pabrikan memakai SAE berapa..
baca: tentang kekentalan oli

Untuk mengganti pertama kali sebaiknya pecinta otomotif mengganti di bengkel resmi saja sekalian menanyakan pada pihak bengkel oli standartnya untuk mobil tersebut apa (jika masih belum tahu), akan tetapi jika sudah tahu maka mengganti oli ini tidak harus di bengkel resmi mobil,,, cuma waspada aja dengan oli palsu (carilah tempat ganti oli yang memiliki reputasi baik).
Learn more »

Beberapa Aksesoris Mobil ini Berbahaya jika Dipasang

Memasang berbagai aksesoris di dalam mobil memang menyenangkan, selain bisa mempercantik mobil aksesoris berupa benda kesayangan seperti boneka/ jam portable/ yang lain juga tak jarang membuat pemilik mobil senang... terutama para wanita nih yang suka menambah-nambah aksesori/ barang untuk mempercantik mobilnya. lantas apakah aman atau berbahaya beberapa aksesoris mobil tersebut digunakan? dibawah ini adalah beberapa ulasan yang menyatakan amana atau bahayanya aksesoris yang dipakai

Beberapa aksesoris yang berbahaya beserta alasannya adalah:
1. Pembungkus stir/ cover/ sarung stir
Cover stir atau pembungkus stir saat ini banyak sekali dipakai untuk mempercantik tampilan bagian dalam mobil, lantas apakah berbahaya? pembungkus stir ini kebanyakan dibuat tidak untuk memperhitungkan keselamatan berkendara, sementara stir mobil sebenarnya telah didesain dengan sangat ergonomis dengan memperhitungkan grip dan jari-jari agar bisa mendapatkan kendali maksimal mobil melalui stir ini.
Artinya pemasangan cover stir berbahaya karena merubah sistem ergonomis stir yang telah didesain sangat baik oleh pabrikan otomotif dengan memperhitungkan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara, terlebih saat ada situasi yang diluar dugaan (darurat) maka akan sangat sulit mengendalikan mobil dengan stir yang diberi pembungkus ini.
Jika terpaksa memakai cover stir maka carilah cover stir yang benar-benar berkualitas dengan grip yang baik pada stir dan juga pada tangan
2. Pembungkus pedal
Pembungkus pedal yang berbahaya adalah yang terbuat dari logam, karena pedal yang mayoritas dari karet telah didesain agar memiliki grip saat diinjak (tidak licin). Jika memakai pembungkus pedal berjenis logam lebih baik pada bagian rem tidak usah dibungkus, atau lebih baik memakai pembungkus pedal berbahan karet dengan pemasangan yang kuat
3. Hiasan kabin
Hiasan kabin yang sering dipasang pada mobil adalah boneka pada bagian depan, tempat tissue, ataupun benda-benda keras lain pada bagian dashboard mobil... hiasan-hiasan yang tidak memiliki grip untuk menahan guncahan cukup berbahaya jika terlempar/ terjatuh saat jalan tidak rata. Pecahnya konsentrasi saat mengemudi menjadi pemicu utama hiasan kabin yang terlempar ini, terlebih jika benda tersebut keras maka bisa melukai penumpang. Hiasan kabin yang terjatuh di area kaki pengemudi juga sangat berbahaya mengganjal rem/ kopling/ gas yang menyebabkan gagalnya kendali.
Pada bagian belakang juga biasanya banyak boneka ditempatkan diatas sandaran baris terakhir terutama untuk mobil sedan, atau banyaknya tumpukan barang pada bagasi mobil-mobil MPV/ city car akan mengganggu visibilitas... sebisa mungkin hiasan/ benda-benda pada bagian belakang tidak menutupi kaca
4. Warna lampu
