Feature news

Ganti Oli Mobil setiap berapa KM? ini tepatnya

Mengganti oli mesin berapa bulan sekali atau tiap berapa kilometer? ini pertanyaan yang sering diajukan terutama oleh yang baru saja memiliki mobil, jawaban klasik sering diberikan "tergantung pemakaian" nah tanpa ada patokan berapa km oli harus diganti. kali ini www.mobilku.org akan bertanya langsung ke bengkel mobil khusus ganti oli....
Memang tidak salah orang menjawab tergantung pemakaian akan tetapi jika tidak dijelaskan pemakaian yang bagaimana maka malah akan membuat orang yang bertanya tidak mendapat solusi malah kebingungan.
Nah sebenarnya oli mesin bisa bertahan cukup lama yakni sampai 10 ribu km atau lebih akan tetapi dengan pemakaian di jalan yang tidak macet dan bukan track-track berat, akan tetapi jika kendaraan banyak dipakai diperkotaan yang macet atau jalanan offroad yang lumayan berat maka patokan 10 ribu km tersebut menjadi berubah (jadi berkurang)
Pada jalanan macet misalnya di jakarta jarak tempuh 10 km bisa memakan waktu 2 jam perjalanan, nah selama 2 jam perjalanan tersebut mesin terus hidup dan berputar yang otomatis mengurangi umur pakai dari oli (panas mesin, fisik oli dan umur pakai)... sementara di jalanan yang enak 2 jam perjalanan bisa menempuh jarak sampai 150 km dengan kecepatan 70-80 km/jam. Nah dari sini terlihat bahwa odometer 10 km tersebut ternyata menipu, sebenarnya mesin telah berputar setara sejauh 100 km atau lebih. "hal ini yang dimaksud tergantung pemakaian"
Sama seperti jika mobil dipakai di jalanan yang ekstrim jalan menanjak atau jalanan berbatu yang butuh kerja mesin ekstra maka patokan jalan standar menjadi tidak berlaku, mobil-mobil muatan berat seperti pickup yang dipakai memuat barang bawaan berat juga harus diperhitungkan (jangan disamakan dengan mobil station pribadi).
Menurut teori bahwa sebenarnya untuk pemakaian standar oli bisa bertahan sampai 10 ribu km atau lebih, akan tetapi untuk berjaga-jaga biasanya pihak produsen mobil/ bengkel/ distributor oli menyarankan penggantian oli tiap 5000 km untuk pemakaian standar (untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan). Nah jika jarak 5000 km oli diganti memang sangat bagus di mesin akan tetapi apakah bagus di dompet? nah pecinta otomotif bisa mengira-ngira sendiri :-)
Bahkan di buku manual mobil (oleh pabrikan mobil) bahwa penggantian oli disarankan sekitar 10 ribu km, akan tetapi lagi-lagi entah karena pihak bengkel ingin sering ganti oli atau bagaimana kok menyarankan 5000 km :-), kalau menurut www.mobilku.org lebih baik menuruti pabrikan saja apa oli yang dipakai (spesifikasinya seperti apa) dan tiap berapa ribu km oli diganti,,,coba baca di buku manual mobil agar tidak salah.
Admin www.mobilku.org juga sering mengganti oli mobil sampai diatas 6000 km meskipun tidak sampai 10 ribu km (coz kasian ma mobilnya, gak tau kenapa gak tega..padahal sebenarnya gak papa ya), itupun karena admin tinggal di kota malang yang relatif tidak macet, kalau macet ya milih naik motor lebih cepet dan gak capek.
Andaikata admin memakai mobil dengan berat misalnya sering menanjak-nanjak dan di track yang berat dan jalan berdebu maka bahkan belum sampai 5000 km juga udah diganti, bahkan di angka 4000 km juga sudah ke bengkel cuma buat ganti oli saja heheheh :-) nah saran kami kalau untuk jalanan standar oli masih bagus di angka 7000 km bisa diganti di angka itu (pemakaian standar) bagus di mobil dan juga bagus di dompet.
Jika ingin lebih jeli lagi tapi bagi yang sudah berpengalaman maka bisa melihat secara fisik kondisi oli misalnya dengan menyentuhnya dan merasakan kekentalan oli, warna oli dan adanya serpihan logam di dalam oli artinya oli minta diganti, akan tetapi cara ini hanya bengkel yang ahli :-) kita berpedoman pada buku manual mobil aja deh...
filter oli, ganti tiap 2-3 kali ganti oli
oh iya jangan lupa ganti filter oli mesin tiap 2 atau 3 kali pergantian oli ya :-) filter oli ini sangat penting untuk menjaga kebersihan oli/ mesin mobil
Learn more »

Air Radiator Berkurang atau Cepat Habis? Ini Penyebabnya

Sudah 1 bulan ini admin www.mobilku.org melihat adanya tetesan air yang keluar dari bagian mesin mobil, tetesan ini makin terasa terutama setelah melakukan perjalanan yang lumayan menanjak dan menuntut kerja ekstra dari mesin. Saat kerja mesin meninggi maka sirkulasi dan tekanan dalam radiator meningkat, ibaratnya air yang ada dalam radiator diaduk-aduk dengan pompa sehingga air banyak yang keluar melalui lubang yang bocor sehingga air keluar dan menetes (bisa dilihat pada bagian bawah mobil jika ada tetesan air dari bagian tempat mesin).