Nah saat ini sedang ramai-ramai penggunaan lampu depan HID yang memiliki nyala terang putih seperti matahari dan juga lampu rem (belakang) berwarna putih padahal ini sangat berbahaya.
Lampu depan HID (seperti nyala matahari) ini sangat berbahaya bagi kendaraan lain (sangat menyilaukan pengemudi kendaraan di depan) sehingga rawan menabrak dan bukan tidak mungkin kalau silau menabrak mobil kita. Bahkan menurut penelitian lampu dengan nyala putih ini sebenarnya tidak cukup baik dalam menerangi jalan (masih lebih baik lampu berwarna kuning untuk malam hari)
Penggantian lampu rem dengan warna putih juga sangat berbahaya pada malam hari karena bisa menyilaukan pengendara di belakang kita, bahkan tak jarang pengendara lain mengira itu bukan lampu rem akan tetapi lampu depan yang ujungnya sangat membingungkan pengendara di belakang kita
Masalah lampu ini selain berbahaya karena tabrakan juga sangat riskan pengendara lain merasa terganggu dan marah-marah dengan lampu yang menyilaukan ini sehingga tak jarang terjadi perkelahian.
5. Pemutar stir/ forklift knob
Alat pemutar stir ini dimaksudkan untuk meringankan kerja tangan saat mengemudi (bisa hanya 1 tangan saja), akan tetapi penggunaan forklift knob ini sudah banyak yang melarangnya karena bahaya yang ditimbulkannya (resiko kecelakaan). Hal ini terjadi jika dalam keadaan darurat saat kendali tidak benar-benar ada pada kedua tangan yang kuat maka menjadi sangat berbahaya dengan alat pemutar stir ini
6. Mengemudi memakai sendal dan sepatu hak tinggi
Sepatu hak tinggi berbahaya digunakan karena rawan meleset saat menginjak pedal (baik gas, rem maupun kopling), kalau gagal menginjak gas mungkin tak seberapa bahaya...tapi kalau gagal menginjak rem wah ini yang ditakutkan
Memakai sendal untuk mengemudi ternayata juga sama berbahayanya dengan sepatu hak tinggi dikarenakan sendal mudah tersangkut saat akan berpindah pedal misalnya dari gas ke rem, sebisa mungkin hindari memakai alas kaki yang berpotensi tersangkut seperti sendal atau sepatu sendal.
Lebih baik gunakan sepatu yang yang cukup tipis pada bagian atas sedangkan pada bagian bawah berbahan karet yang rata (sepatu pantofel/ sepatu formal untuk orang kerja itu juga bagus dipakai)
7. Bumper tanduk/ bullbar
Bemper dengan tanduk saat ini sudah jarang dipakai pada mobil-mobil keluaran terbaru yang mempertimbangkan keselamatan para pejalan kaki atau pemotor...akan tetapi masih ada beberapa orang yang memasang tandung/ bemper berupa logam keras pada bagian depan mobil... Nah banyak kalangan (praktisi otomotif) sudah melarang penggunaan bemper dari logam berupa tanduk ini di perkotaan, akan tetapi masih membenarkannya jika berada di daerah bersalju atau di offroad (bukan aspal) yang minim resiko menabrak orang, karena memang tak bisa dipungkiri jika menabrak orang mobil yang bertanduk sangat berbahaya
8. Menempatkan barang bawaan dibawah pengemudi
Penempatan ini biasanya disekitar kaki pengemudi atau dibawah jok pengemudi, hal ini dilarang karena beresiko mengganggu injakan pedal (pengendalian mobil), pada saat mobil mengerem maka barang yang diletakkan di bawah kursi driver akan bergerak maju dan sangat berbahaya jika bergerak maju sampai ke bagian pedal (gas/ rem/ kopling) mengganjal pedal yang menyebabkan pengemudi gagal mengeram atau tak menutup kemungkinan barang tersebut membentur pedal gas (mengegas mobil)
Learn more »