Mengetahui tanda-tanda radiator bocor
Nah jika air sering menetes/ muncrat keluar maka secara otomatis air pada radiator akan berkurang dengan drastis, belum lagi air yang keluar dengan menguap. Air radiator idealnya berkurang dengan sangat sedikit, paling tidak 2-3 bulan air radiator tidak perlu diisi (meskipun idealnya 1 bulan sekali air radiator sebaiknya diganti), jika dalam 2-3 kali perjalanan air radiator ternyata berkurang/ air yang ada pada tabung persediaan habis maka bisa dipastikan radiator sudah bocor.
Tanda radiator bocor juga bisa diketahui dengan melihat secara fisik radiator mobil, dengan melepasnya dan melihat apakah ada tanda putih-putih pada bagian tertentu di radiator (seperti bekas kotoran burung), air panas yang keluar terus menerus ini menyebabkan kotoran berwarna putih pada sekitar wilayah yang bocor. Jika ada kotoran putih terlihat (seperti reaksi oksidasi/ kotoran di kutub-kutub aki) maka bisa dipastikan lokasi kebocoran pada kotoran tersebut.
Nah cara ketiga yang bisa dilakukan untuk mengetahui radiator bocor adalah melepasnya dan menutupnya di kedua lubang keluar air kemudian meniupnya dari lubang masuknya air (dibahas dibawah)
Penyebab air radiator cepat habis
Penyebab utaman air radiator cepat habis memang adalah bocornya radiator, akan tetapi sebenarnya juga disebabkan oleh lemahnya tutup radiator. Tutup radiator bisa rusak pada karet-karetnya sehingga tidak dapat menahan uap air, apalagi jika tutup radiator tidak orisinal maka seringkali uap air panas tersebut keluar melalui tutup radiator.
Kurang rapatnya slang-slang yang menancap pada radiator juga bisa menyebabkan air keluar melalui celah antara slang dan besi ini.
Adanya masalah lain seperti radiator buntu atau kipas kurang cepat berputar atau air tidak bersirkulasi menyebabkan panasnya suhu radiator danmenyebabkan tekanan uap air semakin besar dan akhirnya uap air keluar melalui tutup radiator
Solusi air radiator berkurang atau cepat habis
Yang pertama adalah perlu diketahui apa penyebab air cepat habis tersebut? yang pertama dicek adalah Radiator. Berikut cara cek kebocoran:
1. Lepas radiator kemudian lihat dan amati secara fisik apakah ada kotoran putih bekas keluar air panas pada beberapa satu atau bagian radiator, jika ada maka bocor
2. Radiator memiliki 3 lubang keluar masuk air, nah tutuplah kedua lubang yang ada pada radiator/ sisakan 1 lubang saja (sisakan yang lubang besar atau tempat memasukkan air). Tutup dengan plastik/ kresek lalu ikat dengan karet (persis seperti menutup saluran keluar air pada bak mandi). Nah setelah dua lubang ditutup coba tiup dengan mulut satu lubang yang tersisa (seperti meniup balon), rasakan apakah udara yang ditiupkan merembes (keluar) ataukah tiupan benar-benar berat/ tidak ada keluar.
Untuk meyakinkan coba masukkan radiator yang ditutup tersebut kedalam bak berisi air (sisakan lubang yang terbuka janagn sampai masuk ke air) lalu tiuplah lihat pada air apakah ada udara/ gelembung udara keluar? jika ada gelembung udara keluar maka ada kebocoran disana. Persis seperti mengecek ban dalam yang bocor, cuman bedanya untuk memberi tekanan angin pada radiator dengan cara ditiup. Dipompa sebenarnya juga bisa akan tetapi yang ditutup adalah lubang yang besar, yang disisakan lubang seukuran slang pompa.