Cara Bersihkan Dashboard dengan Mudah dan Sederhana

Tips sederhana membersihkan dashboard mobil ini biasa dilakukan admin www.mobilku.org untuk membersihkan bagian dalam mobil setelah selesai mencuci bagian luar, tujuannya adalah agar mobil kita bersih luar dalam dan enak melihatnya...kita juga tidak risih lagi dengan bagian dalam mobil yang kotor dan lebih menikmati saat perjalanan dengan mobil.
Membersihkan bagian dashboard berbahan plastic
Bahan atau yang dipakai sangat sedehana yakni:
* Lap microfiber
* Interior Cleaner (khusus dashboard)
Langkahnya:
1. Semprotkan interior cleaner ke seluruh bagian dashboard sampai merata, cara lain yakni dengan menyemprotkan cairan interior cleaning ke lap microfiber,,kalau admin mobhilku.org sih lebih ke menyemprotkan langsung ke dashboard agar lebih hemat cairan :-)
2.Lap dengan lap microfiber sampai interior/ dashboard mobil terlihat bersih mengkilap dan berkilau
Nah simple bukan, anti ribet akan tetapi hasilnya lumayan...melakukan ini hanya memakan waktu 10 sampai 20 menit tergantung bagian mana saja yang dibersihkan, jika minimalis ya 10 menit saja selesai akan tetapi jika membersihkan sampai pada bagian interior belakang mobil ya bisa sampai 20 menit
Membersihkan Interior yang lain
Nah ada bagian-bagian lain yang juga perlu dibersihkan misalnya jok mobil atau bagian bawah (karpet mopbil), atau bagian plafon mobil... cara mudahnya adalah:
* bagian jok mobil: bisa memakai shampo bayi dengan sedikit air, lalu digosok dengan sikat gigi halus atau kain untuk membersihkan bagian kotoran yang membandel (jika pada jok terdapat noda). Jika terbuat dari bahan kain kemungkinan jok berdebu, jok yang berdebu juga perlu dihilangkan debunya dengan penyedot debu (vacum cleaner) kalau ada. Kalau tidak ada penyedot debu pecinta otomotif bisa menepuk-nepuk jok agar debu keluar, akan tetapi saat mengeluarkan debu dengan cara menepuk-nepuk jok, semua pintu harus dibuka dan lakukan di tempat terbuka yang ber angin cukup besar (di tempat yang bersih dan tinggi misalnya bukit) agar debu bisa segera keluar dan tertipu angin
* Bagian karet/ bagian bawah mobil; bagian bawah mobil biasanya terbuat dari karet,,,cara bersihkan ya mudah saja: keluarkan karet lalu semprot dengan air dan bersihkan dengan shampo mobil (seperti mencuci mobil) lalu keringkan
* Bagian plafon (atap) bisa memakai interior cleaner jika ada banyak noda, jika hanya untuk menghilangkan debu yang menempel saja bisa memakai lap yang dibasahi dengan air bersih.
Nah mudah bukan membersihkan bagian dalam mobil
Membeli lap microfiber dan interior cleaner serta harganya
Sebenarnya untuk membersihkan interior atau dashboard mobil tidak harus dilakukan setelah mencuci mobil akan tetapi saat interior terlihat berdebu dan terasa risih saat digunakan, pecinta otomotif bisa membersihkannya dengan cara yang mudah tersebut di atas.
Kunci membersihkan dashboard/ interior mobil dengan cara mudah ini terletak pada kualitas lap microfiber dan cairan interior cleaner yang digunakan, sebisa mungkin pilihlah dari produk yang terpercaya misalnya produk dengan merek 3M (harga lumayan terjangkau, kualitas tidak diragukan)
Pecinta otomotif juga bisa membeli produk-produk buatan dalam negri seperti Kit dan lain-lain yang punya merk (jangan membeli cairan pembersih curah ya/ tanpa merk), takutnya jika membeli cairan pembersih interior yang tanpa merk malah tidak bekrja dengan baik...bisa-bisa merusak interior malah.
Lap microfiber dan Cairan pembersih sebenarnya sangat mudah didapatkan di bengkel atau toko yang menjual aksesoris/ sparepart mobil, harganya cukup murah... interior cleaner cuman 30 ribu rupaih, lap microfiber juga kira-kira 30 ribu rupiah (itu sudah merk 3M, merk luar yang cukup terkenal), kalau yang murah ya ada yang 20 ribuan,,,tapi carinya agak sulit harus di toko yang memang menjual murah :-)
sekali lagi artikel ini bukan untuk promosi merk tertentu akan tetapi hanya sekedar contoh untuk membeli produk-produk yang terpercaya saja,,,merknya terserah aja deh.
Learn more »

Perbedaan Honda Brio RS dengan Brio Standar (sebelumnya)

Honda Brio RS merupakan produk terbaru dari Honda yang keluar tahun 2016, sebenarnya tak hanya Honda Brio saja yang mengalami perubahan akan tetapi versi LCGC brio yakni Brio Satya juga mengalami perubahan dari versi sebelumnya (sebelum tahun 2016)..
Sebagai contoh perubahan jika brio satya sebelumnya tidak dilengkapi SRS airbags maka Brio Satya 2016 sudah dilengkapi Airbags dan banyak perubahan lain, akan tetapi kali ini kita akan membahas Honda Brio RS (sedangkan yang satya hanya sebagai informasi saja bahwa satya sekarang juga sudah oke).
Perubahan Eksterior
Brio RS atau disebut Brio Facelift mengalami banyak perubahan pada eksterior, interior, sistem keselamatan, sampai performa mesin. Pada eksterior perubahan yang dilakukan adalah dengan memperbanyak lekuk-lekuk berbentuk garis kaku sehingga mengesankan mobil ini lebih modern dan lebih berotot, perubahan detail seperti pada lampu yang dibuat LED proyektor atau juga perubahan/ penambahan detail eksterior juga dilakukan. yang jelas penampakan mobil Brio RS berbeda (cukup jauh) dengan Brio versi sebelumnya (yang belum facelift).... Brio facelift terlihat lebih garang, lebih elegan, modern dan lebih berlekuk tegas. Kita masih ingat brio yang sebelumnya kan yang kesannya mobil untuk santai (casual), nah kesan casual sudah hilang pada brio facelift dan tak ketinggalan desain velg baru seperti baling-baling dibenamkan pada brio RS yang membuatnya makin gagah
Perubahan Interior
Pada bagian interior perubahan juga terbilang lebih berani daripada bagian luar mobil, dashboard Brio RS ini sangat berbeda dengan brio terdahulu... jika brio sebelumnya kita mengenal ornamen interiornya (lubang AC, panel AC, audio, dll) dibuat membulat agar lebih user friendly akan tetapi sekarang dirubah memakai dashboard honda mobilio (karena sangat mirip dengan dashboard honda mobilio).
Lubang AC yang dibuat berbentuk jajaran genjang mengisyaratkan perubahan dari user friendly ke modernisasi mobil, belum lagi panel-panel kendali yang sudah tidak berbentuk bulatan... sepertinya Honda benar-benar mengubah image City Car kelas low ini bukan lagi sebagai mobil casual yang user friendly akan tetapi mobil yang lebih modern dan bisa juga dipakai lebih dari sekedar anak baru gede saja... bahkan eksekutif juga oke memakai mobil ini :-)
Yang jelas perubahan total dilakukan pada dashboardnya yang sangat mirip dengan mobilio (lebih modern), nah yang menyita perhatian kita (admin www.mobilku.org) adalah sistem audio yang jauh lebih canggih dari varian brio non facelift (sebelumnya), dengan memakai monitor berukuran lebar (6,2 inch) yang tak hanya untuk sistem audio mumpuni saja akan tetapi juga bisa difungsikan bermacam-macam misalnya untuk nafigasi (gps), video, dll (sistem entertaiment mobil ini meningkat yang sekaligus bisa berfungsi macam-macam karena bisa dihubungkan dengan smartphone), pada speaker juga lebih dibuat mumpuni (diperbaiki) untuk mengimbangi peningkatan kualitas panel audio.
Peningkatan Performa Mesin