3. Jika radiator bocor maka bawa ke tukang service radiator karena memperaikinya butuh skill dan peralatan khusus.
4. Jika tidak bocor maka cobalah pasang kembali dan rapatkan pemasangan slang-slang kemudian jika tutup sudah waktunya diganti/ sudah terlihat lemah (karetnya tidak mampu menahan uap air) maka bisa diganti. Belilah tutup radiator orisinal agar sempurna dalam menutup uap panas radiator
5. Jika air masih cepat habis maka solusi terakhir bawa ke tukang service radiator. Biaya untuk menyervice radiator berkisar antara 100 ribu hingga 200 ribu tergantung kerusakan, jika yang bocor banyak dan banyak part yang perlu diganti maka bisa kena Rp. 200 ribu seperti punya saya kemaren :-)
Air untuk mengisi radiator yang tepat
Air yang paling bagus untuk mengisi radiator tentunya adalah air coolant atau air khusus radiator yang bisa dibeli di bengkel-bengkel sparepart/ perawatan/ variasi mobil. Akan tetapi jika tidak bisa maka isilah radiator dengan air yang sudah direbus sampai mendidih, air yang direbus ini minim oksigen dimana oksigen sebenarnya adalah penyebab karat pada bagian dalam radiator. Jika tidak ada air yang sudah direbus maka air PDAM atau Air bersih pun sebenarnya tidak masalah.
Kapan ir radiator harus diganti?
Idealnya mengganti air radiator dilakukan setiap sebulan sekali, akan tetapi sampai 2-3 bulan pun juga tidak masalah sih. Tergantung pemakaian saja jika dipakai tiap hari dan sering bekarja ekstra maka lakukan sebuan sekali, tetapi jika jarang-jarang dipakai cukup dilihat volume air radiator dan volume air di tabung cadangan radiator, jika masih penuh ganti tiap 2-3 bulan sekali tidak masalah.
Radiator sehat membuat mobil bekerja lebih keras
Jika radiator sebagai pendingin mesin ini dalam kondisi sehat maka kita tidak usah khawatir mesin akan overheat/ kepanasan jika dipakai kerja ekstra maupun menyalakan AC. Mesin yang overheat bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dalam mesin, kiranya 100-200 ribu lebih menghemat jika dibandingkan biaya service jika komponen dalam mesin rusak. Selain itu radiator yang sehat bisa membuat mobil lebih lama dipakai perjalanan jauh (tidak usah khawatir), tidak perlu mengisi air juga sebelum pergi kemana-mana.
baca; ini yang dilakukan jika mesin over heat di jalan
merawat pendingin mesin (radiator) yang baik
Learn more »

Cara Membersihkan Interior Mobil Sendiri di Rumah dengan mudah

Beberapa hari lalu admin www.mobilku.org membeli mobil yang cukup tua yakni Suzuki Katana tahun 2000, nah tentunya saat setelah membeli mobil bekas tentunya harus dibersihkan interior dan eksteriornya juga harus di service. Untuk membersihkan eksterior mobil sebenarnya sangat mudah (tidak usah ribet) cukupu di cuci, belikan shampo (ph balance atau shampo+wax) agar warna menjadi lebih cerah.
mobil tua yang baru dipinang admin
Untuk membersihkan interior mobil admin www.mobilku.org juga tidak terlalu rumit yakni siapkan alat: lap lembut, lap microfiber atau kalau tidak ada gunakan lap dari handuk yang halus, kuas dan vacum cleaner untuk mobil. Sedangkan bahan pembersih untuk membersihkan bisa memakai air bersih dan interior cleaning (interior cleaner).
Langkah-langkah pembersihan interior mobil:
1. Cuci terlebih dahulu mobil agar eksterior bersih dan kita nyaman membersihkan interior pada mobil. Setelah bersih lakukan langkah dibawah ini
2. Pilih tempat yang bersih dan segar untuk membersihkan interior mobil, jangan membersihkan interior di tempatt yang ramai/ berdebu/ pinggir jalan yang panas. Pilihlah tempat yang sejuk, udaranya bersih dan cukup nyaman buat kita membersihkannya
3. Bersihkan kotoran yang terlihat jelas di bagian interior, misalnya kerikil-kerikil/ tanah yang ada pada karpet mobil. Jika karpet mobil terbuat dari karet maka bisa langsung dilepas dan dicuci/ disikat. pecinta otomotif juga bisa membersihkan bagian dalam dengan kuas/ sapu kecil agar debu/ kerikil-kerikil yang tersisa tersapu keluar.
4. Untuk membersihkan bagian dashboard dan dinding-dinding mobil bagian dalam gunakan lap setengah basah, celupkan lap/ lap mikrofiber/ handuk halus ke dalam air lalu peras. Setelah diperas (kondisi kain setengah basah) usapkan pada interior mobil untuk mengangkat debu-debu halus yang tersisa/ menempel di interior mobil terutama bagian dashboard dan dinding interior. (seperti mengepel lantai rumah)
5. Setelah debu terangkat semua oleh lap agak basah tadi (tidak ada debu yang menempel), siapkan interior cleaner, interior cleaner ini bisa dibeli di bengkel-bengkel variasi mobil/ bengkel perawatan mobil... harganya murah saya beli Rp. 30 ribu untuk merk 3M. Nah semprotkan interior cleaner pada dashboard mobil/ bagian lain yang ingin dibersihkan, sambil disemprot lalu bisa sekalian di lap dengan lap microfiber yang kering.