Pada bagian mesin honda brio RS ini mengalami peningkatan performa dimana tenaga yang dihasilkan sekarang bisa mencapai 90 Hp sementara sebelumnya tenaganya hanya 88 Hp, peningkatan 2 Hp (Horse power atau tenaga kuda) ini bukan karena perubahan mesin akan tetapi karena pengoptimalan tenaga saja, karena mesin yang dipakai masih sama yakni mesin brio berkapasitas 1200 cc berteknologi i-Vtec. Tak hanya tenaga yang meningkat akan tetapi torsi Honda brio RS ini juga meningkat sebesar 1 Nm menjadi 110 Nm pada putaran mesin 4800 Rpm (yang sebelumnya hanya 109 Nm pada 4800 Rpm).
Yang lebih menarik lagi dari Brio RS ini karena mobil ini dibekali transmisi terbaru dari Honda yakni CVT Earth Dream Technology, yakni sistem transmisi matic yang sangat halus dengan mempertimbangkan efisiensi bahan bakar yang dipakai (ramah lingkungan)... tak salah kalau mobil ini memiliki indikator ECO sebagai anjuran untuk berkendara hemat bahan bakar
Suspensi
Suspensi brio satya ini sedikit diperkeras yang memberikan dampak positif saat menikung, mobil ini menjadi lebih tidak limbung (lebih mantap) saat menikung di kecepatan 60 KPJ, akan tetapi suspensi yang lebih keras ini juga memiliki dampak negatif yakni saat mengenai jalan rusak maka dampaknya juga lebih kurang nyaman.
Mungkin menyesuaikan dengan desain eksterior yang terkesan lebih berotot.
Jika kita melihat trend mobil jaman sekarang memang kebanyakan mengarah pada crossover atau SUV yang mana sistem suspensinya dibuat lebih keras, apakah brio RS mengikuti trend ini?
Sistem keselamatan
Honda Brio RS dibekali dengan keselamatan yang bisa dikatakan lebih baik dari brio sebelumnya, berikut adalah sistem safety Brio RS:
* Struktur rangka body G Con + Ace ; yakni desain rangka peredan benturan milik honda dengan cara kerja endistribusikan benturan secara merata ke semua body sehingga akibat ke kabin jadi berkurang
* Side impact beam : yakni desain rangka peredan benturan
* SRS airbags: kantung udara yang akan membuka saat terjadi benturan dari depan secara frontal
* Pedestrian Protection: perlindungan untuk pejalan kaki, jika tak sengaja kita menabrak orang maka akibatnya tidak terlalu parah
Sistem keamanan
beberapa sistem keamanan untuk menghindari maling/ pencurian yakni:
1. Memakai kunci dengan teknologi wave key (kunci orisinal yang memancarkan gelombang unik), tanpa kunci ini mobil tidak bisa dinyalakan...malah alaram yang menyala jika kunci lain dimasukkan
2. Keyless Entry
3. Immobilizer
4. Alarm
Harga Honda Brio RS
Honda Brio RS ini memiliki 2 varian yakni Brio RS (transmisi manual) dan Brio RS CTV (matic)., Berikut harga on the road DKI Jakarta:
Honda Brio RS: Rp. 159.700.000
Honda Brio RS CVT: 174.700.000
Lumayan lah harganya mahal buat ane :-) tapi mungkin untuk yang punya duit ya murah aja, oh iya harga tersebut untuk jakarta ya jika pecinta otomotif ada di luar jakarta biasanya nambah lagi...misalnya di semarang atau surabaya atau di malang maka harga bisa naik kisaran 7 jutaan untuk pengiriman dll.
Jangan lupa test drive kalau mau beli, test drive yang jauh kalau bisa :-)
Learn more »

Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Mobil tahun 2016

Kabar cukup mengejutkan datang dari Mitsubishi Indonesia yang bakal melakukan Recall lebih dari 120 ribu mobil. Recall ini bertujuan untuk melakukan perbaikan pada beberapa komponen pada mobil Strada Triton, Pajero, Lancer, Evo, dll.
Berita recall Mitsubishi ini barusaja dikeluarkan kemarin yakni tanggal 6 Juni 2016 yang akan segera ditindaklanjuti oleh dealer-dealer mitsubishi di berbagai daerah, sementara konsumen nanti akan dihubungi via surat akan tetapi pihak Mitsubishi juga mengatakan ada baiknya pemilik mobil dengan jenis dan keluaran tahun tertentu seperti yang disebutkan di daftar recall segera menghubungi dealer tempat membeli mobil untuk melakukan service booking atau penjadwalan perbaikan.
Lalu mobil apa saja dan keluaran tahun berapa yang kena recall atau perbaikan? berikut rinciannya:
* Strada Triton Exceed produksi 2006 sampai 2014 (perbaikan Airbags)
* Strada Triton GLS AB produksi 2006 sampai 2014 (perbaikan Airbags)
* Mitsubishi Lancer GLX produksi 2007 sampai 2010 (perbaikan Airbags)
* Mitsubishi Lancer SEI produksi 2007 sampai 2010 (perbaikan Airbags)
* Pajero Super Exceed 3.8 buatan 2008 sampai 2014 (perbaikan Grease Combination Switch)
* Pajero Sport produksi 2009 sampai 2014 (perbaikan Grease Combination Switch)
* Delica buatan tahun 2014 (perbaikan Grease Combination Switch)
* Lancer EX dan Lancer Evo buatan 2009 sampai 2010 (perbaikan Grease Combination Switch)
* Strada Triton buatan tahun 2006 sampai 2014 (perbaikan Grease Combination Switch)
* Lancer EX dan Evo tahun 2009 sampai 2010 (perbaikan ETACS ECU)
* L300 buatan tahun 2014 (perbaikan tangki bahan bakar)
Nah jadi jika pecinta otomotif memiliki mobil jenis yang disebutkan diatas dengan tahun produksi yang disebutkan diatas ada baiknya pecinta otomotif menghubungi tempat membeli mobil (dealer) jika masih dikota yang sama, atau pecinta otomotif bisa menghubungi dealer mitsubishi terdekat meskipun tidak membeli mobil disana.
Recall yang dilakukan mitsubishi ini adalah upaya untuk menjaga kualitas (keselamatan) mobil dan merupakan perintah dari pabrikan mitsubishi Jepang. Semoga yang rusak segera diperbaiki serta berkendara lebih terasa aman :-)
Learn more »

Cara Ganti Ban Mobil dengan Mudah dan Aman

Melakukan perjalanan dengan mobil sendiri itu artinya kita harus siap jika terjadi apa-apa dengan mobil kita misalnya rusak di jalan, tiba-tiba mogok atau tiba-tiba ban bocor. Hal yang paling sering terjadi terkait dengan kerusakan adalah bocornya ban mobil karena ban adalah salah satu bagian mobil yang paling sering bersentuhan dengan lingkungan luar yakni jalan (aspal, batu, pasir, lumpur, dll) dan pada jalan sering ada paku/ batu/ benda lancip lain yang berpotensi membocorkan ban atau membuat ban kempis.
Nah hal yang bisa dilakukan saat ban bocor ditengah jalan adalah dengan menambalkan di tukang tambal ban mobil, akan tetapi keseringan yang terjadi adalah kebocoran ban cukup jauh dari lokasi tukang tambal ban mobil sehingga mau tidak mau kita harus mengatasinya sendiri, langkah yang bisa dilakukan adalah pertama dengan menggantinya dengan ban serep, sedangkan langkah kedua yakni dengan menambalnya sendiri jika kebetulan kita membawa alat tambal sendiri. Untuk menambal ban mobil sendiri sudah kami ulas pada artikel sebelumnya yakni di cara menambal ban bocor
Mengganti ban mobil sendiri
Nah dibawah ini www.mobilku.org akan mengulas tentang cara yang aman untuk mengganti ban mobil saat tiba-tiba bocor di jalan.... jika tiba-tiban ban mobil kempis di jalan, apa yang harus dilakukan?
1. Jangan panik, kurang kecepatan pelan-pelan sambil nyalakan lampu sein ke arah kiri dan pinggirkan mobil.
2. Cari tempat yang tepat untuk berhenti, tempat yang tepat tersebut dengan kriteria: tempatnya rata (datar) sehingga mobil tidak mudah menggelinding sendiri, cukup luas sehingga bisa minggir total dari jalan aspal, tidak ramai agar minim gangguan, tidak dekat dengan tikungan agar terhindar dari tabrakan kendaraan dari belakang, pastikan juga tampatnya kuat (tidak ambles saat didongkrak)
3. Pasang segitiga pengaman pada jarak yang cukup antara 20 sampai 50 meter sudah cukup, jangan terlalu dekat sehingga pengendara kendaraan lain punya waktu untuk mengurangi kecepatan mobilnya
4. Keluarkan kunci-kunci: kunci roda, dongkrak dan ban serep
5. Setelah ban serep dikeluarkan dan kunci-kunci sudah disiapkan maka lakukan pengenduran pada mur ban yang bocor, kendurkan akan tetapi jangan sampai lepas
6. Setelah mu-mur ban sudah kendur pasang dongkrak pada lokasi yang tepat (titik pemasangan dongkrak pada sasis) tiap mobiol berbeda, akan tetapi titik-titik pemasangan dongkrak bisa dilihat pada buku manual mobil, jika tidak membawa sebenarnya titik tumpuan dongkrak ini bisa dilihat secara fisik dengan tanda berupa lingkaran atau segi empat dengan struktur yang lebih tebal dari bagian lain pada sasis... atau bisa dibaca pada ulasan titik tumpuan dongkrak berikut ini
7. Mulai dongkrak dan jika sudah memungkinkan maka pasanglah jack stand jika membawa, jika tidak membawa maka letakkan ban serep di bawah mobil untuk berjaga-jaga jika dongkrak tiba-tiba jatuh atau terselip.
8. Setelah naik sempurna maka lepaskan mur-mur roda dengan tangan saja (karena tadi sebelum diangkat sudah dikendurkan dengan kunci roda), setelah ban yang bocor dilepas maka segera letakkan ban yang bocor tadi di bawah mobil untuk menggantikan posisi ban serep. Lalu tarik/ keluarkan ban serep dari kolong mobil lalu pasang pada tempat roda yang tidak ada bannya tadi
9. Pasang ban serep lalu kencangkan mur secukupnya sampai ban tidak bergerak, pada saat ini tidak perlu dipasang sampau sangat kuat karena dikhawatirkan mengganggu posisi mobil yang tengah didongkrak. Pasang dengan kekuatan secukupnya asal ban tidak bergerak, akan tetapi untuk pemasangan mur jangan dilakukan secara berurutan akan tetapi dilakukan secara bersilangan agra ban mobil kencang secara merata.
10. keluarkan ban yang bocor dari kolong mobil lalu turunkan dongkrak (lepaskan)
11. Kencangkan mur-mur roda yang tadi dipasang tidak terlalu kencang, kencangkan dengan cara menginjak kunci roda yang terpasang pada mur
12. Masukkan semua perlengkapan ke tempatnya (kunci roda, dongkrak, ban yang bocor), baru lepas segitiga pengaman
13. Mencari tukang tambal ban mobil untuk memperbaiki ban yang bocor sekaligus memastikan kekuatan pemasangan yang kita lakukan tadi.
14. Pada mobil yang kebetulan ban serepnya sama dengan keempat ban lain maka bisa memakai ban serep tersebut sampai ada kebocoran lain, akan tetapi jika ban serep mobil berbeda ukuran dengan dengan keempat ban lain maka pecinta otomotif juga bisa sekalian mengganti kembali ban serep dengan ban yang sudah ditambal tadi di bengkel/. tukang tambal ban mobil...

salam www.mobilku.org
Learn more »