Interior cleaner ini selain bisa menarik kotoran yang menempel di interior mobil (membersihkan) juga bisa mengkilapkan, nah jadi sekali gosok kita dapat dua manfaat bersih dan mengkilap. Jangan takut mengelap stir karena interior cleaner ini meskipun mengkilapkan stir/ komponen interior lain akan tetapi tidak membuat licin (jadi tetap aman dipegang)
Bersihkan semua bagian dalam mobil dengan interior cleaner dan lap microfiber ini mulai dashboard, stir, pilar-pilar mobil bagian dalam, pintu bagian dalam mobil sampai bagian belakang mobil (yang terbuat dari plastik).
Untuk bagian jok yang terbuat dari kulit sintetis/ kulit cukup mudah membersihkannya yakni dengan leather cleaner, akan tetapi untuk jok berbahas beludru atau kain cukup sulit membersihkannya. Untuk yang berbahan kain/ beludru bisa memakai shampo bayi/ detergen lembut... campurkan shampo bayi secukupnya pada air dan aduk sampi merata kemudian gunakan spons sebagai alat pembersih.
Celupkan spons ke air+shampo tadi dan remas/ peras sampai air tersisa sangat sedikit lalu usapkan pada jok berbahan kain yang bernoda, usaplah dengan harus/ jangan terlalu keras akan tetapi berulang-ulang dan searah sampai bersih lalu keringkan.
Pada jok berbahan kain/ beludru seringkali banyak debu yang ada di dalam jok, dalam kondisi kering gunakan vacuum cleaner (atau vacuum cleaner khusus mobil) untuk menarik debu dari dalam jok kain, sekarang ada banyak vacuum cleaner untuk mobil yang harganya relatif murah (60 ribu sampai 250 ribu). sampai debu pada jok benar-benar bersih.
Jika terpaksa tidak ada vacuum cleaner maka cara yang bisa dilakukan adalah tempatkan mobil di ruang terbuka bersih yang banyak angin (misalnya di ketinggian bukit/ gunung), buka semua pintu mobil lalu pukul-pukul jok kain agar semua debu keluar dan tertiup angin. Resikonya interior kotor kembali, tak masalah lakukan langkah 1-5 diatas agar bersih kembali.
Nah mudah bukan membersihkan interior mobil? cukup sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah.
baca juga:
cara mengkilapkan cat mobil
cara membersihkan eksterior mobil
Learn more »

Ini Spesifikasi Toyota Calya, kelebihan dan kekurangan

Seperti diketahui pecinta otomotif bahwa sebentar lagi Toyota bakal mengeluarkan mobil murah ke dua setelah Agya, mobil murah ini bernama Toyota Calya atau Astra Toyota Calya. Toyota Calya ini keseluruhannya dibuat di Indonesia dengan komponen lokal diatas 80 % dan dirancang serta dibuat oleh anak bangsa sendiri sehingga Calya bisa masuk mobil LCGC yang harganya disubsidi (potongan pajak) oleh pemerintah.
Spesifikasi Toyota Calya
Nah lantas bagaimana kemampuan mesin LCGC 7 penumpang dari Toyota dan Daihatsu ini? apakah nantinya lantas mesinnya sama dengan Agya atau Ayla yang memakai mesin 1000 cc dengan 3 silinder? usut punya usut ternyata tidak sob.
Calya ini bakal memakai mesin seperti Etios Valco yakni mesin dengan kode 3NR-FE yang berkapasitas 1197 atau biasa disebut 1200 cc dan memakai 4 silinder 16 valve, sementara teknologinya adalah dual VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum sampai 80 Hp dan torsi maksimalnya 104 nm pada putaran mesin 3100 Rpm. Cukup asyik ya torsi maksimum bisa keluar di putaran tidak terlalu tinggi yakni 3100 Rpm.
Konsumsi BBM Toyota Calya seharusnya bisa mencapai 1:20 karena syarat untuk menjadi mobil LCGC yang mendapatkan potongan pajak adalah konsumsi BBM adalah 1:20 artinya 1 liter BBM bisa untuk perjalanan 20 Km. jadi pecinta otomotif jangan khawatir boros, akalu mobil LCGC berarti dijamin irit seperti Agya, Ayla, Karimun Wagon R, Brio Satya, Datsun Go+ dan lain-lain yang kesemuanya sudah di tes mampu menempuh lebih dari 20 km untuk 1 liter BBMnya meskipun rute bebas hambatan.
Bahan bakar yang dipakai Toyota Calya ini adalah pertamax sob, jadi jangan berharap diisi premium ya karena secara aturan mobil ini berbahan bakar pertamax. Diisi premium bisa akan tetapi tenaganya akan berkurang dan katanya sih kalau mobil LCGC di isi premium garansinya bisa hilang? kurang tahu deh masalah garansi masih simpang siur. Akan tetapi pastinya mobil yang di set dengan BBM Pertamax maka frekwensi dentumen silinder juga memakai standar pertamax, jika diisi premium maka mesin sering loss energy atau kekurangan tenaga atau bahkan bisa batuk-batunk karena timing pembakaran mesin berbeda dengan timing pembakaran bahan bakar :-)
Spesifikasi Teknis Calya
Panjang: 4070 mm
Lebar: 1655 mm
Tinggi: 1600 mm
Jarak sumbu roda/ wheelbase: 2525 mm
Ground Clearance: 180 mm
Berat kosong mobil: 975 Kg (E MT), 1000 kg (G AT)
Transmisi: 5 speed manual, 4 speed otomatis
Gear ratio final: 5.077 (manual), 4.839 (matic)
Suspensi: MacPherson Strur with Coil Spring Stabilizer (depan), Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring (belakang)
Rem: Cakram (depan), Tromol (belakang) dengan fitur ABS
Steering gear: Rack and Pinion
Ukuran ban: 175/65R14
Velg: Alumunium
Kode Mesin: 3NR
Kapasitas Mesin: 1200 cc
Tipe dan Teknologi Mesin: Bensin 4 Silinder 16 valve, DOHC dan Dual VVT-i
Bahan Bakar: bensin tanpa timbal/ pertamax
Pasokan Bahan Bakar: injeksi
Konsumsi Bahan Bakar: 1:20 (1 liter untuk 20 km) rute jalan datar bebas hambatan
Tenaga Maksimum: 88 Hp pada 6000 Rpm
Torsi Maksimum: 11 Kgm pada 4200 Rpm
Power Steering: Electronic atau EPS
Kapasitas Tangki BBM: 36 liter
Harga Calya
Rincian harga Toyota Calya bisa dilihat pada artikel tentang Harga Toyota Calya Terbaru
Mobil ini akan dijual antara 129,5 (varian termurah) sampai 150 juta (varian termahal) on road DKI Jakarta, atau tengah-tengah Agya dan Avanza. cukup lumayan lah kalau 129-149 juta bisa naik mobil 7 penumpang, akan tetapi jika melihat kemampuan mesin mobil ini sebenarnya masih kalah dengan LCGC Honda Brio Satya yang bertenaga sampai 88 Hp, tapi no problem lah
Untuk sistem transmisi Toyota Calya memakai transmisi manual 5 percepatan, mungkin kedepannya bakal dibuatkan versi maticnya... sama persis dengan awal keluarnya Agya dulu yang tersedia hanya versi manual kemudian keluar lagi versi matic.
Kapan Calya dijual?
Kapankah Toyota Calya akan dijual? Toyota Calya adalah mobil kembar dengan Daihatsu, Daihatsu sendiri juga mengeluarkan mobil serupa yang diberi nama Astra Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra sendiri harganya malah lebih murah yakni 100 jutaan karena tersedia varian dengan mesin yang lebih kecil. baca; harga dan varian daihatsu sigra
Saat ini Toyota Calya sudah beredar gambarnya, sudah di uji coba yang berarti sudah ada yang selesai dibuat meskipun belum produksi massal. Toyota Calya ini secara resmi akan diperkenalkan ke publik Bulan Agustus 2016 (pada acara GIIAS 2016). Kemungkinan saat diperkenalkan Toyota Calya sudah bisa langsung dipesan
mobil LCGC yang irit dan harga murah (datsun Go, wagon R, Agya, Ayla, Brio Stya)
Menurut beberapa sales Toyota Auto 2000 mereka membenarkan bahwa tahun 2017 mobil ini bakal dijual atau bahkan bisa lebih cepat, yakni sekitar akhir 2016.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan mobil ini antara lain:
1. Harga murah
2. Mesin irit BBM
3. Sparepart dan service tersedia luas
4. Harga stabil
Sementara kekurangannya:
1. Harus memakai pertamax
2. Kemampuan mesin yang kami rasa kurang joss untuk 7 orang penumpang
3. biasanya untuk mobil LCGC memang material yang dipakai tidak sebaik mobil non LCGC mesalnya material dashboard, AC, sistem suspensi, dll
Mobil ini diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah yang sangat sensitif terhadap harga dan digunakan untuk mengangkut keluarga besar
Learn more »

Adik Mobil Murah Avanza-Xenia Ini bernama Calya

Toyota dan Daihatsu bakal mengeluarkan mobil 7 penumpang, mobil ini lebih murah daripada mobil sejuta umat Avanza dan Xenia, ya mobil 7 penumpang adik Avanza ini bernama Toyota Calya. Toyota Calya memiliki kemampuan membawa 7 orang penumpang seperti Avanza, akan tetapi bedanya kemampuan mesinnya masih dibawah avanza...akan tetapi jangan khawatir karena harga Calya juga jauh lebih murah dari mobil-mobil MPV 7 penumpang lain.