Tekanan Angin Ban pengaruhi Kenyamanan Berkendara

Beberapa hari lalu admin www.mobilku.org mencoba perjalanan dengan mobil Jimny Katana dari malang kota ke pantai malang selatan yang jaraknya kira-kira 80 km, pengujian kali ini terkait dengan tekanan angin ban mobil dengan kenyamanan saat berkendara. Yang perlu diketahui bahwa tekanan ban standart untuk suzuki jimny adalah 23 Psi dengan ban standar (orisinal), akan tetapi untuk menguji seberapa besar pengaruh tekanan ban pada kenyamanan maka kami coba mengisi angin ban dengan tekanan 40 Psi... mengapa memilih 40 Psi karena kami pompa sampai 40 Psi saja ban masih kelihatan tidak keras (kelihatannya saja)
Perjalanan kami mulai dari karangploso yakni wilayah malang bagian utara-barat, perjalanan masih terasa enak di jalanan aspal yang halus... goyangan agak kasar dan suara gemeruduk pada kabin terdengan keras tidak biasanya. Untuk steering terasa sangat ringan rupanya kerja power steeringsangat dimanjakan dengan kerasnya ban mobil meskipun kerja suspensi yang jadi berlebihg.
Perjalanan masuk wilayah perbukitan dengan jalan berlubang dan bergelombang serta treck naik turun, pada jalan sedikit ekstrim ini mulai sangat terasa mobil sangat tidak nyaman dikendarai karena mobil menjadi sangat kasar, saat melibas jalan bergelombang kami sampai terpental-pental, bahkan saat menikung goyangan terasa sangat keras sampai seolah-olah terpantal...bahkan saya yang jadi sopir saja sampai mau muntah (mabok) apa lagi temen sebelah ane "Thabiz Scooteris" gak bisa buka mata :-).... (wah jangan ditiru bro,,, lebih baik ikuti tekanan ban pada buku manual mobil saja).
Memang kerja power steering menjadi sangat ringan, karena ban tidak terlalu mencengkeram aspal...begitu stir dilepas setelah menikung maka dengan cepat power steering bekerja untuk mengembalikan stir ke posisi lurus. yang dikuras habis adalah performa suspensi dimana shockbreaker bekerja penuh tanpa bantuan suspensi ban (ban sebenarnya juga berfungsi untuk suspensi/ ban memiliki sistem suspensi) alhasil tanpa bantuan suspensi pada ban naik mobil seperti naik kuda bahkan lebih parah (perut serasa diubek-ubek maju mundur, kanan kiri dan atas bawah).
Untuk pulang kembali ke kota malang karena saya sudah tidak kuat dengan ban 40 Psi maka sama dan teman saya sepakat mengurangi tekanan menjadi 28 Psi, meskipun masih terlalu tinggi untuk tekanan standarnya katana yakni 23 Psi akan tetapi kami rasa sudah sangat membatu meningkatkan kenyamanan kami saat berkendara... pulangnya nyaman gak jadi mabuk.
itu sih pengalaman admin dengan tekanan ban jauh diatas standar yang ditetapkan mobil, jika pecinta otomotif ingin tahu tekanan ban mobil yang dimiliki bisa melihat pada buku manual atau tanya pada teman yang memiliki mobil sejenis atau dengan melihat informasi pada dashboard biasanya tertera berapa tekanan ideal ban mobil.
Secara teori berikut ini yang terjadi jika mobil dipompa terlalu keras:
1. Resiko ban meledak, karena ban mobil memiliki tekanan yang terbatas (ada ukuran maksimum berapa, bisa dilihat pada kode ban)
2. Suspensi menjadi keras, karena sistem suspensi ban tidak bekerja sehingga shockbreaker menjadi bekerja sendirian
3. Ban lebih cepat habis pada tapak ban bagian tengah
4. Kerusakan ban
5. dll (nanti pembaca yang menambahkan)
Sedangkan jika ban dipompa terlalu empuk (kurang angin) maka yang terjadi adalah:
1. Ban rawan bocor
2. Ban cepat habis pada bagian pinggir tapak ban
3. Daya cengkram ban berkurang
4. Kerusakan ban
5. tidak bisa dipacu dengan ideal
Tekanan Ban Seharusnya Ideal
Nah lantas berapa tekanan ban ideal? secara umum untuk mobil jenis sedan tekanan berkisar di angka 27-29 Psi sedangkan untuk mobil MPV seperti avanza atau ertiga tekanan sekitar 29-31 Psi, untuk mobil-mobil SUV secara umum hampir sama dengan MPV yakni pada angka 29-31 Psi. Nah untuk beberapa mobil memiliki ukuran yang berbeda antara tekanan ban depan dan belakang akan tetapi beberapa mobil tekanannya sama antara ban depan dan belakang akan tetapi tidak besar perbedaaannya (hanya berbeda 1-2 Psi saja).
Nah jika pecinta otomotif sudah mengetahui berapa tekanan ban ideal dan juga resiko jika memberi tekanan angin terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka pecinta otomotif sudah siap melakukan perjalanan jauh nih :-) tentunya jangan lupa selalu membawa ban serep jika sewaktu-waktu terjadi kebocoran ban atau pecah ban :-)
salam www.mobilku.org
Learn more »