Mengapa Calya lebih murah?
ada beberapa alasan antara lain:
1. Toyota Calya adalah mobil berplatform LCGC, nah meskipun MPV tetapi mobil ini sebenarnya adalah mobil LCGC yang mendapatkan keringanan pajak dari pemerintah sehingga harga jualnya bisa lebih murah
2. Mesin Calya lebih kecil yakni sekitar 1200 cc, sehingga biaya produksi juga bisa ditekan lebih murah
3. Komponen mobil 80% adalah komponen lokal (bukan import) sehingga harganya bisa lebih murah dari komponen yang dirakit dari impor... sebagai catatan bahwa Calya adalah bikinan anak bangsa sendiri, jadi mobil ini tidak ada di luar negeri, adanya hanya di Indonesia...seperti Agya dan Ayla yang hanya ada di Indonesia
Mesin yang dipakai Calya tidak seperti mesin Agya/ Ayla meskipun ia masuk dalam platform mobil LCGC, mesin yang dipakai cenderung mirip dengan mesin etios valco dengan teknologi dual VVT-i, sementara tenaga yang bisa dihasilkan 79 Ps atau 80 Hp (daya kuda). tenaga sebesar ini masih lebih besar jika dibandingkan dengan Agya yang hanya 65 Hp. Akan tetapi menjadi berbeda jika dibandingkan dengan mesin milik Honda Brio Satya yang sama-sama berplatform LCGC 1200 cc tapi mesinnya bertenaga sampai 88 Hp (mesin Brio Satya lebih bertenaga dibanding Calya meskipun sama-sama berkapasitas mesin 1200 cc).
Uniknya adalah mobil ini berjanis MPV tapi berplatform LCGC sementara kalau melihat mobil LCGC rata-rata berjenis City Car (Agya, Ayla, Brio Satya, Karimun Wagon R), dll.
Jika mobil ini keluar bulan depan (Agustus 2016) ini artinya Calya menjadi mobil ke 2 yang berjenis MPV berplatform LCGC, sebelumnya Datsun telah terlebih dahulu mengeluarkan mobil LCGC MPV yakni Datsun Go+, nah rencananya Suzuki juga bakal mengeluarkan mobil LCGC 7 penumpang yakni Karimun Wagon R 7 Seater yang diperkirakan bakal keluar dalam waktu dekat ini juga.
Nah tahun depan rupanya mobil murah 7 penumpang LCGC bakal menjadi trend, kita lihat saja nanti harganya pada event GIIAS 2016 pada Bulan Agustus 2016, disana nanti banyak mobil-mobil yang dipamerkan yang akan dikeluarkan tahun 2017 termasuk Toyota Calya, Karimun 7 Penumpang dan mobil-mobil baru lain
Learn more »

Solusi Kaca Mobil Seret

Kaca mobil seret memang sering terjadi pada mobil-mobil yang usianya lebih dari 5 tahun (meskipun tidak menutup kemungkinan mobil baru), nah penyebab kaca mobil seret ini bermacam-macam akan tetapi kali ini www.mobilku.org akan mengulas penyebab paling sering untuk kaca mobil seret saat dibuka/ ditutup dan cara mengatasinya.
Hal yang paling sering jadi penyebab kaca sulit dinaik-turunkan/ buka tutup adalah adanya kotoran berupa debu/ kerak yang menghambat pergerakan kaca mobil, yang kedua disebabkan oleh karet kaca mobil yang sudah aus/ kehilangan elastisitasnya/ mengeras sehingga menghalangi kaca digerakkan. bahas satu persatu
Karet/ reel kaca mobil kotor
Kaca mobil memiliki jalan (reel) untuk bergerak naik turun, seperti kereta api saat bergerak maka harus lewat rel kereta (jalan khusus). Nah pada kaca jendela mobil reelnya itu ya karet yang menjepit kaca mobil tersebut, reel ini sering kotor baik tersumbat oleh daun kering, kerikil kecil, batang tanaman kecil, sampai kotoran berupa debu yang menjadi kerak dan akhirnya menghalangi gerak kaca (kaca menjadi seret saat dibuka/ ditutup)
Cara membersihkan rel kaca mobil yang seret cukup sederhana:
1. Turunkan kaca mobil sampai maksimum
2. kemudian lumuri dengan air mulai rel bagian atas sendiri sampai bagian bawah (rel yang vertikal), caranya yakni memanfaatkan botol aqua yang diisi air dan disambung dengan slang (bisa dilihat pada gambar)
3. sikat dengan sikat gigi halus
4. tambahkan cairan shampo mobil kedalam sisa air di botol aqua, kemudia teteskan campuran air + shampo tadi mulai rel bagian atas (karet bagian atas)
5. lalu sikat kembali agar kotoran berupa kerak bisa luntur, kerak ini meskipun tipis bisa menghambat kaca... sebisa mungkin hilangkan
6. Biarkan hingga kering
Nah sampai tahap ini jika karet masih belum mengeras/ belum retak-retak/ aus maka seharusnya kaca mobil sudah tidak seret lagi
Karet yang mengeras
Apa yang harus dilakukan jika karet sudah mengeras? atau rusak... solusi paling baik adalah dengan mengganti karet kaca mobil tersebut, akan tetapi pecinta otomotif juga bisa mengira-ngira sendiri seandainya karet masih mengeras sedikit bisa dilakukan cara lain yakni dengan berusaha mengembalikan elastisitasnya (meskipun tidak signifikan).
Nah cara mengembalikan elastisitas karet kaca mobil ini antara lain:
1. Dengan menyemprot silikon spray pada karet, silicon spray ini berfungsi mengembalikan elastisitas karet mobil (meskipun tidak bisa seperti baru)
2. Menggosok karet kaca mobil ini dengan semir ban, hal ini dilakukan sebagian orang dengan logika bahan karet kaca mirip dengan karet ban, sehingga semir untuk merawat elastisitas ban juga bisa dipakai untuk merawat karet kaca mobil
3. Dengan melumuri shampo mobil yang sudah dicampur dengan air, biarkan hingga shampo+air tadi meresap ke dalam karet mobil
Nah yang harus dihindari adalah melumuri dengan oli/ minyak tanah atau bahan lain yang terbuat dari minyak tanah... karena bisa merusak karet... karet bisa mengembung dan membuat kaca lebih sulit untuk digerakkan karena rel (karet) telah rusak.
seringkali untuk memuluskan pergerakan kaca menggunakan oli, sebisa mungkin hindari zat-zat minyak ini...lebih baik gunakan cairan shampo + air saja untuk melicinkan.
Learn more »

Tips Berburu Mobil Suzuki Jimny Katana

Kebetulan beberapa hari ini admin www.mobilku.org sedang mancari mobil katana, sekalian aja ceritain kisahnya di sini... Sudah lama admin demen sama nih mobil Suzuki Jimny Katana... mobil tua yang termasuk digemari anak muda, modelnya lumayan enak dilihat, harganya juga murah, mobilnya lumayan kalau buat jalan offroan (non aspal)...memang kekurangannya sih kurang bisa diajak lari cepet, tp buat apa cepet-cepetan toh admin mobilku.org kalo mengemudi pelan-pelan kok :-)
Kenapa admin memilih katana bukan jimny 4x4, alasannya simple selain kerena kebutuhan admin yang tidak terlalu membutuhkan penggerak 4 roda (4x4), juga biasanya mobil yang 4x4 itu dipakai kerja paksa oleh pemiliknya :-) makanya saya tidak mau, pengennya cari mobil yang mesinnya bagus dan jarang digunakan, interior masih bagus, eksterior juga bagus.
Mencari mobil Suzuki Katana ini diperlukan ketelatenan bro, karena ini mobil tua maka dibutuhkan ketelitian terutama ketelatenan dan kesabaran dalam mencari, kalau nemu yang kurang sreg ya harus telaten dan sabar bilang maaf coba lihat yang lain dulu...sampai menemukan yang benar-benar sreg (luar dalam masih seger) baru keluarin uang tabungan :-)
Pencarian bisa dimulai sambil berjalan-jalan misalnya saat jalan-jalan kalau melihat mobil dijual ya disamperin, mencari katana dijual bisa juga lewat OLX... kalau lewat internet nyarinya lebih cepet bro, jadi setelah nyari di internet (OLX) coba cermati dengan seksama detail foto yang disajikan di internet tersebut (karena biasanya si penjual memajang foto mobil yang dijual)
Nah dari foto/ gambar mobil sebenarnya sudah bisa ditebak kondisi mobilnya meskipun tidak 100% bener (perlu dilihat secara langsung) terutama mesin dan ornamen/ detail cat.
Ciri mobil masih kelihatan bagus dari penampakannya (di foto atau dilihat langsung):
1. Cat mobil terlihat orisinal masih bagus; tidak buram, tidak baret dan masih orisinal
2. Jok driver masih orisinal dan bagus, nah mobil lawas bisa dilihat dari jok pengemudinya bro jika jok masih orisinal dan bagus (tidak sobek/ kempis) maka mobil tersebut jarang dipakai, akan tetapi jika jok sudah sobek-sobek, busanya kempis apa lagi sudah tidak orisinal maka mobil tersebut sering dipakai...makin sering dipakai maka usia pakai mobil makin habis (tinggal sedikit)
3. Interior masih orisinal dan bagus, dari kondisi interior/ dashboard juga terlihat kondisi mobil...jika pada dashboard banyak komponen yang hilang misalnya tutup laci hilang, stir tidak orisinal, banyak lecet-lecet, dll maka mobil tersebut kondisinya buruk (admin sih tidak mau mobil yang kayak gitu).
Kondisi interior pertama-tama dilihat secara fisik dan kalau bagus dicek fungsi-fungsinya seperti AC/ Kursi/ Bel/ Audio/ yang lain...kalau dilihat saja sudah tidak baik ya gak dicek lagi
4. Kondisi eksterior: cat, ada body tidak simetris atau tidak, ada bekas dempul/ tidak dan juga apakah mobil berdiri dengan seimbang atau berat sebelah, lihat pula kaki-kaki mobil (ban dan velg) masih bagus atau tidak... eksterior dan interior ini relatif mudah mengeceknya, dengan cara melihat dan sedikit menyentuhnya kita sudah tahu keadaaannya
5. Mesin, untuk mesin bisa dibuka kapnya...mesin yang bagus terlihat masih bersih dan kering tanpa ada rembesan oli, suara dan getaran normal.
Cara paling mudah (instan) dalam mengetahui mesin mobil masih bagus atau tidak yakni dengan melihat kondisi knalpotnya, coba mobil di gas besar apakah ada asap yang keluar dari knalpot? jika ada asap maka bisa disimpulkan mesin mobil rusak (dalam kondisi kurang baik), jika bersih tak ada asap berarti mesin mobil masih bagus.
Coba colek bagian dalam knalpot mobil apakah ada abu/ hangus hitam? jika ada abu (hangus hitam) yang cukup tebal maka mesin kurang bagus, jika dicolek bersih maka mesin masih bagus atau hangusnya masih sedikit (tipis-tipis) wajar lah untuk mobil tua
Terakhir lihatlah apakah knalpot keluar air, jika mobil masih keluar air saat dihidupkan (apalagi keluar air banyak) maka mesin mobil masih bagus, jika tidak keluar air tapi malah keluar asap waaahh berbahaya :-)
6. Penggunaan sebelumnya; mobil yang bagus jika sebelumnya dimiliki oleh wanita karena biasanya wanita lebih merawat mobil dan menyervice tepat waktu, mobil juga cenderung bagus jika masih tangan pertama karena biasanya pemilik pertama sangat menyayang mobilnya dan merawatnya dengan baik... kalau dapat seperti itu ya rejeki bro, apa lagi harganya murah :-)
7. Tahun keluaran, makin muda tahun keluaran mobil maka kemungkinan besar kondisinya lebih segar/ lebih bagus dari mobil yang tahun keluaran lama, usahakan cari yang paling baru sesuai budget...karena mobil biasanya juga ada pasarannya sendiri sesuai tahun keluaran
8. Kelengkapan surat menyurat, nah pastikan mobil sesuai dengan nama pemiliknya (nomor kendaraan dan nomor mesin/ rangka), ada BPKBnya dan STNKnya, lebih baik jika ada faktur pembelian dan buku manual mobilnya... cek dengan teliti jika berminat
9. Test drive, lakukan test coba mengemudi..rasakan tarikan mobil, waktu menanjak, waktu di gas ada brebet gak, rasakan saat mengeram ada getaran atau tidak masih pakem atau tidak, saat berjalan ada bunyi-bunyi aneh atau tidak, rasakan saat melewati polisi tidur apakan mobil mengayun berkali-kali (jika mengayun berkali-kali maka suspensi kemungkinan bermasalah), rasakan saat ditikunagn apakah ada getaran pada stir atau bunyi-bunyian lain saat menikung ini, dan lain sebagainya.
Jika semua beres, bayar aja vroh :-)
Kebetulan admin www.mobilku.org berhasil mendapatkan mobil katanya yang bagus mesin masih keluar air, pemilik sebelumnya wanita, tahun 2000 an, warna biru, interior masih bagus eksterior orisinal (tapi perlu di semir catnya) dapat harga 55 juta, lumayan murah untuk mobil asli plat nomor N (kota malang).
Berkat pembaca pula admin bisa membeli mobil katana ini, terima kasih saya ucapkan karena sudah mengunjungi blog ini dan memjadi pembaca setia blog yang saya urus personal dengan sebisanya ini :-) semoga kedepannya bisa makin baik... amiinn
Learn more »